You are on page 1of 15

Nama kelompok 1.Mariani prapanta 2.Benny wijaya sunggono 3.

Sahat pardamean s

ada satu lagi yang berdekatan maknanya yaitu intuition. kata hati atau hati nurani. Kalau kata consciece diterjemah balik maka artinya menjadi suara hati. Disamping kedua kata ini. berkesadaran. Berdekatan dengan kata conscience. . intuition artinya gerak hati.Dalam bahasa Inggris. Conscious artinya sadar. ada kata conscious. lintasan hati. atau kesadaran. hati nurani artinya consciece. gerak batin.

Kata hati yang muncul pada saat ini disebut prakata hati. Hati nurani tampil sebagai hakim yang baik dan jujur. kata hati muncul sebagai suara yang menyuruh dan jika perbuatan itu buruk. walaupun dapat keliru. Hati nurani merupakan penerapan kesadaran moral yang tumbuh dan berkembang dalam hati manusia dalam situasi konkret. . Dalam hati. Jika perbuatan itu baik. Setiap orang memiliki kesadaran moral tersebut. Suara hati menilai suatu tindakan manusia benar atau salah . ia sudah mempunyai kesadaran atau pengetahuan umum bahwa ada yang baik dan ada yang buruk. walaupun kadar kesadarannya berbeda – beda. kata hati akan muncul sebagai suara yang melarang. baik atau buruk. manusia sebelum bertindak atau melakukan sesuatu .

5 Di bagian lain. “Memang kejahatan yang dihukum atas kesaksiannya sendiri adalah pengecut. sebab selalu menyangka yang terburuk karena diusikusik suara hatinya. . tetapi bila ditelusuri secara lebih mendetail dalam kitab suci. maka kita dapat menemukan bahwa Perjanjian Lama berbicara tentang hati nurani khususnya kita temukan dalam kitab Kebijaksanaan 17:10. hati nurani dilukiskan dalam pengalaman manusia sebagai personal. Pengertian hati nurani dalam Perjanjian Lama tidak dikatakan secara mendetail. Misalnya: Kej 4:9-14 melukiskan pengalaman Daud ketika ia melawan kehendak Allah.6 Apa yang digagas dalam perjanjian lama mengenai pengertian hati nurani dapat disimpulkan bahwa hati nurani merupakan suara Tuhan sendiri.

 Gagasan tentang hati nurani dalam Perjanjian Baru dapat kita temukan. baik dalam Injil maupun dalam surat-surat Paulus yang begitu banyak berbicara tentang hati nurani. yakni orang-orang yang sederhana bahwa hati kita seharusnya tidak terpusat pada harta benda duniawi melainkan pada harta benda surgawi. Yesus berbicara kepada orang-orang yang berhati nurani. Misalnya: dalam Injil Mat 5:8. Dalam Injil. pemahaman terhadap hati nurani dapat kita lihat dari perkataan Yesus yang berbicara tentang hati sebagai pusat moral. .

sekarang penulis melihat bagaimana pemahaman terhadap hati nurani dalam konteks Konsili Vatikan II. Konsili Vatikan II melihat bahwa hati nurani merupakan suatu unsur yang sangat penting dalam kehidupan manusia ketika manusia mengambil suatu keputusan tertentu. . di situ ia seorang diri yang sapaan-Nya menggema dalam hatinya (GS 16). Konsili Vatikan II menggagas dengan begitu indah pengertian hati nurani sebagai inti terdalam dari diri manusia yang paling rahasia. Secara khusus. Setelah mengemukakan bagaimana pemahaman hati nurani baik dalam Perjanjian Lama maupun dalam Perjanjian Baru. Apa yang digagas oleh Konsili Vatikan II berkaitan dengan hati nurani mau mengatakan bahwa hati nurani merupakan bagian terdalam dari diri manusia di mana di dalam hati nurani itu manusia bertemu dengan dirinya sendiri dan Tuhan. sanggar sucinya.

Hal itu disebkan karena suara hati nurani merupakan suara dari Maha Mutlak. Tempat berkumpulnya bagi mereka yang hatinya bersih dan tak bernoda dan tempat mengingat Tuhan itulah Hati Nurani. tanpa adanya pertimbangan dalam memberikan jawaban. . Suara hati ini tidak akan keluar jika hati nurani. Mutlak di sini mempunyai arti ia tidak dapat ditawar melalui pertimbangan-pertimbangan dalam bentuk apapun.  Ciri khas dari suara hati nurani adalah ia tidak dapat ditawar dan hanya sepintas keluarnya dengan atau tanpa disadari. Suara hati adalah suara halus yang murni datang langsung dari kesadaran sang Hidup yang ada dalam diri kita yang paling dalam yang bersih dan jujur. ini berlaku mutlak.

juga memuji.    1. kita seakan-akan hanya menjadi pendengar. dan tidak memberikan penilaian tentang perbuatan orang lain.hati nurani bersifat adipersonal artinyamelebihi pribadi. Terhadap hati nurani.hati nurani prospektif Bentuknya adalah mengajak atau mengatakan jangan 3. transenden. 4. Hati nurani hanya berbicara tentang dirinya. atau mencela. membuka diri terhadap suatu yang datang dari luar. seolah-olah ia merupakan instansi di atas kita. .hati nurani retrospektif bertindak dalam bentuk menghukum. 2. menuduh.hati nurani bersifat personal artinya selalu berkaitan erat dengan pribadi bersangkutan.

Hati nurani berfungsi sebagai pegangan atau peraturan-peraturan konkret di dalam kehidupan sehari-hari dan menyadarkan manusia akan nilai dan harga dirinya. Sikap kita terhadap hati nurani adalah menghormati setiap suara hati yang keluar dari hati nurani kita. . Mendengarkan dengan cermat dan teliti setiap bisikan hati nurani. Melaksanakan apa yang disuruh hati nurani. Mempertimbangkan secara masak dan dengan pikiran sehat apa yang dikatakan hati nurani. atau norma untuk menilai suatu tindakan. pedoman. apakah tindakan itu baik atau buruk. Fungsi hati nurani yaitu sebagai pegangan.

Dengan perkataan lain. Tetapi. Harus diakui bahwa setiap orang memiliki daya/kekuatan hati nurani dalam mengambil suatu keputusan. daya/kekuatan hati nurani setiap manusia dalam mengambil suatu keputusan tidak dibenarkan secara mutlak dan sebaliknya juga tidak mutlak disalahkan. dalam keterbatasan hati nurani manusia. manusia perlu memahami beberapa dimensi daya ikat yang menunjukkan kekuatan hati nurani dalam mengambil suatu keputusan. Oleh karena itu. Daya ikat hati nurani menunjukkan suatu dimensi kekuatan hati nurani dalam mengambil suatu keputusan oleh subjek yang mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan yang ada. . kekuatan hati nurani sebagai norma moral terakhir dalam mengambil suatu keputusan sunguh-sungguh mempunyai makna yang sangat berarti dalam hidup setiap manusia.

Yang dimaksudkan dengan tindakan moral yang benar adalah tindakan moral berdasarkan keniscayaan dan keyakinan serta iman yang benar dalam mengambil suatu keputusan. Beberapa dimensi yang menunjukkan keadaan atau daya ikat hati nurani adalah sebagai berikut:  Pertama: hati nurani yang pasti. bahwa keputusan itu sungguh-sungguh berdasarkan tindakan moral yang benar. . Hati nurani yang pasti menunjukkan suatu kepastian moral dalam mengambil suatu keputusan.

 Kedua: Hati nurani yang bimbang. Hati nurani yang bimbang berangkat dari pengalaman hidup manusia sehari-hari bahwa manusia dalam realitas kehidupan yang dia alami tidak pernah luput dari sebuah kekeliruan atau kesalahan dalam mengambil suatu keputusan. Hati nurani dikatakan bimbang apabila seseorang (subjek) yang mengambil keputusan berada dalam ketidakpastian atau dengan kata lain merasa tidak yakin terhadap apa yang diputuskan. .

Hati nurani seperti ini dapat juga dikatakan sebagai hati nurani yang keliru atau salah pada saat berhadapan dengan dua ketentuan atau peraturan. sehingga ketika mengambil suatu keputusan. ia merasa takut bersalah atau berdosa jika memilih salah satu. seseorang yang mengambil keputusan harus memperhatikan dengan sungguhsungguh situasi yang sedang dia hadapi. Terhadap hati nurani seperti ini. . Ketiga: hati nurani yang kacau.

 Menerapkan tradisi yang baik bagi perkembangan moral manusia  Melakukan pembelajaran etis melalui para pakar ataupun buku – buku pengajaran etika.  Memberikan filtrasi terhadap budaya yang tidak sesuai dengan etiket yang berlaku dalam masyarakat tertentu. .  Menerapkan pengajaran agama dalam kaitan dengan Sang Pencipta maupun dengan lingkungan masyarakat. Memberikan didikan/ pengajaran yang benar sejak kecil dalam keluarga.

Terima kasih Question??? .