Hidroterapi pada Stroke

Pembimbing: DR.dr. Noer Rachma Sp. KFR Coass periode 30 Juli-25 Agustus 2012

Hidroterapi

Adalah bentuk pelayanan medical yaitu terapi menggunakan air sebagai media. Merupakan salah satu metode yang efektif dalam mengurangi rasa nyeri dan dapat dilakukan dengan mudah. Istilah hidroterapi sendiri baru ada sekitar abad ke 19. Namun air telah dimanfaatkan sebagai bagian dari metode penyembuhan sejak beberapa abad yang silam.

Prinsip Dasar
1. Aplikasi dingin dapat membantu mengurangi ujung saraf bebas yang sensitif terhadap nyeri dan dapat mengurangi reaksi inflamasi yang menyertainya. 2. Aplikasi dingin dan panas dapat mengurangi reaksi kongesti atau pembengkakkan yang mengakibatkan nyeri dan kekakuan . 3. Aplikasi dingin yang agak lama dapat mengurangi kecepatan aliran darah sehingga dapat mencegah timbulnya reaksi memar. 4. Uap air hangat dapat membantu mengurangi nyeri dada dan sumbatan sinus.

6.5. dan jaringan yang bengkak dan meningkatkan aliran darah pada organ dalam. mengurangi aliran darah. Aplikasi dingin sesaat pada awalnya menyempitkan pembuluh darah. . Setelah Aplikasi dingin sesaat pembuluh darah terbuka dan jaringan dipenuhi oleh darah yang mengandung banyak oksigen. Aplikasi panas dapat mengakibatkan dilatasi atau membukanya aliran darah yang mengakibatkan relaksasi dari otot.

7. Aplikasi panas dan dingin yang bergantian dapat meningkatkan drainase dan oksigenasi ke jaringan. 9. 10.Aplikasi panas yang terlalu lama dapat membuat kongesti/ sumbatan dan membutuhkan aplikasi dingin untuk memperbaikinya. . 8. selalu kompres dingin dahulu kemudian dilanjutkan dengan kompres panas dan diakhiri dengan kompres dingin. Aplikasi dingin yang lama dapat menekan sirkulasi dan metabolisme. Aturan umum pula .

temperatur dibagi menjadi beberapa bagian yaitu : Panas : 36 – 40 derajat C Hangat : 34 – 36 derajat C Hangat kuku/suam : 26 – 33 derajat C Sejuk : 18 – 26 derajat C . Pada pengobatan hidroterapi .11.

Manfaat hidroterapi antara lain : menggunakan dan merelaksasikan otot memperbaiki pola jalan dan postur tubuh mengurangi nyeri. gangguan perkembangan anak. otot. paska melahirkan. paska operasi patah tulang. . stroke.Manfaat Hidroterapi       Terapi air merupakan pengobatan unggulan yang bermanfaat untuk beberapa rehabilitasi syaraf. scoliosis. nyeri sendi lutut dan penyakit rematik. paska cedera kepala dan tulang belakang. sendi. paska cedera olah raga. bengkak. tulang. kaku otot dan sendi. meningkatkan fungsi jantung. sirkulasi darah dan pernafasan meningkatkan kemampuan fungsional dan kualitas hidup memperbaiki keseimbangan dan koordinasi memperbaiki lingkup gerak sendi.

. berenang bersama lumba-lumba.Jenis-jenis Hidroterapi  Beberapa model terapi air. jacuzzi dan rendam air panas. sauna dan uap. irigasi kolon. mandi rendam. antara lain: mandi Kneipp. dan mandi siram air dingin. watsu. berjalan di pantai.

Mandi Kneipp  Dinamakan mandi Kneipp karena pertama kali dipopulerkan oleh seorang warga Jerman bernama Sabastian Kneipp. Mandi Kneipp dilakukan dengan menggunakan air panas dan air dingin di dua tempat yang berbeda misal dua bak rendam atau dua kolam renang dengan air yang satu panas dan yang satunya lagi dingin. .

.Sauna dan uap  Dalam sebuah sauna. Sauna dan uap membantu Anda mengelurakan racun melalui keringat sekaligus pembersihan kulit. Dalam ruang uap air dipanaskan sedemikian rupa sehingga menguap seperti uap air dari ketel yang dipompakan ke ruangan tertutup sehingga menciptakan panas basah. Pengeluaran racun dilakukan oleh panas kering dan pembersihan kulit dilakukan oleh panas basah. bebatuan dipanaskan sedemikian rupa sehingga ketika disiram air akan menghasilkan panas yang kering dan bersifat mengisap keluar racun.

Jacuzzi  Dalam mandi jacuzzi. Mandi jacuzzi akan lebih maksimal jika dikombinasikan dengan mandi air dingin untuk memberi kejutan tubuh. . gelembung air yang dipanaskan di dalam bak rendam akan disemburkan pada titik-titik khusus di tubuh sehingga terasa seperti pemijatan yang melancarkan peredaran darah.

Anda akan menyadari tubuh digerakkan ke berbagai posisi dan mengalir dari satu gerakan ke gerakan lainnya sementara peregangan ditahan dan dilepaskan.Watsu  Watsu menggabungkan penggunaan air untuk menopang tubuh dengan gerakan peregangan seperti gerakan tarian balet. . Gerakan dilakukan di antara posisi terbang dan mengapung.

Laporan di Boston Pain Clinic menyatakan bahwa setelah dipijat dengan es sekitar 78 % pasien tidak merasakan nyeri selama 4 jam Anda dapat membuat butiran-butiran es batu yang dimasukkan dalam handuk tipis kemudian masukkan dalam plastik tertutup. kecuali pada keadaan dimana rasa dingin dapat menambah nyeri yang anda rasakan. Setelah Anda merasa baal / tebal secepatnya es diangkat dari kulit anda.Pijat dengan es  Pijat dengan es dapat dilakukan pada semua cedera otot. Anda dapat juga menggunakan kaleng softdrink yang di dinginkan di kulkas untuk menekan daerah yang nyeri. peradangan dan pembengkakan di sendi. Dapat ditekan didaerah nyeri selama 30 menit dan dapat diulang setiap 1 jam. sakit kepala dan wasir . .

.Colon hidroterapi  Kegunaan hidroterapi untuk menjaga kesehatan dan terapi penyakit semakin berkembang baik mengenai teori maupun dalam bidang prakteknya sehingga prosedur colon hidroterapi saat ini sudah diakui dan disetujui penggunaannya oleh FDA.

.

2. . Pengisian airnya dapat sampai caecum. Mempunyai resiko lebih kecil .Proses pembilasan usus besar dapat dikontrol sehingga hasilnya dapat lebih optimal. Selama proses tidak menimbulkan bau yang menusuk. 3. Memperlama keinginan alami pasien untuk membuang air besar sehingga hasilnya lebih bersih dalam membuang sisa-sisa makanan dan racun yang menempel pada dinding usus besar. 4.Kelebihan 1. 5.

sistemnya  memasukan alat berbentuk spekulum atau rectal tube kecil ke dalam rectum antara 1 – 3 inchi. usus besar dengan bantuan manipulasi pemijatan dari abdomen selama proses untuk meningkatkan pengeluaran feses secara maksimum. Air dialirkan melalui rectum ke dalam usus besar dengan tujuan membersihkan colon dengan cara menghancurkan dan melarutkan feses untuk memudahkan pengeluarannya . Suhu air disesuaikan dengan suhu tubuh dan tekanan dapat diatur. .

Proses pengisian dan pengosongan air diulang 4 kali selama sekitar 1 jam terapi. .efek   Efek terapeutik adalah meningkatkan tonus otot dari usus besar sehingga meningkatkan peristaltik dan absorbsi dari zat-zat makanan serta air di caecum dan colon ascendens. Efek pembersihan mengurangi stagnasi dan pembentukan bakteri patologis dalam colon akibat proses fermentasi dan membantu membuat keseimbangan flora di dalam usus sehingga mengoptimalkan kesehatan.

Colonoscopy ). 2. 3. Konstipasi atau sembelit ( susah buang air besar ).INDIKASI DAN ALASAN 1. Persiapan diagnosa usus besar ( Barium enema. Sigmoidoskopy. Persiapan pre dan post operasi . pengamatan kami setelah dilakukan terapi 6 kali disertai pengaturan pola makan keluhan tersebut hilang.

Resiko dan keamanan Colon hidroterapi akan aman dan sangat kecil kemungkinan timbulnya resiko jika diperaktekkan dengan cara yang benar sesuai prosedur oleh terapis ( operator ) yang sudah terlatih dan mengunakan peralatan yang sudah diregistrasi oleh FDA. .

sakit jantung dan atau tekanan darah yang tidak terkontrol. Persiapan pengecekan keadaan umum klien (sehat. ganti pakaian.Pelaksanaan Hidroterapi      Beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum melakukan hidroterapi antara lain: Tempat yang akan dipergunakan di cek kebersihannya. Sangat penting pengecekan pada sistem pengontrol suhu/pengendali suhu untuk menjaga peralatan apakah masih berjalan normal. Pengecekan peralatan yang akan dipergunakan secara lengkap termasuk kelaikan operasionalnya. tidak sakit kulit. pengecekan suhu air (biasanya berkisar 34 – 42. air dan atau larutan yang akan dipergunakan perlu diatur/apakah sudah sesuai rencana (yang telah diprogramkan). . Perlu penyiapan handuk dan tempat. Misalnya pusaran/tekanan air sudah berjalan. dsb).5oC untuk seluruh badan dan antara 40 –52oC untuk lokal pack atau anggota tubuh) dan pH air ± 7 (normal).

Perlu penyiapan handuk dan tempat. air dan atau larutan yang akan dipergunakan perlu diatur/apakah sudah sesuai rencana (yang telah diprogramkan). . sakit jantung dan atau tekanan darah yang tidak terkontrol. Persiapan pengecekan keadaan umum klien (sehat. Pengecekan peralatan yang akan dipergunakan secara lengkap termasuk kelaikan operasionalnya. Sangat penting pengecekan pada sistem pengontrol suhu/pengendali suhu untuk menjaga peralatan apakah masih berjalan normal.     Beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum melakukan hidroterapi antara lain: Tempat yang akan dipergunakan di cek kebersihannya.5oC untuk seluruh badan dan antara 40 –52oC untuk lokal pack atau anggota tubuh) dan pH air ± 7 (normal). tidak sakit kulit. pengecekan suhu air (biasanya berkisar 34 – 42. Misalnya pusaran/tekanan air sudah berjalan. dsb). ganti pakaian.

TERAPI LATIHAN DI AIR BAGI PENDERITA STROKE   Terapi latihan adalah latihan yang terdiri gerakan tubuh atau bagian tubuh tertentu untuk mengatasi gangguan atau memperbaiki fungsi Prinsip umum dalam membuat resep terapi latihan perlu diperhatikan beberapa faktor. jumlah latihan. pemanasan (warmingup) dan pendinginan . urutan latihan. seperti pemilihan jenis latihan. intensitas latihan. lama istirahat di antara setiap set latihan.

Terapi latihan di air menggerakkan tungkai bagi penderita stroke .

akan lebih mudah berjalan di dalam air daripada di darat karena pengaruh gaya apung air membuat tubuh lebih ringan. Penderita stroke. tubuh manusia lebih berat karena mengalami gaya tarik bumi atau gravitasi. menurut Dr. . Itu sebabnya penderita stroke yang mengalami kelumpuhan cenderung sulit berjalan jika di darat. Jika berjalan di darat. Peni.

 Selain itu. Apabila kita berendam dalam kolam air setinggi dada. Karena itu. berat tubuh akan berkurang sekitar 70 persen. berat tubuh tinggal 50 persennya. latihan yang sulit dilakukan di darat dapat dilakukan di dalam air . ketika masuk dalam kolam air sebatas pusar.

tiga orang berada di dalam kolam renang. Selama melakukan terapi latihan di air. seorang penderita stroke idealnya dibantu oleh empat orang pelatih. sedangkan satu orang berada di luar kolam untuk memantau setiap keadaan yang dialami penderita stroke. Pelatih yang di luar kolam bertugas mengawasi keadaan yang ada di dalam kolam .

Terapi latihan di air dengan alat bantu pelampung bagi penderita stroke .

   Penderita stroke yang baru pertama kali berlatih berjalan diterapi di kolam dengan kedalaman 90 cm. . sekali terapi waktunya 1 jam. dengan durasi 2 kali seminggu. Program terapi latihan tersebut adalah sebagai berikut: terapi latihan dilakukan dengan jangka waktu 6-8 minggu.

. dan bertahap. apakah akibat perdarahan atau penyumbatan. waktu pemulihan tergantung berat-ringan dan jenis strokenya. Pada penderita stroke. Gerakan yang dilakukan pada penderita stroke adalah secara rileks. sesuai kemampuan.

 Selain jenis penyakitnya. pemulihan stroke juga bergantung dari motivasi pasien sendiri .

 Proses penyembuhan dalam air merangsang saraf sensorik. Di dalam air. Anggota tubuh di dalam air akan lebih mudah digerakkan dan dilatih kelenturan-nya untuk menguatkan otototot dan sendi-sendi tubuh karena hilangnya gravitasi tubuh . lalu merangsang sel-sel otak. tekanan tubuh menjadi lebih ringan sehingga bisa menguatkan ketahanan otot.

2. Terapi latihan di air seperti renang banyak manfaat yang di dapat. 5.  1. 6. 4. 3. 7. Beberapa manfaat tersebut adalah : ketersediaan oksigen dalam tubuh menjadi lebih baik sehingga meningkatkan daya kerja otot dan oksigenasi otak memperlancar sirkulasi darah dan meningkatkan penyerapan oksigen ke dalam jaringan saraf mengurangi kekakuan otot membuat jaringan sendi jadi lebih lentur menurunkan rasa nyeri memberikan efek relaksasi meningkatkan kemampuan gerak anggota tubuh .

Badan adalah bagian yang paling peka di dalam menerima pengaruh terapi latihan setelah 6 bulan pertama terjadi stroke. sehingga apabila ada usaha yang terkonsentrasi untukmemperbaiki syaraf yang kurang berfungsi maka cacat akan terhindarkan .  Tujuan terapi latihan di air adalah membantu mempercepat pemulihan.

dan meningkatkan kemampuan gerak anggota tubuh.KESIMPULAN   Stroke adalah gejala-gejala defisit fungsi susunan saraf yang diakibatkan oleh penyakit pembuluh darah otak dan bukan oleh yang lain dari itu. merangsang saraf sensorik. Beberapa manfaat terapi di air bagi penderita stroke adalah ketersediaan oksigen dalam tubuh menjadi lebih baik sehingga meningkatkan daya kerja otot dan oksigenasi otak. . mengurangi kekakuan otot. memperlancar sirkulasi darah dan meningkatkan penyerapan oksigen ke dalam jaringan saraf. Terapi latihan dapat dilakukan secara bertahap sesuai dengan kemampuan penderita stroke. membuat jaringan sendi jadi lebih lentur. memberikan efek relaksasi. menurunkan rasa nyeri.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful