KELOMPOK IX

RESTIKA ASTA AMALIA NILDAWATI ISHLAH ASTUTI SRI WULANDARI SA’DIYA ATTAMIMI

KANKER SERVIKS .

Kanker serviks adalah jenis kanker yang paling sering dijumpai pada wanita setelah kanker payudara dan dapat menyebabkan kematian.000 wanita setiap tahunnya didiagnosa menderita kanker serviks. Di Indonesia diperkirakan terjadi sekitar 40 kasus baru per harinya dan 50% diantaranya meninggal karena penyakit tersebut. tetapi dapat juga timbul pada usia yang lebih muda. Angka kejadiannya sekitar 74% dibandingkan kanker ginekologi lainnya. Secara epidemiologi. dan hampir 60% diantaranya meninggal dunia. kanker serviks cenderung timbul pada kelompok usia 33-55 tahun. Data WHO tahun 2003 menyebutkan bahwa sekitar 500. .

. suatu daerah pada organ reproduksi wanita yang merupakan pintu masuk ke arah rahim yang terletak antara rahim (uterus) dengan liang senggama (vagina).Kanker mulut rahim adalah pertumbuhan selsel mulut rahim/serviks yang abnormal dimana sel-sel ini mengalami perubahan kearah displasia atau mengarah keganasan. Kanker leher rahim (kanker serviks) terjadi pada servik uterus.

Akan tetapi. terutama paling banyak pada wanita yang berusia 33-55 tahun. asalkan memiliki faktor risikonya. .Kanker ini menyerang wanita yang pernah atau sekarang dalam status sexually active. tidak mustahil wanita yang mudapun dapat menderita penyakit ini. Tidak pernah ditemukan wanita yang belum pernah melakukan hubungan seksual pernah menderita kanker ini. Biasanya kanker ini menyerang wanita yang telah berumur.

FAKTOR RISIKO KANKER SERVIKS • • • • PERILAKU SEKSUAL KONTRASEPSI MEROKOK NUTRISI .

Tanda-tanda kekambuhan kanker serviks : • Badan semakin kurus. • Nyeri pada kaki dan bokong • Semban pada kedua kaki. . tanpa jelas penyebabnya.

Tipe virus ini banyak (lebih dari 100 tipe) dan sebagian besar tidak menimbulkan gejala yang terlihat dan akan hilang dengan sendirinya (self limiting). Infeksi HPV paling sering terjadi pada kelompok usia 18-28 tahun . Virus ini adalah sejenis virus yang menyerang manusia.PENYEBAB KANKER SERVIKS Penyebab kanker serviks adalah virus HPV (human papilloma virus).

perdarahan diluar atau diantara siklus haid .keputihan yang tidak sembuh-sembuh dan berbau perdarahan pasca sanggama . Jika sudah berkembang menjadi kanker. akan ditemukan keluhan antara lain: .GEJALA-GEJALA KANKER SERVIKS Kanker serviks pada stadium lesi pra kanker tidak menimbulkan gejala. Kelainan hanya dapat ditemui dengan pemeriksaan Pap Smear berupa ditemukannya sel-sel abnormal pada bagian serviks.rasa sakit pada saat berhubungan seksual Jika dijumpai keluhan tersebut harus diwaspadai dan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter .

• Mencegah hubungan seksual pada usia dini.PENCEGAHAN KANKER SERVIKS • Kanker serviks dapat dicegah dengan pemberian vaksin HPV yang membantu memberikan perlindungan terhadap beberapa tipe HPV. faktor pada pria. . dan kebiasaan merokok. jumlah pasangan seks. • Pemeriksaan Pap Smear tetap dibutuhkan walaupun sudah dilakukannya vaksinasi.

SKRINING DAN DIAGNOSIS Skrining dapat dilakukan dengan cara : • Pap Test • Tes HPV DNA Diagnosois dapat dilakukan dengan cara:  Memeriksa serviks  Mengambil sampel sel serviks .

KEMORADIASI . RADIASI 3.PENGOBATAN KANKER SERVIKS PENGOBATANNYA DAPAT DILAKUKAN DENGAN: 1. OPERASI 2. KEMOTERAPI 4.

Risiko terkena kanker serviks meningkat dengan bertambahnya usia dan menyentuh kehidupan perempuan pada saat-saat terpenting dalam hidupnya. Dimulai dengan kanker serviks bagian uterus atau rahim. .Kaum perempuan harus kian tersadarkan untuk mengenali dan mencegah kanker serviks atau mulut rahim sejak dini. kemudian mencapai vagina dan secara bertahap akan menyebar luas jika tidak diobati.. Perempuan dewasa sekaligus seorang ibu dari remaja putri. tentunya ingin melindungi diri dan putri saya dari risiko kanker serviks.

Contoh gambar alat kelamin pd kanker serviks akut .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful