Nama : KAMSUL HIDAYAT Kelas : B

TUGAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

MACAM MACAM SHOLAT SUNNAH
1.SHOLAT TAHAJUD Sholat tahajud adalah shalat sunat yang di kerjakan pada malam hari dan sesudah tidur sekalipun tidurnya hanya sebentar. Jadi apabila shalat tersebut dikerjakan tanpa tidur sebelumnya, maka shalat itu tidak di namakan shalat tahajud, tetati sholat sunnat biasa seperti witir atau lainnya. Shalat sunah tahajud merupakan shalat sunah muakad yaitu shalat sunnat yang dipentingkan atau dikuatkan oleh syara‟. Adapun shalat ini merupakan suatu amalan yang senantiasa dijadikan amalan wirid oleh rasulullah saw, parasahabat, ulama dan shalihin. Mengenai bilangan rakaatnya shalat tahajud di kerjakan sekurang-kurangnya dua rakaat dan sebanyak-banyaknya 12 rakaat. Adapun juga yang berpendapat bahwa sebanyak-banyaknya tidak terbatas. Sedangkan waktunya sesudah shalat isya hingga terbit fajar, namun sepanjang malam itu ada saat utama, lebih utama dari yang paling utama.

1. Sebelum mengerjakan Solat Tahajjud baca doa berikut :

Wabika aamantu.. Bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-nya. Bagi-Mu segala puji. Walakal hamdu Anta Qoyyimussamaawaati wal ardhi wa man fihinna. bertemu dengan-Mu benar. Niat Solat Tahajjud: (Ushalli sunnatat tahajjudi rak’ataini Lillahi ta’ala) Daku bersolat Sunat Tahajjud dua rakaat. Engkau benar. kerana Allah Ta’ala. Laa ilaa ha illaa anta Anta ilaahii Laa ilaaha illaa Anta Artinya: “Ya. Wa ilaika aanabtu. Wa „alaika tawakkaltu. janji-Mu benar. Allah! Bagi-Mu segala puji. Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Faghfirliiy maa qoddamtu wa maa akhkhortu. Wa maa asrortu wa maa a‟ lantu. Wa ilaika haakamtu. Surga adalah benar (ada). Neraka adalah benar . wassaa „atu aqqun. Antal haqqu wa wa‟dukal haqqu. Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya. wa qoulukal haqqu. Bagi-Mu segala puji. Antal muqoddimu wa Antal mu akhkhiru. Wabika Khooshomtu. Walakal hamdu Anta robbussamaawaati wal ardhi wa man fiihinna Walakal hamdu Anta mulkussamaawaati wal ardhi wa man fiihinna Walakal hamdu Anta mulikussamaawaati wal ardhi Walakal hamdu. Sesungguhnya Dikaulah yang melimpahkan rahmat! Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkanku dan kepada-Nyalah tempatku kembali. Ya Allah! Tambahkanlah padaku ilmu dan janganlah Dikau pesongkan hatiku setelah Dikau berikan petunjuk. wa Muhammadun haqqun. Waljannatu haqqun wannaaru haqqun Wannabiyyuuna haqqun. Tiada Tuhan melainkan Dikau. 2. firman-Mu benar. Allahumma laka aslamtu. Dan berikanlah daku Rahmat-Mu. wa liqoo ukal haqqu. Inilah Doa Sesudah Shalat Tahajud: Allahumma lakal hamdu Anta nuurussamaawaati wal ardhi wa man fiihinna. BagiMu segala puji. Maha Suci Dikau! Daku memohon ampun kepada-Mu bagi dosa-dosaku dan daku memohon kepada-Mu akan Rahmat-Mu. Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya.

(terutusnya) para nabi adalah benar.(ada). Artinya: “Ya Alloh.sholat dhuha Shalat Dhuha adalah shalat sunah yang dilakukan setelah terbit matahari sampai menjelang masuk waktu zhuhur. Ya Allah. keindahan adalah keindahan-Mu. berdasarkan hadits Nabi : ” Allah berfirman : “Wahai anak Adam. kepada-Mu aku kembali (bertaubat). Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan. dengan pertolonganMu aku berdebat (kepada orang-orang kafir). peristiwa hari kiamat adalah benar. Ya Alloh. kepada-Mu aku bertawakal. kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku). ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. kepada-Mu aku beriman. 2. kekuatan adalah kekuatan-Mu. apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu. datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”. NIAT SHOLAT DHUHA Artinya : "Saya niat shalat dhuha dua raka’at karena Allah ta’ala.Hakim dan Thabrani).Mu). penjagaan adalah penjagaan-Mu. Oleh karena itu. kepada-Mu aku pasrah. apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah. kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum. Afdhalnya dilakukan pada pagi hari disaat matahari sedang naik ( kira-kira jam 9. apabila haram sucikanlah.00 ). Bacaan Doa Sholat Dhuha . apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah. . jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang ( Shalat Dhuha ) niscaya pasti akan Aku cukupkan kebutuhanmu pada akhir harinya “ (HR. Shalat Dhuha lebih dikenal dengan shalat sunah untuk memohon rizki dari Allah. sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu. (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari. apabila sukar mudahkanlah. Engkau adalah Tuhanku. keagungan adalah keagunanMu. tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau”. tiada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau.

3. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu. Kepada-Mulah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku. Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. mengucapkan “Laa illah illallohul haliimul kariimu. lalu memuji kepada Allah. Jika kita memiliki kebutuhan atau keinginan. melainkan Engkau kabulkan. melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan. dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang. “Barangsiapa yang memunyai kebutuhan (hajat) kepada Allah atau salah seorang manusia dari anak-cucu adam. Rasulullah menganjurkan kita untuk shalat yakni shalat hajat. melainkan Engkau beri jalan keluar. subhaanallohi robbil „arsyil „azhiim… (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah) Niat Shalat Hajat ‫ى‬ ‫ع ى‬ ‫هلل‬ ‫ع‬ ‫ضء‬ DOA SHOLAT HAJAT Artinya: “Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. maka wudhulah dengan sebaik-baik wudhu.” .SHOLAT HAJAT Hajat secara harfiah artinya kebutuhan. Kemudian shalat dua rakaat (shalat hajat). Maha Suci Allah. mengucapkan salawat kepada Nabi saw Setelah itu.

takdirkanlah ia bagiku dan permudahkanlah serta berkatlah bagiku padanya .. Ya Allah. Sesungguhnya Engkau Maha Berkuasa sedangkan aku tidak berkuasa dan Engkau Maha Mengetahui sedangkan aku tidak mengetahui dan Engkaulah Yang Maha Mengetahu segala perkara yang ghaib. aku memohon petunjuk daripadaMu dengan ilmuMu dan aku memohon ketentuan daripadaMu dengan kekuasaanMu dan aku memohon daripadaMu akan limpah kurniaanMu yang besar.SHOLAT ISTIKHARAH Niat Sholat Sunat Istikharah : Artinya : “Saya berniat shalat sunat Istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala” Do‟a Sholat Sunat Istikharah : Artinya : "Ya Allah.) adalah baik bagiku pada agamaku. seandainya Engkau mengetahui bahawasanya urusan ini (sebutkan. kehidupanku dan kesudahan urusanku sama ada cepat atau lambat.4.

Yang berbuat menurut kehendak-Nya.. turunkanlah kepada kami hujan.da seandainya Engkau mengetahui bahawa urusan ini (sebutkan. Raja hari kiamat. maka jauhkanlah aku daripadanya dan takdirkanlah kebaikan untukku dalam sebarang keadaan sekalipun kemudian redhailah aku dengannya". Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Engkaulah Allah yang tiada Tuhan selain-Mu. kehidupanku dan kesudahan urusanku sama ada cepat atau lambat.) mendatangkan keburukan bagiku pada agamaku. Engkaulah Maha Kaya. 1. dan jadikanlah apa yang Engkau turunkan itu menjadi bekal sampai beberapa lama. tiada Tuhan selain Allah. Sholat Sunat Istisqa Niat sholat sunat Istiqa‟ : Artinya : “Saya berniat shalat sunat Istisqa’ dua rakaat karena Allah Ta’ala” Do‟a Sholat Sunat Istisqa‟ : . Artinya : “Segala puji bagi Allah pemelihara alam semesta. sedangkan kami adalah papa. Ya Allah. Sholat Sunat Taubat Niat Sholat Sunat Taubat : Artinya : “Saya berniat shalat sunat Taubat dua rakaat karena Allah Ta’ala” Do‟a Sholat Sunat Taubat “ .” 2.

Ya Tuhanku! Terimalah taubatku. suci bersihkanlah segala dosaku dan kabulkanlah permohonanku. Ya Allah! Bersihkanlah diriku daripada dosa-dosa sebagaimana kain putih dibersihkan daripada kekotoran. Maka berikanlah daku keampunan-Mu. Daku mohon perlindungan-Mu daripada dosa. kemalasan. Daku mohon ampun kepada Allah. dan daku berjanji tidak akan mengulanginya. Daku mohon perlindungan-Mu daripada segala kesalahan dan hukuman. Ya Allah! Sesungguhnya daku bertaubat kepada-Mu di atas segala dosaku.Artinya : “Daku memohon ampun kepada Allah. Ya Allah. Sesungguhnya Dikau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang!” 3. Ya Allah! Pengampunan-Mu adalah lebih luas daripada dosa-dosaku dan pengampunan-Mu terhadapku adalah lebih tertunai daripada amalan baikku. tiada yang dapat mengampuni dosaku itu kecuali Dikau. Daku mohon ampun kepada Allah yang tiada Tuhan melainkan Dia Yang Maha Hidup Lagi Maha Mengurus! Daku bertaubat kepada-Nya selaku taubatnya seorang hamba yang banyak dosa yang tidak berdaya untuk menolak mudharat atau berbuat manfaat dan tidak mampu mematikan atau menghidupkan mahupun membangkitkan (di Padang Mahsyar kelak). Sholat Sunat Witir . kasihanilah daku. dugaan kubur dan seksanya. Ya Allah! Sesungguhnya daku telah banyak sekali menganiaya diriku sendiri.

. Niat Solat Sunat Tasbih Niat Sholat Sunat Tasbih : Artinya : “Saya berniat shalat sunat Tasbih empat rakaat karena Allah Ta’ala” Doa Sholat Sunat Tasbih : . sesungguhnya aku berlindung dengan keredhaanMu daripada kemurkaanMu. dan aku berlindung dengan kemaafanMu daripada balasanMu." 4. Maka segala pujian dan sanjungan sehingga Engkau redhai.Niat Sholat Sunat Witir 2 Rakaat : Artinya : “Saya berniat shalat sunat Witir dua rakaat karena Allah Ta’ala” Niat Sholat Sunat Witir 1 Rakaat : Artinya : “Saya berniat shalat sunat Witir satu rakaat karena Allah Ta’ala” Do‟a Sholat Sunat Taubat : Artinya : "Ya Allah. dan aku berlindung denganMu seperti pujiMu sendiri ke atas diriMu.

ya Tuhan kami.. Maha Suci Engkau sebagai Pencipta. Artinya : “Ya Allah. Sholat Sunat Awwabin Niat Sholat Sunat Awwabin pada 2 rakaat pertama : Artinya : “Saya berniat shalat sunat Awwabin serta memelihara iman dua rakaat karena Allah Ta’ala” Niat Sholat Sunat Awwabin pada 2 rakaat kedua : Artinya : “Saya berniat shalat sunat Awwabin dua rakaat karena Allah Ta’ala” Niat Sholat Sunat Awwabin pada 2 rakaat kedua : Artinya : “Saya berniat shalat sunat Awwabin serta Istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala” Doa Sebelum mendirikan Sholat Sunat Awwabin : .” 5. Ya Allah. jadikan kami golongan yang takut yang menghalang kami daripada melakukan maksiat sehinggalah kami beramal dengan taat kepada-Mu amalan yang kami merasakan perlu mendapat keredhaan-Mu dan juga sehingga kami bersungguh-sungguh pada bertaubat serta takut kepada-Mu dan juga sehingga kami betul-betul ikhlas dan tawakal kepada-Mu dalam setiap perkara dan supaya kami menjadi orang yang baik sangka terhadap Engkau. kami memohon kepada-Mu. kami memohon taufik daripada-Mu sebagaimana orangorang yang telah Engkau beri petunjuk dan jadikan amalan kami ini seperti mana amalan ahli yakin dan jadikanlah kami dari golongan orang yang menerima nasihat orang-orang yang bertaubat dan keazaman kami seperti mana orang-orang yang sabar dan gementar kami seperti mana orang-orang yang takut dan kami memohon seperti mana permohonan orang yang suka kepada kebaikan dan beribadat seperti orang-orang yang warak dan jadikanlah pengetahuan kami ini sebagai ahli-ahli yang berilmu sehingga kami termasuk ke dalam orang yang takut kepada Engkau.

/ / Artinya : “Saya berniat shalat sunat (Dzohor / Ashar / Isya / Subuh) dua rakaat sesudahnya karena Allah Ta’ala”. Sholat Sunat Rawatib Niat sholat sunat / / Artinya : “Saya berniat shalat sunat (Dzohor / Ashar / Isya / Subuh) dua rakaat sebelumnya karena Allah Ta’ala”. tulislah dalam rekodkau bahawa Aku bersaksi bahawa Tiada Tuhan yang disembah melainkan Allah. ampunlah dengannya dosaku. yang baik. kalam itu benar. tidak ragu-ragu lagi. Ya Allah simpanlah di sisiMu penyaksian ini untuk hari yang aku perlukan padanya. Aku bersaksi bahawa syurga itu benar.Artinya : “Selamat datang kepada malaikat yang bertugas malam. .Ya Allah simpanlah dengannya amalanku. selamat datang kepada dua malaikat pencatat yang mulia. beratlah dengannya timbanganku.” 6. dan aku bersaksi bahawa Muhammad itu hambaNya dan UtusanNya. Aku bersaksi bahawa qiamat itu benar dan pasti akan datang. neraka itu benar. dan pastikanlah dengannya pencapaian cita-citaku dan perkenanlah untukku Ya Allah Tuhan Yang Maha Pemurah. Allah akan bangkitkan mayat dari kubur.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful