A.Pengertian Hubungan Internasional. 1.Pengertian Hubungan Internasional secara umum.

Hubungan antarbangsa mutlak dilakukan oleh negara manapun di dunia karena pada zaman modern ini,mustahil suatu bangsa mampu mencukupi semua kebutuhannya tanpa bantuan negara lain. Terlebih dengan lahirnya era globalisasi,batas-batas wilayah negara hanya bermakna politis belaka.untuk itu,perlu dirumuskan definisi hubungan internasional,sehingga hubungan internasional bisa berjalan secara tertib sesuai dengan yang diharapkan, yaitu memberikan manfaat kepada pihak-pihak yang menjalin hubungan. 2.Pengertian menurut para ahli. *Charles A. MC. Clelland Hubungan internasional adalah studi tentang keadaan-keadaan relevan yang mengelilingi interksi. *Warsito Sunaryo Hubungan internasional merupakan studi tentang interaksi antara jenis kesatuan-kesatuan social tertentu (Negara,bangsa maupun organisasi negara sepanjang hubungan bersifat internasional), termasuk studi tentang keadaan relevan yang mengelilingi interaksi. *Tygve Nathlessen Hubungan internasional adalah bagian dari ilmu politik dan karena itu komponen-komponen hubungan internasional meliputi politik internasional, organisasi dan administrasi internasional dan hukum internasional. *Rencana Strategi Pelaksanaan Politik Luar Negeri (Restra) Hubungan internasional adalah hubungan antar bangsa dalam segala aspek yang dilakukan oleh suatu negara untuk mencapai kepentingan nasional negara tersebut. *Drs.Suwardi Wiraatmadja, M.A Hubungan internasional lebih luas dari politik internasional.Politik internasional membahas keadaan atau soal-soal politik di masyarakat internasional dalam arti sempit, sedangkan hubungan internasional mencakup segala macam hubungan antarbangsa dan kelompokkelompok bangsa dalam masyarakat internasional.

merupakan salah satu hubungan kerjasama yang yang mutlak diperlukan.Studi tentang peristiwa internasional (the study of foreign affair). Hubungan antarkelompok dilakukan oleh kelompok dari suatu negara ke negara lain.Hubungan antarnegara. *Faktor internal Kekhawatiran terancam kelangsungan hidupnya. c. Misalnya.karena tidak ada satu negarapun di dunia yang tidak bergantung kepada negara lain.Hubungan individu Hubungan individu bersifat pribadi. d. b.sekelompok pencari kerja seperti adanya TKI atau TKW.Hukum Internasional (international law).masalah sosial para Lembaga Sosial Masyarakat(LSM). Hubungan antar negara.Hubungan ini bersifat lebih . *Faktor eksternal a.karena adanya kepentingan individu.Politik internasional (international politics). c. b. a.Untuk membangun komunikasi lintas bangsa dan negara.Arti Penting Hubungan Internasional. a. C. c.Mewujudkan tatanan dunia baru yang damai dan sejahtera.B.para mahasiswa yang ingin belajar di luar negeri atau kunjungan wisatawan dari suatu negara ke negara lain atau para pedagang yang ingin mengadakan transaksi atau hubungan dagang dengan negara lain.Komponen-komponen yang Harus Ada dalam Hubungan Internasional. b.Sebagai contoh.Adapun bentuk-bentuk hubungan internasional dapat berwujud hal-hal berikut. D.Organisasi administrasi internasional (international organization of administration).Suatu negara tidak dapat berdiri sendiri. Hubungan antarnegara terjadi antara negara satu dengan negara lain.Hubungan antarkelompok.

titik berat dalam hubungan internasional. SDA -Letak Geografis F.mengadakan kerja sama dalam rangka saling membantu.Perlunya Kerja Sama Internasional Ada beberapa faktor yang ikut menetukan dalam proses hubungan internasional.sifat dari hubungannya menyangkut bidang pertahanan dan keamanan. Kapital.antara lain sebagai berikut: a. d. E.Maksud dan Tujuan Hubungan Internasional. b.antara . Pentingnya Hubungan Internasional Faktor-faktor yang mendorong timbulnya hubungan internasional.dan letak geografis negaranya.antara lain kekuatan nasional.Hubungan antarnegara melibatkan kepentingan nasional atas kepentingan negara yang bersangkutan dan politik luar negeri yang dianut oleh negara itu.Secara umum. c. politik. Teknologi. hukum.Faktor internal Adanya kekhawatiran terancam kelangsungan hidupnya.luas daripada hubungan kelompok. misalnya membentuk fakta pertahanan.Faktor eksternal ketentuan hukum alam yang tidak dapat dimungkiri bahwa suatu negara tidak dapat berdiri sendiri tanpa bantuan dari negara lain.baik secara bilateral maupun multilateral. b.menjelaskan perdamaian dan perundingan pakta nonagresi.jumlah penduduk.mengadakan hubungan dagang atau ekonomi sesuai dengan kepentingan masing-masing.sosial budaya.baik melalui kudeta maupun intervensi dari negara lain.hubungan internasional dimaksudkan untuk a. atau pertahanan kemanan. lebih-lebih hubungan individu.sumber daya alam.Ketergantungan antara negara satu terhadap negara lain bisa menyangkut bidang ekonomi. Faktor-faktor penentu hubungan internasional -Kekuatan Nasioanl -Jumlah Penduduk -Sumber daya.meliputi: SDM. Menurut Kartasasmita.mempererat hubungan antarnegara yang satu dengan negara lain.Biasanya.

sosial dan budaya.Faktor eksternal Faktor eksternal yaitu kekuatan hukum alam yang tidak dapat dipungkiri bahwa suatu negara tidak dapat berdiri sendiri tanpa bantuan dan kerja sama dengan negara lain.Perlunya kerja sama internasional dalam bentuk hubungan internasional karena ada faktor-faktor sebagai berikut.antara lain sebagai berikut 1.ras.politik. Secara hukum alam. 4.Salah satu contoh yang mengagambarkan prinsip asas kekeluargaan bangsa Indonesia adalah “asas kepemimpinan Pancasila” yang meliputi ing ngarso sungtolodo. ekonomi.ing madya mangunkarsa.Ciri-ciri yang berhubungan dengan asas kekeluargaan.agama dan golongan. 4. 2.lain dalam bidang pertahanan dan keamanan. 2.Individu dengan individu tanpa membedakan suku.baik melaui kudeta maupun intervensi dari negara lain.Bangasa Indonesia dengan bangsa lain di dunia saling menghormati kedaulatan masingmasing. 2.Kerelaan atau kejujuran serta keikhlasan menjadi landasan dalam bekerja sama.manusia bersifat interdefedensi.kesejahteraan dan kebahagiaan bersama yang menjadi titik tumpu.baik secara de facto maupun de jure telah diakui oleh negara lain. 3.serta pertahanan dan keamanan.Ketergantungan tersebut terutama dalam upaya memecahkan masalah-masalah ekonomi. 1.antara lain sebagai berikut: 1. 3. sosial dan budaya.yakni suatu sifat saling menggantungkan manusia yang satu dengan yang lainnya (makhluk individu dan makhluk sosial).timbulnya kerja sama yang akrab. serta ideologi.Antarlembaga negara sesuai dengan tugasnya masing-masing. Hubungan dalam rangka menjalin kerja sama oleh manusia.Suatu negara dapat melakukan hubungan internasional manakala kemerdekaan dan kedaulatannya.hukum.Faktor Internal Faktor internal yaitu adanya kekhawatiran terancam kelangsungan hidupnya.Antarsesama warga negara dan pemerintah beserta aparatnya dengan menghormati hak dan kewajibannya. Kerja sama adalah kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh beberapa pihak secara bersama-sama dengan penuh tanggung jawab untuk mencapai hasil yang lebih baik daripada dikerjakan secara .berdasarkan kasih saying dan pengorbanan.tut wuri handayani.

Menurut asas ini.seperti tercantum dalam Pembukaan UUD 1945. Asas kepentingan umum Asas ini didasarkan pada wewenang negara untuk melindungi dan mengatur kepentingan dalam kehidupan bermasyarakat.Untuk itu.Pengaruh bangsa lain tidak dapat dihindarkan.perdamaian abadi dan keadilan sosial. bangsa Indonesia berusaha dengan sebaik-baiknya membina kerja sama berdasarkan persaudaraan dengan semua bangsa.hampir semua negara berkembang maupun negara maju telah mengadakan hubungan kerja sama dengan negara lain. 8. Dalam rangka ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan. 5. baik tindakan yang bersifat positif maupun negatif.Rebug sig stantibus Asas yang dapat digunakan terhadap perubahan yang mendasar/fundamental dalam keadaan yang berhubungan dengan perjanjian internasional. 2.sudah selayaknya bangsa Indonesia menjalin kehidupan yang selaras dengan semua bangsa-bangsa di dunia. 7.Pacta Sunt Servanda Setiap perjanjian telah dibuat harus ditaati oleh pihak-pihak yang mengadakannya. setiap warga negara di mana pun ia berada. 4. Menurut asas ini.Courtesy Saling menghormati dan saling menjaga kehormatan negara.Asas-asas Hubungan Internasional 1. 6.Receprositas Tindakan suatu negara terhadap negara lain dapat dibalas setimpal. negara melaksanakan hukum bagi semua orang dan semua barang yang ada di wilayahnya. Semakin majunya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang cepat. .Egality Rights Adanya kesetaraan artinya para pihak yang mengadakan perjanjian berkedudukan sama. Asas kebangsaan Asas ini didasarkan pada kekuasaan negara untuk warga negaranya. Asas teritorial Asas ini didasarkan pada kekuasaan negara atas daerahnya. G. 3.Asas ini mempunyai kekuatan exteritorial.Invidual. tetap mendapat perlakuan hukum dari negaranya.

Bagi bangsa Indonesia hubungan kerjasama antar negara merupakan jalinan antar negara yang mengacu pada beberapa landasan hukum: *Pembukaan UUD 1945 alenia I dan IV *Pasal 11 UUD 1945 Ayat (1)Presiden dengan persetujuan DPR menyatakan perang. *Pasal 13 UUD 1945 Ayat (1)Presiden mengangkat duta dan Konsul. Ayat (2)Dalam hal mengangkat duta.A NEGARA MAJU B NEGARA BERKEMBANG C NEGARA TERBELAKANG H. -Perutusan tetap RI . *Pasal 1 Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) *Perjanjian Internasional (traktat) *Deklarasi Juanda 13 Desember 1957 yang diakui PBB pada tanggal 10 Desember 1982 dan disahkan oleh pemerintah Indonesia dengan Undang-Undang No. Ayat (2)Presiden dalam membuat perjanjian internasional yang menimbulkan akibat luas dan mendasar harus dengan persetujuan DPR.Sarana-sarana Hubungan Internasional Indonesia -Departemen Luar Negeri. Ayat (3)Presiden menerima penempatan duta negara lain dengan pertimbangan DPR.17 tahun 1985 tentang hukum laut.Presiden memperhatikan pertimbangan DPR.membuat peradamaian dan perjanjian dengan negara lain. I.

Multilateral .ada 3: a.-Perwakilan Diplomatik -Perwakilan konsuler -Misi Khusus -Perjanjian Internasional -Organisasi Internasional.Bilateral b.Regional c.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful