BAB III PANDUAN PENULISAN PROPOSAL DAN LAPORAN MAGANG

A. Sistematika Penulisan Proposal Magang Sistematika penulisan Proposal magang mahasiswa sebagai berikut: HALAMAN SAMPUL atau COVER HALAMAN PENGESAHAN DAFTAR ISI DAFTAR TABEL DAFTAR GAMBAR DAFTAR LAMPIRAN BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang B. Perumusan Masalah C. Tujuan 1. Tujuan Umum 2. Tujuan Khusus D. Manfaat 1. Bagi Institusi Magang 2. Bagi Jurusan Kesehatan Masyarakat 3. Bagi Mahasiswa BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. ...... 1. 2. .... .... a. ...... b. ...... 1) 2) B. ...... ....... .......

12

2) B. 1) . Tujuan Umum 2.. Waktu kegiatan DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN B....... Bagi Institusi Magang 2.. Tujuan Khusus D... Tujuan 1.BAB III.. Lokasi kegiatan C.. Bagi Mahasiswa BAB II TINJAUAN PUSTAKA A... METODE PELAKSANAAN KEGIATAN A. .. Sistematika Penulisan Laporan Magang Sistematika penulisan Laporan magang mahasiswa sebagai berikut: HALAMAN SAMPUL atau COVER HALAMAN PENGESAHAN DAFTAR ISI DAFTAR TABEL DAFTAR GAMBAR DAFTAR LAMPIRAN BAB I PENDAHULUAN A.. . a.. Rencana Kegiatan B.. Bagi Jurusan Kesehatan Masyarakat 3. Perumusan Masalah C.. ...... . Manfaat 1.. ... Latar Belakang B... . 1..

Lambang Universitas Jenderal Soedirman. a. nama dan nomor mahasiswa. lambang Universitas Jenderal Soedirman.BAB III PELAKSANAAN KEGIATAN A. Hasil Kegiatan C. Di atas judul di tuliskan proposal/ laporan magang. Waktu kegiatan BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN A. Simpulan B. d. b. Analisis Situasi Umum B. jelas dan dengan tepat menunjukkan masalah dan tujuan magang serta tidak bermakna ganda. tanpa kata–kata NIM (nomor induk mahasiswa). c. Saran DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN C. Halaman Sampul (cover) Halaman judul memuat: judul penelitian. Rencana Kegiatan B. Nomor mahasiswa di bawah nama mahasiswa. berbentuk bundar dengan garis tengah 3. Nama mahasiswa di tulis lengkap dan diletakan simetris terhadap sisi kiri dan kanan judul. Pembahasan BAB V SIMPULAN DAN SARAN A. .5 cm. Studi Kasus (Bila Ada) D. Judul proposal/laporan magang maksimal terdiri atas 20 (dua puluh) kata. Judul proposal/laporan magang hendaknya dibuat singkat. nama almamater dan tahun pengajuan/ penyelesaian proposal/ laporan magang. Lokasi kegiatan C. Materi Proposal dan Laporan Magang 1.

nama dan kedudukan pembimbing. Nomor dan judul tabel/ gambar dituliskan di bagian kiri. Daftar Tabel dan Gambar Daftar tabel dan gambar disusun dengan model seperti daftar isi. maksud pengusulan proposal/laporan magang. Universitas Jenderal Soedirman. Tanggal disetujui dan disahkan proposal atau laporan magang oleh pembimbing akademik magang dan pembimbing lapangan. 3. tahun pembuatan proposal/laporan magang. dan nomor halaman letak tabel/ gambar. tanggal di terima dan di setujui. nama dan nomor induk mahasiswa. Nama dan nomor Induk Mahasiswa ditulis lengkap dan di letakan simetrik terhadap sisi kiri dan kanan halaman pengesahan.e. Jurusan Kesehatan Masyarakat. Pada bagian kanan halaman terdapat nomor halaman yang juga disusun rapi secara vertikal. c. dituliskan di bagian kanan. Kedudukan Pembimbing dinyatakan dengan Pembimbing Akademik dan Pembimbing Lapangan. a. kecuali bagi nama ilmiah. susunannya diatur seperti trapesium terbalik dan jarak baris 1. disusun rapi secara vertikal berurutan sesuai dengan urutan tabel dan gambar dalam proposal/ laporan magang. b. Purwokerto. Nama Pembimbing ditulis lengkap dengan gelar dan NIP. Nama almamater meliputi Kementerian Pendidikan Nasional. Daftar isi maksimal terdiri dari 3 halaman. 5 spasi. Sebagai . 4. Halaman Pengesahan Halaman pengesahan memuat: Judul proposal/laporan magang. 2. d. judul sub bab dan judul anak sub bab dalam satu daftar yang tersusun rapi secara vertikal. Penomoran dilakukan sesuai dengan letaknya dalam bab. Apabila judul proposal/laporan magang lebih dari satu baris. Daftar Isi Pada bagian ini ditulis semua judul bab. Judul proposal/laporan magang ditulis dengan huruf besar semua. mengetahui: Ketua Jurusan Kesehatan Masyarakat FKIK Unsoed.

a.contoh tabel yang pertama dalam bab kedua ditulis Tabel 2. Rencana kegiatan berisi penjelasan mengenai langkah-langkah yang akan dikerjakan di institusi magang. Tinjauan pustaka ditulis secara sistematis sehingga dapat dibuat suatu kerangka teori yang merupakan intisari dari seluruh tinjauan pustaka yang ditulis. Bab I Pendahuluan terdiri dari latar belakang. c. Bab I Pendahuluan Paling atas ditulis BAB I dengan huruf kapital. internet dan lain-lain. majalah. jurnal. Daftar Lampiran Dalam daftar lampiran tidak perlu dicantumkan halaman. Permulaan alinea atau sub bab ditulis dengan jarak 3 spasi dari PENDAHULUAN. Waktu kegiatan berisi waktu pelaksanaan kegiatan magang di instansi tempat magang. Sumber kepustakaan bisa diambil dari buku. bagi JKM UNSOED. Huruf pertama untuk alinea baru dimulai pada ketukan keenam. dilakukan penomoran yang sama. Cukup dituliskan nomor lampiran dan judul lampiran sesuai dengan urutan dalam penempatannya. unit atau bagian temapat magang mahasiswa. Lokasi kegiatan magang berisi nama instansi. Manfaat berisi manfaat magang. 5. perumusan masalah. . Demikian pula dengan gambar. Bab II Tinjauan Pustaka Berisi teori yang berhubungan dengan judul magang. juga dengan huruf kapital. dan bagi mahasiswa). Latar belakang berisi alasan pemilihan judul atau pentingnya masalah dibahas dalam magang.5) spasi di bawahnya ditulis PENDAHULUAN. tujuan (umum dan khusus) dan manfaat (bagi institusi magang. selama pelaksanaan magang. b. 6. Permasalahan berisi penjelasan mengenai masalah yang ada. Satu setengah (1. lokasi kegiatan dan waktu kegiatan. 7. Bab III Metode Pelaksanaan Kegiatan Metode pelaksanaan kegiatan dalam proposal berisi penjelasan mengenai rencana kegiatan. diutamakan pustaka terbaru. alamat instansi.1. 8.

ditulis dalam suatu pernyataan positif yang ringkas dan sederhana. Saran berisi usulan pemecahan masalah dari permasalahan-permasalahan yang ditemukan dalam hasil. dan pembahasan. dan sumber yang berasal dari internet. Rujukan atau pustaka pendukung sebaiknya lebih banyak mengambil hasil penelitian yang diambil dari jurnal. Dalam daftar pustaka . Pembahasan berisi diskusi mengenai hasil kegiatan dengan menggunakan pendekatan teoritis. Saran yang diajukan harus bersifat aplikatif/ operasional. judul. d. pembahasan dan usulan pemecahan masalah terhadap kasus tersebut. b. monografi. dan tujuan magang. c. jurusan. Bab IV Hasil dan Pembahasan Hasil dan pembahasan berisi: Analisis sistuasi umum. hasil kegiatan. Bab V Simpulan dan Saran Simpulan merupakan jawaban dari tujuan. studi kasus (bila ada). analisa teoritis. jurnal. Pembahasan merupakan tempat penulis mengemukakan pendapat dan argumentasi secara bebas tetapi logis. naskah/ dokumen dari suatu lembaga resmi baik yang diterbitkan maupun yang tidak. dan diutamakan menggnakan rujukan atau pustaka terbaru.9. 11. Daftar Pustaka Berisi daftar sumber–sumber pustaka/ informasi yang digunakan untuk menyusun proposal/ laporan magang. bulletin atau majalah ilmiah. Daftar pustaka dapat berupa: buku. Selanjutnya hasil kegiatan magang dihubungkan dan atau dibandingkan dengan penelusuran pustaka. Hasil kegiatan memuat data-data atau informasi yang diperoleh di institusi magang selama pelaksanaan kegiatan magang. prosiding seminar. dan mengacu pada rujukan yang sesuai (relevant reference). Juga disebutkan kejelasan kepada siapa saran ditujukan. yaitu kepada instansi terkait. 10. dan masyarakat. Analisis situasi umum menggambarkan kondisi umum instansi tempat magang dan unit kerja sesuai bidang ilmu. a. Studi kasus berisi mengenai deskripsi kasus. majalah. makalah ilmiah.

Cara Pengetikan: 1) 2) Naskah proposal/laporan diketik dengan jarak 2 spasi.disebutkan secara lengkap: nama penulis. Penulisan Anak Bab dengan huruf besar pada awal kata. Tata Cara Penulisan Proposal dan Laporan Magang 1. b. Contoh: Salmonella thyposa. semua memakai huruf besar dan dicetak tebal serta diketik di tengahtengah kertas. demikian pula . Format Penulisan a. sedangkan jarak antar bab dengan anak bab 1. kecuali untuk kata depan dan kata hubung serta dicetak tebal. Huruf pertama setiap alinea baru diketik dengan jarak 6 ketikan dari tepi kiri. dengan ukuran/font huruf 12. Baris pertama daftar isi berjarak 2 (dua) spasi dari kata “halaman“. penerbit. tahun terbit. d. Dalam penulisan daftar isi. Anak Bab diketik di pinggir kiri. dan kota tempat penerbitan.5 spasi. Penulisan nama latin dan nama asing dengan menggunakan huruf Italic (cetak miring). D. judul buku. tidak boleh bolak-balik.5 spasi . keterangan grafik dan keterangan gambar atau foto berjarak 1 (satu) spasi. Pengetikan proposal/ laporan harus menggunakan komputer dengan ketentuan jenis huruf Times New Roman. Kepala Bab dipisah dari judulnya dengan jarak 1. Correlation Product Moment. Jarak Anak Bab dengan kalimat pertama adalah 2 spasi. Jarak kalimat terakhir pada Anak Bab pertama dengan Anak Bab berikutnya adalah 3 spasi. 3) 4) 5) 6) 7) 8) 9) Jarak Kepala Bab dengan Anak Bab adalah 3 spasi. Sampul proposal/ laporan menggunakan kertas manila (hijau). Proposal/ laporan magang dibuat dengan ukuran HVS kuarto (A4) 70 gram. c. Untuk tabel. Jarak antar bab 2 (dua) spasi. kata “halaman“ diketik di pinggir kanan berjarak 2 (dua) spasi di bawah kata daftar isi.

iii. Pemberian nomor halaman: 1) Tiap halaman proposal/ laporan diberi nomor urut dengan angka Arab (1. Penulisan Daftar Tabel. f. 3) Halaman nomor satu adalah halaman pertama dari bab pertama (Pendahuluan). maka nomor halaman diketik di tengah-tengah sebelah bawah berjarak 2 (dua) spasi dari kalimat terakhir. e. h.jarak antar anak bab dengan anak bab. mulai dari halaman pengesahan diberi nomor dengan angka Romawi kecil (ii. Penulisan anak bab tidak menggunakan garis bawah. Penomoran pada penyusunan proposal dan laporan magang mahasiswa dilakukan dengan sistematika sebagai berikut: . Daftar Gambar. 3. Daftar Foto atau Daftar Grafik. Penomoran pada Sub bab Penomoran atau pemberian tanda pada judul Sub bab atau anak Sub bab harus konsisten sesuai peraturan. 5) Halaman sebelum bab pendahuluan. 2. iv. tidak ditampilkan tapi tetap dihitung. Jarak ketikan dari tepi kertas adalah: 1) 2) 3) 4) 3 cm dari tepi atas 3 cm dari tepi bawah 3 cm dari tepi kanan 4 cm dari tepi kiri g. ketentuannya seperti Daftar isi. 4 dan seterusnya) yang ditempatkan di bagian kanan atas halaman berjarak 2 (dua) spasi dari baris kalimat pertama. 2) Apabila suatu halaman memuat bab baru. yang diletakkan di tengah-tengah bagian bawah halaman berjarak 2 (dua) spasi di bawah kalimat baris terakhir. dst). 4) Halaman judul bernomor halaman i.

Jika judul tabel lebih dari 2 baris.1. maka kepala tabel ditempatkan di sebelah kiri.Sistematika penomoran : I. maka baris berikutnya diketik dengan jarak 1 spasi dimulai di bawah huruf pertama judul. Daftar Kandungan Iodium Rata-Rata Berbagai Bahan Makanan (mg/100 gr ) Nama Makanan Ikan Tawar Ikan laut Sayur Susu Telur Sumber : Sediaoetama. 2005 Basah 30 832 29 47 93 Kering 116 3715 385 - . Kerangka tabel berjarak 1. dst)). a.5 spasi dari judul tabel. Huruf pertama judul tabel adalah huruf kapital yang berjarak 3 ketikan dari nomor tabel (dalam angka Arab: 1.2. Contoh: Tabel 2. Tabel Bentuk tabel adalah tabel terbuka. Nomor urut tabel mengikuti bab. Jika tidak memungkinkan untuk posisi membujur. 1. 1) a) (1) (a) 2. Posisi diusahakan tidak melintang (landscape) tetapi membujur (portrait).3. Tabel dan Gambar a. A.

dapat di lanjutkan pada halaman berikutnya dengan tetap menuliskan kepala tabel atau dapat pula disusun tabel secara khusus (diperkecil ukuran hurufnya). tinjauan pustaka atau pembahasan biasanya dilakukan secara tidak langsung atau ditulis ulang dengan bahasa penulis itu sendiri yang terpadu di dalam naskah. Contoh: Variabel Bebas Tingkat Konsumsi a. DAFTAR PUSTAKA a. a). 1) Nama penulis dan tahun dalam kurung. b. Kerangka Konsep 3. pembaca langsung tahu akan nama pengarang karya tulis yang di kutip dalam teks. Contoh : (Rifai. Sistem ini menggunakan nama akhir pengarang di susul dengan tahun terbit karya tulis.1.Untuk tabel yang isinya tidak mencukupi halaman kertas. Sistem “pengarang-tahun“ selain ringkas. peta dan grafik. Gambar Gambar dapat berupa denah. atau nama akhir seseorang. Protein b. atau ditulis di dalam kurung beserta tahun penerbitannya. Nama yang digunakan untuk mengacu hampir selalu nama keluarga. Nama / judul gambar diletakkan setelah gambar. nama famili. Penulisan rujukan untuk pustaka Penulisan rujukan dalam pendahuluan. Nama penulis pustaka acuan dapat ditulis terpadu dengan naskah dan tahun di dalam kurung. Zat Besi (Fe) c. Asam Folat Kejadian Anemia pada Ibu Hamil Variabel Terikat Gambar 3. nama marga. 2005) .

Cara Menulis Daftar Pustaka Daftar pustaka acuan merupakan daftar yang berisi buku. Bila mengacu pada sebuah karya tulis yang ditulis oleh 2 orang. Contoh: (Rifai dan Hartoko. yang konsisten dan ditulis dengan huruf italic. b. maka disebutkan semua namanya dengan kata sambung “dan”. 2005) d).b). Hal ini berlaku untuk nama pengarang berbahasa Indonesia dan Bahasa asing . dengan nama pengarang. Contoh: (Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Contoh : Butler dan Day (2005) mengatakan bahwa enzim pengurai lignin juga akan menguraikan melanin jamur. Secara garis besar bagian penting yang harus ada dalam daftar pustaka adalah: 1) Nama penulis yang ditulis dengan urutan nama akhir diikuti koma. tanpa gelar akademik atau gelar apapun..2005) e). maka yang ditulis adalah pengarang dan tahun. singkatan nama awal dan nama tengah diakhiri titik. jurnal. cara penulisannya sama tapi tidak dibalik. Contoh : (Shetty et al. ditulis dengan huruf miring (italic). maka perujukannya dilakukan dengan menulis nama akhir dari penulis pertama diikuti dkk atau et al. termasuk sub judul. jika penulisnya lebih dari satu. Menurut Widya Karya Pangan dan Gizi (2003). artikel atau bahan lainnya yang dikutip baik secara tertulis maupun tidak tertulis (komunikasi pribadi). 2005) 2) Nama penulis terpadu dalam naskah. 2) Tahun penerbitan 3) Judul. makalah. Bila acuan naskah dari Internet. kebutuhan energi wanita hamil. Contoh: (Ulfah. 2005) c). 4) Nama penerbit 5) Kota tempat penerbitan . Yang dimaksud dengan nama pengarang meliputi juga nama editor dan nama lembaga yang bertindak sebagai pengarang. Bila mengacu pada sebuah karya yang ditulis oleh lebih dari 2 penulis.

Planning Career Ladder. jika hanya seorang editor. Fungal Melanin: A Review.J. and A. and K. Weeks. Atlanta. Jakarta. Kumpulan makalah adalah buku atau artikel yang berisi lebih dari satu makalah. penerbit. Cornet. judul buku (dengan huruf italic). tempat penerbit. 44:1115-1136. M. 2005a. halaman pertama dan akhir tulisan. Contoh: Butler.2005. tahun terbit. Day. Atlanta. maka penulisan tahun penerbitan ditulis kronologi atau berdasar abjad bukunya. Weeks. 2) Acuan dari Jurnal atau Makalah Nama pengarang/penulis . penerbit.W. 2005. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Atlanta. Canadian Journal of Microbiology. atau (Eds. Career Ladder Clearinghouse. dan ada editor atau penyuntingnya. dan kota tempat terbit.) jika lebih dari satu editor. Contoh: Cornet. nama jurnal (dengan huruf italic) volume (nomor). judul buku (dengan huruf italic). tahun terbit. Contoh: Notoatmodjo.L.L. Rineka Cipta. judul tulisan. . and K. Career Ladder Plans. Career Ladder Clearinghouse. edisi (kalau ada). 2005b. 2005b. 3) Acuan dari Kumpulan Makalah Nama pengarang/ penulis. judul .Berikut petunjuk penulisan daftar pustaka menurut sumbernya: 1) Acuan dari Buku Nama pengarang/penulis. volume. Career Ladder Clearinghouse. Atau . Nama editor ditulis seperti menulis nama biasa dengan diberi keterangan (Ed). halaman pertama dan terakhir tulisan. Planning Career Ladder. penyunting (editor). tahun terbit. Apabila ada beberapa buku yang diacu dengan tahun penerbitan yang sama dan ditulis oleh penulis yang sama.

Jakarta. 2005. 2005. Disertasi. dan kota penerbit. 2005. 1995). Universitas Jenderal Soedirman.). 51-56. Disertasi atau Laporan Penelitian Penulisan Magang. Dalam:H. R. Petunjuk dan Pengendalian Penyakit-Penyakit Penting Tanaman Kelapa. Waseso (Eds. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah. tahun penerbitan dokumen. 2005. judul karangan dengan huruf italic. PT Armas Duta Jaya. Departemen Pertanian. Contoh : Setyaningrum. nama lembaga penanggungjawab atas penerbitan tersebut.G. dan di bagian akhir ditambahkan kata “tidak dipublikasikan” di antara tanda kurung. 2 Th 2005 tentang Sistem Pendidikan Nasional.A. . 5) Acuan dari Magang. tahun terbit. Hubungan Status Gizi dengan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar. nama jurnal atau majalah (dengan huruf italic) ditambah penulisan CD-ROMnya di dalam tanda kurung. dan nama tempat penerbitan.A. Contoh: Undang-Undang Republik Indonesia No. dan Laporan Penelitian dengan huruf italic. Microbiological Changes in Flooded Soils. nama penerbit. Alexander. Jakarta 7) Acuan dari Lembaga yang Ditulis Atas Nama Lembaga Tersebut Nama lembaga penanggungjawab langsung ditulis paling depan. H. Thesis.Universitas Negeri Malang. Malang 4) Acuan dari Artikel dalam Jurnal dari CD-ROM Nama pengarang/penulis. Tata Tulis Artikel Ilmiah. Contoh: Direktorat Perlindungan Tanaman Perkebunan.Saukah dan M. Program Sarjana kesehatan Masyarakat. judul naskah ditulis biasa. diikuti tahun terbit. Hal. 6) Acuan dari Dokumen Resmi Pemerintah yang Tanpa Pengarang dan Lembaga Nama/judul dokumen ditulis di bagian awal dengan huruf italic . A. (Tidak dipublikasikan). Magang. Contoh: Mitchell. and M. Thesis.Direktorat Jenderal Perkebunan. Soil Science 93:413-419 (CD-ROM: Soil Science-Digital. Purwokerto. 2000. 52 hal.Contoh: Mukhadis.

2005. hlm. Bogor. Menyiasati Krisis Listrik Musim Kering. tanggal-bulan-tahun (jika ada). diikuti tahun.8) Acuan dari Makalah yang Disajikan Dalam Seminar atau Kongres Nama penulis ditulis paling depan.” nama pertemuan. Apabila acuan dari surat kabar tanpa pengarang. dan diikuti tulisan “Makalah disajikan dalam . Contoh: Huda. M. lembaga penyelenggara. Contoh: Rahayu.nott. Contoh: Kompas. http://nasc. Makalah disampaikan dalam Kongres XVI dan Seminar Nasional PFI.. Pemanfaatan Bahan Nabati untuk Pengendalian Penyakit Layu Bakteri pada Kacang Tanah.uk/ protocols/ler. volume dan nomor. judul artikel ditulis tegak dengan huruf kapital di setiap awal kata selain kata hubung. diikuti tanggal-bulan-tahun. 13 Mei 2005. Contoh: May. S. nama surat kabar ditulis dengan huruf italic dan halaman. diikuti oleh tahun. maka ditulis nama surat kabarnya diawal. nama jurnal (dengan huruf italic).html. 22-24 Agustus 2001. The Origin of Landsberg. Hlm. maka nama penulis ditulis seperti acuan bahan cetak lain. Jawa Pos. 22 April 2002. Columbia. dan halaman. M. judul. judul makalah dengan huruf italic. 6. 43 10) Acuan dari artikel dalam Internet Apabila artikel berasal dari jurnal. IPB. diakses 2 September 2009. (Online). dan waktu penyelenggaraan seminar atau kongres tersebut. . keterangan on-line dalam tanda kurung. tempat.Protocols of NASC. judul karangan ditulis dengan huruf italic. Sekali Lagi Tentang Mutu Pendidikan di Indonesia. dan diakhiri dengan alamat sumber disertai kapan akses dilakukan. 9) Acuan dari Surat Kabar (Minimal Bertaraf Nasional) Nama pengarang artikel. and C24.ac. 2001.

p3skk.depkes. M. 1 September 1999. . judul karangan ditulis miring.edu). maka penulisannya: nama pengirim.fyto.id. diikuti tahun penulisan.nl). topik isi bahan ditulis dengan cetak miring. Pustaka tidak diperbolehkan mengacu pada blog pribadi. (gracia@genome. waktu (tanggal. dan tanggal tahun pengaksesan. Contoh: Depkes. Soesanto (loekas. Contoh: Gracia. alamat e-mail diantara tanda kurung.wau.soesanto@medew. nama yang dikirimi dengan alamat e-mailnya diantara tanda kurung. 2010. Diakses tanggal 11 Februri 2010.stanfird.litbang. maka ditulis nama websitenya diawal.go. Http://www.Apabila acuan dari internet tanpa pengarang. tahun). bulan. E-mail kepada L. 2010. Apabila artikel berasal dari e-mail pribadi hasil konsultasi dengan pakar di bidang ilmunya. Arabidopsis Ecotypes. Pengembangan Desa Siaga Dalam Rangka Penanganan Masalah Kedaruratan Kesehatan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful