P. 1
4 -RENCANA KERJA

4 -RENCANA KERJA

|Views: 51|Likes:
Published by jokongupoyoupo

More info:

Published by: jokongupoyoupo on Feb 20, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/12/2013

pdf

text

original

PT.

Kharisma Indotarim Utama

Untuk mencapai apa yang menjadi maksud , tujuan dan sasaran seperti yang telah diuraikan dalam bab sebelumnya , maka kami konsultan Perncana perlu mempersiapkan hal hal sebagai berikut :

4.1. Membuat Program Kerja
Tahapan tahapan yang akan dilaksanakan dalam menangani pekerjaan perencanaan ini adalah : - Persiapan Administrasi Persiapan administrasi adalah meliputi mengurus dan meneliti Surat Perintah Kerja , pembuatan kontrak pekerjaan dan surat-surat lain yang diperlukan dalam pelaksanaan pekerjaan perencanaan - Persiapan teknis Meliputi persiapan peralatan yang akan digunakan , menyiapkan formulir-formulir dan data data awal yang diperlukan - Program kerja Pada tahap ini adalah melakukan rapat awal dengan Tim yang akan ditugaskan , adapun tujuan dari rapat awal ini adalah untuk menyamakan visi, misi dan Pembagian tugas Pekerjaan sekaligus membuat Program Kerja atas pekerjaan yang akan dilaksanakan - Pengumpulan data dan informasi Data data dan informasi yang harus diperoleh adalah :

Jasa Konsultansi Perencanaan Renovasi Bengkel Mekanik dan Bengkel Listrik Menjadi Gedung Basic Sea Survival (BSS)

BAB 4 halaman 8

Pada Tabel dibawah ini kami coba uraikan secara ringkas tahapan tahapan kegiatan diatas dan pihak pihak yang terlibat : Jasa Konsultansi Perencanaan Renovasi Bengkel Mekanik dan Bengkel Listrik Menjadi Gedung Basic Sea Survival (BSS) BAB 4 halaman 8 .  Luas tanah yang tersedia.foto. Data data penyelidikan tanah. Kondisi sosial masyarakat disekitarnya dan calon penghuni atau calon pemakai.PT.2. Luas tanah yang bisa dibangun (berkaitan dengan KLB dan KDB)  Peil Banjir dimaksudkan untuk mengetahui banjir tertinggi yang pernah terjadi pada lokasi ini sehingga dapat dipertimbangkan (site development) lokasi tersebut untuk menentukan cut and fill lokasi. keadaan dan status tanah. peta contour. Data topografi dasar perencanaan. dimaksudkan dipertimbangkan bahwa saluran yang ada cukup atau tidak untuk menampung air buangan dan hujan dari bangunan baru. Kharisma Indotarim Utama  Master Plan dari Lokasi yang akan dibangun. Data data karakteristik tanah dasar (data data sondir) yang diperlukan untuk menghitung dan menentukan jenis pondasi yang bisa digunakan. Membuat Konsep Rencana Pada tahap ini Team Leader dan tenaga ahli mulai berperan dalam merancang dan memvisualisasikan dalam bentuk konsep / sketsa Gagasan.   Fasade bangunan disekitarnya dilengkapi dengan foto . 4. peta geodetis.  Kondisi Saluran Listrik disekitar dimaksudkan untuk pertimbangan perlu atau tidaknya dibangun gardu listrik yang baru karena menyangkut efisiensi.  Kondisi saluran PAM dan Telepon setempat dilengkapi data dari yang berwenang. termasuk juga dalam kegiatan ini adalah untuk mengetahui peta site. Didalam konsep Gagasan ini paling tidak sudah dapat digambarkan tataletak dan pembagian zooning zoning bangunan dan prasarananya. struktur tanah.  Kondisi saluran air yang ada.

Kharisma Indotarim Utama PESERTA RAPAT/ LANGKAH KEGIATAN PIHAK TERKAIT 1 2 3 4 Penyamaan Persepsi Pembentukan Team Kerja Langkah 1 Perencanaan Team Konsultan perencana Tugas Pemantapan Tugas Kesiapan Peralatan Langkah 2 Persiapan Peralatan Kerja Team Konsultan Kesiapan alat dan Mobilisasi alat Penyelidikan tanah awal Studi Literatur Pemahaman terhadap Pengumpulan data Langkah 3 data Primer dan Skunder Team Konsultan Perencana peraturan dan undang undang Pendataan tentang jaringan listrik .PT. air bersih dan Telepon Pendataan Bangunan Existing. Pengukuran lokasi Penelitian tentang peruntukan tanah status tanah KELUARAN PENJELASAN/ Jasa Konsultansi Perencanaan Renovasi Bengkel Mekanik dan Bengkel Listrik Menjadi Gedung Basic Sea Survival (BSS) BAB 4 halaman 8 .dll. Konsultan Langkah 4 Survey Kunjungan Lapangan Tim teknis Perencana.

informasi yaitu :  Informasi Arsitektur.  akan melakukan melakukan penyelidikan tanah terutama untuk menentukan jenis Pondasi.4.PT. Persiapan kelengkapan Ijin Bangunan dll. Tahap Pra Rencana Pada Tahap ini kegiatan dari Konsultan Perencana adalah :  Melakukan pendataan di lapangan  Membuat rencana perbaikan / renovasi  Membuat konsep bentuk dan dimensi kolam dan pendukungnya  Membuat dan membuat gambar pra rencana  Membuat laporan Pra rencana (laporan Pendahuluan) Informasi . Informasi informasi lain adalah. Kharisma Indotarim Utama Penelitian Garis sepadan Bangunan. informasi mengenai utilitas yang ada guna mendukung bangunan yang akan dibangun 4. Membuat Konsep Langkah 5 Prencanaan dan Sketsa Gagasan 4. hal ini akan terkait dengan bentuk luar dari Informasi struktur yaitu. Pengembangan Rencana Jasa Konsultansi Perencanaan Renovasi Bengkel Mekanik dan Bengkel Listrik Menjadi Gedung Basic Sea Survival (BSS) BAB 4 halaman 8 . dari informasi ini konsultan perencana bangunan yang harus memenuhi peraturan bangunan setempat. Konsultan Perencana pembagian Zoning zoning bangunan dan prasarananya Konsultan Langkah 6 Kunjungan ke Pemda Stermpat Staff Proyek Perencana.3. Sepadan Jalan dll Sketsa gambar .

5. team Arsitektur membuat gambar gambar denah tampak dan potongan dengan skala 1 : 200 atau 1 : 100 jika diperlukan. Team struktur membuat konsep dasar dan out line sistem struktur membuat perhitungan untuk semua struktur bangunan dengan berpedoman pada aturan aturan yang berlaku  Instalasi yaitu membuat rencana sistem penerangan. yaitu setelah pengembangan rencana maka ukuran ukuran. yaitu :  Arsitektur. jaringan instalasi listrik. volume dan sepesifikasi sudah ditentukan maka perhitungan biayapun sudah bisa lebih mendekati dan terarah (tidak global)  Laporan pengembangan Rencana. Kharisma Indotarim Utama Pada tahap ini kegiatan kegiatan tenaga tenaga ahli saling melakukan koordinasi satu sama lain. harus jelas dan lengkap letak ukuran dari box Hidrant. gambar gambar persfektip dan gambar detail lengkap dengan notasi dan keterangan gambar yang jelas  Struktur. seluruh hasil dari kegiatan kegiatan kerja diatas (Pengembangan Rencana) selanjutnya akan dilaporkan oleh Team Leader Ke Pemilik Proyek untuk didiskusikan sebelum melangkah ke pekerjaan selanjutnya  Membuat rencana spesifikasi teknis (outline specification) untuk semua bidang  Membuat Perkiraan Biaya Pembangunan 4. Penyusunan Rencana Detail Jasa Konsultansi Perencanaan Renovasi Bengkel Mekanik dan Bengkel Listrik Menjadi Gedung Basic Sea Survival (BSS) BAB 4 halaman 8 . perencana dalam hal ini akan membuat spesifikasi mengenai bahan yang akan dipakai dimana sebelum menentukan jenis / spesifikasi bahan yang digunakan terlebih dahulu akan mengadakan survey pasar.  Perkiraan Anggaran Biaya Lanjutan.PT. fire protection sistem. harus dilakukan perhitungan tekanan maximal dalam pipa terhadap ketahanan Pipa  Spesifikasi awal penggunaan bahan bangunan. Rencana distribusi air bersih dan Sistem sirkulasi air .

 Laporan Perencanaan . PELELANGAN KONTRAKTOR Pada tahap ini keluaran dari pekerjaan perencanaan adalah :  Membantu Panitia dalam menyusun program pelaksanaan Pelelangan. sebuah buku yang berisi mengenai petunjuk dan aturan aturan yang harus diikuti oleh 4.6. mekanikal dan elektrikal sesuai dengan usulan yang sudah disetujui    Membuat Rencana Kerja dan Syarat’ Membuat Rincian Volume pekerjaan Membuat Laporan Akhir Perencanaan 4.7.PT. Struktur . seluruh hasil dari kegiatan kegiatan kerja diatas (Pembuatan Gambar Kerja) selanjutnya akan dilaporkan oleh Team Leader Ke PPK/Owners untuk didiskusikan. PEMBUATAN DOKUMEN UNTUK PELELANGAN Pada tahap ini kegiatan dari Pekerjaan Perencanaan adalah :  Pembuatan Gambar Kerja ini Perencana akan membuat gambar gambar kerja yang lengkap dengan detail detailnya yang akan dipakai sebagai gambar kerja pelaksanaan.  Rencana Kerja dan Syarat syarat. pada tahap ini perencana akan membantu menyiapkan Jasa Konsultansi Perencanaan Renovasi Bengkel Mekanik dan Bengkel Listrik Menjadi Gedung Basic Sea Survival (BSS) BAB 4 halaman 8 . yaitu menggambarkan / melaporkan seluruh perhitungan struktur sampai ke detail detailnya beserta kejelasan rumus dan acuan yang dipakai. Kharisma Indotarim Utama Pada tahap ini kegiatan dari Konsultan Perencana adalah  Membuat gambar Gambar Detail Arsitektur. yang berbentuk kontraktor pelaksana  Bill Of Quantity adalah daftar hasil perhitungan volume / jumlah dari item item pekerjaan yang akan dilaksanakan  Perhitungan Struktur.

pada saat pelaksanaan aanwijzing perencana harus dapat memberikan penjelasan atas pertanyaan pertanyaan yang diajukan kontraktor. TAHAP KONSTRUKSI Pada tahap ini keluaran dari pekerjaan perencanaan adalah memonitoring pelaksanaan pekerjaan yang dilakukan oleh kontraktor antara lain:  Pengawasan Berkala. tenaga ahli yang dimiliki kontraktor harga penawaran yang diajukan .   Membantu Panitia Lelang dalam mengevaluasi SPH Pemborong Dalam hal ini perencana akan membantu memberikan masukan dan saran kepada Panitia dalam hal penilaian terhadap penawaran dari Kontraktor seperti faktor pengalaman pekerjaan yang pernah dilaksanakan oleh kontraktor (baik sejenis maupun yang lainnya) dan kemampuan finansial dari kontraktor. Kharisma Indotarim Utama dukumen dokumen untuk pelaksanaan pelelangan mulai dari untuk Prakualifikasi. dukungan peralatan yang dimiliki kontraktor dan tenaga 4.  Perencana pada tahap ini akan selalu datang ke lapangan untuk mengikuti rapat dan memonitor jika ada perubahan perubahan pekerjaan untuk disesuaikan dengan perencanaan dan dilaporkan ke pemberi tugas  Perencana juga membuat laporan kunjungan berkala ini sebagai laporan Laporan Pengawasan Berkala yaitu melaporkan hasil final dari berkala  pembangunan proyek ini berikut dengan segala perubahan perubahan yang dilakukan pada masa Konstruksi. yang dimaksudkandalam hal ini adalah perencana harus tetap mengikuti dan memonitor hasil pelaksanaan kerja dari kontraktor. Pemasukan Penawaran sampai Penentuan Pemenang  Memberikan Penjelasan syarat syarat teknis pelaksanaan dalam Rapat Pemberian Penjelasan (Aanwijzing) .8. dan setiap pertanyaan pertanyaan dan penjelasan akan dicatat dan dibuatkan berita acaranya.. Jasa Konsultansi Perencanaan Renovasi Bengkel Mekanik dan Bengkel Listrik Menjadi Gedung Basic Sea Survival (BSS) BAB 4 halaman 8 .PT.

PT.9. JADUAL PELAKSNAAN PEKERJAAN Jadual pelaksanaan pekerjaan terlampir pada halaman berikut > Jasa Konsultansi Perencanaan Renovasi Bengkel Mekanik dan Bengkel Listrik Menjadi Gedung Basic Sea Survival (BSS) BAB 4 halaman 8 . Kharisma Indotarim Utama 4.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->