You are on page 1of 13

Pengantar Kependidikan

By Legiman Universitas Cokroaminoto Palopo 2013

metafora.Pengantar              Materi yang akan dipelajari dalam mata kiliah ini adalah sebagai berikut : Defenisi.dan konsep dasar kependidikan Tujuan dan Fungsi Pendidikan Hukum Dasar Pendidikan Landasan-landasan Pendidikan Teori Dsar Pendidikan Ilmu Pendidikan Sebagai Ilmu Pengetahuan Empat Pilar Pendidikan Pendidikan sepanjang hayat Pendidikan untuk Reformasi Sosial Sekolah sebagai Lembaga Pendidikan Masyrakat sebagai Lingkungan Pendidikan Keluarga sebagai Lembaga Pendidikan Lembaga Pendidikan sebagai Industri Pengetahuan .

Pelatihan dan Pendidikan untuk semua  Perubahan dan Pembaruan pendidikan . Simultasi Subtansi dan Tradisi Intelektual Pendidikan  Pendidikan.

da n memandu keluar dari kebodohan Metmorfosis perilaku menuju dewasa sejati Proses Peradaban dan pemberada ban manusia .melatih.kelas) Proses Pemartabatan Manusia (Kognitif.siswa. Defenisi Pendidikan (beberapa pendapat) Sekolah (Guru.Afektif dan Psikomotorik PENDIDIKAN Proses Membimbing.

Metafora pendidikan sebagai berikut  P = Proses  E = Evaluasi  N = Nondiskriminasi  D = Dinamis  I = Intensif  D = Dewasa  I = Individu  K = Kontinyu  A = Adaptabilitas  N = Nirlimit .

Makna Pendidikan Ada dua masalah dengan defenisi pendidikan berdasarkan maknanya Metafora dan Analogi 2.com 1. . Peradaban dan Pemberadaban Untuk memperoleh gambaran lebih luas dan mendalam mengenai apa yang disajikan di atas defenisi dan metafora pendidikan dapat di akses lewat : http://www.brainyquote.

Menjadi Manusia Berpendidikan Indikator Manusia Berpendidikan antara lain :  Mampu memahami fenomena secara akurat  Berfikir jernih selalu khusnudhonbillah  Bertindak secara efektif sesuai tujuan yang ingin dicapai  Mengahargai orang lain  Bertanggung jawab atas hasil atau dampak tindakannya  Selalu menggunakan akal sehatnya  Rajin mencari informasi untuk pengetahuannya  Mampu menciptakan pengetahuan dan mengembangkan keterampilannya. .

.keterampilan dan informasi  Mempresentasikan interaksi antara orang dewasa dengan orang      yang belum dewasa agar tumbuh dewasa Melibatkan dimensi kognitif.polusi.namun tidak jelas kapan ia berakhir karena tidk identik dengan kurikulum Bermuara pada kematangan dan kemandirian pribadi untuk hidup dalam kerangka sistem sosial Mengubah orang dari berfikir negatif ke berfikir positif Mencakup semua situasi.afektif dan psikomotorik Dapat dipahami kapan ia mulai.Defenisi Pendidikan yang Tepat harus mencakup aspek-aspek sebagai berikut :  Mampu memanipulasi pengetahuan.konflik.depresi.ketidaktahuan atau ambisi.seperti kemiskinan.

Empat Dimensi untuk menjadi berpendidikan  Agen Pembelajaran  Katalis Belajar  Konteks Pembelajaran  Cita-cita yang terbangun dari hasil pembelajaran .

psikologis.Agen Pembelajaran Katalis Belajar Agen pembelajaran siswa biasanya mengintegral dengan peran yang ditampilkan oleh sekolah Empat Dimensi Pendidikan Seseorang atau sesuatu yang bergerak dalam hubungan mendalam dengan dan berusaha memahami bagaimana katalis cocok jadi agen untuk kemudian melepaskan diri seperti Guru.buku atau media lainnya Konteks Pembelajaran Aspek Biologis.sosial dan faktor ekologi lainnya Hasil Pembelajaran Menginspirasi anak untuk berfikir dan menjadi manusia seperti apa dia di masa depan .budaya.

Objek Pendidikan Objek Formal Objek Pendidikan Objek Material Manusia itu sendiri yaitu proses atau situasi pendidikan yang tersusun secara kritis.berupa proses atau situasi pendidikan yang menunjukkan keadaan nyata yang dilakukan serta harus dipahami oleh manusia .metodis dan sistimatis Semua gejala insani.

Tugas  What  Who  Where  Why  When  How Pendidikan ? .

Jelaskan Penjabaran-panjabaran berikut  Ilmu pendidikan  Teori pendidikan  Pemikiran Ilmiah .