BAB 3 S IS TEM YANG S EDANG BERJALAN

3.1 3.1.1

Gambaran Umum Perusahaan Sejarah Perusahaan PT. Finroll adalah anak perusahaan dari M illennium Danatama Group. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2005 dengan inti bisnis media online yang memuat segala informasi pasar keuangan dunia serta iklim investasi bisnis global yang diulas secara kritis dan strategis dalam www.financeroll.com . PT. Finroll adalah suatu Perseroan Terbatas yang memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) yang bernomor : 0505 / 1.824.51 yang beralamatkan di Graha M illenium lantai 2, Jalan Kwitang Raya No.1 Jakarta Pusat 10420, Indonesia dan memiliki NPWP : 02.458.710.7-023.000. Seiring dengan makin canggihnya teknologi informasi dan gaya hidup digital yang mulai menjadi tren dunia, maka kami menangkap peluang tersebut dengan berkreasi membuat portal yang memuat informasi berbagai segmen kehidupan dengan nama www.finroll.com. www.finroll.com menyajikan konsep “Indonesia's M ega Portal” untuk menjelajahi dunia layanan eksklusif yang dirancang khusus bagi semua kebutuhan public dan sekaligus menikmati berbagai kebebasan, kenyamanan dan kemudahan dalam berjelajah.

39

40 3.1.2 Visi Perusahaan Visi perusahaan adalah menjadi media online yang memuat beragam informasi yang terintegrasi dalam suatu sinergi antara pengembangan teknologi dan aplikasi fungsi e-bisnisnya. 3.1.2 Misi Perusahaan M isi perusahaan dari PT. Finroll ini antara lain: a. M enciptakan sebuah portal dengan solusi informasi lengkap dari beragam jenis layanan. b. M enjadi mediator komunikasi netral bagi publik. c. M enjadi yang terdepan di dalam peraturan website di tanah air.

3.2

S truktur Organisasi Perusahaan Struktur organisasi adalah faktor penting dalam sebuah perusahaan, dimana akan terlihat dengan jelas pembagian tugas, wewenang, dan tanggung jawab setiap bagian dalam mencapai suatu tujuan. Struktur organisasi pada PT. Finroll M edia Online adalah sebagai berikut :

FINRO LL MEDIA ONLINE Direktur Senior M anager Sales and M arketing M anager IT M anager Web and Content M anager Administration M anager Finance and Accounting Officer Education M anager Education Admin Officer Project Development Officer System M aintenance Officer Product Officer PR Officer Sales M arketing Officer Chief of Research News Redactor Officer Gambar 3. FINROLL M EDIA ONLINE SUM BER : PT.1 STRUKTUR ORGANISASI PT.FINROLL M EDIA ONLINE (2009) .41 S TRUKTUR ORGANIS AS I PT.

Berwenang untuk mengatur system keuangan dan karyawan. 2. f. M elaporkan setiap kemajuan perusahaan kepada pemilik modal per tahun. g. Direktur a. b. c.3 Uraian Tugas. i. dan menghasilkan profit yang maksimal. e. M embantu Direktur untuk perkembangan perusahaan dalam menghasilkan profit. j. Senior Manajer (Executive Officer) a. c. Berwenang untuk memecat dan menambah karyawan baru. d. . Bertanggung jawab semua atas system karyawan. M embantu Direktur untuk membuat dan mendistribusikan rencana kegiatan karyawan berdasarkan bidang tugas masing-masing. dan Wewenang 1. M embantu Direktur untuk menjalankan system keuangan perusahaan dan kekaryawanan. Bertanggung jawab atas kemajuan dan perkembangan perusahaan dalam menghasilkan profit. h. Bertanggung jawab atas kegiatan-kegiatan semua divisi perusahaan. Bertanggung jawab atas system keuangan perusahaan. Berwenang untuk meminta pertanggung jawaban dan laporan semua divisi di perusahaan. Tanggung Jawab. M embuat konsep-konsep perusahaan yang nantinya di pakai sebagai acuan pelaksanaan kerja perusahaan. Berwenang dalam semua kegiatan-kegiatan perusahaan untuk kemajuan/perkembanga.42 3. b.

n. j. Berwenang untuk mengontrol management dan mengambil keputusan strategic untuk bisnis perusahaan. Berwenang untuk memberi peringatan dan memecat karyawan yang tidak menjalankan kerja dan peraturan yang berlaku. Berwenang untuk meminta dan menerima laporan hasil kerja dari bawahan secara rutin. ke PR-an. M enetapkan perkembangan perusahaan di masa depan melalui visi dan misinya. M embuat konsep produk. M enetapkan semua personil team dan menentukan pekerjaan serta wewenangnya. k. e. m. g. M enetapkan keputusan strategi bisnis. Berwenang untuk memberikan perintah kepada bawahan atas tugas dan pekerjaan yang telah ada maupun tugas-tugas baru. penjualan dan manentukan market share . h. l. M emimpin perusahaan dan mengambil keputusan strategis sesuai dengan kewenangannya. S ales and Marketing Manager a. M erencanakan dan mengatur semua dvisi perusahaan sehingga dapat bekerja dengan maksimal.43 d. f. M eminta dan menyusun laporan kemajuan kegiatan tiap divisi dalam kemajuan perusahaan. M engembangkan ide bisnis dan konsep perusahaan. i. 3.

d. . PR Officer dan Sales M arketing Officer. k. M enetapkan strategi. bertanggung jawab dalam mengembangkan divisi sales & marketing. M enilai kinerja bawahan langsung.44 b. M enetapkan prospek/pelanggan yang akan di jadikan target pasar. M enentukan strategi penjualan dan menyusun group-group sales & marketing f. M engadakan pembinaan dan pengembangan jalur pemasaran. c. M embuat laporan rutin sebulan sekali berupa kegiatan dan hasil kerja untuk divisi sales & marketing. m. i. M enjalankan semua konsep yang telah di setujui oleh management.. h. e. M embuat dan menyusun progres kegiatan untuk divisi sales & marketing. Berwenang untuk menentukan strategi-strategi dan konsep sales & marketing. l. g. M embawahi divisi sales & marketing. Berwenang untuk memberikan pilihan-pilihan kebijakan penjualan apabila ada kendala-kendala yang di hadapi oleh sales (kebijakan trsb harus di ketahui oleh management perusahaan). standar. j. serta mendistribusikan pekerjaan ke bawahan yaitu ke Product Officer. prosedur yang terkait dengan fungsi pemasaran. Berwenang untuk mendisitribusikan dan mengelolah perkembangan divisi sales & marketing.

module dan bertanggung jawab atas content program on line dan off line. i. M embuat konsep dan prosedure-prosedure penyusunan kurikulum. Bertanggung jawab atas semua kegiatan dan pengembangan divisi edukasi. M enjaga citra perusahaan agar terbentuk "image positif di public" dari semua kegiatan-kegiatan yang di lakukan oleh divisi edukasi. M elakukan kerja sama dengan instansi terkait dalam penerbitan ijasah. M engembangkan kegiatan dan divisi edukasi. e. h. d. Education Manager a. Berwenang untuk meminta dan menerima laporan hasil kerja dari bawahan secara rutin. M embuat standarisasi dan strategi-strategi kegiatan edukasi on line dan off line. c. j.45 n. m. Berwenang untuk menentukan strategi-strategi dan konsep edukasi baik on line maupun off line. k. M embuat konsep kegiatan edukasi baik on line maupun off line. Bekerja sama dan menjalin relasi dengan kegiatan asosiasi-asosiasi pembuat pelatihan dan instansi-instansi terkait. b. l. g. 4. f. M emanage divisi edukasi demi perkembangan dan kebutuhan perusahaan. . Bertanggung jawab atas hasil kerja yang di lakukan oleh bawahan. Bertanggung jawab dalam pembuatan kegiatan pelatihan-pelatihan yang menguntungkan bagi perusahaan. M embuat laporan rutin sebulan sekali berupa kegiatan dan hasil kerja.

. Bertanggung jawab untuk mendistribusikan pekerjaan kepada bawahan sesuai dengan keahliann yang di miliki oleh bawahannya. o. d. Berwenang untuk memberikan pilihan2 kebijakan dalam melaksnakan kegiatan edukasi on line dan off line. f. Web and Content Manager a. q. s.46 n. M enjalin kerja sama dengan assosiasi dan perusahaan-perusahaan yang berhubungan dengan media dan finance. M embuat laporan rutin sebulan sekali berupa kegiatan dan hasil verja. g. M enetapkan kegiatan-kegiatan yang di lakukan oleh divisi edukasi. M enetapkan standart baku untuk kurikulum. b. Bertanggung jawab atas isi dari analisa kompre dan berita yang di buat oleh bawahannya. Bertanggung jwab untuk kemajuan dan develop untuk divisi web dan content. r. M enilai kinerja bawahan langsung. module dan content di website p. Berwenang untuk mendisitribusikan dan mengelolah perkembangan divisi edukasi. 5. e. c. Berwenang untuk meminta dan menerima laporan hasil kerja dari bawahan secara rutin. M enciptakan web dan content yang layak jual. Betanggung jawab mengenai kegiatan2 di divisi web dan content.

M enetapkan kegiatan-kegiatan yang di lakukan oleh divisi web dan content. m. j. Bertanggung jawab atas pengembangan administrasi. i. dan pekerjaan di divisi . Administration Manager a. Berwenang untuk menentukan strategi-strategi dan konsep untuk divisi web dan content. M enetapkan standart baku untuk pelaksanaan kerja bawahan dalam mengisi web dan content.47 h. c. M enilai kinerja bawahan langsung. M emonitor dan mengawasi syestem dan pekerjaan bawahan. M embuat alur dan konsep system keuangan. 6. Berwenang untuk meminta dan menerima laporan hasil kerja dari bawahan secara rutin. b. n. l. Berwenang untuk mendisitribusikan dan mengelolah perkembangan divisi web dan content. Berwenang untuk mendisitribusikan dan mengelolah perkembangan divisi web dan content. M embuat alur dan konsep system kekaryawanan. k. d. f. e. M endistribusikan pekerjaan sesuai dengan skill dan kebutuhan bawahan. o. Berwenang untuk memberikan pilihan-pilihan kebijakan dalam melaksanakan kegiatan web dan content. M embuat alur dan konsep system administrasi.

Berwenang untuk mendisitribusikan dan mengelolah perkembangan divisi adminiatrasi. 7. M embuat usulan pengembangan web dan situs. Bertanggung jawab atas distribusi pekerjaan kepada bawahan sesuai dengan keahlian masing-masing bawahan. Berwenang untuk administrasi memberikan pilihan-pilihan kebijakan system apabila ada kendala-kendala yang di hadapi dalam pelaksanaan pekerjaan (kebijakan trsb harus di ketahui oleh management perusahaan). d. M enjalankan system administrasi sesuai dengan prosedure yang telah di buat dan di setujui oleh management. M embuat konsep dan sytem pembuatan dan pengembangan dalam pembuatan modul-modul dan program. h. IT Manager a. . k. M embuat pengembangan program-program dan modul secara berkala. j. Berwenang untuk meminta dan menerima laporan hasil kerja dari bawahan secara rutin. M embuat laporan rutin hasil keguatan dan pengembangan divisi administrasi. jamsostek dll. b. m. M enjalin kerja sama kepada instasi yang terkait misalnya depnaker.48 g. Bertanggung jawab atas semua pekerjaan dari divisi IT. M enilai kinerja bawahan langsung. i. l. c. e.

g. M enetapkan kegiatan-kegiatan yang di lakukan oleh divisi IT. Product Officer a. o. j. n. i. h. M embuat laporan rutin sebulan sekali berupa kegiatan dan hasil kerja. Berwenang untuk mengevaluasi bawahan. p. k. 8. Berwenang untuk mengajukan penambahan karyawan baru untuk divisi IT. Berwenang untuk memberikan pilihan2 kebijakan dalam melaksanakan kegiatan IT. . Berwenang untuk meminta dan menerima laporan hasil kerja dari bawahan secara rutin. M embuat time line selesai pengerjaan project. Bekerjasama dan membuat network dengan instansi-instansi terkait. Customer Service. q. Berwenang untuk menentukan konsep dan system yang di pakai dalam menyelesaikan program. dan Technical Support Staff sesuai dengan konsep dari manager sales & marketing.49 f. M encari problem solving permasalahan yang di hadapi oleh divisi IT. l. m. Berwenang untuk mendisitribusikan dan mengelolah perkembangan divisi IT. M endistribusikan pekerjaan ke Product Analyst Staff. Product Research and Development Staff. Client Admin Staff. modul dan project dari perusahaan. M enetapkan standart baku untuk pelaksanaan kerja bawahan.

. M embuat konsep system keadministrasian untuk membuat data base client secara systematis untuk kebutuhan perusahaan. M engetahui kelemahan dan kelebihan produk-produk perusahaan. 9. Berwenang untuk menentukan metode analisa dan penelitian produk. i. g. dan Graphic and Animation Designer Staff sesuai dengan konsep dari manager sales & marketing. k. e. Bertanggung jawab terhadap pengembangan pelayanan mutu kepada customer/client. PR Officer a. M embuat konsep pembuatan system pelaksanaan secara teknis dalam upaya meningkatkan pelayanan. M endistribusikan pekerjaan ke customer relation staff. d. event organizer staff. l. M engontrol dan mengevaluasi kegiatan dan pekerjaan bawahan secara kontinyu. j. Berwenang untuk mendistribusikan dan menshare pekerjaan ke bawahan. f. M embuat konsep desain penelitian secara terpadu dalam rangka meningkatkan daya saing di tingkat pasar. Berwenang untuk meminta dan menerima laporan hasil kerja dari bawahan secara rutin.50 b. h. c. M embuat konsep pelayanan-pelayanan kepada customer untuk peningkatan mutu perusahaan. M elaksanakan semua konsep yang telah di buat dan di setujui oleh management.

l. g. assosiasi ke PR an serta perusahaanperusahaan lain. m. M enjaga. Bekerja sama dengan media. memelihara dan melayani pelanggan / relasi agar tercipta loyalitas kepada perusahaan. M emberikan konsep PR dan menjelaskan ke bawahan tentang targettarget. M eminta laporan dan pertanggung jawaban dari bawahan. Evaluasi hasil kerja per 3 bulan. M enjalin kerja sama dengan media-media cetak maupun online yang bekerja sama dalam bidang iklan (iklan banner dll). M engevaluasi hasil pekerjaan yang telah berjalan. M emberikan klarifikasi kepada media massa apabila muncul issue negatif. o. workshop. M enjalin. c. d. k. M emberikan informasi dan penjelasan tentang jasa maupun produk Financeroll. n. M embuat Image & awareness Perusahaan supaya lebih di kenal di public dan menjaga citra perusahaan agar terbentuk “image positif di public”. kunjungan ke media. M emutuskan pemunculan artikel di sebuah media cetak. i. seminar.com ke media. dan mempertahankan hubungan baik dengan birokrat. pejabat pemerintahan. menjaga. e. pengusaha dan relasi bisnis lainnya. public dan asossiasi ke PR-an. M engkoorganisir konferensi pers. Bertanggung Jawab Atas Pengembangan dan Kegiatan di Divisi PR.51 b. f. j. M emberikan tugas dan menshare ke bawahan. . h.

l. Berwenang untuk meminta dan menerima laporan hasil kerja dari bawahan secara rutin. M elakukan evaluasi program marketing setiap bulan sekali. j. M embuat strategi dan tata cara penanganan customer untuk CRS. g. f. M enjalin hubungan kerja sama dengan M edia dan berbagai macam Public serta bekerja sama dengan assosiasi-assosiasi ke PR-an. M engambil kebijakan marketing yang di koordinasikan oleh sales & marketing manager apabila di dalam kegiatan sales di lapangan mengalami kesulitan/kendala. b. M eningkatkan penjualan produk penjualan. M engusulkan program sales dan promosi produk-produk perusahaan. M engusulkan dan menyiapkan semua sarana dan prasarana yang berkaitan dengan kegiatan marketing yang akan di lakukan. M enjalankan strategi marketing dan kegiatan sales di lapangan. Education Admin Officer . M endistribusikan pekerjaan ke Customer Relation Staff dan Sales M arketing Staff sesuai dengan konsep dari manager sales & marketing. k. c. d.52 p. h. M engembangkan strategi pemasaran agar penjualan dapat mencapai target yang telah di tentukan. M engadakan pembinaan dan pengembangan jalur pemasaran. S ales Marketing Officer a. M elakukan penjualan produk sesuai dengan target yang telah di tentukan oleh perusahaan. i. 10. e. 11.

Berwenang untuk menentukan system administasi dan registasi. e.kegiatan edukasi baik on line maupun off line. memelihara dan melayani customer agar tercipta kepercayaan kepada masyarakat. 12. d. k. M embuat standarisasi prosedure pelaksanaan pelayanan terhadap customer (yang mengikuti pelatihan). j. M enjaga citra perusahaan agar terbentuk "image positif di public" dari setiap kegiatan di divisi edukasi. M embuat mekanisme dan system administrasi kegiatan pelatihan yang di lakukan oleh divisi edukasi. c. M embuat konsep system registrasi untuk kegiatan . i. f. M enjaga. Chief of Research . Berwenang untuk meminta dan menerima laporan hasil kerja dari bawahan secara rutin. g. Berwenang untuk mendistribusikan dan menshare pekerjaan ke bawahan. M embuat mekanisme dan prosedure administrasi dalam kegiatan edukasi misalnya pelaksanaan pelatihan. M emberikan informasi yang jelas tentang agenda kursus/pelatihan kepada customer. M embuat konsep pembuatan material untuk penyusunan dan pembuatan materi pelatihan.53 a. l. h. b. M embuat laporan rutin sebulan sekali berupa kegiatan dan hasil kerja.

13. f. Bertanggung jawab atas semua kegiatan yang di lakukan di divisi research. e. Bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang mempnyai core busines yang sama sehingga mempunyai network yang bagus dan menguntungkan bagi perusahaan. c. b. Berwenang untuk mencari solusi yang terbaik apabila ada problem di divisinya. Berkoordinasi dengan divisi-divisi lain untuk menambah pengetahuan atau mencari solusi-solusi yang di perlukan di divisi research. b. Bertanggung jawab untuk memastikan ke akuratan semua yang di kerjakan oleh divisi redaktur dalam pengambilan topik dan artikel yang di angkat. Berwenang untuk mengevaluasi kinerja bawahan. M engembangkan divisi redaktur sehingga dalam melakukan pekerjaan sesuai dengan isu-isu yang beredar saat ini. Bertanggung jawab atas semua kegiatan yang di lakukan di divisi redaktur. . g. M embuat laporan rutin sebulan sekali berupa kegiatan dan hasil kerja. c. New Redactor Officer a. d. Berwenang untuk meminta dan menerima laporan hasil kerja dari bawahan secara rutin. M engembangkan divisi research sehingga dalam melakukan pekerjaan bisa up date dan sesuai dengan isu-isu yang beredar saat ini.54 a. h.

M emeriksa. M embuat standart penulisan untuk editorial. M embuat laporan rutin sebulan sekali berupa kegiatan dan hasil kerja. h. i. Berkoordinasi dengan divisi-divisi lain untuk menambah pengetahuan atau mencari solusi-solusi yang di perlukan di divisi research. k. e. M enerima laporan hasil kerja dari bawahan dan memeriksa laporan setiap 1 bulan sekali.55 d. M endistribusi pekerjaan kepada bawahan sesuai dengan keahlian dan kebutuhan. d. g. M embuat konsep dan system penulisan bagi editorial. Bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang mempunyai core busines yang sama sehingga mempunyai network yang bagus dan menguntungkan bagi perusahaan. . 14. Finance and Accounting Officer a. memonitor dan mengevaluasi pekerjaan bawahan. Berwenang untuk meminta dan menerima laporan hasil kerja dari bawahan secara rutin. b. c. f. Accounting dan client accounting staff. M embuat prosedure dan alur-alur kerja untuk finance. M embuat dan mengajukan konsep system keuangan. Berwenang untuk mencari solusi yang terbaik apabila ada problem di divisinya. Berwenang untuk mengevaluasi kinerja bawahan. e. j.

i. i. Berwenang untuk memeriksa hasil kerja dari bawahan. Breefing secara berkala untuk refresh pekerjaan dan melihat perkembangan hasil kerja. c. Singkronisasi modul-modul yang telah di buat oleh tim IT untuk di pakai dalam website. M embangun kerja sama team dalam development website. g. M embuat laporan rutin hasil kegiatan dan pengembangan divisi administrasi terutama untuk system keuangan. M engajukan ide-ide dan saran kepada atasan dalam perkembangan pembuatan modul dan program. j. keluhan dan saran. M engevaluasi hasil kerja bawahan kemudian di buat kesimpulan. Project Development Officer a. 15. Bewenang untuk mengajukan konsep system keuangan ke atasan secara langsung. Berwenang untuk mendisitribusikan dan mengelolah perkembangan divisi IT. b. d. f.56 f. h. program kepada IT M anager. M engajukan konsep dan system modul. h. g. M emonitor dan mengawasi kerja bawahan dalam pengerjaan project. M emimpin development secara keseluruhan dari sisi teknis. Berwenang untuk meminta dan menerima laporan hasil kerja dari bawahan secara rutin. e. M embuat laporan rutin sebulan sekali berupa kegiatan dan hasil kerja. .

Berwenang untuk memberikan pilihan-pilihan kebijakan dalam melaksanakan kegiatan IT. m. S ystem Maintenance Officer a. Breefing secara berkala untuk refresh pekerjaan dan melihat perkembangan hasil kerja. Berwenang untuk mengevaluasi bawahan. Berwenang untuk memberikan pilihan-pilihan kebijakan dalam melaksanakan kegiatan IT. M engajukan ide-ide dan saran kepada atasan dalam perkembangan pelaksanaan maintenance. c. 16. . Berwenang untuk meminta dan menerima laporan hasil kerja dari bawahan secara rutin. g. M aintenance dan menjaga kestabilan web yang sudah on line. l. f. i. M engajukan konsep dan system maintenance. e.57 k. Berwenang untuk mengevaluasi bawahan. keluhan dan saran. M emimpin development secara keseluruhan dari sisi maintenance. M emonitor dan mengawasi kerja bawahan dalam pengerjaan project. d. k. Berwenang untuk meminta dan menerima laporan hasil kerja dari bawahan secara rutin. h. M embuat laporan rutin sebulan sekali berupa kegiatan dan hasil kerja. b. j. M engevaluasi hasil kerja bawahan kemudian di buat kesimpulan.

58 l. Finroll Media Online Dalam sistem informasi PT. Central Processing Unit Centrino 2. software dan brainware. Hardware terdiri dari masukan input berupa Optical M ouse. DVD ROM Sony.4 Sistem Informasi Komputerisasi PT. Berwenang untuk mendisitribusikan dan mengelolah perkembangan divisi IT. Selain itu untuk menunjang dan mengembangkan sistem informasi PT. Adapun aplikasi sistem komputer PT. Keyboard Logitech. M icrosoft office 2007 dan applikasi EZ-TnA . Software yang digunakan berupa Windows XP. software dan brainware yang memadai untuk memudahkan karyawan dalam melaksanakan tugas pada sistem yang menghasilkan input dan output. Finroll M edia Online diperlukan dukungan hardware. Hard Disk 80 Gb.40 GHz. 3. sistem informasi yang berbasiskan komputerisasi sistem seperti perkembangan teknologi pada bidang informasi seperti hardware. Finroll M edia Online. Finroll M edia Online yang digunakan adalah sebagai berikut : 1. M odem D-Link. Hub D-Link 4 Port. USB Port. M otherBoard Asus. Tempat Penyimpanan (secondary M emory) 1 Gb DDR. Printer Canon iP1300 2. dan keluaran M onitor CRT SVGA 17”.

Brainware. HR menyimpan Form Permintaan Karyawan Baru tersebut sebagai arsip manual 3.5 Sistem yang Berjalan Proses bisnis untuk penerimaan karyawan baru adalah sebagai berikut: 1. yang menjadi brainware dalam PT. d. Kepala Divisi mengisi Form Permintaan Karyawan Baru (FPKB) dengan melampirkan soal test beserta jawaban soal. HR mengajukan SPPLK di media cetak atau elektronik kepada Direktur . b. Finroll M edia Online adalah : IT division. M engotorisasi FPKB a. M engisi Form Permintaan Karyawan Baru a. 3. Direktur menerima FPKB dari divisi HR Direktur mengotorisasi FPKB lalu memberikannya kembali kepada divisi HR c. HR melihat ke database karyawan yang ada di komputer. M engajukan Surat Pengajuan Penempatan Lowongan Kerja (SPPLK) a. dan Sales and M arketing division. job desk dan job spesifikasi ke divisi HR b. HR menyetujui permintaan karyawan tersebut HR memberikan FPKB tersebut kepada Direktur untuk diotorisasi 2.59 3. Web & Content Division. apakah kepala divisi tersebut berhak untuk meminta karyawan baru atau tidak c. Education division. Administration division.

HR memberikan test tertulis kepada calon karyawan baru yang terpilih . b. M enerima Surat Lamaran a. HR menyerahkan surat lamaran yang masuk kepada Kepala Divisi untuk diseleksi c. HR menerima SPPLK yang telah diotorisasi oleh Direktur HR menyerahkan SPPLK yang telah diotorisasi oleh Direktur dan datadata yang dibutuhkan sebagai syarat-syarat bagi orang yang ingin melamar dengan melihat database karyawan yang membutuhkan karyawan baru kepada media cetak atau elektronik 4. c. M enyeleksi Calon Karyawan Baru a. d. Calon Karyawan Baru menyerahkan surat lamaran ke divisi HR HR menerima surat lamaran dari calon karyawan baru HR menyimpan surat lamaran yang masuk ke dalam arsip dan memasukkan data-data calon karyawan baru tersebut ke database M aster Identitas Calon Tenaga Kerja 5. HR mengambil surat lamaran yang masuk dari arsip dan melihat database M aster Identitas Calon Tenaga Kerja b.60 b. HR memanggil calon karyawan baru yang lulus seleksi persyaratan melalui telepon e. Direktur mengotorisasi SPPLK lalu menyerahkannya kembali kepada divisi HR c. Kepala Divisi menyeleksi surat lamaran yang masuk dan memilih calon karywan baru sesuai dengan persyaratan yang diinginkan d.

HR membuat kontrak kerja untuk karyawan baru yang terpilih Karyawan baru yang terpilih menandatangani kontrak kerja yang telah disetujui c. b. e. g. HR memasukkan data hasil wawancara ke database M aster Hasil Wawancara h. HR mengupdate data yang ada di M s. wawancara dan test tulis dengan telepon 6. Direktur mengotorisasi SRKB dan menyerahkannya kembali kepada divisi HR 7.61 f. M engotorisasi Surat Rekomendasi Karyawan Baru a. Kepala Divisi yang memerlukan karyawan baru mengadakan wawancara kepada calon karyawan baru. HR membuat Surat Rekomendasi Karyawan Baru dengan melihat datadata dari M aster Identitas Calon Tenaga Kerja kepada Direktur dan memasukkan data-data karyawan baru tersebut ke M aster Karyawan perusahaan c. d. Karyawan HR memperkenalkan karyawan baru kepada divisi lain HR mendaftarkan karyawan baru ke finger print . HR dan calon karyawan baru yang lulus seleksi melakukan negosiasi gaji b. M embuat Kontrak Kerja a. HR memasukkan data hasil test tulis ke database M aster Hasil Test Tulis HR memanggil calon karyawan baru yang lulus seleksi persyaratan. i.

M enilai Karyawan Baru a. d.62 8. HR menyerahkan Surat Pemutusan Hubungan Kerja atau Surat Perpanjangan Kontrak Kerja yang telah diotorisasi kepada karyawan baru. Pemutusan/Pengangkatan Karyawan a. Direktur membuat Surat Pemutusan Hubungan Kerja jika merasa kinerja karyawan baru kurang dan membuat Surat Perpanjangan Kontrak Kerja jika merasa kinerja dari karyawan baru yang ada baik b. Kepala divisi melakukan evaluasi kerja terhadap karyawan baru Kepala divisi membuat form penilaian karyawan terhadap kinerja dari karyawan baru yang ada c. c. Kepala Divisi menyerahkan FPK tersebut kepada Direktur Direktur mngotorisasi Form Penilaian Karyawan dan menyerahkan from tersebut kembali ke bagian HR untuk diarsip e. HR mengupdate data di M s. Karyawan . b. HR menyerahkan Form Penilaian Karyawan yang telah diotorisasi kepada karyawan baru yang dinilai untuk memberitahu hasil penilaian karyawan tersebut 9.

Finroll Media Online Keterangan : FPKB =Form Permintaan Karyawan Baru SPPLK = Surat Pengajuan Penempatan Lowongan Kerja SRKB = Surat Rekomendasi Karyawan Baru FPK = Form Penilaian Karyawan SPHK = Surat Pemutusan Hubungan Kerja SPKK = Surat Perpanjangan Kontrak Kerja .1 Diagram Konteks Kepala Divisi Surat FPK Signed Lamaran FPKB terpilih FPK Surat Wawancara Lamaran Form PKB SPPLK SPPLK Approved Kontrak kerja Dire ktu r FPKB Approved SPKK SPHK FPK signed SRKB Approved FPk SRKB Evaluasi Sistem Informasi Sumber Daya Manusia PT.2 Diagram Konteks Sistem Informasi Sumber Daya Manusia PT.5. Finroll Media Online Tes tulis wawanc ara Surat lamran Kontrak kerja signed FPK s igned SPHk Calon Karyawa n Ba ru Me dia Cetak SPPLK approved SPKk Karyawan ba ru Gambar 3.63 3.

0 Mengotorisasi Surat Rekomendasi Karyawan Baru SRKB Ap prove d 7.0 Penilaian Karyawan Baru Arsip Manual FPK signed FPk Si gned SPKK SPHK Karyawan baru SPKk 9.64 3.0 Menyeleksi Calon Karyawan Baru Ms_Hasil Wawancara Ms_Hasil Tes Tulis direktur FPK FPK Signed Kontra k kerja Signed Kontrak Kerja FPk SRKB 6.0 Pemutusan/ pengangkatan karyawan SPHk Gambar 3. Finroll Media Online .2 Diagram Nol 1.5.0 Mengisi Form Permintaan Karyawan Baru Kepala Divisi FPKB Arsip manual Direktur Form PKB FPKB Ap proved 2.0 Membuat kontrak kerja 8.0 Mengajukan SPPLK 4.3 Diagram Nol Sistem Informasi Sumber Daya Manusia PT.0 Menerima Surat Lamaran Kerja Ms_Karyawan SPPLK App roved SPPLK SPPLK approved Media C etak Surat Lamaran Calon Karyawan Baru Surat lamaran Wawan ca ra Surat L amaran terpi lih Ms_Identitas Calon Tenaga Kerja wawan ca ra tes tul is 5.0 Mengotorisasi FPKB 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful