MUNAS FULDFK V FK UNSYIAH 2009

DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD)
Denam Berdarah Dengue yaitu penyakit yang terdapat pada anak dan dewasa dengan gejala utama demam, nyeri otot dan sendi yang biasanya memburuk setelah 2 hari pertama.

setelah matahari terbit (08.00-10.00) dan sebelum matahari terbenam (16.00-18.00) Adanya vector tersebut berhubungan erat dengan beberapa fakor, antara lain:
1. Kebiasaan masyarakat menampung air bersih untuk keperluan seharihari. Sanitasi lingkungan yang kurang baik.

Menguras menampung seminggu.

bak air

mandi/tempat minimal 1x

Menutup tempat penampungan air yang rapat. Membersihkan halaman rumah dari tempat/kaleng bekas, botol2 pecah yang mungkin bersarang nyamuk.

2. Menggunakan Insektisida.

2.

3. Penyediaan air bersih yang langka. Kriteria Klinis :
 Penyebab dari dengue adalah virus dengue, bagian dari kelompok flavivirus. Virus dengue ditularkan oleh nyamuk yang termasuk dalam kelompok Aedes. Nyamuk tersebut cenderung menggigit setiap saat dan biasanya ditemukan di tempat-tempat yang gelap di samping rumah penduduk. Nyamuk tersebut bertelur di air bersih atau di sekitar rumah (dalam pot bunga dll). Vector dengue utama di Indonesia yaitu Aedes Aegypti di samping pula Aedes albapidus. Nyamuk dewasa betina mengisap darah manusia pada malam hari yang dilakukan baik di rumah  Suhu badan yang tiba-tiba meninggi Demam yang beberapa hari berlangsung hanya

Nyeri tekan terutama di otot dan persendian Adanya ruam pada kulit Leucopenia.

 

Cara Pencegahan : 1.Tanpa Insektisida

rumah. Pengisapan darah dilakukan di pagi hari sampai petang dengan dua puncak yaitu
maupun di luar

MUNAS FULDFK V FK UNSYIAH 2009 .