MENYATUKAN AGAMA DENGAN NEGARA, MUNGKINKAH? Nama: Damar Riyadi NIM: 10.11.

3910 Nilai: A PENGERTIAN NEGARA Menyatukan agama dengan negara, mungkinkah? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, tentunya harus dijelaskan dulu pengertian agama dan negara serta tujuan dan fungsi dari masing-masing. Negara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah kelompok sosial yg menduduki wilayah atau daerah tertentu yangg diorganisasi di bawah lembaga politik dan pemerintah yang efektif, mempunyai kesatuan politik, berdaulat sehingga berhak menentukan tujuan nasionalnya. Sedangkan secara spesifik Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara yang dibentuk berdasarkan semangat kebangsaan (nasionalisme) oleh bangsa Indonesia yang bertujuan melindungi segenap bangsa dan seluruh tampah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut serta melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial sebagai tersirat dalam pembukaaan UUD 1945. TUJUAN DAN FUNGSI NEGARA Tujuan dan fungsi merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan, tetapi memiliki pengertian yang berbeda. Tujuan lebih bersifat abstrak dan idealis, dengan kata lain, tujuan negara menunjukkan cita-cita ideal yang hendak dicapai oleh suatu negara, sedangkan fungsi negara menunjukkan cita-cita tersebut ke dalam kenyataan. Berikut beberapa pendapat para ahli mengenai tujuan negara: 1. Plato : tujuan negara adalah memajukan kesusilaan manusia. 2. Roger H Soltau : tujuan negara adalah mengusahakan agar rakyat berkembang serta mengembangkan daya cipta sebebas mungkin. 3. John Locke : tujuan negara adalah menjamin suasana hukum individu secara alamiah atau menjamin hak–hak dasar setiap individu. 4. Harold J Laski : tujuan negara adalah menciptakan keadaan agar rakyat dapat

TUJUAN DAN FUNGSI AGAMA Agama merupakan aspek yang sangat penting bagi manusia karena agama merupakan sumber moral. agama itu berfungsi untuk mendapatkan kebahagiaan hidup baik secara lahir maupun batin. PENGERTIAN AGAMA Pengertian agama menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah ajaran. tentram dan bahagia. Menegakkan kepercayaan manusia hanya kepada Allah. 5. sumber informasi tentang masalah ghaib. menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tidak bisa dijawab oleh akal manusi seperti hal-hal ghaib atau metafisika serta mendorong pemeluk agama untuk berbuat baik karena adanya janji pahala serta mencegah perbuatan buruk karena adanya janji dosa.memberikan bimbingan rohani bagi manusia baik di kala suka. seseorang menganut sebuah agama disebabkan oleh fungsi agama itu sendiri. petunjuk kebenaran.memenuhi keinginannya secara maksimal. 3.Tuhan Yang Maha Esa (tauhid). lahir dan batin. 2. 4. . Menjunjung tinggi dan melaksanakan peribadatan hanya kepada Allah. Sedangkan agama secara umum memiliki beberapa tujuan antara lain: 1.agar kehidupan teratur dengan baik. Pada dasarnya. Secara umum. Aristoteles : tujuan negara adalah menjamin kebaikan hidup warga negaranya. maupun di kala duka. Mengatur kehidupan manusia di dunia. dunia dan akhirat. Montesquieu : tujuan negara adalah melindungi diri manusia sehingga dapat tercipta kehidupan yang aman. 6. sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya. Menyempurnakan akhlak manusia. sehingga dapat mencapai kesejahterahan hidup.

termasuk di dalamnya soal harta waris (faraidh) dan wasiat 5. Syariah Syari’ah arti bahasanya jalan. Munakahat (perkawinan). dan yang mengatur hubungan manusia dengan sesama manusia dan alam seluruhnya disebut Muamalah. Tijarah (hukum niaga) termasuk di dalamnya soal sewa-menyewa. Sesuai dengan maknanya ini yang disebut aqidah ialah bidang keimanan dalam islam dengan meliputi semua hal yang harus diyakini oleh seorang muslim/mukmin. Aqidah Aqidah arti bahasanya ikatan atau sangkutan. Agama Islam memiliki ruang lingkup muamalah yang jika dirinci lagi terdiri dari: 1. Agama Islam adalah agama yang sempurna tidak hanya mengatu hubungan pemeluk agama dengan Alloh SWT tetapi juga mengatur hubungan manusia dengan manusia dan bahkan mengatur alam semesta. utangpiutang.MENYATUKAN AGAMA DENGAN NEGARA. . peraturan Allah yang mengatur hubungan manusia dengan tuhan disebut ibadah. MUNGKINKAH? Penulis sebagai seorang muslim akan membahas ruang lingkup agama Islam untuk melihat apakah menyatukan agama dan negara mungkin untuk dilakukan. termasuk juga soal ghanimah (harta rampasan perang) dan tawanan). 3. Terutama sekali yang termasuk bidang aqidah ialah rukun iman yang enam. kepada malaikat-malaikat-Nya. sedang arti istilahnya ialah peraturan Allah yang mengatur hubungan manusia dengan tiga pihak Tuhan. Bentuk jamaknya ialah aqa’id. Khilafat (pemerintahan/politik islam) 2. 2. Akhlak/etika Akhlak secara khusus merupakan bagian dari ajaran agama Islam yang mengatur tingkah laku perangai manusia 4. wakaf. kepada kitab-kitab-Nya. sesama manusia dan alam seluruhnya. kepada Rasul-rasul-Nya. Arti aqidah menurut istilah ialah keyakinan hidup atau lebih khas lagi iman. kepada hari Akhir dan kepada qada’dan qadar. yaitu iman kepada Allah. Ruang lingkup ajaran agama Islam meliputi: 1. Jihad (perang).

html • Nabi Muhammad: 100 Tokoh Sejarah. memotong anggota. Ruang Lingkup. Sedangkan jinayat adalah hukum bagi tindakan kejahatan pembunuhan. sosial. sosial. Agama Islam sudah sangat sempurna.com/2010/04/11/fungsiagama-bagi-kehidupan/ • Pendidikan Agama Islam: Pengertian. meskipun hal tersebut belum terwujud di Indonesia. http://www. dan agama itu sendiri.web. saya berpendapat bahwa menyatukan agama dengan negara adalah hal yang sangat mungkin dilakukan.wordpress. dan bahkan tindak pidana. pertahanan negara. Tujuan. http://www.6. http://100tokohsejarah. http://abdain. politik. ekonomi.sarjanaku. Tidak bisa dipungkiri bahwa sudah banyak wacana untuk menggunakan syariat Islam di Indonesia hal itu menunjukkan kemungkinan menyatukan agama dengan negara. dan menghilangkan manfaat badan.com/2010/08/27/pengertian-fungsi-dan-tujuan-negarakesatuan-republik-indonesia/ • Fungsi Agama bagi Kehidupan.id/ Pengertian Fungsi dan Tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.wordpress. Nabi Muhammad SAW menunjukkan bahwa agama Islam dapat membawa sebuah negara ke dalam kondisi yang aman dan makmur baik dari segi ekonomi.wordpress. melukai orang. merampok. di antara kesempurnaan itu terdapat hukum syariah yang mengatur masalah politik. DAFTAR BACAAN • • Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).com/2011/09/pendidikan-agama-islam-pengertian. tuduhan zina. http://dieks2010. Hudud dan jinayat keduanya merupakan hukum pidana islam Hudud ialah hukum bagi tindak kejahatan zina.com/2009/10/28/nabi-muhammad/ .kbbi. Menyatukan agama dan negara sudah dicontohkan oleh Nabi dan Rasul pembawa agama Islam yaitu Nabi Muhammad SAW dimana beliau berperan sebagai pemimpin agama serta pemimpin negara yang dikagumi dan ditaati oleh para rakyatnya. mencuri dan minum-minuman keras. dalam tinayat berlaku qishas yaitu “hukum balas” Jika dipandang dari ruang lingkup agama Islam.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful