HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah penyebab rusaknya/melemahnya sistem kekebalan tubuh manusia.

Virus ini berada dalam cairan tubuh manusia seperti darah, cairan sperma, cairan vagina dan air susu ibu.Namun tidak semua cairan dalam tubuh manusia memiliki HIV. Ada juga yang tidak berpotensial yaitu cairan keringat, air liur, air mata dan lain-lain. Lalu apa penyebab HIV-AIDS dapat sangat membahayakan bagi manusia. Setiap sel memiliki CD4 di permukaannya berfungsi untuk melawan berbagai macam infeksi yang ada. Jadi walau banyak infeksi dari berbagai sumber, kita tidak setiap saat menjadi sakit, ini dikarenakan CD4 masih bisa berfungsi dengan semestinya untuk melawan berbagai infeksi ini. Namun jika CD4 berkurang, mikroorganisme yang patogen di sekitar kita akan dengan mudah masuk dalam tubuh manusia dan menimbulkan penyakit. Gejala dan Ciri-ciri Untuk Penyakit HIV dan AIDS Gejala dan ciri-ciri Mayor (Umum Terjadi)
    

Demam berkepanjangan lebih dari 1 bulan Demensia/ HIV ensefalopati Berat badan menurun lebih dari 10% dalam 1 bulan Diare kronis yang berlangsung lebih dari 1 bulan Penurunan kesadaran dan gangguan neurologis

Gejala dan ciri-ciri Minor (tidak umum terjadi)
       

Limfadenopati generalisata Infeksi jamur berulang pada alat kelamin wanita Retinitis virus sitomegalo Herpes simpleks kronis progresif Batuk menetap lebih dari 1 bulan Dermatitis generalisata Adanya herpes zostermultisegmental dan herpes zoster berulang Kandidias orofaringeal

Sekarang anda sudah tahu apa saja gejala dan ciri-ciri, sekarang yang paling penting…

Penyebab Terjadinya Penyakit HIV dan AIDS
    

Transfusi darah Antara ibu dan bayinya selama masa hamil, kelahiran dan masa menyusui Hubungan seks, terutama melalui anus (anal) Penggunaan bersama jarum suntik yang terkontaminasi oleh pemakai narkoba atau perawatan kesehatan Terjadinya luka akibat pemakaian benda yang bersamaan seperti silet, pisau cukur juga bisa menularkan HIV

Pengobatan… Sayang sekali saat ini belum ditemukan obat yang dapat benar-benar menyembuhkan penyakit HIV dan AIDS secara sempurna. Jadi lebih baik menghindari penyebab terjadinya, dan bagi merasa memiliki ciri-ciri dari HIV lebih baik sekarang juga pergi ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih baik.

Cara penularan penyakit Hiv Aids
Cara penularan penyakit Hiv Aids - HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus, sebuah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. AIDS singkatan dari Acquired Immuno Deficiency Syndrome. AIDS muncul setelah virus (HIV) menyerang sistem kekebalan tubuh kita selama lima hingga sepuluh tahun atau lebih. Sistem kekebalan tubuh menjadi lemah, dan satu atau lebih penyakit dapat timbul. Karena lemahnya sistem kekebalan tubuh tadi, beberapa penyakit bisa menjadi lebih parah daripada biasanya (baca juga penyebab dan gejala hiv aids). Virus HIV terdapat dalam sebagian cairan tubuh, diantaranya
   

Darah Air mani Cairan vagina Air susu ibu (ASI)

Virus HIV biasanya menular melalui :

 

Bersenggama yang membiarkan darah, air mani, atau cairan vagina dari orang HIV-positif masuk ke aliran darah orang yang belum terinfeksi (yaitu senggama yang dilakukan tanpa kondom melalui vagina atau dubur; juga melalui mulut, walau dengan kemungkinan kecil). Memakai jarum suntik yang bekas pakai orang lain, dan yang mengandung darah yang terinfeksi HIV. Menerima transfusi darah yang terinfeksi HIV.

Dari ibu HIV-positif ke bayi dalam kandungan, waktu melahirkan, dan jika menyusui sendiri.

Biasakan mempunyai sikat gigi dan pisau cukur sendiri, karena selain untuk kebersihan pribadi, jika terdapat darah akan ada risiko penularan dengan virus lain yang diangkut aliran darah (seperti hepatitis), bukan hanya HIV. Virus HIV tidak menular melalui :
      

Bersalaman, berpelukan Berciuman Batuk, bersin Memakai peralatan rumah tangga seperti alat makan, telepon, kamar mandi, WC, kamar tidur, dll. Gigitan nyamuk Bekerja, bersekolah, berkendaraan bersama Memakai fasilitas umum misalnya kolam renang, WC umum, sauna, dll.

HIV tidak dapat menular melalui udara. Virus ini juga cepat mati jika berada di luar tubuh. Virus ini dapat dibunuh jika cairan tubuh yang mengandungnya dibersihkan dengan cairan pemutih (bleach) seperti Bayclin atau Chlorox, atau dengan sabun dan air. HIV tidak dapat diserap oleh kulit yang tidak luka.(source : makhluksurga.blogspot.com) Itulah artikel mengenai beberapa cara penularan penyakit hiv aids, baca juga artikel mengenai ciri-ciri mengidap penyakit hiv aids mudah-mudahan bermanfaat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful