Imagine Your Style

DISTRO KAOS “BB”

Latar Belakang
 Anak muda sekarang menyukai kaos-kaos

dengan desain khusus dan unik.  Kaos merupakan pakaian yang sehari-hari digunakan secara umum bagi semua kalangan.

Tujuan
 Untuk memperoleh penghasilan yang dapat kami

gunakan untuk menunjang kebutuhan hidup seharihari.  Untuk belajar mengaplikan apa yang kami dapatkan dari perkuliahan kewirausahaan tentang bisnis dari usaha kecil ini.  Mengembangkan dan berinovasi denagn mendesain gambar kaos lucu dan digemari oleh kalangan anak muda saat ini.  Untuk menyalurkan hobi menggambar dan mendesain berbagai tulisan yang dapat menarik minat anak muda saat ini.

. Konsep distro ini berbeda dengan distro pada umumnya. Seperi aplikasi teknik gambar yang lucu. distro ini tidak hanya menyediakan kaos biasa tetapi distro ini menyediakan desain-desai khusus yang menarik dan unik. “Distro Kaos Bad Boys” menawarkan penjualan kaos secara eceran maupun pesanan dalam jumlah besar. Karena kaos merupakan pakainan yang umum digunakan di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Distro ini di buat berbeda dengan disto lain yang sudah ada.Konsep Bisnis  “Distro Kaos Bad Boys” adalah konsep distro kaos yang menjual kaos dengan desain yang unik dan lucu. ceria.  Distro ini pertama kali akan dibuka di Jati Kramat dan akan dikembangkan di kota-kota lain yang ada di Jakarta. dan memilik ciri khas yang menonjol.

Sementara itu target jangka panjang adalah dapat membuka distro penjualan di seluruh wilayah di Jakarta. . karena kaos merupakan gaya hidup bagi anak muda jaman sekarang. Semua orang menggunakan kaos dan menyukai berbelanja di distro yang unik.Rencana jangka menengah perusahaan adalah melakukan strtegi ekspansi di kota Jakarta Timur (dengan menambah 2 distro).Konsep Bisnis  Rencana jangka pendek perusahaan akan membuka distro dan tempat produksi seluas 100m2.  Manajemen perusahaan ini menekankan pada peluang membuka distro kaos di daerah Jati Kramat masih sangat terbuka.

 Jahitan kaos yang rapi.  Desain kaos yang bagus dan dibuat dalam jumlah terbatas. .Elemen – elemen Elemen-elemen utama yang di tawarkan antara Distro kaos Bad Boys dengan distro kaos yang lain pada umumnya:  Bahan kaos yang berkualitas tinggi.  Lokasi distro yang strategis dan dengan desain yang menarik.  Memberikan pelayanan yang prima.  Metode pemasaran yang unik.

. Karena kaos distro lebih segmented. Pada distro ini menyediakan kaos yang berkualitas tinggi. Bahan kaos yang bagus digunakan adalah bahan dari cotton combed.Elemen – elemen  Bahan kaos yang berkualitas tinggi. Mengingat kaos distro mengandalkan kekuatannya selain ada di desain ada dikualitas bahan.

distro ini merekrut karyawan yang professional dalam bidang penjahitan khususnya menjahit kaos. Maka. tidak hanya seperti kaos pada umumnya. Setiap orang membeli pakian dengan memperhatikan kualitas jahitan yang baik sehingga dapat awet lama dan nyaman digunakan. Selain itu juga menyediakan jahitan yang memiliki model tertentu. . Dan menggunakan mesin jahit modern.Elemen – elemen  Jahitan kaos yang rapi.

para peserta lomba dapat mengetahui distro baru ini. Hasil yang dapat dicapai.Elemen – elemen  Metode pemasaran yang unik Melakukan perlombaan desain kaos untuk menyaring bakat dalam desain grafis. Upaya ini dilakukan sebagai sarana promosi awal mula pembukaan. dan pemenangnya hasil desain dijadikan kaos produksi esklusif bagi pembukaan pertama distro. . dan pada acara pembukaan diadakan peragaan kaos di depan distro sehingga masyarakat umum dapat melihat kaos yang dibuat oleh Distro kami.

.Elemen – elemen  Lokasi distro yang strategis dan dengan desain yang menarik Pasar merupakan tempat yang strategis untuk menjalankan kegiatan usaha. Selain itu kami menciptakan suasana yang nyaman dan sesuai dengan keinginan anak muda saat ini tempat yang santai dan memberikan fasilitas pendukung seperti pelayanann Hot Spot. Dengan membuat distro ditempat keramaian lebih memudahkan masyarakat untuk mengenal produk kaos yang di hasilkan.

apabila bukan dalam pesanan secara besar .Elemen – elemen  Desain kaos yang bagus dan dibuat dalam jumlah terbatas Distro ini hanya membuat desain kaos dengan jumlah yang terbatas. sehingga sangat kecil kemungkinan orang menggunakn desain yang sama.

ramah. Karen akonsep ini masih merupakan konsep baru yang di terapkan pada setiap usaha. Pegawai memegang peranan penting. memiliki motivasi yang tinggi dan memiliki komitmen untuk melayani konsumen dengan baik. Perusahaan juga memberikan perhatian kepada pelatihan. Tujuan distro ini adalah mengembangkan layanan positif dan proaktif yang kan di alami oleh konsumen setiap kali mereka membeli kaos di distro ini. pengembangan diri karyawan dan kompensasi bagi hasil para karyawan agar dapat memberikan pelayanan yang prima dalam hal produksi maupun penjualan kaos di distro. Oleh karena itu perusahaan menetapkan pegawai yang di rekrut adalah orang-orang yang berpenamilan menarik dan sopan.Elemen – elemen  Memberikan pelayanan yang prima. . cekatan.dan distro mengharapkan kunjungan kembali konsumen maka interaksi kepada konsumen merupakan hal yang pentingdan merupakan kunci sukses distro ini.

tetapi distro ini juga menawarkan berbagai macam produk lain.  Alat Pembuatan         Film sablon Screen media Rakel Meja sablon Hair dryer Lampu Neon Tempat penjemuran Beberapa peralatan pendukung .Produk yang Ditawarkan Meskipun yang ditawarkan adalah kaos.

Produk yang Ditawarkan  Cara Membuat  Memilih Bahan  Pemotongan  Desain  Penyablolan  Penjahitan  Packaging .

Produk yang Ditawarkan  Produk Kaos  Kaos Eceran  Kaos dalam jumlah besar .

Produk yang Ditawarkan  Produk Lainnya  Jaket  Topi  Pernak-pernik .

00 – Rp 160.  Berikut adalah daftar harga:      Kaos tangan pendek Kaos tangan panjang Jaket Topi Pernak-pernik Rp 50.00 .000) Rp 60.  “Distro Kaos Bad Boys” juga akan melakukan pelatihan kepada para pembuat desain dan penjahit yang menghasilkan kaos tersebut.Harga  Harga yang ditawarkan oleh “Distro Kaos Ta”na Model” kompettif dan tidak terlalu jauh berbeda dibandingkan dengan pesaingnya.00 – Rp 80.00 (Rp 65.000.00 – Rp 70.000.00 (Rp 65.00 (Rp 75.000. Agar dapat mendorong konsumen untuk selalu mengikuti perkembangan kaos yang dihasilkan oleh distro ini.Rp 40.000)  Harga yang ditawarkan relative bersaing dibandingkan dengan pesaing.00 (Rp 22.000.000.000) Rp 3.500. .000) Rp 120.000.000.00 – Rp 90.000.000.00 (Rp 140rb Rp 60.

Persaingan barang dan Pemasaran Startegi pemasaran “Distro Kaos Bad Boys” adalah untuk mengenalkan merk distro ini sehingga dapat mendorong pembelian melalui segaala macam promosi yang dilakukan perusahaan .

Dengan begitu maka mudah orang untuk mengenal kaos yang diproduksi “Distro Kaos Bad Boys”. 300.000.  Penempelan spanduk yang dapat menarik konsumen.  Diadakan peragaan kaos di depan distro sehingga masyarakat umum dapat melihat kaos yang dibuat oleh “Distro Kaos Bad Boys”. Dan mengenalkan kelebihan distro ini dibandingkan distro pada umumnya.Impelentasi promosi meliputi hal-hal sebagi berikut:  Melakukan perlombaan desain kaos untuk menyaring bakat dalam desain grafis. Merupakan upaya agar konsumen kembali melakukan pembelian pada “Distro Kaos Bad Boys”.  Memberikan jasa antar gratis pembelian dalam jumlah yang besar.  Memberikan voucher kepada konsumen yang melakukan pembelian lebih dari Rp. .  Layanan proaktif karyawan: melatih dan mendidik karyawan bagaimana melayani konsumen dengan sikap yang ramah dan sopan agar konsumen merasa nyaman membeli produk pada “Distro Kaos Bad Boys”.00. Bentuk lain strategi pemasaran adalah dengan meletakkan logo “Distro Kaos Bad Boys” pada setiap desain yang diproduksi oleh “Distro Kaos Bad Boys”. dan pemenagnya hasil desain dijadikan kaos produksi esklusif bagi pembukaan pertama distro.

 Selain itu. Hal menjadi poin penting bagi “Distro Kaos Bad Boys” dibandingkan para pesaingnya. Karyawan menggunakan seragam yang dibuat oleh “Distro Kaos Bad Boys” sediri dengan kesan yang trendi namun tetap menjaga kesopanan. .Layanan Pelanggan  Untuk meningkatkan kualitas layanan kepada para konsumen. pelatihan dan motivasi para karyawan. “Distro Kaos Bad Boys” akan meyelenggarakan pemasaran internal melalui rekrutmen. Hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada karyawan mengenai peranan mereka pada kepuasan konsumen. karyawan juga sebagai promosi yang mengenalkan “Distro Kaos Bad Boys” kepada masyarakat umum. Merupakan salah satu ajang promosi yang efektif.

modern. Desain distro ini dilakukan sendiri dengan konsep yang sederhana dan elegan. dan keren. Suasana yang dimunculkan adalah simple. . bersih.Desain Gerai “Distro Kaos Bad Boys” akan dirancang dengan konsep minimalis dan trendy.

Dalam jangka panjang akan merambah daerah Bandung yang sudah memiliki eksistensi dalam usaha kaos. .Lokasi dan pilihan Wilayah  Pilihan lokasi dan wilayah distro adalah dengan kriteria pasar dengan lalu lintas pengunjung yang tinggi. Pilihannya adalah di kawasan pasar Jakarta Timur dan Bekasi sebagai wilayan yang mulai ramai dan memiliki efektifitas serta efisiensi pemasaran. mudah dijangkau dan terlibat dari jarak yang cukup jauh.

 Bahan jaket  Benang  Tinta sablon  Topi  Perna-pernik .Pasokan Barang Dagang  Bahan baku kain cotton combed.

10.Operasi Distro dan Manajemen  Distro akan dioperasikan oleh satu orang manajer took yang akan bekerja penuh waktu. Distro ini beroprasi pada jam pkl. .00-22. 3 karyawan bagian produksi dan 3 orang bagian pemasaran di Distro.00 setiap hari Senin-Minggu.

di daerah perkotaan.  Main untuk Menang/ The Savvy Conquer. di daerah perkotaan ini sangat menikmati hidup lugas. . Konsep yang dianut: All is one is all. slalu berusaha mencapai kejayaan. menikmati cuisine dan gemar melihat iklan.  Anak Nongkrong/ The change expect Lad. menyukai kedamaian dalam kehidupan sosilnya. sangat normative adan suka menolong. Maka sangat percaya diri dan berkarakter kuat. Sangat menyukai kompetisi dan cenderung dominan dalam pergaulan. laki-laki. Ciri-ciri: Usia muda. status sosil-ekoenominya menengah kebawah. Ciri-ciri : Pria. tinggal didaerah urban. Ciri-ciri: Pria matang berpendidikan. usia matang berpendidikan tinggi. serta supel dan penuh energi. Senang fashion. Keinginan dasar mereka adalah dimana materi dan barang-barang yang dipunyai. suka di sanjung dan dipuja.Segmen Pasar  Orang Alim/ Confident establish. Karakter mereka: hidup berorientasi pada teman-temannya (kelompoknya).

 Perilaku konsumen yang demikian menjadi sebuah peluang yang sagat baik bagi “Distro Kaos Bad Boys”.Pelaku konsumen ke Distro  Salah satu periaku konsumen di Indonesia khususnya anak muda sekarang adalah berbelanja mengikuti perkembangan model masa kini. Perilaku konsumtif masyarakat indonesi amerupaka salah satu cirri masyarakat Indonesia yang mudah menerima produk baru yang dikeluarkan. Salah satu kebiasaan anak muda untuk mengikuti perkembangan jaman dengan membeli barang bermerk. Distro. . dan Pasar. Tempat berbelanja umumnya adalal di Mall.  Berbelanja di Distro sudah merupakan kebiasaan dari anak muda baik di daerah perkotaan maupun daerah pedesaan.

misalnnya: Distro Kaos Bad Boys Tren masa kini Imagine Your Style .Positioning Agar dapat menarik perhatian calon konsumen “Distro Kaos Bad Boys” merancang sebuah strategi positioning yang atraktif. Beberapa strategi positioning yang bisa digunakan.

Adalah anak muda. kelas menengah. usia sekolah maupun mahasiswa. Distro akan bertempat yang mudah dijangkau pleh kalangan pelajar. . Target pelanggan yang kami utamakan adalah anak muda dan masyarakat luas dengan harga bersaing hingga mudah dijangkau oleh pemuda/pemudi. kalangan masyarakat dan pelajar yang ada di sekitar lokasi tersebut. Perusahaan berharap tingkat pembelian ulang konsumen cukup tinggi. Selain itu juga diharapkan sekitar 49% pesanan melalui take away.Pelanggan Pasar sasaran Distro Kaos Bad Boys”.

. karena tempat yang kita pilih sangat menjanjikan untuk berbisnis. itu bahkan tidak berpengaruh sama sekali. Selain jauh dari segi waktu dan jarak tempuh. harga yang kita cocokkan masih bisa bersaing dengan harga pasar. dan kami pastikan kualitas bahan yang terbaik untuk kepuasan pelanggan.Pesaing Walaupun pada saat sekarang banyak orang yang membuka distro atau jualan pakaian. karena daerah tersebut sangat strategis dan dekat dari keramaian. otomatis masyarakat terpojok untuk bebelanja di distro kita.

ambisi.  Atribut-atrubut pribadi seperti daya inisiatif. manajemen dan aspek hukum.Manajemen Struktur manajemen akan berkaitan denagn aspek-aspek:  Profesionalisme  Keahlian dalam hal keungan. dan determinasi serta integritas  Memiliki kedisiplinan yang tinggi  Dapat disegani oleh para bawahannya .

00 Rp 35.500.00 3.000.000.000.000.000.200.00 .00.00 + Rp 13.00 Topi 20 buah x Rp65.00  Biaya Lain-lain  Jumlah Rp 5.00 2.000.00 Kaos pajang 25 buah x Rp75.875000.00 1.000.00 Rp 18.00 Rp 2.000.000.00 Jaket 25 buah x Rp140.00+ Rp 98.000.500.00 4.000.Proyeksi Keuangan  Modal  Ringkasan Modal adalah sebagai berikut:  Biaya sewa Distro  Biaya mesin jahit dan sablon  Biaya interior dan perlengkapan  Biaya Komputer  Biaya Promosi  Biaya Produksi Awal      Kaos pendek 75 buah x Rp65.000.00 1.00 Pernak-pernik Rp Rp Rp Rp Rp Rp 12.875.500.750.000.000.000.750.300.000.00 Rp 12.000.000.000.

650.750.900.00 + Rp 2.000.000.Proyeksi Keuangan  Biaya Bulan pertama  Brosur berkala  Biaya Listrik  Biaya gaji karyawan  Jumlah  Rp 98.000.000.000 + 2.00 Rp 2.00 .000.00  Total biaya investasi keseluruhan = Rp 101.00 Rp 250.500.000 Rp 150.900.

500.00 Rp 5.000.000.875.000.150.000.00 = Kaos pajang 25 buah x Rp75.00 = Topi 20 buah x Rp65.300.750.00 Rp 1.000.200.00 Rp 1.600.00_+ Rp 13.875. Perkiraan Penjualan normal 1 bulan:         Kaos pendek 75 buah x Rp65.000.000.000.00 Rp 2.00 _ Rp 8.000.00 .000.000.Proyeksi Keuangan  Penjualan Asumsi penjualan tahap awal adalah rata-rata 50 orang setiap hari berkunjung untuk 6 bulan pertama.00 = Jaket 25 buah x Rp65.00 Rp 3.00 = Pernak-pernik Jadi pendapatan pertama Pengeluaran per bulan Jumlah keuntungan per bulan Rp 4.000.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful