You are on page 1of 15

PEMAKAIAN MINYAK ESENSIAL MELALUI KULIT

Diajukan untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Konsep Herbal Indonesia

Disusun oleh: Fitriani Annisa A.M. 1106106842

PROGRAM MAGISTER HERBAL DEPARTEMEN FARMASI UNIVERSITAS INDONESIA 2011

. Minyak atsiri tersebut sebaiknya disimpan dalam wadah berbahan dasar kaca yang berwarna gelap (misalnya. minyak atsiri harus dilindungi dari pengaruh sinar matahari yang dapat merangsang terjadinya oksidasi dan oksigen udara yang akan mengoksidasi minyak atsiri.PENDAHULUAN Minyak Atsiri Minyak atsiri adalah salah satu kandungan tanaman yang sering disebut “minyak terbang” (Inggris : volatile oils). botol berwarna coklat atau biru gelap) untuk mengurangi sinar yang masuk. Hal tersebut terjadi karena adanya pengaruh oksidasi dan resinifikasi (berubah menjadi damar atau resin). Minyak atsiri dinamakan demikian karena minyak tersebut mudah menguap. Selain itu. tidak berwarna. tetapi selama penyimpanan akan mengental dan berwarna kekuningan atau kecoklatan. Minyak atsiri itu berupa cairan jernih. Selain itu. minyak atsiri juga disebut essential oil (dari kata essence) karena minyak tersebut memberikan bau pada tanaman. Apabila minyak atsiri di dalam botol hampir habis maka minyak tersebut perlu dituang ke dalam botol lain yang lebih kecil ukurannya untuk menghindari volume ruang udara yang terlalu besar dalam botol sebelumnya. botol penyimpanan minyak atsiri harus terisi penuh agar oksigen udara yang ada dalam ruang udara tempat penyimpanan tersebut kecil. Untuk mencegah atau memeperlambat proses oksidasi dan resinifikasi tersebut.

minyak atsiri tersusun dari campuran yang rumit berbagai senyawa. Sebagian besar minyak atsiri termasuk dalam golongan senyawa organik yang bersifat larut dalam lipofil/minyak. Susunan senyawa komponennya kuat mempengaruhi saraf manusia (terutama di hidung) sehingga seringkali memberikan efek psikologis tertentu. Dalam hal ini.Contoh minyak atsiri Ciri-ciri Minyak Atsisri Minyak atsiri bersifat mudah menguap karena titik uapnya rendah. Penggunaan Minyak Atsiri Minyak atsiri dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang kehidupan karena sejak dahulu memang demikian. minyak atsiri dapat berfungsi untuk memberikan bau yang lebih enak atau menutupi bau yang . namun suatu senyawa tertentu biasanya bertanggung jawab atas suatu aroma tertentu. dan campurannya dapat menghasilkan rasa yang berbeda. Setiap senyawa penyusun memiliki efek tersendiri. Secara kimiawi. misalnya sebagai bahan tambahan untuk pembuatan obat.

Makanan awetan d. dan banyak lagi. Industri cokelat dan permen c. Industri roti b. juga sebagai bahan tambahan pada pembuatan roti. tetapi juga sebagai bahan utama karena minyak atsiri itu sendiri merupakan bahan utama dalam terapi yang mempunyai khasiat untuk menyembuhkan penyakit. Absorbsi melalui kulit . harus dikenakan pada badan manusia. Pengenceran biasanya dilakukan anatara 0. Minyak atsiri adalah penyembuh yang kuat (powerful healing agent). agar bisa memberikan efek kesembuhannya. Industri Kebutuhan Rumah Tangga (household) a. Oleh karena itu dianjurkan agar penggunaannya dalam jumlah kecil saja. Olfaksi atau inhalasi c. Untuk memasukkan minyak atsiri ke dalam badan dapat dilakukan dengan berbagai cara. sabun. Es krim e. yaitu : a.05-3%. Minyak atsiri merupakan komponen utama aromaterapi yang langsung memberikan efek terhadap badan. Penggunaan minyak atsiri dalam beberapa industri mencakup : 1. bergantung pada jenis minyaknya. Industri Makanan a.tidak diinginkan. yaitu industri aromaterapi. minyak atsiri tidak hanya digunakan sebagai bahan pemberi bau pada pembuatan sediaan obat atau jamu. ada bidang baru yang terbuka bagi penggunaan minyak atsiri. Berbagai macam sabun mandi b. Berbagai jenis spray b. Dalam hal ini ada berbagai cara untuk melakukannya. kosmetik. Industri soft drink 2. Minyak ini sangat pekat (concentrated) dan berkekuatan sangat besar dalam menyembuhkan (intensely anergetic). Ingesti b. Berbagai macam krim c. Minyak atsiri. Selain itu. Industri Kosmetik dan Pembersih Badan a. Industri farmasi Kini. Dalam aromaterapi. Sabun cuci 3. Sampo d.

d. Sifat-sifat fisikokimia molekul. bergantung pada jenis molekulnya. dan lain-alain. Ketebalan dan permeabilitas epidermis c. g. Kulit Sebagai Barier Berdasarkan sifat kulit. kolagen. Kebanyakan minyak atsiri yang digunakan dalam aromaterapi dapat menembus kulit. misalnya akibat pemijatan (massage) atau radang. molekul minyak atsiri dapat dengan mudah menyebar ke bagian tubuh yang lain. fibroblast. Kulit dapat dimasuki oleh molekul-molekul dengan derajat permeabilitas yang berbeda. misal minyak atsiri) mudah terabsorbsi. bentuk ruang (spatial arrangement).molekul-molekul itu akan ikut bersirkulasi hingga mencapai setiap sel dalam tubuh. f. e. saraf. Penurunan kekentalan (viskositas) minyak atsiri. Luas area kulit b. yaitu : a. Kecepatan aliran darah Adanya kenaikan dalam kecepatan aliran darah. senyawa yang lipofilik (larut dalam lemak. Faktor utama yang berpengaruh terhadap penetrasi molekul minyak atsiri dikelompokkan dalam empat. mast cells. Begitu menembus lapisan epidermis. Kecepatan distribusi . kelarutan dalam lemak. Kerusakan pada kulit (kulit yang rusak epidermisnya lebih mudah dipenetrasi oleh molekul minyak atsiri). misalnya saluran limfa dan pembuluh darah. Faktor intrinsik.PEMBAHASAN PEMAKAIAN MINYAK ESENSIAL MELALUI KULIT Selain melalui membran mukosa dan saluran pencernaan. koefisien difusi dan disosiasi merupakan faktor yang menentukan penetrasi senyawa ke dalam kulit. yaitu : 1. Tempat masuk molekul (glandula dan folikel) yang sesuai polaritasnya dengan molekul minyak atsiri. molekul-molekul minyak atsiri bisa masuk ke dalam badan melaui kulit. seperti berat molekul. Kulit merupakan membran semipermeabel bagi molekul-molekul minyak atsiri. maka akan mempercepat absorbsi.

dimana semakin tinggi viskositas maka semakin sukar terabsorbsi oleh kulit. 4. d. Viskositas. tangan yang hangat. Berdasarkan penelitian telah terbukti bahwa semakin tinggi derajat kejenuhan minyak pembawa maka minyak atsiri akan semakin mudah terabsorbsi. c. akan meningkatkan daya absorbsi minyak atsiri. misalnya minyak kelapa atau minyak zaitun. Frekuensi pemakaian Ada beberapa bukti yang menunjukkan penggunaan minyak atsiri yang berulangulang akan meningkatkan penyerapan (permeabilitas) kulit terhadap minyak atsiri tersebut. sering digunakan minyak pembawa. 3. 2.Bila kecepatan sirkulasi naik. b. Kejenuhan minyak pembawa (carrier) Dalam pengobatan aromaterapi. Faktor eksternal yang meningkatkan absorbsi molekul minyak atsiri antara lain : a. Besar molekul Ukuran molekul minyak atsiri memengaruhi kecepatan absorpsi oleh kulit. minyak atsiri akan lebih cepat terdistribusi. akan mengurangi penguapan minyak atsiri sekaligus menghangatkan kulit sehingga meningkatkan penetrasi. . misalnya dengan kompres. minyak yang hangat. Oklusi yang disebabkan oleh penutupan permukaan kulit. atau karena pemanasan. Panas Ruangan yang hangat. b. misalnya ada massage. a. Kulit yang kehilangan lemak (degradased skin). Hidrasi Kulit yang terhidrasi akan sangat mudah ditembus molekul minyak atsiri.

3. Kain kompres itu didiamkan selama dua jam atau bahkan sepanjang malam. Gargarisma dan cuci mulut Gargarisma baik untuk dilakukan pada orang yang habis menjalani operasi amandel atau operasi mulut yang agak serius. minyak atsirinya harus dilarutkan dahulu dengan sedikit madu sebelum ditambahkan ke dalam air supaya minyak atsiri itu tersebar merata.Metode Minyak Atsiri (Essensial Oil) dengan Absorbsi Melalui Kulit Metode ini banyak menggunakan air. Untuk memperoleh hasil optimal. Minyak atsiri yang ditambahkan pada gargarisma (2-3 tetes dalam setengah gelas) digunakan untuk berkumur. Untuk menangani bengkak pada lutut dibutuhkan satu baskom air (kira-kira 200 ml) dan 5-6 tetes minyak atsiri. 4. bedsores. minyak sayur atau bahan dasar lotion untuk mengencerkan dan meratakan minyak atsiri ke permukaan kulit. misalnya karena herpes atau luka bakar. Berbagai aplikasinya antara lain : 1. Mandi (bath) Inhalasi dengan bantuan air yang terbaik adalah dengan mandi. . misalnya barah (ulcer) pada kaki. Kompres Sering digunakan untuk menangani luka terbuka. Bahan (kain dengan kualitas tertentu) untuk mengompres dicelupkan pada larutan minyak atsiri kemudian diperas. Untuk membuatnya digunakan 15-20 tetes dalam 50 ml air suling atau air steril. Untuk anakanak. Minyak atsiri yang digunakan adalah minyak dari Citrus lemon. pasien sebaiknya berendam selama 10 menit. ditempelkan di tempat yang sakit dan kemudian ditutup dengan karet atau plastik untuk mencegah penguapan. dan lain-lain. Dosis untuk anak-anak dan orang tua adalah setengahnya. Mandi aromaterapi ini berguna sebagai antiseptik kulit dan relaksasi. Kompres juga digunakan pada area yang sangat sakit. Semprot (spray) Semprot sering digunakan pada permukaan kulit yang sedang sakit yang tidak boleh disentuh. fraktur. Untuk kebutuhan itu masukkan 6-8 tetes minyak atsiri dalam air hangat. 2. Chamomila reticulate. Lavandula angustifolia. misalnya pada arthritis. sakit perut. Yang sering digunakan adalah minyak cengkih. dan Melaleuca viridifolia.

5. Pijat (massage) Aplikasi topikal biasanya diterapkan dengan pijat yang dilakukan oleh ahlinya. . Untuk perawatan reumatik. Untuk ini digunakan minyak pijat yang mengandung minyak atsiri 15-20 tetes dalam 50 ml minyak pembawa atau lotion. penerapan pijat setiap hari mampu mengurangi penggunaan obat penghilang rasa sakit secara signifikan.

Contoh Sediaan Minyak Esensial yang Digunakan dalam Pemakaian Melalui Kulit 1. Khususnya minyak jeruk.memar. Minyak Kayu Putih Minyak kayu putih atau cajuput oil diperoleh dari penyulingan uap daun Melaleuca cajuputii/ M. famili Myrtaceae. . Minyak ini dsuling dari daun dan pucuk-pucuk yang masih segar. harus diencerkan dulu dengan carrier oil atau base oil (minyak dasar). misalnya cendana. untuk ketegangan dan nyeri otot yang dan sendi pada Kayu putih juga digunakan akibat cedera olahraga timbul seperti keseleo. Misalnya minyak kelapa. Minyak dasar biasanya berasal dari tumbuh-tumbuhan juga. Dosis : minyak kayu putih hanya digunakan untuk tujuan pengobatan eksternal (topikal). perawatan kulit atau sebagai parfum. dan otot atau ligamen yang kencang. Sineol yang terkandung bisa mencapai 50-65%. minyak atsiri tidak boleh begitu saja dioleskan langsung ke kulit. minyak atsiri harus dijauhkan dari sinar matahari langsung dan tempat yang panas. semakin lama disimpan justru menjadi semakin bagus. sebaiknya dihabiskan selama setahun. Senyawa lainnya adalah terpineol. Botolnya harus selalu tertutup rapat. leucedendron. zaitun. sebagai obat antimikroba dan efek rubefacient Indikasi :  Rheumatik  Nyeri neurogenik  Nyeri otot sementara  Kecendrungan infeksi  Luka dan luka bakar Bukti penggunaan : Obat ini digunakan untuk sakit otot gangguan rematik. dan asam valerat. Sedangkan beberapa minyak dari getah dan atau kayu. Umumnya minyak atsiri dapat disimpan selama beberapa tahun. dan terkilir. Minyak ini mengandung senyawa aktif berupa sineol. Dalam penyimpanan.Yang perlu diingat. Sebelum digunakan untuk pemijatan. almond. kacang. sakit pinggang. kedelai. Warna cairannya kuning hingga hijau. Efek : secara in vitro. sawit. Aroma wewangiannya khas kamfer yang menyengat dan segar. wijen.

minyak kayu putih. Berat jenis minyak lebih rendah dari air. Bau dan rasa sedikit harum. Minyak kelapa berfungsi sebagai pelarut. mirip kapur barus. Komposisi yang biasa dipakai adalah 3:3:4. Contoh produk minyak kayu putih yang beredar di pasaran : 2. tiga) adalah minyak yang sering dibalurkan pada tubuh bayi dengan campuran dari minyak adas. menambah komponen lain sebagai campuran. Minyak Telon Minyak telon (dari bahasa Jawa telu. tapi di pasaran biasanya berwarna hijau-biru karena mengandung sedikit tembaga yang berasal dari alat-alat sulingan. dan minyak kelapa dalam kadar yang berbeda-beda.Minyak kayu putih seharusnya berupa minyak atsiri yang tidak berwarna. Beberapa produsen masa kini mengubah komposisi (misalnya 2:2:6). .

Campuran ini memberikan rasa hangat karena merangsang pembuluh darah membesar sehingga aliran darah menjadi lebih cepat.seperti minyak lavender. Contoh produk minyak telon yang beredar di pasaran : . seperti minyak zaitun. Aroma minyak telon juga dapat memberikan rasa tenang. Minyak telon biasanya diberikan kepada bayi dengan cara dibalurkan di kulit. atau mengganti minyak kelapa dengan minyak lain.

.

juga untuk pijat dan kerik. sakit gigi. atau secara nasal atau inhalasi (sedotan) yang merupakan cara efektif untuk aromaterapi. dan timol. biasanya digunakan minyak atsiri atau turunannya serta bahan lain yang mempunyai sifat panas seperti mentol. Berdasarkan bahan aktifnya yaitu minyak atsiri. pegal-pegal. Formula balsam obat gosok adalah campuran dari bahan aktif yang larut atau tersuspensi di dalam basis salep. sedatif (penenang). Sebagai bahan aktifnya. balsam obat gosok umumnya digunakan untuk meringankan sakit kepala.3. Balsam merupakan campuran bahan yang lembek dan umumnya berlemak. Contoh produk balsam yang beredar di pasaran : . Balsam obat gosok mempunyai kegunaan yang beragam. Berdasarkan pengalaman ditemukan bahwa sebagian minyak atsiri bekerja sebagai relaksan. sakit perut. menghilangkan gatalgatal akibat gigitan serangga. kamfor. Cara penggunaannya yaitu dengan digosokkan secara merata pada bagian yang terasa sakit hingga hangat dan terasa menyegarkan. pilek dan hidung tersumbat karena flu. mempertajam daya ingat dan sebagian meningkatkan sirkulasi darah. Untuk lemak padat perlu dicairkan terlebih dahulu. Untuk dapat membuat balsam obat gosok harus mengenal lebih dulu basis balsam dan bahan aktifnya. Balsam Khasiat dan Kegunaan Balsam Pada umumnya minyak atsiri masuk ke dalam tubuh melalui kulit dengan digosokkan pada bagian tubuh yang sakit. baik lemak padat maupun cair.

.

Joerg. 2009. 2000. Kosmetik. Koensoemardiyah. .. Lily Publisher : Yogyakarta. et al. Kebugaran. ed. Gruenwald. Montvale: Medical Economics Company. dan Aromaterapi. 3. A to Z Minyak Atsiri untuk Industri Makanan. 2010. Inc. Lily Publisher : Yogyakarta. A . Koensoemardiyah. dan Kecantikan. 2. PDR for Herbal Medicines.Pustaka 1.Z Aromaterapi untuk Kesehatan.