BAB 5 KES IMPULAN DAN S ARAN

5.1

Simpulan Setelah kami melakukan pengamatan dan survey atas perusahaan PT. Finroll M edia Online, dan kami mempoleh hasil ditemukan adanya beberapa kelemahan yang terdapat dalam sistem informasi sumber daya manusia pada PT. Finroll M edia Online. Oleh karena itu kami menyarankan perlu adanya perbaikan pada bagian yang ditemukan kelemahan, hal ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Ada beberapa kelemahan yang ditemukan adalah sebagai berikut : 1. Pada pengendalian manajemen keamanan a. Tidak adanya pemeriksaan secara berkala terhadap server. b. Perusahaan tidak melakukan back up data secara berkala. c. Setiap divisi di perusahaan belum memakai UPS untuk setiap pemakaian minimal 5 komputer. d. Perusahaan tidak memiliki alat pemadam kebakaran. e. Tidak adanya petunjuk evakuasi jika terjadi bencana alam. f. Tidak adanya tulisan larangan merokok. g. Tidak tersedianya ruangan khusus merokok. h. Karyawan tidak mempunyai kartu identitas karyawan yang disertai dengan foto. 2. Pada pengendalian operasional a. Tidak melakukan maintenance hardware dengan baik 111

Tidak terdapat nama personil yang bertanggungjawab atas dikeluarkannya laporan penerimaan karyawan. Untuk pengendalian manajemen keamanan . Tidak adanya copy laporan penerimaan karyawan yang diberikan kepada pihak yang berwenang 5. b. Tidak adanya batas waktu yang diberikan dalam pembuatan laporan penerimaan karyawan. Tidak terdapat fungsi peringatan pada sistem informasi sumber daya manusia jika data belum di back up. 5. Tidak terdapat batasan terhadap mengentry ID karyawan dan password. Pada pengendalian input a. 4.112 b. d. 3. c. b. Setiap laporan penerimaan karyawan yang dihasilkan tidak disampaikan kepada pihak yang berwenang atas laporan tersebut. Password tidak dapat diganti oleh karyawan sewaktu-waktu. b.2 S aran Berdasarkan simpulan diatas maka saran yang dapat kami berikan sebagai tindak lanjut atas pelaksanaan audit terhadap sumber daya manusia sumber daya manusia adalah sebagai berikut : 1. Pada pengendalian boundary a. Pada pengendalian output a. Tidak adanya pemisahan tugas antara pihak yang melakukan input dan output. Tidak ada pelatihan terhadap karyawan yang baru diterima.

b. . Sebaiknya perusahaan menyediakan satu ruangan khusus untuk para karyawan yang ingin merokok. h. Sebaiknya perusahaan mengadakan pelatihan terhadap karyawan yang baru diterima. b. 2. minimal 1 bulan sebanyak 1 kali pemeriksaan. e. Perusahaan sebaiknya menuliskan petunjuk evakuasi jika terjadi bencana alam f. Sebaiknya perusahaan membuat tulisan larangan merokok di dalam kantor. Sebaiknya perusahaan melakukan pemeriksaan secara berkala terhadap server yang ada. Sebaiknya perusahaan memiliki alat pemadam api ringan (APAR) yang ditempatkan di setiap sudut kantor yang strategis. Sebaiknya perusahaan membuatkan kartu identitas karyawan yang dilengkapi dengan foto. d. Back up data sebaiknya dilakukan dalam 1 minggu sekali dan data yang di back up sebaiknya tidak diletakkan dengan sumber data aslinya. g. c. Setiap komputer sebaiknya dilengkapi dengan UPS guna mengantisipasi jika terjadinya pemadaman listrik sehingga komputer juga tidak langsung mati (off).113 a. Sebaiknya para karyawan melakukan maintanance terhadap hardwarenya masing-masing yang telah diberikan oleh perusahaan. Untuk pengendalian operasional a.

Untuk pengendalian input a. batas waktu dalam pembuatan laporan .114 3. Setiap laporan penerimaan karyawan yang dihasilkan sebaiknya diberikan langsung kepada pihak yang berwenang atas laporan tersebut. Untuk pengendalian output a. Sebaiknya perusahaan membuat copy laporan penerimaan karyawan. Sebaiknya sistem informasi sumber daya manusia memiliki fungsi peringatan kepada karyawan yang melakukan back up data b. Untuk pengendalian boundary a. d. 5. 4. Sebaiknya setiap laporan penerimaan karyawan yang dikeluarkan akan lebih baik diberi nama personil yang bertanggungjawab. Sebaiknya sistem yang dibuat harus bersifat fleksibel. Sebaiknya diberikan penerimaan karyawan. Sebaiknya perusahaan melakukan pembatasan terhadap kegagalan login akses sebanyak 3 kali. b. c. Sebaiknya ada pemisahan tugas antara pihak yang melakukan input dan pihak yang melakukan output. selain adanya setting oleh sistem untuk pembaharuan dan penggantian password secara berkala yaitu setiap 1 semester. b.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful