Transmisi Radiasi Melalui Kover dan Penyerapan Oleh Kolektor

Oleh : Eki Kurniawan (08 1 091 2085) JURUSAN TEKNIK MESIN Universitas Andalas

dan Energi surya salah satu sumber energi yang dikembangkan saat ini. refleksi. Adanya perbedaan antara transmisi. 2. dan absorpsi pada bagian-bagian kolektor surya yang harus dipahami dalam merancang performa dari kolektor surya.Latar Belakang 1. . Kebutuhan Energi yang meningkat sementara sumber energi konvensional menipis.

dan Absorpsi dari radiasi matahari yang dapat dimanfaatkan.Tujuan • Mengetahui tentang Transmisi. • Mengetahui properti yang sering digunakan dalam kolektor surya . Refleksi. • Mengetahui pertimbangan serta asumsi-asumsi yang digunakan dalam mempelajari gelombang cahaya.

Hasil penyerapan dan pancara 7. Sifat optik dari sistem kover 5. Penyerapan radiasi 4. Radiasi matahari rata-rata yang diserap dalam 1 Bulan . Refleksi dari radiasi 2. Transmisi Radiasi 3. Pancaran untuk pembiasan radiasi 6.Batasan Masalah Pada Presentasi ini akan menjelaskan tentang: 1.

.

.

Willebrod Snellius (1591 – 1626) dalam penelitiannya ia berhasil menemukan hukum pemantulan cahaya yang berbunyi : •Sinar datang. setelah menumbuk antarmu ka dua medium.1) Note : . •Sudut sinar datang sama dengan sudut sinar pantul ( i = r ) (5.n2 = Medium lain .n1 = Udara .Refleksi dari Radiasi Refleksi : perubahan arah rambat cahaya ke arah sisi (medium) asalnya. sinar pantul dan garis normal terletak pada satu bidang datar.

Refleksi tegak lurus bidang (┴) (5.Refleksi paralel (‖) (5.Refleksi radiasi rata-rata (5.4) .3) .Refleksi dari Radiasi .2) .

Transmisi Radiasi Transmisi : proses diteruskannya sebahagian cahaya datang melewati permukaan suatu lapisan.6) . Nilai dari transmisi dari radiasi tersebut adalah (5.5) Nilai dari transmisi rata-rata dari radiasi tersebut adalah (5.

.Penyerapan Radiasi Absorpsi atau Penyerapan adalah proses penyerapan suatu zat oleh zat lain melewati interface.

7) K.9) . Oleh Bouger’s Law (5.Penyerapan Radiasi -Intensitas Radiasi.8) -Jumlah transmitansi rata-rata (5. merupakan konstanta proporsionaliti media n2 -Jumlah transmitansi aktual Solar spektrum diasumsikan dari 0 – L/Cos Ө2 (5.

10) paralel paralel paralel paralel paralel paralel paralel (5.Properti Optik dari Sistem Kover Tinjauan properti optik ini terdiri dari Transmitansi. Reflektansi. paralel paralel paralel Transmitansi Reflektansi Absorptansi (5.12) . dan 3 properti tersebut di tinjau pada komponen paralelnya.11) paralel (5. dan Absorptansi.

Pancaran untuk Pembiasan Radiasi pembiasan radiasi dapat dianggap sebagai memiliki sudut sama sebagai berkas radiasi. Garis putus-putus yang ditunjukkan pada Gambar diberikan untuk permukaan tanah Dan untuk pembiasan radiasi adalah . Pembiasan radiasi dari cakrawala biasanya Kontribusi kecil untuk total dansebagai perkiraan dapat diambil sebagai memiliki sudut yang sama luasnya sebagai radiasi isotropik.

Refleksi dari pelat absorber diasumsikan difus (dan tak terpolarisasi) sehingga fraksi(1 – α)τ yang menyerang sistem cover radiasi difus dan (1 . τα diserap oleh plat penyerap dan (1 .Hasil Pancaran dan Pembiasan Dari energi insiden.α)τρd tercermin kembali ke plat absorber Radiasi matahari τg2ρab ρg τgρab2ρg Sistem cover τgρabρg τg τgρab Pelat absorber τgρab2ρg αg τgρab2ρg2 αab τg .α)τ tercermin kembali ke sistem tertutup.

Persamaan yang digunakan untuk menentukan Transmittance– absorbtance Product (τα) adalah ( )   [(1   ) d ]n  n 0   1  (1   )  d Dimana ρd adalah konstanta refleksi sistem cover. . sebagian lagi direfleksikan kembali ke sistem cover.Hasil Pancaran dan Pembiasan Kasus Getaran Pada Water Injection Pump Radiasi yang melewati sistem cover mengenai suatu pelat absorber.

dan masingmasing harus diperlakukan secara terpisah. dan tanah.cos β)/2 masing-masing merupakan faktor pandangan darikolektor ke langit dan dari kolektor ke tanah. Dan untuk menentukan radiasi yang diserap (S) dapat digunakan persamaan berikut dimana (1 + cos β)/2 dan (1 . radiasidifusi. dan g merupakan pancaranradiasi.d . .Menggunakan konsep difus isotropik per jam. Subscrip b.Radiasi matahari rata-rata yang diserap dalam 1 Bulan Radiasi langsung memiliki tiga distribusi spasial yang berbeda: radiasi pancaran. difusi. dan radiasi pantulan tanah.

TERIMA KASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful