You are on page 1of 32

Tiada harta yang yang paling menguntungkan daripada ilmu.

Kerahasiaan dan keamanan saat melakukan pertukaran data adalah hal yang sangat penting dalam komunikasi data, baik untuk tujuan keamanan bersama, maupun untuk privasi individu. Untuk menjamin keaslian dari suatu data yang dikirim, perlu adanya suatu tindakan yang mengarah pada konsep otentikasi agar integritas data tetap terjaga.
Tiada harta yang yang paling menguntungkan daripada ilmu.

Pada tahun 1976, Whitfield Diffie dan Martin Hellman adalah orang pertama yang menggambarkan gagasan skema digital signature. Tidak lama setelah itu Ronald Rivest, Adi Shamir dan Len Adleman menemukan algoritma RSA yang dapat digunakan untuk digital signature. Pada tahun 1984, Shafi Goldwasser, Silvio Micalli, Ronald Rivest yang yang paling dan menjadi satu untuk Tiada harta menguntungkan menentukan kebutuhan daripada ilmu. keamanan dari skema

Teknik ini jauh lebih canggih dan lebih efisien daripada tanda tangan yang dilakukan secara manual. Digital Signature memiliki fungsi sebagai penanda pada data yang memastikan bahwa data tersebut Tiada harta yang yang paling menguntungkan daripada ilmu. adalah data yang sebenarnya (tidak ada yang .Digital Signature merupakan teknik digunakan untuk menjamin keaslian suatu dokumen serta menghindari adanya penyangkalan bahwa seseorang telah menandatangani suatu dokumen.

penerima akan dapat mempercayai bahwa data yang diterima benar dikirim oleh pengirim.Dengan menggunakan digital signature ini. menguntungkan . yangdaripada ilmu. Karena jika terdapat perubahan data/pesan dapat menyebabkan perubahan message digests dengan cara yang tidak dapat diprediksi sehingga penerima merasa yakin bahwa data pesan tidak pernah dirubah setelah diciptakan yang namanya message Tiada harta yang paling digests tersebut.

Kemudian. Tiada harta yang yang paling Message Digest dienkripsi oleh kunci publik menguntungkan daripada ilmu. dokumen di-enkripsi dan menghasilkan Message Digest. . Pertama. Kunci publik digunakan untuk mengenkripsi data.Cara kerja Digital Signature adalah dengan memanfaatkan dua buah kunci. yaitu kunci publik dan kunci privat. sedangkan kunci privat digunakan untuk mendekripsi data.

.Blok Diagram Digital Signature Tiada harta yang yang paling menguntungkan daripada ilmu.

.Ilustrasi Digital Signature Blok Diagram Digital Signature Tiada harta yang yang paling menguntungkan daripada ilmu.

memilih kunci privat secara acak. Proses pemberian tanda tangan. . menerima kunci privat sehingga menghasilkan tanda tangan.Pembangkitan kunci. memverifikasi (mencocokkan) pesan yang Tiada harta yang yang paling menguntungkan daripada telah ditanda tangani. Proses memverifikasi tanda tangan. ilmu.

Pemberian tanda tangan harta yang yang paling Tiada menguntungkan daripada ilmu. Verifikasi tanda tangan .

maka nilai hash pada langkah pertama akan berbeda dengan nilai hash hasil dekripsi digital signature Tiada kesalahan yang paling  Kemungkinan harta yangdaripada ilmu. sehingga ketika didekripsi didapat nilai hash yang berbeda  Jika pesan telah diubah setelah ditambahkan digital signature. ketiga adalah kunci menguntungkan . Digital signature nilainya telah diubah.

.Algoritma SHA Secure Hash Algorithm. menguntungkan daripada ilmu. dikembangkan oleh NIST (National Institute of Standard and Technology). SHA dapat diterapkan dalam penggunaan Digital Signature Algorithm (DSA) yang dispesifikasikan dalam Digital Signature Standard (DSS) dan SHA tersebut dapat diterapkan untuk aplikasi yangTiada harta yang yang paling bersifat federal.

SHA atau Hash function adalah suatu fungsi yang menerima masukan suatu string sembarang dan menghasilkan string keluaran yang panjangnya tetap. Secara umum. yang pada umumnya string keluaran ini berukuran lebih kecil daripada ukuran string masukan. yang yang palingbuah pesan akan Tiada harta dua menguntungkan daripada ilmu. String keluaran fungsi hash ini dapat juga disebut sebagai nilai hash atau message digest. .

Fungsi Hash adalah (digest). bukan enkripsi : penyingkatan Tiada harta yang yang paling menguntungkan daripada ilmu. .

” Dari contoh diatas terlihat jelas perbedaan pada panjang Tiada harta yang yang paling menguntungkan daripada ilmu.” Kalimat ini memiliki nilai digest : bd18d50263b01456f22e3ff0d003bf66 Sedangkan dengan fungsi enkripsi tertentu. . Vg’f nyfb ovttre guna gur obk bs grkg nobir. It’s also bigger than the box of text above.Agar lebih terlihat perbedaannya. perhatikan contoh berikut : Andaikan kita memiliki data sebuah kalimat : “this is cleartext that anybody can easily read without the key used by encryption. kalimat ini memiliki chipertext : “guvf vf pyrnegrkg gung nalobql pna rnfvyl ernq jvgubhg gur xrl hfrw ol rapelcgvba.

SHA dikatakan aman karena proses SHA dihitung untuk mencari pesan yang sesuai untuk menghasilkan message digest atau dapat juga digunakan untuk mencari dua pesan yang berbeda yang akan menghasilkan message digest yang sama. SHA-256. dan SHAmenguntungkan daripada ilmu. yangSHA-384. . Menurut jenisnya SHA dapat dispesifikasikan menjadi 4 bagian yaitu: Tiada harta yang paling SHA-1.

Tiada harta yang yang paling menguntungkan daripada ilmu. .

Dengan menggunakan public key dari pengirim digital signature diubah menjadi message digest 5. Message digest dienkripsi dengan menggunakan private key pengirim dan menjadi digiital signature 3. Message digest dibuat dengan menggunakan algoritma hash 2.1. Membuat "message digest" yang merupakan sekumpulan data dalam jumlah yang kecil. Digital signature diattach ke pesan/ dokumen yang akan dikirim 4. . Dengan algoritma hash yang digunakan Tiada harta pengirim message digest yang yang palingdikembalikan menjadi menguntungkan daripada ilmu.

Tiada harta yang yang paling menguntungkan daripada ilmu. .

menguntungkan . Dalam kondisi seperti ini penggunaan teknik otentifikasi pesan sangat diperlukan untuk memastikan bahwa email yang diterima dari pengirim valid.1. Saat ini banyak email palsu yang menggunakan identitas seseorang. Permasalahan pada email. baik yang dihasilkan oleh program seperti worm ataupun sengaja dilakukan oleh pihak tertentu yang tidak bertanggung jawab. Tiada harta ini dapat diterapkan pada yang paling Digital signature yangdaripada ilmu.

karena harus disertakan digital signature pada pesan tersebut. Tiada harta yang yang paling menguntungkan daripada ilmu. . Kekurangannya: Adanya penambahan bit pada pesan.Kelebihan: Penerapan digital signature pada masalah email adalah penerima dijamin bahwa pesan yang diterima adalah benar dari pengirim yang dimaksud.

.Tiada harta yang yang paling menguntungkan daripada ilmu.

2. . Transaksi tersebut dilakukan melalui SMS yang dikirimkan secara langsung ke nomor tujuan bank. Pengguna wajib memasukkan password untuk melakukan transaksi tersebut Faktor keamanan menjadi sangat penting semenjak hadirnya paling Tiada harta yang yang produk layanan SMSmenguntungkan daripada ilmu. Permasalahan pada Perbankan SMS-Banking merupakan suatu layanan Bank yang memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi perbankan hanya dengan menggunakan perangkat seluler mereka.

Tiada harta yang yang paling menguntungkan daripada ilmu. Diagram Aliran data .

paling menguntungkan daripada ilmu. . Pihak client mengirim data transaksi SMS yang sudah diberi tanda-tangan digital Tiada harta yang yang kepada pihak server. Hasil enkripsi tersebut akan disertakan sebagai tandatangan digital pada data transaksi SMS.Proses Kerja SMS-Banking Untuk setiap pesan perbankan. client akan meringkas data SMS menjadi message digest dengan fungsi hash satu arah. Pihak client mengenkripsi message digest dengan kunci privatnya.

ke client. menguntungkan . Jika hasil dekripsinya sama dengan message digest yang dihasilkan. Server akan mendekripsikan tanda-tangan digital yang disertakan pada data transaksi SMS dengan menggunakan kunci publik client. Protokol ini juga berlaku sebaliknya. antara yang paling pihak serverTiada harta yangdaripada ilmu. maka tanda-tangan digital tersebut sah.Pihak server meringkas data transaksi SMS dari client menjadi message digest dengan fungsi hash yang sama.

dapat memastikan bahwa data tidak diubah oleh orang yang tidak berhak atau dengan cara-cara yang tidak diketahui. Otentikasi. Anti Penyangkalanyang paling (Non-Repudiation). memastikan bahwa suatu entitas tidak dapat . dapat memastikan bahwa data bersumber dari pihak yang benar. sesuai dengan yang tertera. dapat Tiada harta yang menguntungkan daripada ilmu.Terjaminnya otentikasi dan kerahasiaan dari sebuah dokumen / pesan Integritas Data.

Biaya tambahan institusional Biaya langganan secara Tiada harta yang yang paling menguntungkan daripada ilmu. .

. Fungsinya untuk memastikan keaslian data sangat berguna di saat pembajakan dan pemalsuan data semakin marak terjadi.Digital Signature sangat bermanfaat sebagai salah satu teknologi pengaman jaringan. Tiada harta yang yang paling menguntungkan daripada ilmu. Tanda tangan (digital signature) merupakan mekanisme otentikasi yang memungkinkan pembuat pesan menambahkan sebuah kode yang bertindak sebagai tanda tangannya dan juga memungkinkan penerima pesan untuk menguji keaslian dan keutuhan pesan.

Tiada harta yang yang paling menguntungkan daripada ilmu. .Tanda tangan digital merupakan teknik yang sangat tepat digunakan untuk menjamin keaslian suatu dokumen serta menghindari adanya penyangkalan bahwa seseorang telah menandatangani suatu dokumen. Teknik ini jauh lebih canggih dan lebih efisien daripada tanda tangan yang dilakukan secara manual.

.Tiada harta yang yang paling menguntungkan daripada ilmu.

. tetapi dia yang menahan ilmu dengan ditahannya para ulama. Sehingga Tiada harta yang yang paling menguntungkan daripada ilmu.Sesungguhnya Allah tidaklah menahan ilmu dari manusia.