PENYAPUAN PUSAT I

SYARAT-SYARAT TEKNIS

BAB VI SYARAT TEKNIS

Pasal I : PENJELASAN UMUM Pekerjaan yang akan dilaksanakan adalah pembersihan jalan dan, pengumpulan sampahnya. Pengertian jalan adalah jalan dalam fungsinya termasuk trotoar, taman / jalur hijau, dan berm.

Pasal 2 : KETENTUAN UMUM PELAKSANAAN Untuk melaksanakan pekerjaan tersebut diatas, pelaksana pekerjaan diharuskan untuk mengikuti ketentuan – ketentuan sebagai berikut : 2.1. Waktu pelaksanaan pekerjaan sesuai pasal 1 syarat administrasi adalah termasuk hari minggu maupun hari libur nasional dan libur hari raya, baik dalam situasi musim kemarau, maupun musim hujan dari jam 04.30 WIB sampai dengan 14.00 WIB untuk shift I, jam 14.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB untuk shift II. Penyedia barang / jasa harus melaksanakan pekerjaan dan menyiapkan peralatan kerja, tenaga kerja sesuai dengan rencana kerja, kecuali apabila terpaksa menyimpang karena sesuatu hal harus dipertimbangkan lebih lanjut dan disetujui oleh direksi dan TPP. Penyedia barang / jasa bertanggung jawab atas tepatnya pelaksanaan pekerjaan menurut lokasi dan volume yang tercantum di dalam rencana kerja dan syarat. Penyedia barang / jasa bertanggung jawab melaksanakan pekerjaan pembersihan dan pengumpulan sampah jalan dalam satu paket, tidak boleh dipecah – pecah. Penyedia barang / jasa tidak dibenarkan merubah atau membetulkan kesalahan – kesalahan dan kekeliruan sebelum mendapat persetujuan secara tertulis terlebih dahulu dari pihak direksi dan TPP. Penyedia barang / jasa setelah diberi surat teguran ke 2 (dua) dan dikenakan sanksi / denda tetap tidak melaksanakan ketentuan yang telah ditetapkan dan ketentuan syarat-syarat teknis pekerjaan, maka atas persetujuan kedua belah pihak Surat Perjanjian / Kontrak ini dapat dibatalkan dan harus diatur dalam Surat Perjanjian Pembatalan.

2.2.

2.3.

2.4.

2.5.

2.6.

DINAS KEBERSIHAN DAN PERTAMANAN

1

PENYAPUAN PUSAT I

SYARAT-SYARAT TEKNIS

2.7.

Penyedia barang / jasa harus mengisi semua item analisa harga satuan. Penawaran untuk upah tenaga kerja tidak boleh kurang dari UMR ( Upah Minimum Regional ) yang berlaku di Kota Surabaya.

2.8.

Pasal 3 : KETENTUAN TEKNIS PELAKSANAAN 3.1. Tenaga Kerja 3.1.1. Menyediakan tenaga kerja yang cukup jumlah sesuai dengan ketentuan dan kebutuhan (max 1 orang mengerjakan 700 m 2 / hari dengan Kepala / Koordinator Pasukan Kuning minimal 1 orang) untuk luasan 5.600 m 2 / hari, sehingga untuk lokasi penyapuan Surabaya Barat minimal terdapat 21 orang Kepala / Koordinator Pasukan Kuning dan Pasukan Kuning sebanyak 168 orang Melengkapi tenaga kerjanya dengan seragam kerja dan peralatan kerja yang baru dan memadai (sewa / beli) yaitu : Kaos Lengan Panjang Kerja warna Oranye berlogo perusahaan dan tertera Tahun Kegiatan berlangsung (misal : 2013), Sapu Lidi + Pegangan, Gelangsing, Sepatu Kerja / Sepatu Boot, Topi Ranger, Rompi Spotlight, Keranjang Rotan, Tong Sampah Besar, Cetok, Masker, Sarung Tangan, Sekop dan Kereta Dorong / Bin Beroda. Penunjang kerja seperti yang disebutkan dalam pasal 3.1.2 yaitu kaos, topi, rompi, dan lain sebagainya apabila dalam penawaran nilainya = 0 (nol), dalam MC (Monthly Certificate) bila penunjang tidak ada, maka volume pekerjaan disesuaikan. Melengkapi baju spotlight untuk pelaksanaannya pada malam hari. Melengkapi penyapuan. kendaraan bermotor pekerjaan yang

3.1.2.

3.1.3.

3.1.4.

3.1.5.

pengangkut

hasil

3.1.6.

Melengkapi Bak sampah Beroda : Kapasitas : ± 180 Liter/Unit Jenis Bahan : Plastik PE Berkwalitas Jenis Bak Sampah : Dengan tutup dilengkapi dengan 2 (dua) roda.

DINAS KEBERSIHAN DAN PERTAMANAN

2

PENYAPUAN PUSAT I

SYARAT-SYARAT TEKNIS

3.1.7.

Mendeposit peralatan Kerja yang akan dipakai dalam 1 (satu) bulan berjalan pada suatu tempat pengumpulan yang akan ditentukan lebih lanjut oleh pemberi tugas. Tenaga kerja yang dipekerjakan diikutsertakan pada program asuransi jiwa / ASTEK. Tidak diperkenankan melibatkan paskun / satgas / personil Dinas Kebersihan dalam melaksanakan pembersihan dan pengumpulan sampah jalan.

3.1.8.

3.1.9.

3.1.10. Memberikan upah kepada pekerja, minimal sama dengan UMK yang berlaku di Kota Surabaya. 3.1.11. Tenaga kerja harus stand by dilokasi penyapuan selama waktu pekerjaan berlangsung.

3.2.

Cara Kerja

3.2.1.

Memulai pekerjaan pembersihan sampah sejak pukul 04.30 WIB.

dan

pengumpulan

3.2.2.

Pelaksana pekerjaan harus disertai dengan peralatan minimal yang dibutuhkan penyapuan, antara lain Kereta dorong, Bin beroda, Rompi, Kaos lengan panjang logo penyedia barang / jasa, Sapu dan sebagainya.

3.2.3.

Untuk shift I (satu) standart kebersihan harus pada pukul 06.30 WIB, dan kondisi bersih terjaga pukul 14.00 WIB. Untuk shift II (dua) standart kebersihan harus pada pukul 15.00 WIB, dan kondisi bersih terjaga pukul 22.00 WIB.

dicapai sampai dicapai sampai

3.2.4.

Pekerjaan penyapuan dilaksanakan minimal 3 (tiga) kali dalam satu shift dan apabila tidak dilaksanakan pembilasan, maka volume pekerjaan akan dikurangi dari volume semula. Jumlah tenaga kerja yang disediakan harus selalu siap di lokasi pembersihan dan pengumpulan sampah. Menyapu, mengumpulkan, mengangkut, dan membuang hasil pembersihan dan pengumpulan sampah dengan ketentuan hasil pembersihan dan pengumpulan sampah > 2 m³ diharuskan membuang ke LPA, < 2 m³ dijinkan membuang ke LPS, wajib bagi rekanan / pelaksana

3.2.5.

3.2.6.

DINAS KEBERSIHAN DAN PERTAMANAN

3

PENYAPUAN PUSAT I

SYARAT-SYARAT TEKNIS

pekerjaan memasukkan pada kontainer yang ada. Tidak termasuk sampah yang berada dalam tempat – tempat sampah warga yang ditinggal pada jalan yang menjadi obyek pembersihan dan pengumpulan sampah. 3.2.7. Pembuangan hasil pembersihan dan pengumpulan sampah dan pengupasan rumput tidak diperkenankan dibuang pada saluran / got dan taman – taman apabila hal tersebut di langgar dikenakan denda kurang bersih . Cara pembuangan di LPS dimasukkan dalam container sedemikian rupa sehingga tidak diterbangkan angin. Menyelesaikan pekerjaan pembersihan yang menjadi tugasnya setiap hari tanpa menyisakan kotoran hasil pembersihan dan pengumpulan sampah. Menyimpan kembali peralatan kerja dalam kondisi bersih pada tempat yang tidak mengganggu kelancaran lalu lintas, keamanan, dan keindahan.

3.2.8.

3.2.9.

3.2.10. Wajib membersihkan tempat sampah umum dan memindahkan sampahnya ke LPS pada obyek pekerja yang memiliki fasilitas tempat sampah tersebut. 3.2.11. Penyedia barang/jasa wajib mempunyai minimal 3 (tiga) unit alat komunikasi berupa HT (merk Motorolla) untuk memudahkan koordinasi di lapangan.

Pasal 4 : STANDART KEBERSIHAN 4.1. Standart kebersihan yaitu jalan, taman / jalur hjau, dan berm yang disapu harus bebas dari segala macam kotoran dan tampak bersih sepanjang hari, berupa : Ceceran sampah anorganik (kertas, plastik, puntung rokok) Pasir – pasir di got – got pancing Potongan dahan / ranting dan sampah di taman Sampah – sampah hasil pembersihan saluran Bangkai binatang Sampah bekas kecelakaan lalu – lintas Guguran daun Rumput liar di berm, trotoar dan jalur pemisah jalan. Genangan kecil (air) Sampah dari sisa aktifitas tertentu misal : pawai, gerak jalan, kerusuhan keramaian, dan semacamnya. Penyedia barang / jasa juga harus membersihkan pelaluan air di pinggir jalan dan sampah hasil pembersihan penjaga got. Membersihkan poster & iklan tempel yang tidak berijin dipohon maupun didinding.

DINAS KEBERSIHAN DAN PERTAMANAN

4

PENYAPUAN PUSAT I

SYARAT-SYARAT TEKNIS

-

Mengabil sampah dari bak sampah umum biru orange / stainless steel yang ada dilokasi yang sudah ditentukan.

Pasal 5 : LAPORAN HARIAN / MINGGUAN 5.1. Penyedia Barang / Jasa diwajibkan membuat laporan berkala mengenai kemajuan pelaksanaan / kegiatan pekerjaan, tenaga kerja, dan lain – lainnya yang erat hubungannya dengan kelancaran / kesulitan pekerjaan yang disampaikan kepada direksi harian. Penyedia Barang / Jasa harus menyediakan buku direksi, dimana direksi memberi petunjuk – petunjuk, peringatan – peringatan maupun perintah – perintah dll mengenai jalannya pelaksanaan pekerjaan.

5.2.

Pasal 6 : LOKASI dan LUAS PEKERJAAN Lokasi dan luas area pekerjaan sesuai tabel berikut :
NO. 1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 LOKASI 2 Jl. Diponegoro* ( TL Kartini - TL Dr. Sutomo ) Jl. Diponegoro** ( TL Kartini - TL Dr. Sutomo ) Jl. Diponegoro* ( TL Kartini s/d TL. Jl. Pasar Kembang ) Jl. Diponegoro** ( TL Kartini s/d TL. Jl. Pasar Kembang ) Jl. Pasar Kembang * Jl. Pasar Kembang ** Jl. Darmo * ( TL Mpu Tantular / Al - Fallah s/d Jl. Urip Sumoharjo ) Jl. Darmo ** ( TL Mpu Tantular / Al Fallah s/d Jl. Urip Sumoharja ) Jl. Dinoyo Jl. Majapahit Timur Jl. Majapahit Barat Jl. Bengawan Sebelah Timur Jl. Bengawan Sebelah Barat Jl. Darmo Kali PJNG (M) 3 900 900 455 455 745 745 2.100 2.100 1.310 499 420 347 416 1.000 FAKTOR 4 4 4 4 4 4 4 4 4 2 2 2 2 2 2 L. AREA (M2) 5=3X4 3.600 3.600 1.820 1.820 2.980 2.980 8.400 8.400 2.620 998 840 694 832 2.000

DINAS KEBERSIHAN DAN PERTAMANAN

5

PENYAPUAN PUSAT I

SYARAT-SYARAT TEKNIS

15

16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47

Jl. Urip Sumoharjo * ( Jembt. Penyeberangan Dpn Apotik Darmo s/d Patung Kerapan Sapi ) Jl. Urip Sumoharjo ** ( Jembt. Penyeberangan Dpn Apotik Darmo s/d Patung Kerapan Sapi Jl. Dr. Soetomo* Jl. Dr. Soetomo** Jl. Polisi Istimewa * Jl. Polisi Istimewa ** Jl. Trunojoyo Jl. Imam Bonjol Jl. WR. Supratman Jl. Kartini Jl. Arjuno Jl. Kedung Doro * ( TL. Jl. Pasar Kembang s/d 1/4 an Jl. Tidar Timur ) Jl. Kedung Doro ** ( TL. Jl. Pasar Kembang s/d 1/4 an Jl. Tidar Timur ) Jl. Kranggan Jl. Tegalsari (Polsek Tegalsari-Pertigaan Kedungsari) Jl. Kombes Pol.M.Duryat (TB. Bathlehem Pertigaan Jl. Basuki Rahmat) Jl. Kedungsari (TL. Kedung Doro - TB Bethlehem) Jl. Basuki Rahmat * ( Patung Karapan Sapi s/d Jl. Embong Malang ) Jl. Basuki Rahmat ** ( Patung Karapan Sapi s/d Jl. Embong Malang ) Jl. Embong Malang - Jl. Blauran* Jl. Embong Malang - Jl. Blauran** Jl. Tidar (TL. Tidar-Dpn.Dinas Sumber Daya Mineral) Jl. Praban * ( TL Blauran s/d TL Tunjungan ) Jl. Praban ** ( TL Blauran s/d TL Tunjungan ) Jl. Tunjungan * ( TL Gemblongan s/d Jl. Pemuda ) Jl. Tunjungan ** ( TL Gemblongan s/d Jl. Pemuda ) Jl. Semarang Jl. Bubutan * ( Jl. Blauran - TL. Jl. Tembaan ) Jl. Bubutan ** ( Jl. Blauran - TL. Jl. Tembaan ) Jl. Raden Saleh Jl. Sriwijaya Jl. Porong Jl. Bintoro - Jl. Musi (dari Jl. R.Darmo s/d

550

3

1.650

550 1.110 639 360 360 698 730 1.040 1.310 1.410 1.500 1.500 709 785 810 560 1.400 1.400 1.200 1.200 1.270 300 300 1.000 1.000 1.250 1.060 1.060 496 430 149 603

3 4 4 4 4 2 2 2 2 4 3 3 2 2 4 2 2 2 2 2 2 3 3 2 2 2 4 4 2 2 2 2

1.650 4.440 2.556 1.440 1.440 1.396 1.460 2.080 2.620 5.640 4.500 4.500 1.418 1.570 3.240 1.120 2.800 2.800 2.400 2.400 2.540 900 900 2.000 2.000 2.500 4.240 4.240 992 860 298 1.206

DINAS KEBERSIHAN DAN PERTAMANAN

6

PENYAPUAN PUSAT I

SYARAT-SYARAT TEKNIS

Jl. Diponegoro) JUMLAH 41.131 117.380

Catatan :

* Shift I ( Pukul 04.30 WIB – 14.00 WIB ) * Shift I ( Pukul 14.30 WIB – 22.00 WIB )

Pasal 7 : PEKERJAAN LAINNYA

7.1.

Pemeliharaan kerapian kebersihan dan keindahan pada lokasi yang dibersihkan adalah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh pelaksana penyedia barang / jasa. Segala sesuatu yang belum diatur dalam syarat-syarat tersebut diatas ditentukan kemudian sesuai kebutuhan dilapangan oleh direksi dan BPP.

7.2.

Surabaya, Kepala Bidang Operasional Kebersihan Selaku KPK / PPKm Dinas Kebersihan dan Pertamanan

2012

Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan Dinas Kebersihan dan Pertamanan

AGUS HEBI DJUNIANTORO, ST, MT PEMBINA
NIP. 196906121998031019

EDY SISWANTO, ST PENATA MUDA TK. I
NIP. 197202062006041010

DINAS KEBERSIHAN DAN PERTAMANAN

7