Tugas SIM #1 Jargn Komputer Dewi Rimayani

KOMPUTER DAN JARINGAN KOMPUTER

Disusun Oleh : Dewi Rimayani, ST Tugas Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen, Ir. H. Sumirin, MS Magister Teknik Sipil Unissula Semarang 2012

 

Mengenal Komputer Jaringan komputer

Dalam bahasa Inggris disebut to compute. (perbandingan). 2. maka seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan hilang. mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya. ke layar monitor (softcopy) atau keluaran berupa suara. dapat menerima data (input). Output Device. dari namanya kita dapat artikan bahwa RAM adalah memori yang dapat diakses secara random. (1) Read Only Memory (ROM). Prosesor terdiri dari dua bagian utama. lalu data tersebut diolah sedemikian rupa oleh CPU sesuai yang kita inginkan dan data mengurang dll) serta data logika 2|Page . speaker. plotter. • Arithmetic Logic Unit (ALU). Isi ROM diperlukan pada saat komputer dihidupkan. Memori ini terbagi atas dua macam. adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran. maka diperlukan media penyimpanan eksternal. Secara definisi komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama. Prosesor.A. seperti keyboard. merupakan bagian dari prosesor yang khusus mengolah data aritmatika (menambah. monitor dan banyak yang lainnya. perintah untuk mencek semua peralatan yang ada di unit sistem dan perintah untuk menampilkan pesan di layar. Harddisk. yaitu memori yang hanya bisa dibaca saja. yaitu . seperti Disket. Pengenalan Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare yang artinya menghitung. PCMCIA card dan lain-lain. yaitu . • Control Unit (CU). merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer. RAM berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu (power on) jika komputer kita matikan. 3. Memori adalah media penyimpan data pada komputer. Isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik. 4. adalah perangkat-perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam memori komputer. Agar data yang kita buat tidak dapat hilang pada saat komputer dimatikan. Contohnya printer. 1. Perintah yang ada pada ROM sebagian akan dipindahkan ke RAM. joystick dan lain-lain. apakah itu ke kertas (hardcopy). mulai dari input device sampai output device. Perintah yang ada di ROM antara lain adalah perintah untuk membaca sistem operasi dari disk. adalah perangkat utama komputer yang mengelola seluruh aktifitas komputer itu sendiri. Input Device. Tujuan dari RAM ini adalah mempercepat pemroses data pada komputer. (2) Random Access Memori (RAM). tidak dapat dirubah dan dihapus dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer. mouse. Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa prinsip kerja komputer tersebut diawali memasukan data dari perangkat input. Mengenal Komputer 1.

yang telah diolah tadi disimpan dalam memori komputer atau disk. merupakan program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Scandisk. Monitor disebut juga dengan Visual Display Unit (VDU). jenis komputer. seperti Norton Utility. 4) Casing Unit Casing unit adalah tempat dari semua peralatan komputer. misalnya PC Tools dapat melakukan perintah format sebagaimana DOS. dll. seperti GL. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer. PC Tools. Windows. CD-I. seperti DOS. 3) Monitor /Screen Monitor merupakan sarana untuk menampilkan apa yang kita ketikkan pada papan keyboard setelah diolah oleh prosesor. Novell. File yang telah dihapus oleh DOS tidak dapat dikembalikan lagi tapi dengan program bantu hal ini dapat dilakukan. Semakin canggih prosesor komputer. karena jenis prosesor menentukan pula jenis komputer. OS/2. Tanpa ada sistem operasi maka komputer tak dapat difungsikan sama sekali. MYOB. tapi PC Tools mampu memberikan keterang dan animasi yang bagus dalam proses pemformatan. dll. Biasanya program aplikasi ini dibuat oleh seorang programmer komputer sesuai dengan permintaan/kebutuhan seseorang/lembaga/perusahaan guna keperluan interennya. 2) Program Utility. yaitu . maka kemampuannya akan semakin baik dan biasanya harganya akan semakin mahal. 1) Input/Output Device (I/O Device) Terdiri dari perangkat masukan dan keluaran. merupakan peralatan fisik dari komputer yang dapat kita lihat dan rasakan. Hardware (perangkat keras). Program utility berfungsi untuk membantu atau mengisi kekurangan/kelemahan dari system operasi. Data yang disimpan dapat kita lihat hasilnya melalui perangkat keluaran. harddisk. 1) Sistem Operasi. Hardware ini terdiri dari .dll. peripheral lain dan Central Procesing Unit (CPU). seperti keyboard dan printer. 2. Payroll. Baik tidaknya suatu komputer. Software terdiri dari beberapa jenis. card. yaitu . Software (perangkat lunak). Unix. b. Komponen-Komponen Komputer Komputer terdiri dari tiga komponen utama yang tidak dapat dipisahkan. a. 3|Page . dll. ditentukan terutama oleh jenis prosesornya. Adalah software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi. 5) Central Procesing Unit (CPU) Central Procesing Unit adalah salah satu bagian komputer yang paling penting. baik itu motherboard. 3) Program Aplikasi. harga komputer. 2) Storage Device (perangkat penyimpanan) Merupakan media untuk menyimpan data seperti disket. Casing unit ini disebut juga dengan System Unit.

bahasa pemrograman generasi pertama. Mainframe menyediakan sedikit waktu dan sebagian memorinya untuk setiap pemakai (user). yaitu . Perpindahan ini tidak dirasakan oleh pemakai.1970 ) IV ( 1971 . seperti BASIC. Brainware (User). dll Adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak orang dengan berbagai kepentingan. program paket dll. bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin.Yang tergolong kedalam bahasa ini adalah Assembler. seperti Sistem analis. atau sering disebut dengan EDP Departemen. 3. Seperti MS-Word. dapat digunakan oleh departemen keuangan untuk membuat nota.1965 ) III ( 1966 . masalah komputerisasi biasanya ditangani oleh bagian khusus yang dikenal dengan bagian EDP (Electronic Data Processing). MS-Excel. merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah dimana penggunaan instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari. 4|Page . COBOL. 5) Bahasa Pemrograman. Komputer mainframe mempunyai CPU yang berada pada satu mesin sendiri. Pada organisasi yang cukup besar.4) Program Paket. dBase. yang dikepalai oleh seorang Manager EDP. seolah-olah tidak ada apa-apa. Bahasa pemrograman ini biasanya dibagi atas 3 tingkatan. kemudian berpindah lagi kepada pemakain lain. karena ditujukan untuk banyak pemakai. dll.sekarang ) V ( pemanfaat teknologi Artificial Inteligence (AI)) Keterangan Generasi Prosesor . atau bagian administrasi untuk membuat surat penawaran dan lain sebagainya. apakah itu sistem operasi. Fortran. Clipper. c) c. High Level Language. ForTran (Formula Translator).Mainframe Mainframe adalah komputer yang prosesornya mempunyai kemampuan sangat besar.1959 ) II ( 1960 . dll. mempunyai perangkat penyimpanan. merupakan bahasa tingkat tinggi yang mempunyai ciri mudah dimengerti. Komputer jenis ini biasanya digunakan pada perusahaan yang berskala besar. b) Midle Level Language. Merupakan software yang khusus digunakan untuk membuat program komputer. Biasanya yang mengerti hanyalah pembuatnya saja. Mainframe disediakan untuk banyak pemakai (multi user) dan setiap pemakai dapat menggunakan program yang berbeda pada saat yang sama (multitasking). seperti MS-Word. walaupun begitu masih sulit untuk di mengerti karena banyak menggunakan singkatan-singakatan seperti STO artinya simpan (singkatan dari STORE) dan MOV artinya pindah (singkatan dari MOVE). user. a) Low Level Language. operator. karena menggunakan bahasa sehari-hari. Pascal. programmer. dBase dll. Penggolongan Komputer Dasar Penggolongan Jenis Komputer I ( 1946 . Lotus 123. lalu kembali kepemakai yang pertama. komunikasi di satu mesin sendiri dan dihubungkan dengan banyak terminal yang terdiri dari keyboard dan monitor saja. adalah personil-personil yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer.

perangkatnya dapat diringkas ke dalam satu mesin saja. Notebook (buku catatan) adalah komputer yang ukurannya sebesar buku catatan (yang banyak dipakai pelajar dan mahasiswa Amerika) saja. . seperti telah dijelaskan diatas Tower (menara) adalah yang biasanya diletakkan disamping atau dibawah meja. sehingga memenuhi meja. karena lebih fleksibel menggunakan komputer PC dengan teknologi Local Area Networknya (LAN) Personal Computer (PC) atau komputer pribadi adalah komputer yang ditujukan untuk satu pemakai dengan satu pemakain program aplikasi pada suatu saat. Dengan menambahkan berbagai perangkat tambahan.IBM compatible atau PC . karena ukurannya yang relatif besar. Komputer ini memiliki monitor. Namun didalam CPU ini sebenarnya tidak hanya terdapat prosesor saja. karena bagian-bagiannya dapat dirangkai menjadi satu kotak saja. tetapi biasanya diletakkan diatas meja. Komputer mini ini sekarang jarang dipakai. baik itu di rumah. Kalau mainframe dapat memiliki ribuan terminal. pabrik yang produknya hanya untuk memenuhi kebutuhan daerah setempat. kantor. Oleh karenanya. sehingga bisa ditambahkan dengan berbagai perangkat tambahan. Komputer mainframe saat sekarang kalah saing dengan komputer PC dengan teknologi internet. Komputer jenis inilah yang paling banyak digunakan.Notebook .seperti kantor pusat penerbangan nasional. keyboard dan CPU. sekolah dll. komputer mini lebih terbatas hanya sampai puluhan dan mungkin hanya ratusan. yaitu 8 ½ x 11 inci. tebalnya berkisar 1 hinggan1 ½ inci dan beratnya antara 4 sampai 6 kg. Komputer mini cocok untuk perguruan tinggi yang hanya memiliki satu atau dua fakultas. Komputer ini biasanya banyak memiliki ruang didalamnya dan banyak memiliki expansion slot (tempat untuk memasang card tambahan). Portable (mudah dibawah-bawah) adalah komputer yang ukuran sedikit lebih kecil dari Desktop.Sub notebook (handbook) 5|Page .Tower . Subnotebook adalah komputer yang ukuran ada diantara komputer notebook dan palmtop.Macintosh Bentuk dan ukuran Fisik . Notebook mempunyai ukuran yang sama dengan kerta kuarto.Portable . lembaga kursus. Desktop (meja) adalah komputer yang ukuran sedikit lebih kecil dari dari Tower. tetapi juga ada perangkat penyimpanan dan mungkin saja dipasangi perangkat tambahan (periferal).Desktop . Komputer mini ditujukan untuk perusahaan yang tidak begitu besar tetapi juga tidak begitu kecil.Minikomputer Minicomputer sebenarnya adalah bentuk mini dari komputer mainframe. sehingga mudah dibawa kemana-mana. komputer PC dapat menandingi komputer mainframe dan mini. Ukuran komputer ini sedikit lebih kecil dari notebook karena ada sebagian perangkat yang . Komputer ini paling banyak dipakai karena harganya yang lebih murah bila dibandingkan dengan bentuk yang lain.

dan jenis data yang diolah.Digital . biasanya tidak memerlukan bahasa perantara. 4. Banyak perifel lain yang mampu menambah kemampuan komputer menjadi mesin yang lain. Palmtop adalah komputer yang dapat digenggam. Komputer Digital digunakan untuk mengolah data kuantitatif (huruf. . Network Card 2. Contohnya komputer yang digunakan dirumah sakit untuk mengukur suhu. Komputer Hybrid. semakin tinggi jenis prosesor yang digunakan. Modem 3. dll 6|Page . angka. kombinasi huruf & angka. Midi Card 4. Penggolongan komputer berdasarkan criteria lain masih dimungkinkan. Perangkat Tambahan (periferal) Untuk meningkatkan kinerja dari komputer. karakter-karakter khusus) biasanya memerlukan bahasa perantara.tidak dipasang. misalnya berdasarkan ukuran fisik. system operasi. Sistem Operasi Unix Netware DOS OS/2 Windosw NT (Network Technology) System NextStep Jenis data yang diolah . karena kemampuan kerja komputer ditentukan oleh kemampuan prosesornya.Hybrid Penggolongan jenis-jenis komputer yang lebih tepat adalah berdasarkan jenis prosesor yang ada pada komputer. Contohnya komputer PC dll. terutama bagian yang bertugas menerima tambahan peralatan (expansion slot). bekerja secara kontinu dan parallel. karena ukurannya yang sangat kecil. kecepatan suara. Untuk lebih jelasnya perhatikan berikut ini. TV Card 5. Contoh periferal Ethernet card yang berguna untuk menguhubungkan komputer PC dengan komputer PC lainnya. biasanya disk drive. maka komputer harus memasukkan perangkat tambahan yang dipasang pada motherboardnya. kira-kira sedikit lebih kecil dibandingkan kaset video Beta. merupakan kombinasi antara komputer analog dengan digital.Analog Komputer Analog digunakan untuk mengolah data kualitatif. Komputer ini sering disebut handheld computer. maka semakin tinggi pulalah kinerja dari komputer tersebut. Contohnya Facsimile. voltase listrik dll. Periferal 1.

ROM Storage Device 2. Ocr Scanner 7. dll CPU 1. Joystick 4. RAM 1. Bar Code Reader 9. CD-ROM 5. Projector 5. Prosesor 2. Track Ball 5. Monitor 3. Speaker 2. Keyboard 2. Cartridge 7|Page . Harddisk 4. Magnetic Tape 8. Digitizer 10. Voice Recognition 11. Image Scanner 8. Touch Screen 12. Optical Disk 6. Light Pen 6. Printer 4. dll Output Device 1. Mouse 3. Video Player 13. Kamera 14. Disket 3. PCMCIA Card 7.Input Device 1.

printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. LAN / Jaringan wilayah lokal merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau tempat yang berukuran sampai beberapa 1 . dan Jaringan wilayah luas atau Wide Area Network (WAN). antar negara.B. terdiri atas puluhan gedung yang berjarak 10 . printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. a.10 kilometer. Jaringan wilayah luas Merupakan jaringan antarkota. misalnya jaringan yang menghubungkan semua bank di Indonesia. Klasifikasi Jaringan Komputer Klasifikasi jaringan komputer terbagi menjadi : 1. Jaraknya bisa mencakup seluruh dunia. mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Setiap komputer. Apakah Jaringan Komputer.? JARINGAN komputer adalah sebuah kumpulan komputer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan stasiun kerja (workstation) dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (misalnya pencetak (printer) dan saling bertukar informasi. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data.. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua. bahkan antar benua. 2. b. ribuan atau bahkan jutaan node. Berdasarkan geografisnya. c. Jaringan komputer 1. Kabel transmisi yang digunakan adalah kabel serat optik (Coaxial Cable). puluhan. Jaringan wilayah metropolitan atau Metropolitan Area Network (MAN). antar propinsi. jaringan komputer terbagi menjadi Jaringan wilayah lokal atau Local Area Network (LAN). atau jaringan yang menghubungkan semua kantor Perwakilan Indonesia di seluruh 8|Page . Sedangkan Jaringan wilayah metropolitan merupakan perluasan jaringan LAN sehingga mencakup satu kota yang cukup luas.50 kilometer.

Sedangkan jaringan ujung ke ujung itu ditunjukkan dengan komputerkomputer saling mendukung. Kelima jenis topologi tersebut yaitu :      Bus Ring Star Tree Mesh 9|Page . terbagi menjadi Jaringan Klien-server (Client-server) dan Jaringan Ujung ke ujung (Peerto-peer). jaringan komputer dapat dibedakan atas: Dalam jaringan komputer ada lima jenis topologi jaringan.dunia. sehingga ada pembagian tugas. maksimum 25. komputer peladen ini yang akan mengatur pelayanannya. Semua permintaan layanan sumberdaya dari komputer klien harus dilewatkan ke komputer peladen. misalnya file-server. Berdasarkan fungsi. Apabila komunikasi permintaan layanan sangat sibuk bahkan bisa disiapkan lebih dari satu komputer menjadi peladen. database server dan sebagainya. Berdasarkan topologi jaringan. Model jaringan ini biasanya hanya bisa diterapkan pada jumlah komputer yang tidak terlalu banyak. 2. Jaringan dapat dihubungkan pada dua tingkat. 3. tetapi banyak yang mengandalkan koneksi serat optik antar negara. Tentu saja konfigurasi komputer peladen biasanya lebih dari konfigurasi komputer klien baik dari segi kapasitas memori. karena komunikasi akan menjadi rumit dan macet bilamana komputer terlalu banyak. Media transmisi utama adalah komunikasi lewat satelit. printserver. Sebuah topologi pada dasarnya mendefinisikan bagaimana jaringan harus dirancang dan menyediakan struktur hubungan ke jaringan. kapasitas cakram keras {harddisk). yaitu tingkat fisik dan tingkat logic. maupun kecepatan prosessornya. Jaringan klien-server pada dasaranya ada satu komputer yang disiapkan menjadi peladen (server) dari komputer lainnya yang sebagai klien (client). sehingga setiap komputer dapat meminta pemakaian bersama sumberdaya dari komputer lainnya. demikian pula harus siap melayani permintaan dari komputer lainnya.

Lalu ada adalah logis atau tingkat perangkat lunak mana jaringan perlu diprogram. Dalam rangka untuk mendirikan sebuah jaringan seseorang harus menjadi insinyur jaringan dan harus mengetahui fungsi dari topologi jaringan dari tingkat fisik. d. di mana semua komputer client terhubung ke pusat yaitu hub. atau topologi tree. juga lebih efisien dalam penggunaannya. Semua node dalam jaringan bus tergantung pada backbone dan jika ada satu node yang terganggu maka node yang lain juga akan terganggu. Media yang biasa digunakan dalam topologi ini adalah UTP (Unshielded Twisted Pair) atau kabel yang dipilin secara berpasangan. teknologi mobile. Untuk mengidentifikasi masalah jaringan insinyur harus mengetahui fungsi seluruh topologi jaringan. keamanan jaringan kabel masih lebih baik. namun hal yang sama tidak dapat dikatakan pada tingkat fisik. Jika dibandingkan dengan jaringan kabel. Jika ada satu node berhenti berfungsi atau jika ada kerusakan kabel pada salah satu node tidak akan mengganggu node yang lainnya. Topologi Star Topologi star didasarkan pada node sentral (pusat) yang disebut dengan hub. 10 | P a g e . b. Namun langkah utama adalah pada tingkat fisik. Setelah jaringan mengatur fisik maka perangkat lunak dapat diinstal dan protokol dapat dikonfigurasi. Topologi mesh banyak digunakan pada WAN (Wide Area Network). Hal ini sangat penting dan untuk ini anda perlu memutuskan salah satu format topologi. Ada banyak jenis jaringan. Jika ada kabel rusak atau kerusakan pada salah satu node maka seluruh jaringan akan berhenti. Setiap node terhubung ke node lain dalam suatu topologi mesh dan kemungkinan putusnya hubungan sangat minim. misalnya jaringan kabel. Jaringan wireless menjadi semakin populer di kalangan perusahaan dan kampus sehingga mereka tidak perlu menghabiskan terlalu banyak biaya untuk membeli kabel. star. Topologi Tree / Extended Star Topologi tree adalah gabungan jaringan star yang disatukan. c.a. Topologi jaringan adalah bagian paling penting dari komunikasi data. komunikasi dimulai dalam jaringan. Topologi Ring Sebuah jaringan berbentuk ring (cincin) dalam bentuk melingkar dan setiap node terhubung ke sisi-sisi cincin itu. teknologi nirkabel (wireless). Sangat mudah untuk mengatasi permasalahan yang timbul dalam jaringan bus. Topologi Mesh Topologi Mesh adalah sekelompok node yang saling terhubung satu sama lain dan banyak jenis koneksi yang mungkin dalam topologi mesh. Namun ada masalah keamanan dalam teknologi wireless ini. Masalah jaringan pada tingkat logis sangat sederhana. Topologi cincin jarang dipakai karena memiliki banyak kekurangan. Topologi Bus Topologi bus adalah serangkaian node yang semuanya terhubung ke backbone (jalur utama. komunikasi satelit dan kombinasinya. Topologi star umumnya dipakai dalam jaringan di rumah-rumah dan kantor. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa topologi tree mengikuti suatu hirarki dan seluruh tree tergantung pada hirarki ini. e. Sebuah perusahaan dapat memilih untuk menggugat semua jenis jaringan namun mereka masih membutuhkan topologi untuk merancang sistem komunikasi dan rencana aliran data dan data pesanan yang akan mengambil saat bepergian. Bahkan jaringan nirkabel perlu menyesuaikan diri dengan mesh. Jaringan Bus biasanya bekerja dengan baik untuk jaringan yang kecil dan biasanya menggunakan kabel Ethernet.

mudah diinstall. b) STP : Metal braid untuk mengurangi interferensi. Terdiri dari dua kawat yg dililit bersama. UTP Kategori 3 : diatas 16 MHz . Jaringan terpusat Jaringan ini terdiri dari komputer klien dan peladen yang mana komputer klien yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer peladen. lebih mahal. Sedangkan pada digital memerlukan router setiap 2-3 Km. 5. untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. tebal dan berat. dapat berfungsi sebagai antena dan menangkap informasi frekwensi radio. Berdasarkan distribusi sumber informasi/data a. Jaringan Berkabel (Wired Network) Pada jaringan ini. Terdapat tiga jenis kabel transmisi media : Twisted pair. coaxial cabel dan optical fiber. Speed : 10 – 100 Mbps Karakteristik transmisi twisted pair pd sistem analog perlu amplifier setiap 5 – 6 Km. jaringan didalam gedung to Private Branch Exchange (PBX) dan untuk kabel LAN (Local Area Network). Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan. 11 | P a g e . Jarak terbatas. Jaringan terdistribusi Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer peladen yang saling berhubungan dengan klien membentuk sistem jaringan tertentu. b. kabel telepon biasa. 1) Twisted Pair Relatif tidak mahal. Berdasarkan media transmisi data a. Bandwith terbatas ( 1 MHz) dan data rate terbatas (100 MHz) Terdapat 2 jenis : (1) UTP (Unshielded Twisted Pair) dan (2) STP (Shielded TP) a) UTP : Murah. Banyak digunakan untuk jaringan telepon. UTP Kegori 4 : diatas 20 MHz dan Kategori 5 atau 6 : hingga 100 MHz yang biasa di prainstalkan pada gedung perkantoran baru.4.

12 | P a g e .2) Coaxial Cable Biasa digunakan pada jarak jauh dan banyak interferensi. Kabel ini juga terdiri dari 2 kabel.

13 | P a g e . Sedang pada digital memerlukan repeater setiap 1 km.Termasuk media yang multifungsi. antar pedesaan atau LAN. Gelombang : 1014 – 1015 Hz. Semakin dekat akan meningkatkan data rate. Aplikasinya untuk transmisi jarak jauh. Kabel ini dapat mentransmit lebih banyak informasi dengan 1 kabel. jaringan komputer jarak pendek dan LAN. dengan frekwensi lebih luas. Dapat digunakan sebagai kabel TV. 3) Optical Fiber Fiber optik bararti pekerjaan besar dan mahal. Data rate fiber optik mencapai ratusan Gbps. Sekarang banyak diganti menjadi fiber optik. Setiap kabel dapat melayani ribuan percakapan telepon dan komputer. ukurannya kecil dan ringan. dan memerlukan repeater hingga tiap puluhan Km. perkotaan. Karakteristik transmisi kabel coaxial pd analog perlu amplifier setelah beberapa Km. menjadi media transmisi telepon jarak jauh. hingga 500 MHz.

Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan. amplifies or repeats signal and transmits on another frequency Requires geo-stationary orbit . Tranmisi dan penerimaan melalui antena. Frekwensi Wi-fi : 2GHz to 40GHz       Microwave Highly directional Point to point Satellite Omnidirectional Broadcast radio 3 x 1011 to 2 x 1014   Infrared Local 30MHz to 1GHz Pengiriman gelombang dilakukan dengan : (1) Terestrial Microwave. (3) Broadcast Radio (4) Infrared. 1) Terestrial Microwave : Piringan parabola Parabolic dish Focused beam Line of sight Long haul telecommunications Higher frequencies give higher data rates 2) Satellite Microwave Satellite is relay station Satellite receives on one frequency.784km Television 14 | P a g e . (2) Satelite Microwave. Height of ±35.b. Jaringan nirkabel(Wi-Fi) Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik.

Jika jaringan 15 | P a g e . topologi fisik. Ini termasuk cara mengakses. Ia merupakan suatu sistem dimana setiap komputer menunggu instruksi melalui kabel sebelum mengirim pesan melalui jaringan. TV remote control. IRD port 3. Contoh-contoh protokol yang paling populer digunakan adalah : (1) Ethernet. a. Protokol Jaringan Pengertian Protokol Jaringan adalah satu set aturan yang mengatur komunkasi online diantara beberapa buah komputer yang ada dalam suatu jaringan. Ethernet Protokol jaringan ethernet adl protokol yang paling bayak digunakan.g. jenis perkabelan dan kecepatan pengiriman data. (2) Local Talk. (3) Token Ring. Protokol jaringan diibaratkan sebagai bahasa komunikasi dalam jaringan. (4) FDDI.Long distance telephone Private business networks 3) Broadcast Radio Omni-directional FM radio UHF and VHF television Line of sight Suffers from multi-path interference 4) Infrared Modulate non-coherent infrared light Line of sight (or reflection) Blocked by walls e.

hanya 239 Kbps. c. Downstream adalah kecepatan transfer data dari internet server ke pelanggan atau pengguna. 4. Protokol ini mengijinkan topologi liner bus atau tree dengan kabel pasangan berpintal. FDDI (Fiber Distributed Data Interface) Merupakan protokol jaringan terutama untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan area lokal. Kecepatan pengiriman informasi local talk rendah. star atau tree dengan kabel twisted pair. OS macintosh memungkinkan sistem operasi sesama client tanpa perlu software tambahan. Dengan sistem ini. Token Ring Token ring dikembangkan IBM pada pertengan 1980-an. Kita ketahui bahwa bit atau binary digit ialah basis angka yang terdiri dari angka 0 dan 1.yang ditemukan tidak sibuk. maka informasi akan terkirim. Namun keterlambatan akbat tabrakan tersebut kecil dan tidak mempengaruhi kecepatan. Protokol ini mengijinkan topologi fisik ring kembar dengan fiber optik. coaxial atau fiber optik. Bandwith adalah satu ukuran dari banyaknya data yang yang dapat dialirkan dari suatu tempat ke tempat lain dalam ukuran batas waktu tertentu. Satu token elektronik bergerak mengelilingi lingkaran dari satu komputer ke yang lain hingga komputer akan mengirimkan informasi. Bandwith dapat dipakai sebagai indikator kecepatan baik lairan data analog maupun aliran data digital. Kecepatan Akses Internet Kecapatan akses internet adalah kecepatan lalu li ntas data yang mengelir melalui jaringan internet. . d. Unit pengukuran bandwith adalah bits / second atau disingkat bps. Protokol ini mengijinkan topologi linear bus. hingga 100 Mbps. Kecepatan pengiriman informasi 4 Mbps atau 16 Mbps. untuk meliputi wilayah yang jauh jaraknya. keduanya akan mundur sementara untuk mencoba kembali. Kecepatan pengiriman informasi tinggi. Bila terjadi tabrakan kare pengiriman yang bersamaan. a. komputer akan menunggu dan akan mencoba lagi hingga diijinkan. Sedangkan upstream adalah kecepatan transfer data dari pengguna komputer yang dikirim ke komputer server. Ukuran akses kecepatan internet dapat dilihat dari downstream atau upstream. Local Talk Local talk dikembangkan oleh Apple Computer untuk komputer Macintosh. Tetapi kalau sibuk. Protokol ini mengijinkan topologi star dengan kabel twisted pair atau fiber optik. pelanggaran adalah hal yang lumrah. b. Faktor yang mempengaruhi Kecepatan Akses Internet Faktor kecepatan akses internet sangat dipengaruhi dengan penggunaan perangkat-perangkat teknologi yang digunakan. Satuan ini adalah gambaran banyaknya bit (angka 0 dan 1) data yang dapat dialirkan daru satu tempat ke tempat lain perdetiknya. Teknologi pendukung yang dimaksud antara lain : 16 | P a g e . Ukuran kecepatan akses internet kadang diistilahkan dengan Bandwith yaitu lebar saluran data yang dilalui secara bersama-sama oleh data-data yang ditransfer.

juga disebut COFDM. untuk Multi Tone Diskrit. HSPA.koneksi ini biasannya menggunakan modem analog. yang mungkin dianggap sepele juga mempengaruhi kecepatan koneksi internet. Sama hal modem lainnya. Mozilla Fire Fox. secara umum kecepatan download adalah 4—untuk 650 KBps perdetik dan untuk upload kecepatan 128 untuk 256 KBps. 2) ADSL. - Spesifikasi Komputer yang digunakan sangat mempengaruhi kecepatan akses internet. 5) CDMA. kecepatan modem CDMA telah mencapai 3 x sistem koneksi dial up dan sudah separuh dari sistem koneksi cable modem. WiMax. Teknologi yang dimaksud adalah teknologi modem dan teknologi jaringan internet yang digunakan. Koneksi internet adalah penerapan teknologi yang digunakan untuk menyambung ke internet. teknologinya mengacu pada metode pensinyalan dengan kisaran yang relatif lebar dari frekwensi. Kecepatan akses i nternet yang ditawarkan ADSL. Jenis koneksi internet mempengaruhi kecepatan akses internet. Bandingkan kecepatan akses i nternet dengan beberapa aplikasi teknologi modem berikut : 1) Koneksi Dial up ISDN. Teknologi ADSL baru dikembangkan. Teknologi ini berkembang karena meningkatnya penggunaan perangkat nirkabel seperti ponsel dan laptop dan tablet. 17 | P a g e . menggunakan sistem telepon seluler (GPRS. UMTS. tidak terbatas pada frekuensi voiceband audio dan telepon. Kecapatan akses internet GSM tergantung dengan teknologi yang diadopsi. Beberapa modem ADSL menggunakan frekuensi coded orthogonal frequency division modulation (DMT. Untuk perbandiingan. Umumnya penyedia layanan jasa i nternet menyediakan paket-paket penawaran terkait dengantarif berlangganan dengan kecepatan akses internet yang ditawarkan. yang dapat tertanam didalam laptop atau type alat eksternal. untuk TV digital di sebagian besar pengguna di dunia). Modem GSM dikenal sebagai modem nirkabel. ADSL atau kepanjangan dari Asinchronous Digital Subscriber Line adalah alat yang digunakan untuk koneksi komputer atau router ke sirkuit telepon yang telah dikonfigurasi DSL. EVDA. 3) Broadband. 4) GSM.- Kecepatan yang ditawarkan ISP. modem ADSL adalah jenis transceiver. Semakin tinggi spesifikasi komputer yang digunakan semakin baik kecepatan koneksinya Aplikasi browser. Internet Explore atau Google Chrome memiliki perbedaan kecepatan yang signifikan. dll). - Jenis dari koneksi internet. Misalnya. modem analog dengan kecepatan 56Kbps mampu membawa data pada tingkat maksimal yaitu 56 kilo byte per detik melalui sambungan kabel telepon rumah. Paket berlangganan internet merupakan faktor utama yang asangat menentukan kecepatan akses internet. Kemampuan modem. Kecepatan aksesnya berkisar 128 kbps sampai 2 Mbps. kecepatan akses internetnya dapat mencapai 230 kbps untuk koneksi dan kecepatan download 153 Kbps.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful