SISTEM INFORMASI BANK SYARIAH

 .  Kumpulan antara sub-sub sistem yang saling berhubungan membentuk suatu komponen yang mencakup input-proses-output yang berhubungan dengan pengolahan informasi sehingga lebih berguna bagi user.SISTEM INFORMASI Suatu sistem dalam suatu organisasi yang mengolah data menjadi bentuk yang lebih berguna untuk mencapai suatu tujuan.

SISTEM INFORMASI PERBANKAN SYARIAH Suatu Sistem dalam organisasi perbankan syariah yang mengolah data perbankan yang dikembangkan berdasarkan syariah Islam menjadi bentuk yang lebih berguna untuk mencapai suatu tujuan.  .  Biasanya menggunakan aplikasi khusus yang dapat mempermudah semua proses transaksi yang ada di perbankan syariah.

Correctness : Sejauh mana suatu aplikasi memenuhi spesifikasi dan objektives dari user. Efficiency: Seberapa besar kapasitas parameter yang mendukung modul-modul yang saling berkaitan untuk memudahkan user membuat turunan produk. 3. .SIFAT OPERATIONAL APLIKASI (PRODUCT OPERATION) MENURUT MC CALL: 1. Interfacing antar modul serta interfacing thd aplikasi lain yg mungkin dihubungkan untuk mendukung suatu transaksi. Reliability : Kemampuan suatu aplikasi melaksanakan fungsinya dengan ketelitian yang akurat. 2.

Usability : Sejauh mana kemudahan user mempelajari. seberpa tinggi akurasi dan tingkat security yang dimiliki. .Integrity : Sejauh mana akses ke aplikasi dan data oleh pihak yang tidak berhak dapat dikendalikan. 5. menggunakan dan mengerti output yang dihasilkan.4.

dll.  Testability: Usaha yg diperlukan unt menguji atau memastikan suatu aplikasi telah sesuai dgn kebutuhan bisnis (business requirement). terutama terhadap aplikasi yang berhubungan dengan hal-hal operational.  .KEMAMPUAN APLIKASI DALAM MENJALANI PERUBAHAN (PRODUCT REVISION): Maintainability : Usha untuk menemukan perbaikan dari kesalahan (error) maupun usaha untuk melakukan perubahan.  Flexibility : Usaha yang diperlukan untuk melakukan modifikasi. sesuai dgn regulasi yg ada.

DAYA ADAPTASI SOFWARE TERHADAP LINGKUNGAN BARU Sofware pendukung. delivery channel maupun hardware harus terus dikembangkan untuk mengembangkan aplikasinya sehingga dapat beradaptasi terhadap lingkungan baru.  Mengantisipasi kesanggupan aplikasi menghadapi sistem Cyber Banking (Bank Maya) yaitu kesanggupan melakukan hubungan dengan aplikasi lain dalam platform yang berbeda (inter operability) baik secara langsung maupun dengan perantara perangkat lain (middleware).  .

Menciptakan keseragaman (standarisasi) dlm pelaksanaan tugas pengawasan &pemeriksaan bank. Meningkatkan efektifitas dan efisiensi sistem pengawasan dan pemeriksaan bank 2.  Tujuannya: : 1. pemeriksaan dan pengaturan perbankan BI.SIM – SPBI (SISTEM INFORMASI MANAJEMENSEKTOR PERBANKAN BANK INDONESIA): Merupakan sistem informasi terpadu untuk mendukung tugas pengawasan.  .

3. 5. . Memudahkan Audit Trail oleh pihak yang berkepentingan. Mengoptimalkan Pengawas dan Pemeriksa Bank dalam menganalisa kondisi bank shg dapat meningkatkan mutu pengawasan dan pemeriksaan bank. Meningkatkan keamanan dan integritas data serta informasi. 4.

. pemeriksaan dan penelitian bank umum secara cepat.SIM-SPBI TERDIRI DARI 3 SUBSISTEM: 1. modul yg tersedia antara lain. modul data pokok bank. SIMWAS (Sistem Infoemasi Manajemen Pengawasan): meningkatkan efektifitas dan efisiensi tugas-tugas pengawasan. modul fit and proper test (FPT).

2. 3. . operasional dan strategi pengawasan yg diterapkan pada suatu bank shg diharapkan dpt mengoptimalkan informasi dlm rangka pengawasan dan pembinaan bank. menyediakan informasi yg berkaitan dgn kelembagaan. kepemilikan dan kepengurusan. Data Mart Data Pokok Bank. Meningktkan tertib administrasi dan kemudahan pemantauan tugas dalam rangka investigasi tindak pidana di bidang perbankan. Sistem Informasi Bank Dalam Investigasi (SIBADI).

membantu mempercepat proses analisa dan pengambilan keputusan memberi kredit.  Tujuan SID : 1.SISTEM INFORMASI DEBITUR (SID) Menyediakan informasi debitur baik perorangan maupun badan usaha yg diolah berdasarkan laporan penyediaan dana yang diterima BI dari pelapor. Bagi Pemberi Kredit. mengurangi ketergantungan pada anggunan konvensional  .

.2. . Bagi penerima kredit. mempercepat waktu yang dibutuhkan untuk memperoleh persetujuan kredit. nasabah baru dapat akses yang lebih luas kpd pemberi kredit.

SIMWAS-BPR  Sistem Informasi Menejemen Pengawasan BPR. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer: Get 4 months of Scribd and The New York Times for just $1.87 per week!

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times