P. 1
Peril Aku

Peril Aku

|Views: 0|Likes:
Published by Ozzi Gotelvia

More info:

Published by: Ozzi Gotelvia on Feb 25, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/23/2013

pdf

text

original

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUBAHAN PERUBAHAN PERILAKU.

Perilaku Manusia adalah reaksi yang dapat bersifat sederhana maupun bersifat kompleks Perilaku Individu adalah hal-hal yang dikerjakan orang Menurut teori psikologi perilaku mempunyai alasan-alasan tertentu yang mungkin berhubungan dengan kebutuhan m”sia dan atau sebagai konsekwensi dari tindakannya.

Menurut Gibson 4 Asumsi penting tentang perilaku Individu yaitu : * Perilaku timbul karena suatu sebab * Perilaku diarahkan kepada tujuan * Perilaku yang diarahkan pada tujuan dapat diganggu oleh – Frustrasi. dan kegelisahan Perilaku timbul karena motivasi . konflik.

Perilaku dapat berbeda karena variabel fisiologi. Banyaknya variabel yang mempengaruhi perilaku telah terbantuk sebelum seseorang memasuki organisasi pekerjaan. faktor2 frustrasi. Proses perilaku adalah serupa untuk semua orang 2. konflik dan kegelisahan 3.Gibson menyatakan bahwa: 1. lingkungan dan psikologis. .

Ada dua respons : 1. Operant respons atau Instrumental respons yaitu respon yang timbul dan berkembang kemudian diikuti oleh stimulus tertentu. Respondent respons atau reflexive yaitu respons yang ditimbulkan oleh rangsangan( stimulus tertentu. mendengar berita musibah menjadi sedih.Skinner ( 1938) seorang ahli psikologi menyatakan bahwa perilaku terjadi melalui proses adanya stimulus terhadap organisme. mis: apabila petugas kes melaksanakan tugasnya secara baik kemudian mendapat penghargaan dan merespon kembali dgn kerja keras. Makanan yang lezat menimbulkan keinginan untuk makan. dan kemudia organisme tersebut merespons. mis. 2. .

Perilaku terbuka ( Overt behavior ) Respon terhadap stimilus sudah berbentuk tidakan dan dapat diamati oleh orang lain. . Perilaku tertutup ( Cover behavior ) masih terbatas pada perhatian . persepsi. pengetahuandan belum dapat diamati secara jelas oleh orang lain. maka perilaku dapat dibedakan menjadi dua: 1.Dilihat dari bentuk respon terhadap stimulus. 2.

Peranan perilaku terhadap derajat kesehatan masyarakat Keturunan Pelayanan kesehatan Status Kesehatan Lingkungan .Fisik . eko Perilaku .Sosbud.

Pengetahuan tentang kes. Pengetahuan Sebelum seseorang mengadopsi perilaku baru ia harus tahu arti dan manfaat perilaku tsb bagi dirinya dan keluarganya. Praktek atau Tindakan . Mis: .Ling 2.Perubahan perilaku dan Indikatornya 1.Pengetahuan tentang penyakit .Pengetahuan tentang cara cara pemeliharaan kesehatan . Sikap 3.

Faktor predisposisi yang terwujud dalam pengetahuan. social support c. c. Menurut Lawrence Green a. Faktor pendukung yang terwujud dalam lingkungan fisik.Kar. Faktor pendorong yang terwujud dlm sikap dan perilaku petugas kes. tersedia atau tidaknya fasilitas kes.Faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan perilaku: 1. Teori Snehandu B. Personal autonomy e. Kar mencoba menganalisis perilaku kes dgn bertitik tolak bahwa perilaku itu merupakan fungsi dari: a. sikap. 2. Nilai / behavior intention b. kepercayaan. Action situation . nilai-nilai dll b. Accessebility of information d.

Teori Stimulus Organisme ( S-O-R ) Hosland. Perilaku dapat berubah hanya apabila stimulus yang diberikan melebihi stimulus semula. Orang penting sebagai referensi e. Pengetahuan b. et al ( 1953 ) mengatakan bahwa perubahan perilaku pada hakekatnya sama dengan proses belajar. Sumber daya f. . Sikap d. Teori WHO a. Budaya Teori Perubahan Perilaku 1. Kepercayaan c.3.

3. Teori Kurt Lewin Perilaku manusia adalah suatu keadaan yang seimbang antara kekuatan-kekuatan Pendorong ( driving forces ) dan kekuatan penahan ( restining forces ). Teori Festinger ( Dissonance Theory ) Ketidak seimbangan dlm diri seseorang akan menyebabkan perubahan perilaku dikarenakan adanya perbedaan jumlah elemen kognisif yang seimbang dgn jlh elemen kognitiof yg tdk seimbangyang sama-sama penting. Teori Fungsi Teori ini berdasarkan anggapan bahwa perilaku individu tergantung pada kebutuhan. 4. .2.

Bentuk – Bentuk Perubahan Perilaku Menurut WHO perubahan dikelompokkan atas : 1. Kesediaan untuk merubah . Perubahan Alami 2. Perubahan terencana 3.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->