e-Learning Pemicu Belajar

Oleh : mifou

Pendidikan merupakan hal prioritas bagi kepentingan pembangunan suatu bangsa. Pendidikan yang maju, berdampak pula pada beberapa sektor yang menjadi perhatian suatu bangsa terhadap rakyatnya. Seperti ungkapan yang pernah diutarakan DR. RE. Nainggolan dalam orasi ilmiah di Hermina Hall, Medan dalam Dies Natalis ke-53 beberapa waktu lalu, ”Tanpa pendidikan, manusia tidak akan dapat menyelesaikan berbagai persoalan kehidupan, termasuk pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesehatan masyarakat.” Dalam kesempatan lain, Direktur Pusat Studi Ekonomi Rakyat (Pusera) ini juga menambahkan dalam makalahnya yang berjudul “Peran Pemerintah dalam Pembangunan Pendidikan”, bahwa diperlukan terobosan-terobosan baru untuk mengubah paradigma dan cara pandang kita terhadap dunia pendidikan. Semua elemen saat ini harus memiliki kepedulian yang sungguh-sungguh dalam membangun sumber daya manusia melalui sektor pendidikan.

Majunya pendidikan suatu bangsa, tentu berdampak pada kemajuan suatu bangsa itu sendiri. Memprioritaskan serta meningkatan kualitas pendidikan tentu membuat rakyat sebagai anak bangsa semakin cerdas berpengaruh dalam pembangunan, baik secara nasional maupun dalam wilayah perjuangan yang lebih kecil provinsi misalnya. Coba lihat penuturan salah satu penuturan salah satu pasangan calon Gubernur/Wakil Gubernur nomor urut 4, Amri Tambunan-RE Naninggolan dalam pidatonya di depan ratusan pendukungnya di Desa Tandem, pasar V, kelurahan Yati Makmur, Kecamatan Binjai Utara beberapa waktu lalu,”Saya bersama Pak RE Nainggolan akan mendahulukan kebutuhan rakyat dengan memberikan kualitas pendidikan yang baik dan kesehatan agar rakyat mudah mendapatkan akses.” Dari hal ini, terlihat bahwa seorang calon pemimpin yang mempunyai misi untuk memajukan daerah dan Negaranya, harus mempunyai misi pembangunan kualitas rakyatnya, yaitu dengan memprioritaskan pendidikan.

Selain pendidikan yang diselenggarakan secara konvensional seperti sekarang ini, ada konsep e-Learning yang telah dikenal oleh Negara-negara di dunia. Seiring dengan

Kehadiran e-Learning sangat bermanfaat apabila peserta didik dengan alasan tertentu tidak dapat menghadiri jam pelajaran di kelas yang sifatnya tentu berbatas ruang dan waktu. Adapun fasilitas FAQ (Forum Answer Question) yang membantu pengguna apabila ingin melakukan Tanya-Jawab. pelajar. kebutuhan akan suatu informasi untuk menunjang pendidikan pun semakin pesat. Konsep e-learning sudah banyak diterima dan diterapkan oleh Negara-negara di dunia.perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). mahasiswa. baik Negara maju maupun Negara-negara berkembang.com. sudah banyak produk-produk smartphone ataupun komputer tablet yang terkoneksi internet. baik peserta didik. penggiat pendidikan ataupun masyarakat umum yang berminat besar dalam dunia informasi dan pendidikan dapat menemukan materi pelajaran. maju pula suatu bangsa. Fasilitas FAQ ini sangat membantu bagi pemahaman akan suatu materi pelajaran yang hendak dipelajari. konsep e-Learning sangat membantu memicu niat belajar.one-klik. majunya dunia pendidikan. Dengan mengklik alamat website tersebut. Pembelajaran e-learning adalah pembelajaran yang dapat diakses lewat internet melalui website yang dikelola oleh www. sudah barang tentu dapat mendongkrak kemajuan pendidikan bangsa. Sekali lagi.webarchive . Dengan hadirnya e-Learning ini. e-Learning membantu mereka dengan cukup mengakses dimana saja berada dengan adanya akses internet tentunya. maupun masyarakat pada umumnya. selain dapat berselancar dengan memakai computer PC dan laptop.hariansumutpos. Tentu. Akses internet sekarang terbilang tidak lagi sulit.com/2012/10/44066/dr-re-nainggolan-orasi-ilmiah-diuniversitas-dharma-agung#axzz2IidgYP6v file:///Volumes/My%20Book/RE%20Nainggolan/e%20Learning%20pemicu%20belajar/R E%20Nainggolan:%20Majukan%20Pendidikan%20%7C%20Berita%20Cerita%20Kota %20Medan. baik yang diujikan pada ujian Nasional serta yang lainnya terkait perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sumber : http://www.

webarchive .file:///Volumes/My%20Book/RE%20Nainggolan/e%20Learning%20pemicu%20belajar/ Okefood%20-%20AmriRE%20Nainggolan%20Prioritaskan%20Perbaikan%20Bidang%20Pendidikan%20&%2 0Kesehatan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful