JENIS DAN SIFAT FLUIDA BOR

Kelompok I

Fungsi Kontrol dan Penyetabilan Lubang (Mengontrol tekanan dan temperatur lubang bor. mengontrol keseimbangan sirkulasi. menyetabilkan dinding bor pada formasi tak terkonsolidasi. melumasi stangbor dan mata bor. menghambat proses korosi dari rangkaian bor dan casing. mengendapkan cutting pada pit lumpur.FUNGSI FLUIDA BOR 1. memproteksi formasi target atau badan bijih dari kontaminasi dan invasi. menghambat terbentuknya wall cake. Fungsi Pembuatan Lubang (Mendinginkan Mata bor. dan membantu evaluasi formasi (akuifer) . dan mempertahankan cutting dalam suspensi lumpur saat sirkulasi dihentikan) 3. Fungsi Pembersihan Lubang (Mengankat Cutting ke permukaan. memudahkan pemasangan casing dan pada lubang yang dalam akan memberikan daya apung/buoyancy pada casing) 2. membersihkan mata bor dan dasar lubang.

aliran. Fungsi Transportasi Sampel dan Logging (Mengetahui apa yang terjadi dalam lubang bor dengan mengamati kenampakan fluida bor misal warna.FUNGSI FLUIDA BOR 4. kandungan cutting. melindungi inti dan sampel chip.Pengondisian.Stabilitas. Fungsi Kontrol Fluida Bor .Proses pengujian harus bisa mengidentifikasi sifat fluida bor dan mengindikasikan kemungkinan perlakuannya . sifat-sifat fluida bor harus stabil pada kondisi pengeboran normal . jika sifat fluida bor tidak sesuai yang diinginkan harus bisa dilakukan pengondisian untuk menghasilkan sifat yang sesuai . dll. dan memfasilitasi logging elektrik) 5.

biaya operasional murah. menambah kecepatan penetrasi.Air umum digunakan dalm sirkulasi pemboran . biasanya dicampur dengan lumpur banyak digunakan pada pemboran migas Mist (Injeksi air) Berguna untuk mengurangi efek debu pada collar lubang bor. cepat dan mudah membersihkan dasar lubang dan cutting Air/Minyak .Beberapa keuntungan menggunakan air : mengurangi torsi pipa. lebih muda disirkulasikan dibandingkan cairan. injeksi air atau air dengan deterjen digunakan untuk membasahi permukaan cutting shg bisa terhindar dari pelengketan . biaya operasional relatif murah mampu mendinginkan rangkaian lubang bor lebih baik dibandingkan yang lain.JENIS FLUIDA BOR Udara mudah dioperasikan. . mengurangi beban tarikan pipa dan mata bor .Minyak jarang digunakan. menambah umur bit.

Active solid adalah lempung atau polimer yang ditambahkan ke base liquid agar menghasilkan suspensi koloid .Active solid digunakan untuk menentukan viskositas lumpur bor .Base liquid : minyak.Digunakan untuk mengeluarkan air dan cutting dari lubang bor ke permukaan Lumpur . active solid dan inert solid . air atau air asin (minyak dan air asin tidak digunakan pada pemboran hidrokarbon) .Inert solid adalah material pemberat (menaikkan densitas lumpur tanpa merubah viskositas) .JENIS FLUIDA BOR Busa .Dibuat dari 3 komponen utama : base liquid.Terbuat dari bahan yang sama dgn mist tetapi komposisi bahan busa lebih banyak .

viskositas fluida. . Vulume gas akan makin besar ketika tekanan tambah besar Sifat Aliran Fulida . Cairan memiliki perilaku yang sama aat tertekan ataupun tidak sehingga perubahan kedalaman pengeboran tidak mengubah kinerja fluida dalam sirkulasi .Gerakan fluida tidak mempengaruhi viskositas .Viskositas sgt penting untuk menentukan efisiensi pemboran dan biasanya dikontrol oleh temperatur .Kemampuan fulida mengangkat cutting tergantung : .Gas akan sedikit berubah karena tekanan statik akibat makin dalamnya lubang bor.Kecepatan aliran tergantung : gradien tekanan pada tiap titik aliran dan viskositas fluida .ukuran dan bentuk cutting .SIFAT FLUIDA BOR Sifat Fluida Bor Terhadap Tekanan .Tekan hidrostaktik fluida cair didasara lubang bor akan makin besar dengan semakin majunya penetrasi.Densitas fluida dan cutting .kecepatan aliran fluida. .

Bila aliran laminar maka cutting sering turun ke bawah dibagian tepi karena kecepatannya yang rendah .Bila aliran fulida berupa lairan turbulen maka cutting akan tertransport dengan cepat .SIFAT FLUIDA BOR .Aliran plug adalah sifat aliran fluida polimer dimana viskositas pada bagian tepi lebih rendah karena adanya gesekan dengan dinding pipa (disebut juga shear thinning yaitu fluida akan lebih encer pada bagian dimana terjadi gesekan pada fluida yang berhubungan dengan dinding pipa) .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful