PELATIHAN PKM DP2M DIKTI

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA PENERAPAN TEKNOLOGI (PKMT)

Slide 1

Mengapa menulis Proposal PKMT ?

Slide 2

Karakteristik PKMT

PKMT merupakan kreativitas yang inovatif dalam menciptakan suatu karya teknologi yang dapat meningkatkan nilai tambah dan dibutuhkan oleh suatu kelompok masyarakat (kelompok tani, industri kecil, dll) Produk dapat berupa : prototipe, model, peralatan, proses, perangkat lunak,sistem PKMT mewajibkan mahasiswa bertukar pikiran dengan mitra, karena produk PKMT merupakan solusi atas persoalan yang diprioritaskan mitra (mitra sebagai entry point) Dasar Teknologi yang akan diterapkan sudah tersedia, bukan dicari melalui penelitian dalam program ini

Slide 3

Beda PKMP dan PKMT  PKMP merupakan karya kreatif untuk menjawab permasalahan. yang dilaksanakan dengan pengumpulan data  Pada PKMP. pemecahan masalah belum ada dan itu yang harus dicari PKMP dapat menghasilkan teknologi baru PKMT: menciptakan suatu karya teknologi Pada PKMT tidak ada lagi penelitian karena teknologi sudah tersedia    Slide 4 . pengembangan ilmu dan teori.

Jadwal Kegiatan Program 10. Biaya 13. Daftar Pustaka Lampiran bila ada Slide 5 . Tinjauan Pustaka 8. Metode Pelaksanaan Program 9.Sistematika Penyusunan Proposal PKMT 1. Kegunaan Program 7. Judul Program 2. Latar Belakang Masalah 3. Perumusan Masalah 4. Luaran Yang Diharapkan 6. Nama dan Biodata Dosen Pendamping 12. Nama dan Biodata Ketua serta Anggota Kelompok 11. Tujuan Program 5.

pengembangan dan invensi Slide 6 .JUDUL PKMT  Judul dibuat ringkas. tetapi jelas dan menunjukkan dengan tepat masalah yang hendak dipecahkan. penyempurnaan. dan tidak membuka peluang penafsiran yang beraneka ragam  Ada kreativitas baru dan original di bidang teknologi. meliputi: modifikasi.

CONTOH JUDUL PKMT 1. Teknologi Proses  Teknologi Inovasi Pembuatan Vaksin dalam Sediaan Gel Guna Mencegah Koksidosis pada Peternakan Ayam Rakyat  Teknologi Pemanfaatan Limbah Nenas Sebagai Agensia yang Meningkatkan Kualitas Tempe pada Home Industry Tempe Sanan di Kota Malang  Teknologi Inovasi Pengolahan Air Limbah Kantin Melalui Sistem Biologi "The Big Power Of Tree Plant Aquantic Water"  Pemanfaatan Jerami Padi Sebagai Bahan Baku Pembuatan Polybag ( media tanam ) organik  Pembenihan Ikan Gurami (Oshpronemus gouramy) dengan Metode Sex Reversal untuk Menghasilkan Benih Monosex Jantan Slide 7 .

Sistem Informasi.CONTOH JUDUL PKMT 2. Piranti Lunak (Software)  Penyediaan Software Tata Cara Pembagian Harta Waris dalam Islam (Ilmu Faraid)  Penerapan GIS (geographical Information System) berbasis WEB untuk Memantau Penyebaran Penyakit di kota Bandung Jawa Barat  Penerapan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi Menggunakan Microsoft Excel dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Sub Pokok Persamaan Kuadrat Tingkat SMU  Pengembangan Situs Obat Tradisional Slide 8 .

Prototipe  Prototipe alat pengering rumput laut berbasis tenaga surya hibrid sistem portable Kunci pintu digital dengan sistem keamanan berbasis sms Rancang bangun Mesin Mixer Serbaguna Tanpa Pengaduk Desain Sarana Pengangkut dan Perontok Duri pada Buah Salak Pengembangan Prototipe Kit Diagnostik Waktu Ovulasi Sapi untuk Menjamin Ketepatan Waktu Inseminasi Buatan Kacamata Infra Merah Bagi Tunanetra Detektor Kematangan Durian Tanpa Merusak Slide 9       .CONTOH JUDUL PKMT 3.

PKMT vs PKMP bidang Ilmu Teknik & Rekayasa  Mahasiswa dari kelompok ilmu teknik dan rekayasa (engineering) tidak berarti terkungkung di PKMT Sebaliknya. bidang PKMT tidak melulu (khusus) bagi kelompok ilmu teknik dan rekayasa (engineering) Perhatikan judul berikut:  Pengaruh Variasi Waktu Pengadukan Rotary Degasser Terhadap Sifat Fisis dan Mekanis Paduan Alumunium pada Velg Mobil Setelah Proses Remelting  Metode Pengujian Mutu Ikan Laut dengan Menggunakan Spektrometer Fotoakustik Laser CO2 Terhadap Gas Trimethylamine  Pengenalan alat purifikasi air bagi masyarakat di daerah bantul dan penyuluhan tentang air minum yang memenuhi syarat Slide 10   .

penting. dan perlu dilakukan dalam kaitannya dengan mitra pengguna  Hendaknya ditunjukkan bahwa permasalahan yang dihadapi belum terjawab solusinya atau belum terpecahkan secara memuaskan Mengungkap state of the art teknologi yang ada sekarang   Mengungkap teknologi yang akan dikembangkan Slide 11 .LATAR BELAKANG MASALAH Berisi penjelasan “mengapa” masalah yang  dikemukakan dalam judul dipandang menarik.

LATAR BELAKANG ?? • Indonesia berpenduduk mayoritas Islam • Penghitungan pembagian harta waris sesuai ajaran Islam cukup rumit. sering tidak dipahami  sedikit yang melaksanakan • Teknologi komputer dan soft computing sangat maju dan murah • Teknologi di atas bisa digunakan untuk memecah kan masalah cara menghitung harta waris Teknologi komputer dan soft computing dapat diterapkan untuk menghasilkan modul aplikasi pembagian harta waris sehingga umat Islam Indonesia dapat menjalankan syariat Islam dengan mudah dan benar Slide 12 .

GPS berfungsi untuk memberikan posisi mobil. pengaman mobil hanya berupa pemasangan alarm dan keberadaannya pun telah banyak diketahui. Mikrokontroler berfungsi untuk mengatur komunikasi data antara GPS dan GSM. Sementara ini pernah dikembangkan suatu sistem pelacak posisi dan keamanan kendaraan. GSM berfungsi untuk mengirim dan menerima data melalui SMS. Alat pelacak ini dapat diproduksi dalam jumlah yang banyak dan digunakan oleh masyarakat. Mikrokontroller ATMEGA162. GSM. Slide 13 . tetapi tidak bisa di akses secara online dan masih menggunakan mikrokontroller 89C511. Oleh karena itu dibutuhkan suatu alat yang dapat mengetahui posisi mobil dan menonaktifkan mesin mobil dari jarak jauh melalui internet. dan PC. Pada umumnya. Salah satu penyebabnya adalah sulitnya pelacakan posisi mobil saat terjadi tindakan pencurian. dan SMS Gateway. Dalam penerapannya. PC berfungsi sebagai web server. masyarakat bisa bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk menangani kasus pencurian mobil. database server.SISTEM ANTI PENCURIAN MOBIL : ALAT PELACAK POSISI DAN PENONAKTIFAN MESIN DENGAN KENDALI HAND PHONE DAN GPS Latar Belakang Pencurian mobil akhir-akhir ini sangat marak baik intensitas maupun lokasi kejadiannnya sehingga membuat masyarakat menjadi resah. Alat pelacak ini memanfaatkan teknologi GPS.

tergantung dari pernyataan-pernyataan yang disebutkan dalam latar belakang masalah  Biasanya dalam merumuskan masalah dapat dipergunakan (tetapi tidak harus) kata-kata tanya: apa. bagaimana.PERUMUSAN MASALAH   Memuat intisari dari latar belakang masalah Dirumuskan dalam beberapa kalimat. mengapa dan lainlain Slide 14 .

jelas dan ringkas  Slide 15 .TUJUAN PROGRAM  Memuat hal-hal yang ingin dicapai dalam kegiatan PKMT Nyatakan secara tepat.

LUARAN YANG DIHARAPKAN  Luaran bisa berupa prototype alat/mesin. dll Nyatakan secara jelas luaran yang diharapkan  Slide 16 . disain. model. software. teknologi proses.

KEGUNAAN PROGRAM  Kegunaan (manfaat) program memuat hal-hal yang akan dicapai bila kegiatan PKMT ini berhasil Slide 17 .

TINJAUAN PUSTAKA  Memuat uraian sistematis tentang hasil-hasil teknologi yang didapat oleh kegiatan terdahulu dan yang ada hubungannya dengan kegiatan yang akan dilakukan. Dengan demikian maka teknologi yang dipilih dijamin dapat diterapkan dalam kegiatan ini dan atau metodenya dapat digambarkan secara jelas dan dapat dipertanggung-jawabkan Fakta-fakta yang dikemukakan sejauh mungkin diambil dari sumber aslinya Semua sumber yang dipakai harus disebutkan dengan menggunakan cara sitasi yang telah ditetapkan Slide 18   .

METODE PELAKSANAAN PROGRAM Mengandung uraian tentang:     Bahan atau materi Alat yang dipakai Tahapan Pelaksanaan Program (Prosedur) Tunjukkan gambar disain yang akan dihasilkan Slide 19 .

Memilih Metode Pelaksanaan Program Yang Tepat dalam PKMT  Prosedur Disain/Perencanaan. sertakan pertimbangan/alasan pemilihan bahan/komponen    Prosedur Pembuatan karya teknologi Prosedur Kalibrasi (kalau ada) Prosedur uji coba karya teknologi dan atau uji coba produk Slide 20 .

JADWAL KEGIATAN PROGRAM Dalam jadwal Kegiatan harus ditunjukkan:  tahap-tahap sesuai dengan metode pelaksanaan program rincian kegiatan pada setiap tahap waktu yang diperlukan untuk melaksanakan setiap tahap jadwal Kegiatan dapat disajikan dalam bentuk matriks    Slide 21 .

atau kelompok masyarakat produktif yg lain)   Denah detil Lokasi Mitra Kerja Hal-hal lain yang dianggap perlu Slide 22 . Koperasi.LAMPIRAN    Daftar Riwayat Hidup Ketua dan Anggota Pelaksana Gambaran teknologi yang akan diterapkembangkan Surat Pernyataan Kesediaan Bekerjasama dari mitra penerima teknologi (Pengusaha Kecil. Kelompok Tani.

BUKAN PROPOSAL PKMP.Tips agar Proposal Lolos Seleksi INGAT BAHWA PROPOSAL YANG ANDA TULIS ADALAH PROPOSAL PKMT. BUKAN “PENELITIAN” Slide 23 . SEMUA HAL YANG ANDA TULIS BERKAITAN DENGAN “PENERAPAN TEKNOLOGI”.

bantuan penerapan teknologi seperti apa yang bermanfaat bagi mereka ? Slide 24 .Tips Mencari Topik yang Kreatif Secara Cepat dan Tepat  Lakukan observasi di masyarakat produktif (UKM) dan pelajari permasalahan yang mereka hadapi  Bayangkan apa yang bisa saudara lakukan pada kelompok masyarakat tertentu untuk membantu mereka memecahkan problem yang mereka hadapi  Untuk masyarakat yang “terisolasi” yang saudara kenal.

luaran seperti apa yang akan dihasilkan ? • Dari hasil penerapan teknologi ini nantinya. kegunaan/manfaat apa yang dapat diperoleh ? (bagi mitra ? – bagi perkembangan teknologi ?) Slide 25 .TIPS MENULIS PROPOSAL PKMT Saran #1: Proposal yang akan diajukan harus mampu menjawab secara jelas pertanyaan-pertanyaan berikut • Siapa penerima manfaat dari penerapan teknologi ini ? • Dapatkah saudara memberi gambaran tentang mitra penerima teknologi saudara serta kesulitan/masalah yang dihadapi selama ini sehingga memerlukan pemecahan melalui penerapan teknologi yg saudara usulkan ? • Apa pentingnya penerapan teknologi tersebut terkait permasalahan yang dihadapi mitra ? • Dapatkah saudara merumuskan secara singkat masalah mendasar yang akan dipecahkan melalui penerapan teknologi ini ? • Apa sebetulnya goal yang ingin dicapai melalui penerapan teknologi tsb ? • Bila proposal ini disetujui.

TIPS MENULIS PROPOSAL PKMT Saran #2: Proposal yang akan diajukan harus mampu menggambarkan landasan ilmiah serta gambaran teknologi yg akan diterapkan • Landasan teori yang diperlukan • Tinjauan berbagai pustaka. baik textbook maupun hasil-hasil penelitian yang pernah dilakukan orang lain. sehingga teknologi yang dipilih dijamin dapat diterapkan dalam kegiatan ini dan atau metodenya dapat digambarkan secara jelas dan dapat dipertanggung-jawabkan • Proses perancangan bisa diterangkan menggunakan konsep teknologi yang sudah tersedia. Konsep teknologi yg dijadikan dasar bukan diteliti atau dibuktikan dulu melalui kegiatan PKMT • Apakah untuk uraian di atas sudah disebutkan sumber rujukannya ? • Apakah sumber rujukannya bersifat ilmiah ? • Apakah jumlah rujukannya memadai ? Slide 26 .

TIPS MENULIS PROPOSAL PKMT Saran #3: Proposal yang akan diajukan harus mampu menjelaskan bagaimana rencana kegiatan nantinya akan dilaksanakan tanpa menimbulkan keraguan akan terjadinya kegagalan pelaksanaan kegiatan • Alat dan bahan apa saja yang diperlukan untuk pelaksanaan ? • Tempat dan waktu bila memang relevan • Metode yang akan digunakan dalam proses perancangan (sudah tepatkah metode yang dipilih ?) • Rencana analisis atau evaluasi terhadap implementasi teknologi yang direncanakan untuk diterapkan • Tata cara dan urut-urutan pelaksanaan kegiatan • Rencana pelaksanaan yang akan mampu memberikan gambaran potensi kesuksesan di akhir rentang waktu yang disediakan (di akhir bulan ke-4/5 --Mei/Juni-.) Slide 27 .

terkait dengan topik/judul yang dipilih ? (untuk memenuhi syarat ini. jadwal kerja. ada persyaratan khusus kebidangan ilmu seperti dalam PKMP : apakah kualifikasi pelaksana telah memadai.TIPS MENULIS PROPOSAL PKMT Saran #4: Proposal yang diajukan harus bisa memberikan gambaran yang memadai terkait dengan: biaya. personil pelaksana kegiatan • Idem dengan PKM yg lain (lihat buku panduan) • Untuk PKMT. dianjurkan untuk lintas prodi) Slide 28 .

Sistem Vancouver ? Slide 29 .Sistem Harvard ? . • Apakah setiap pustaka yang dirujuk dalam naskah sudah ditulis dalam Daftar Pustaka ? • Apakah ada pustaka dalam Daftar Pustaka yang tidak pernah dirujuk dalam naskah proposal ? • Apakah cara merujuk dan penulisan Daftar Pustaka sudah mengikuti aturan standar ? .TIPS MENULIS PROPOSAL PKMT Saran #5: Proposal yang akan diajukan harus menyajikan daftar dari pustaka yang telah dirujuk dalam proposal.

coba kita cermati gambar berikut: Penerangan Mesin 1 Mesin 2 Slide 30 .Usulan untuk mengatasi masalah kesejahteraan masyarakat terpencil yang belum ada PLN.

E K G ? Slide 31 .

Komentar ? Slide 32 .

Slide 33 .

Recovery serat daun nenas Slide 34 .

Perumusan Masalah c. Lengkap. Tinjauan Pustaka 2 3 d. Kontribusi Terhadap Masyarakat f. Lengkap. Rinci. Mekanisme Kerja Kegunaan: e. Wajar dan Jelas Peruntukannya TOTAL Bobot 10 5 5 25 25 20 5 5 5 100 Slide 35 .Form Penilaian Proposal Kegiatan PKMT Sko r Nilai (Bobot x Skor) No Kriteria Kreativitas: a. Gagasan 1 b. Potensi Paten 4 Penjadwalan Kegiatan dan Personalia g. Jelas. Waktu & Personalia Sesuai Penyusunan Anggaran Biaya h.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful