KELOMPOK 7


  

1. IRFHAN SYANJAYA 2. GRACHIA AMLENI 3. I MADE MAYANE 4. URIP SUMOHARJO

(08.25.019) (08.25.016) (08.25.009) (08.25.004)

FONTS (Huruf)  Beberapa aspek yang paling penting dari kartografi adalah sesuatu yang paling halus seperti warna dan huruf. Salah satu huruf yang paling banyak digunakan dalam kartografi digital adalah “Times New roman” dan “Arial”.  .

A. (Sans berarti “tanpa” bahasa Prancis. Memilih Huruf yang Tepat  Serif vs Sans Serif serif sans serif Perhatikan perkembangan dekoratif kecil di ujung stroke dalam karakter di sebelah kiri. .) Times New Roman adalah font serif yang umum digunakan Sedangkan Arial adalah font sans-serif sering digunakan. Ini disebut serif Karakter sedangkan karakter di sebelah kanan tidak memiliki sekoratif dan stroke disebut font sans-serif.

. Perlu diperhatikan bahwa penggunaan font perlu dibatasi untuk fitur pendek /utama . orang. font yang tidak signifikan akan memperlambat pemahaman pembaca .seperti judul dan subjudul. atau beberapa kategori gaya lain.2.Bahkan. karena font dekoratif dalam teks blok yang panjang cenderung membanjiri penampil peta.   Huruf dekoratif adalah gaya huruf yang mengingatkan dari waktu tertentu dalam sejarah. seperti tempat. Memilih huruf yang dekoratif untuk peta.

Memilih jenis huruf tulisan tangan (Script ) yang sesuai untuk peta. sehingga lebih cocok ditulis dalam kalimat yang pendek. Umumnya digunakan untuk pelabelan perairan seperti teluk. lautan. .3. selat.   Huruf Script adalah jenis huruf yang memiliki gaya yang sedikit dekoratif dan sulit dibaca bila ditulis dalam jumlah banyak atau kalimat panjang. dan sungai.

4. Memilih Tinggi. mempertimbangkan pilihan huruf Anda ketika memutuskan pada ukuran titik sangat penting dan terutama ketika merevisi peta. Lebar dan Tebal Huruf. is Times New Roman is Arial Sebagai contoh. . Arial dan Times New Roman berbeda dalam ketinggian huruf berbeda 100-poin Times New Roman kira-kira sama dengan font Arial 96-poin. Oleh karena itu.

dan sebelah kiri jenis Courier New. dimana jenis font yang digunakan pada sebelah kanan adalah Times New Roman. .Contoh blok nomor yang terdapat pada sebelah kiri lebih mudah dibaca daripada blok nomor di sebelah kanan.

dan modifikasi warna yang Anda pilih. italicizing. Modifikasi huruf  Cara pertama yang paling umum untuk memodifikasi huruf adalah mengubah ukuran huruf. ada beberapa teknik lain. Setelah itu.B. seperti karakter spasi. .

Ukuran Titik  Ukuran titik terkait dengan ketinggian font yang diukur dari bawah dari karakter terendah ke puncak tertinggi karakter. meskipun.  Tidak semua font dengan ukuran titik yang sama akan memiliki ketinggian yang sama. .1.adanya perbedaan yang kecil di ketinggian karakter ada di antara font.

.memungkinkan label Samudra Pasifik berada dalam proporsi dengan ukuran laut.2. Modifikasi Lain Jarak lebih diperluas untuk karakter teks pada peta sebelah kanan .

juga menjadi lebih enak dipandang karena teks yang lebih menyebar.Jarak karakter diperluas pada peta bagian bawah berfungsi untuk menekankan label negara lebih atas dari peta sebelumnya. .

1. warna. tetapi gunakanlah tulisan rata kiri (left justified). Berikan spasi “double” pada tulisan karena lebih mudah dibaca.C. 4. garis. 3. 2. . Jangan menggunakan tulisan rata kiri-kanan (justified) karena terlalu sulit bila dibaca dengan cepat. Kelompokkan beberapa tulisan menjadi satu kelompok. Menempatkan Tulisan Pastikan bahwa semua tulisan sudah cocok dengan elemen disekitarnya seperti. dan lainnya.

D. Arah Tulisan Arah teks harus bisa disesuaikan dengan apa yang diterangkan oleh teks tersebut .

Penempatan arah tulisan yang benar ditunjukkan oleh kata Mapping yang lebih hitam dan bila semakin pudar berarti arah tulisan akan semakin sulit dibaca atau arah tulisan tersebut masih salah. .

TERIMA KASIH .