You are on page 1of 18

Tutorial : Membuat Action Dengan Photoshop

Ini adalah tutorial yang banyak diminta, yaitu membuat action dengan photoshop..Tapi tunggu dulu apakah sebenarnya action itu?? Gampangnya seperti ini action mirip dengan perintah untuk mengerjakan sesuatu secara serentak, misalnya resize dan save objek secara bersama-sama, contoh kasus kamu ingin mengatur ukuran image 800x600 image kamu jumlah nya 100, capek kan klo di kerjakan 1 per 1.. Biar lebih praktis bisa dengan action tinggal klik klik..dan ajaib... Image tersebut bisa secara sentak di resize dan save hanya dengan mengklik action!!! Gimana Ok kan?... inilah alasan mengapa banyak yang minta tutorial action, N ah seperti ini cara membuat action : 1. Buka Photoshop 2. Klik Windows >> Action >> Muncul Pallete Action 3. Klik Create New Set >> Misalnya ActionKu 4. Klik Create New Action >> Misalnya ActionKu 5. Buka dulu gambar yang ingin di resize misalnya gambar ini, yang tadinya berukuran (..................) menjadi berukuran (600x400) 6. Aktifkan Record 7. Lalu saat nya melakukan action ( misalnya ingin mengatur curve, menaikan Contras, mengatur level, mengecilkan ukuran jadi 600x400, lalu save, terakhir di close 8. Stop recording 9. Saat nya menggunakan Action tadi, sekarang buka gamabr baru lalu klik action : ActionKu maka gambar baru akan mengalami pengaturan seperti hasil record kita tadi yaitu : (curve, menaikan Contras, mengatur level, mengecilkan ukuran jadi 600x400, save, dan close ) 10. Jreng Jreng.... gimana berhasil kan.....Ajaib ya Photoshop emang canggih banget..... Selesai ?? Belum Bro dikit lagi....... Nah ini yang digunakan untuk mengatur image yang sama dalam 1 folder ( misalnya folder mu berisi 1000 image....hee banyakbanget )... 1. Klik File >> Automate >> Batch >> Tentukan Folder Asal ( Source Folder ) >> Choose ( pilih folder asal ) dan Destination >> Choose ( Folder dimana file akan disimpan ), lalu Ok. Selesai

Tutorial : Cara Memasang Brush Photoshop
Tutorial ini membahas cara memasang brush photoshop, klo kita download brush biasanya berformat .abr ( itu adalah extensi brush photoshop ), untuk memasang brush di photoshop begini caranya : 1. Copy dulu brush yang mau kamu pasang 2. Buka Explorer windows 3. C:/ >> Program Files >> Adobe >> Adobe Photoshop >> Preset >> Brushes ( lalu paste kan di sini ) 4. Nah untuk menggunakannya , Buka Photoshop ( jika kamu terlanjur membuka photoshop sebelum nya , kamu close dulu photoshop nya, habis itu Buka lagi aplikasi Photoshop nya ) 5. Lalu klik panah kecil disamping brush, lalu klik panah kecil lagi ( kayak ilustrasi gambar di bawah ), setelah itu pilih brush yang mau kamu gunakan misalnya aku pilih butterflies.abr

6. Nah sekarang brus butterflies ( brush kamu ) siap digunakan NB : Untuk mengembalikan ke brush basic ( yang bunder bunder itu ) caranya sama dari langkah no 5 kamu pilih Basic Brushes . Kita bisa pilih Ok aja 8. dalam prakteknya menurut pandanagn ku sendiri hampir 80 % olah desain dengan photoshop berhubungan dengan seleksi.abr akan muncul kotak dialog seperti ini 7.. Setelah kita klik butterflies.Selamat mencoba Tutorial : Cara Menggunakan Seleksi pada Photoshop Tutorial : Photoshop Dasar ( Menggunakan Seleksi ) Seleksi merupakan hal yang sangat pening dalam photoshop. jadi hal ini merupakan hal yang sangat penting ..Tru s Ok. Piye gampang tho. Dengan Magic Wand Tool .. berikut ini macam macam seleksi denga photoshop 1. Nah sekarang kita mulai ya.. Keterangan : OK ( jika ini di klik maka. penggunaan seleksi sengaja ak masukkan dalam label ( Photoshop Basic ) mengingat hal ini adalah hal yang sangat penting dalam Photoshop. brush yang sudah ada akan digantikann dengan brush butterflies ) Append ( Brush butterflies akan muncul / berada di bawah brush yang sebelumnya sudah ada ) Cancel ( Batal )..

S5) . lalu klik di daerah yang ingin diseleksi .Caranya : Klik icon magic wand tool di tool box. lalu pertemukan ujungnya seperti gamabr berikut : Setelah gambar dikelilingi objek garis hitam putih putus putus artinya objek telah berhasil diseleksi. jika dengan lasso tool tadi caranya selesksinya adalah dengan mengklik lasso dan menahan mouse sambil mengambar seleksi mengiktuti objek yang ingin diseleksi. isalnya seperti gambar ini : Lalu akan didapat garis hitam putih berbaris putus putus seperti : Artinya seleksi telah dilakukan ( nah bagian objek yang telah diseleksi dapat digunakan dalam studi kasus lain . sedang untuk membalik seleksi klik Select --> Inverst 2. lalu klik ( tahan ) dan ikuti gambar yang ingin diseleksi. lalu tarik dan klik pada titik lainnya sampai ujung polygonal lasso tool nya bertemu seperti gambar berikut : ( S4. dengan menggunakan Move tool ) Untuk menghilangkan seleksi tekan ( CTRL + D ). misalnya mengganti background. Dengan Polygonal Lasso tool Bedanya dengan magnetic lasso tool adalah. 3. lalu klik pada titik yang lain. Sedangkan jika menggunkan Palygonal Lasso tool caranya adalah klik pada 1 titik lalu tarik. Dengan Lasso Tool Caranya : KlikIcon Lasso tool ditol box.

..4... Dengan Magnetic Lasso tool Denagn tool ini... Silahkan ditunggu ya.. Path ( pen tool ) di tutorial merubah warna mata.. Filter --> Extract. Quick Mask Mode silahkan di klik masing masing permalink nya Ada banyak sekali seleksi tetapi tidak semua bisa digunakan dalam objek yang berbeda beda... pilihlah cara seleksi yang paling sesuai dengan objek yang akan kita kerjakan...... dan secara otomatis akan terbentuk kotak kotak kecil yang mengikuti tarikan mouse kita.. ini adalah sebuah filter dan program aplikasi yang mudah untuk membuat seleksi.. bahkan untuk menyeleksi rambut . pertemukan ujjungnya sehingga terbentuk seleksi secara penuh ( S6 ). tapi sayangnya software ini berbayar. ( .... Selamat bereksperimen Nantikan versi tutorial menggunakan VERTUS FLUID MASK. cara membuat seleksi adalah dengan mengklik objek yang ingin diseleksi lalu tarik mouse nya. ( S7) Untuk seleksi lain seperti seleksi menggunakan Chanel..

ENHANCING PHOTOS WITH HIGH PASS FILTER Setelah seri kami tips singkat. saya akan menunjukkan cara untuk meningkatkan foto biasa di Photoshop dan membuatnya terlihat lebih baik. ide saya adalah melebih-lebihkan sedikit.sxc. Saya menggunakan foto kucing yang saya temukan di sxc. Tentu saja Anda dapat mengubah preset untuk membuatnya terlihat lebih halus. Juga kami akan menggunakan Shadows / Highlight penyesuaian menunjukkan bagaimana Anda dapat dengan mudah mensimulasikan semacam gaya HDR.PHOTOSHOP QUICK TIPS #3 .hu/photo/1069561 . Langkah 1 Buka foto biasa di Photoshop.hu http://www.

Kemudian ubah Blend Mode layer menjadi Hard Light. . Gunakan 5 piksel.Langkah 2 Gandakan layer dan pilih Filter> Other> High Pass.

.

. Jauhkan modus campuran dengan CAHAYA Drive.Langkah 3 Gandakan layer High Pass.

Langkah 4 .

Gunakan nilai dari gambar di bawah ini. Layer> Smart Objects> Convert to Smart Objects.Gandakan foto asli dan mengubah Blend Mode untuk Screen. pemilihan tenda. Hapus area yang gelap pada foto. dan. Langkah 5 Grup semua lapisan dan mengkonversikannya ke Smart Objects. Di bawah ini Anda dapat melihat daerah saya terus. hidung. Kemudian dengan Eraser Tool (E) atau dengan Topeng a. Tinggalkan hanya area terang. juga Kontras midtone. Atau jika Anda lebih suka hanya menggabungkan lapisan. . mata. dan Anda dapat mensimulasikan efek HDR dengan meningkatkan Lebar Tonal dan Radius di Shadow dan Highlight. dan mulut. Lalu pergi ke Image> Adjustments> Shadow dan Highlight. Dengan penyesuaian ini Anda bisa mengedit bagaimana bayangan dan highlight akan ditampilkan.

Kesimpulan .

). Tapi saya lebih memilih lulus tinggi dengan cahaya keras. . saya pikir itu memberikan hasil lebih baik. namun itu akan tergantung foto yang Anda kerjakan. Anda dapat menggunakan filter Unsharp Mask juga.Ini hanya salah satu cara untuk meningkatkan foto Anda. Jika Anda memiliki tip cepat yang berbeda. Yang paling penting adalah pengujian dan bermain dengan pengaturan dan tentu saja menambahkan teknik yang lebih untuk repertoar Anda. meninggalkan komentar berbagi dan menjelaskan pada kami .

harus terlihat alami. dengan segala cara. Meskipun proses penerapan make up di Photoshop ini cukup sederhana. menghaluskan tekstur kulit model dan meningkatkan citra. 2009 Tutorial ini akan menunjukkan cara untuk merias wajah digital dan tambahan. Kurang lebih. Itu selalu lebih baik untuk "underdo" daripada berlebihan.hu ): . hal yang paling penting tentang make up digital adalah bahwa. cara mengubah warna mata. jadi ingatlah bahwa dalam pikiran saat mengikuti tutorial ini. oleh karena itu mencoba menjadi halus. Gambar awal (kredit untuk sxc.Buat make up digital Dalam Tutorial Jun 21.

-> Gausian Blur . Gandakan layer background dan pilih Filter -> Noise -> Median dan masukkan nilai 3.. Pertama. mata dll karena Anda tidak ingin mengaburkan mereka.Langkah 1. kita akan menghaluskan tekstur kulit model. Pertama-tama. pilih Filter > Blur . akan tampak seperti jika . Anda akan melihat bahwa bukan hitam. hanya kulit. Selanjutnya. Ini akan memberikan seluruh gambar merasa profesional dan meningkatkan aspek secara keseluruhan. Pastikan Anda menghindari garis-garis wajah. dengan ukuran berbeda sesuai dengan daerah tersebut. memilih hitam sebagai warna dan kemudian memperbesar dan melukis di atas bibir. tekan Q untuk memasuki mode edit Quick Mask. mengisinya dengan hitam dan mulai melukis dengan putih atas kulit. Tambahkan lapisan masker ke lapisan yang baru saja kabur. dengan sikat lembut. dan kemudian memilih sikat yang halus. Sekarang kita akan mengubah warna bibir untuk meniru lipstik merah muda. dan masukkan 3 lagi... Langkah 2..

itu hanya akan membuat tenda di sekitarnya menghilang). Jika Anda membuat kesalahan apapun. sehingga Anda dapat melihat dengan jelas tepi seleksi. .. Kemudian beralih kembali ke mode standar dengan menekan Q lagi dan kita lihat hasilnya. Pastikan Anda tidak pergi ke tepi. ini karena Anda berada di modus masker. hanya memilih putih dan melukis di atas bagian itu. memperbesar dan hati-hati dengan cat hitam di daerah itu.Anda mengecat dengan warna merah. (atau cukup tekan Ctrl + U untuk kotak dialog muncul) dan masukkan pengaturan berikut: Tekan Ctrl + H untuk menyembunyikan pilihan Anda (ini tidak akan membatalkan pilihan daerah tersebut. cukup tekan Q untuk memasuki Mode Quick Mask lagi. Jika Anda melihat bahwa area yang tidak diinginkan di sekitar bibir berubah merah muda.. Pergi ke Select -> Inverse dan kemudian ke Image -> Adjustments -> Hue / Saturation . Beralih kembali ke Standard Mode dengan menekan Q lagi dan Anda akan melihat pilihan muncul.Keuntungan menggunakan modus masker untuk memilih adalah bahwa Anda memiliki kontrol lebih atas pemilihan ketimbang dengan menggunakan Lasso Tool.

dengan pengaturan bulu 5. memastikan itu menyatu dengan baik dan tampak alami. Pergi ke Image -> Adjustments -. Jika ada. Setelah selesai. pastikan area bibir tidak dipilih untuk melanjutkan ke langkah berikutnya. ungu lembut di atasnya. sikat yang halus kecil. Mengatur layer mode blending ke Overlay dan Opacity menjadi 35%. Dengan sikat sedikit lebih besar Anda mungkin menyoroti bibir atasnya. Sekarang kita akan melakukan riasan mata.> Brightness / Contrast . Langkah 3 Untuk mengubah warna mata. di atas daerah antara alis dan mata. pilih mata dengan menggunakan metode yang sama yang digunakan untuk bibir.Tambahkan sorot halus bibir bawahnya dengan menggunakan Dodge Tool.. dan kemudian tekan Ctrl + U untuk membuka Hue / Saturasi kotak dialog. memperbaikinya seperti sebelumnya ditunjukkan dengan bibir. paparan set ke 70%. . centang Colorize dan menggunakan pengaturan berikut: Tekan Ctrl + H dan memeriksa kesalahan. Pilih bulu mata pada kelopak mata bawahnya dengan menggunakan Lasso Tool. Langkah 4. dan menurunkan Brightness ke -10 Hapus daerah tersebut. Kemudian memperbaiki tepi daerah dengan menghapus dengan sikat lembut yang besar di sekitarnya. sekali lagi dengan cara yang sangat halus. . Buat layer baru dan cat dengan sikat..

sekarang kita dapat menyesuaikan warna cor untuk lebih cocok dengan perubahan yang kami buat. untuk mengubah warna gaunnya dari cyan sampai ungu: Cyans: -100 -100 +100 +100 Anda akan melihat bahwa lapisan ini akan sedikit mempengaruhi warna mata. Langkah 6 Tambahkan layer penyesuaian warna Selektif. Jika Anda tidak seperti itu. . jadi saya tidak mengubahnya. Menambahkan lapisan warna penyesuaian Selektif dengan pengaturan sebagai berikut: Reds: -43 0 -22 +7 Kuning: 0 0 0 -41 Netral: 0 0 0 -7 . Saya sebenarnya lebih suka seperti itu. Untuk meningkatkan efek gambar.Langkah 5. maka pilihlah sikat yang halus dan cat dengan warna hitam pada layer mask dari lapisan penyesuaian (saya sudah disorot dengan kuning pada gambar berikut).

Akhirnya. pergi ke Image -> Adjustments -> Auto Levels untuk benar-benar membawa keluar warna gambar dan menghapus cetakan warna agak kemerahan itu memiliki. Hasil akhir: .