FAKULTAS KEDOKTERAN UKRIDA UNIVERSITAS KRISTEN KRIDA WACANA Jl. Arjuna Utara No. 6.

Kebon Jeruk- Jakarta Barat KEPANITERAAN KLINIK STATUS OBSTETRI FAKULTAS KEDOKTERAN UKRIDA Hari / tanggal ujian / presentasi kasus : SMF OBSTETRI RUMAH SAKIT : Simpangan depok Nama NIM Dr pembimbing / penguji IDENTITAS PASIEN Nama : Ibu Y Usia : 27 tahun Pendidikan : SMA Agama : Islam Suku bangsa : Sunda Pekerjaan : Ibu Rumah Tangga Status perkawinan : menikah Alamat : Jl. Sindangkarsa RT 05 RW 01 No. 95 G1P0A0
A. Anamnesis

: William Grandinata Soeseno : 11.2011.129 : dr. Enricko, SpOG

Tanda tangan

Nama suami : Bpk. R Usia : 28 tahun Pendidikan : SMA Agama : Islam Suku : Sunda Pekerjaan : karyawan Status perkawinan : menikah Alamat : Jl. Sindangkarsa RT 05 RW 01 No. 95

Masuk Rumah Sakit hari Rabu, tanggal 15 Agustus 2012, jam 04.00 WIB. Diambil dari : Autoanamnesis, hari Rabu tanggal 15 Agustus 2012, jam 04.15 WIB , di ruangan VK.

Keluhan utama : Rujuk dari bidan karena kegagalan induksi.

Di RS Simpangan Depok. Bidan akhirnya mencoba untuk memberikan obat perangsang dan tetap menunggu adanya kemajuan persalinan. Ibu tetap merasakan mules yang teratur. Untuk kehamilan dari ibundanya dari kehamilan yang pertama sampai ke-4 tidak mengalami kenaikan tekanan darah.Selama kehamilan. Ibu biasanya kontrol kehamilan di bidan.Riwayat Kehamilan Sekarang : Ibu datang ke bidan pada hari Selasa. Selama kehamilan ibu tidak pernah demam dan ketika beraktivitas sehari-hari tidak pernah merasakan sesak. jantung. ginjal dan hipertensi disangkal.00 WIB dengan mules yang sudah mulai teratur. Penyakit Dahulu . Pada jam 22. Pada hari Rabu. di bidan dan akhirnya di rujuk ke RS Simpangan Depok gerakan bayi masih dirasakan oleh ibu. Bidan menunggu untuk melihat kemajuan persalinan. tanggal 15 Agustus 2012 jam 02. ibu rutin kontrol setiap 1 bulan sekali tetapi ketika usia kehamilan mencapai 8 bulan. Lalu bidan akhirnya merujuk pasiennya ke RS Simpangan Depok. tidak ada darah dan tidak ada air yang keluar dari jalan lahir. Sebelum mengetahui adanya kenaikan tekanan darah tersebut.00 WIB. Bidan melakukan pemeriksaan dalam jam 03. tanggal 14 agustus 2012 jam 20. Selama kehamilan sampai 7 bulan.00 WIB dan didapati hasil yang sama. bidan di RS melakukan pemeriksaan dalam dan hasil yang didapati sama dengan bidan yang merujuk yakni pembukaan 1 cm. bidan melakukan pemeriksaan dalam lagi dan mendapati hasil yang sama dari sebelumnya. Mules yang dirasakan ibu sudah muncul sejak di rumah dalam keadaan istirahat. Selama kehamilan ibu jarang berolahraga. Bidan melakukan pemeriksaan dalam dan didapati pembukaan 1 cm. Tetapi ibundanya pernah ada riwayat darah tinggi pada kehamilan yang ke-5.00 WIB. Riwayat penyakit gula. Ibu tidak ada kebiasaan merokok dan minum-minuman keras. paru-paru. Selama kontrol kehamilannya ke bidan didapati adanya kenaikan tekanan darah dari ibu pada usia kehamilan 37 minggu yang sebelumnya tidak pernah ada kenaikan tekanan darah selama kontrol kehamilan di bidan. ibu tidak pantang makanan apa-apa hanya saja tidak memakan kambing karena ibu tidak menyukainya. ibu mengaku kaki menjadi bengkak. karena merasa keluhan ini tidak menganggu maka ibu membiarkan saja. ibu mulai sering kontrol setiap 2 minggu sekali.Riwayat trauma disangkal. bidan melakukan pemeriksaan dalam lagi dan didapati hasil yang sama dari sebelumnya. Sejak di rumah. tidak ada darah dan tidak ada air yang keluar dari jalan lahirnya.

(-) cacar (-) cacar air (-) difteri (-) tifus abdominalis (-) diabetes (-) tonsilitis (-) hipertensi (-) ulkus ventrikuli (-) ulkus duodeni (-) neurosis Lain-lain : Riwayat keluarga Hubungan Kakek ( ayah ) Kakek ( ibu ) Nenek ( ayah ) Nenek ( ibu ) Ayah Ibu Saudara (-) malaria (-) disentri (-) hepatitis (-) wasir (-) sifilis (-) gonore (-) penyakit pembuluh (-) pendarahan otak (-) psikosis (-) tuberkulosis (-) operasi (-) batu ginjal/saluran kemih (-) burut ( hernia ) (-) batuk rejan (-) campak (-) alergi (-) tumor (-) demam rematik akut (-) pneumonia (-) gastritis (-) batu empedu (-) kecelakaan Umur ( tahun ) Tidak tahu Tidak tahu Tidak tahu Tidak tahu 57 tahun 52 tahun 33 tahun 30 tahun 29 tahun 27 tahun 12 tahun Jenis kelamin Laki-laki Laki-laki Perempuan Perempuan Laki-laki Perempuan Perempuan Perempuan Perempuan Perempuan Perempuan Keadaan kesehatan Penyebab meninggal - Sehat Sehat Sehat Sehat Sehat Sehat Sehat Ada kerabat yang menderita : Penyakit Alergi Asma Tuberkulosis HIV ya tidak V V V V Hubungan .

Kehamilan Kehamilan ke: 1 Komplikasi kehamilan terdahulu : tidak ada. tidak menggunakan obat-obatan terlarang. Teratur / tidak lama: 5 hari nyeri / tidak Persalinan Kontrasepsi Kesulitan Keuangan Pekerjaan Keluarga : tidak ada : tidak ada : tidak ada .OS tidak merokok. .Hepatitis B Hepatitis C Hipertensi Cacat bawaan Lain – lain Riwayat sosial: V V V V V OS merupakan kelompok masyarakat menengah ke atas. tidak minum minuman keras. dengan status pendidikan sedang(menempuh hingga SMA). Abortus : 0 kali . tidak ada riwayat kuretase. Haid Haid terakhir : 02 November 2011 jumlah : 2x mengganti pembalut Menarche: 12 tahun Taksiran partus : 09 Agustus 2012 Riwayat pernikahan Menjalani pernikahan sudah 2 tahun.

thorako-abdominal : 169 cm : 68 kg : baik : wajar : normocephali : Dalam batas wajar.15 WIB di ruangan VK.PEMERIKSAAN JASMANI. Jantung Paru Penimbunan lemak Ektrimitas Sensibilitas Pertumbuhan rambut Payudara Pemeriksaan OBSTETRIK : murmur (-). Pemeriksaan umum Keadaan umum Kesadaran Suhu Tekanan darah Nadi Respiratory rate Tinggi badan Berat badan Keadaan gizi Psikis Kepala Muka Telinga mata Hidung Mulut/ gigi Leher Klenjar limfe Kulit : baik : compos mentis : 36° C : 150/90 mmHg : 92x/ menit : 28x/ menit. wheezing -/-. : tidak ada pembesaran : dalam batas normal. ronkhi /-. tidak ada jaringan parut dan retraksi. : merata : bengkak dan tidak nyeri. simetris. tidak pectus excavatum. Dada : tampak simteris. sedikit serumen dan tidak ada fistula. conjunctiva anemis -/-. : bunyi vesikuler. tidak ada nodul. Bunyi jantung I-II regular. : merata. gallop (-). : dalam batas normal. tanggal 12 Juli 2012. : dalam batas normal : tidak ada caries dan stomatitis : tidak ada pembesaran. : normal. pectus carinatum. : sclera ikterik -/-. pigmentasi merata. tidak . jam 08.Lain – lain : B. : Normotia.

Pemeriksaan penunjang Pemeriksaan lab : USG (tanggal 01 Agustus 2012.  HIS : 1 kali dalam 10 menit selama 5 detik / (9’-10’ / 5”-10”) B. plasenta previa(-).A. denyut jantung baik.00 WIB karena tidak ada kemajuan persalinan sejak dirangsang pada hari Selasa tanggal 14 Agustus 2012 jam 22. Abdomen  Inspeksi : tampak membuncit . Anamnesis Ibu dirujuk oleh bidan ke RS Simpangan Depok pada hari Rabu. gerakan aktif.00 WIB. darah (-). tidak ada darah dan air yang keluar dari jalan lahirnya. lunak. tanggal 01 agustus 2012 jam 09. masih dapat digoyangkan. ketuban (+). • Janin intrauterine tunggal hidup.10 WIB Baseline : 143x/menit Akselerasi : (+) Deselarasi : (-) Variabilitas : 5 – 10 dpm Gerak janin : (+) Hasil : reaktif RINGKASAN (RESUME) a. tidak melenting.  Leopold 1V : konvergen  Denyut jantung janin : 144x/ menit dan teratur. solution plasenta(-). linea nigra(+).  Leopold II : tahanan terbesar di sebelah kiri perut ibu. Pemeriksaan dalam : portio tebal . tanggal 15 Agustus 2012 jam 04. Cardiotopografi. striae gravidarum (+). ketuban cukup. teraba satu bagian kurang bulat.  Leopold I : Tinggi Fundus 32 cm. jam 09.1 cm.  Leopold III : teraba 1 bagian bulat. keras.00 WIB. pembukaan 0 . Gerakan bayi . melenting. Hasil pemeriksaan dalam oleh bidan yakni pembukaan 1.

: punggung kiri : teraba 1 bagian bulat. pembukaan 0. Riwayat penyakit gula. paru-paru. Tidak menggunakan KB. b.  Leopold II  Leopold III digerakkan. Taksiran berat janin = (32 cm -12) x 155 = 3100 gram. ketuban(+). Selama kehamilan. jantung. ginjal dan hipertensi disangkal.  Leopold IV  Denyut jantung janin : 144x/ menit. Selama kehamilan tidak pernah merasakan demam dan sesak selama beraktivitas. Pemeriksaan dalam : Portio tebal.tetap dirasakan dari rumah. Ibunda dari ibu pada kehamilan ke-5 mengalami naiknya tekanan darah di atas normal. masih dapat : konvergen tidak melenting. Kaki bengkak timbul sebelum diketahui adanya peningkatan tekanan darah. keras. Pemeriksaan Obstetrik  Leopold I : Tinggi fundus 32 cm. e. lunak. ibu kontrol secara teratur ke bidan. Pemeriksaaan Penunjang Laboratorium : CTG : reaktif . darah(-). Pemeriksaan fisik  Keadaan umum  Kesadaran  Tekanan darah : baik : compos mentis : 150/90 mmHg : 36. melennting. teraba satu bagian kurang bulat.6ºC : 92 x/menit : 28x/menit : 169 cm : 68 Kg : baik  Suhu  Nadi  Respiratory rate  Tinggi badan  Berat badan  Keadaan gizi c. d.1 cm. tempat bidan dan RS.

• Dibuat insisi pada segmen bawah rahim 1 cm di bawah irisan plika vesikouterina tadi secara tajam dengan pisau bedah ± 2 cm.Enricko.belum in partu. ureum.Diagnosis G1P0A0. kemudian diperlebar melintang secara tumpul dengan kedua jari telunjuk operator. APGAR score 8/10. kreatinin. Panjang badan 49 cm. 27 tahun. Pemeriksaan darah H2TL. janin dilahirkan dengan meluksir kepalanya. Pemeriksaan urin lengkap 3. USG ulang Penatalaksanaan  Terminasi kehamilan dengan sectio cesarean. Lahir bayi jam 06. 2. SGPT. Jenis kelamin laki-laki dengan BBL 3100 gram. Plika vesikouterina ini disisihkan secra tumpul kea rah samping dari bawah.00 WIB. Pemeriksaan yang dianjurkan: 1.janin intrauterine tunggal hidup.aterm dengan kala 1 fase laten memanjang. Pre-Eklampsia. kandung kencing yang telah disisihkan kea rah bawah dan samping dilindungidengan spekulum kandung kencing.SGOT. Tali pusat di klem pada kedua tempat lalu di gunting di tengahnya • . • • Setelah kavum uteri terbuka. Pelvimetri 4.15 WIB hari Rabu tanggal 15 Agustus 2012.ketuban (+). Badan janin dilahirkan dengan mengait kedua ketiaknya. Sp. • • • • • Pasien terlentang di atas meja operasi dalam keadaan spinal anestesi Dilakukan antiseptic abdomen dan sekitarnya Pasang duk steril kecuali daerah operasi Pada dinding perut dibuat insisi mediana mulai dari atas simfisis sampai bawah umbilicus lapis demi lapis sehingga kavum peritonei terbuka Dibuat bladder flap uaitu dengan menggunting peritoneum kandung kencing (plika vesikouterina) di depan segmen bawah rahim (SBR) secara melintang.OG Hari Rabu tanggal 15 Agustus 2012 jam 06. Penatalaksanaan Sectio Cesarea oleh dr. pembukaan 0 – 1 cm.

5ºC 36. Urin = .• • • • • • • • • • • • • Luka dinding rahim dijahit Lapisan I : dijahit jelujur pada endometrium dan miometrium Lapisan II : dijahit jelujur hanya miometrium saja Lapisan III : dijahit jelujur pada plika vesikouterina Setelah dinding rahim selesai dijahit kedua adneksa dieksplorasi Rongga perut dibersihkan dari sisa darah Peritoneum dijahit dengan chromic secara simpul Fascia dijahit dengan Asscryl secara jelujur Subkutis dijahit dengan monosin secara simpul Kulit dijahit dengan monosin secara subkutikuler Luka operasi dibersihkan dengan alkohol 70%.30 07. ditutup dengan lomatuelle. urin = 400cc 07. ditutup dengan kasa.00 TD 160/100 Nadi 88x/menit Suhu 36. dan terakhir ditempel dengan Hypavix Operasi selesai jam 06.5ºC RR 20x/menit Keterangan TFU 2 jari dibawah pusat.5ºC 36.45 150/100 150/100 150/100 81x/menit 87x/menit 87x/menit 36.15 07.50 WIB Observasi keadaan pasca operasi Keadaan umum Post Partum (TTV 2 jam) Jam 07.5ºC 21x/menit 20x/menit 22x/menit TFU 2 jari dibawah pusat.

00 WIB S O : Nyeri bekas operasi : kesadaran = compos mentis Keadaan umum : baik Tekanan darah : 150/100 mmHg RR : 24x/menit TFU : 2 jari dibawah pusat Perdarahan : 25 cc Mobilisasi (-) A P : P1A0 27 tahun.5ºC 22x/menit 20x/menit Follow up Hari Rabu. 5 jam post partum dengan inertia uteri primer. partus aterm.15 08.5ºC 36.6ºC . tanggal 16 agustus 2012 jam 07. tanggal 15 agustus 2012 jam 12. : tirah baring Infus RL + oksitosin 5U. 20 tpm Prenamia 1x 1 tab Asam mefenamat 500 mg 3x1 tab Ceftriaxone 1g 1x1 IV Nifedipin 10 mg 2x1 nadi : 83x/menit Suhu : 36.500 cc 08.00 WIB S O : Nyeri bekas operasi sudah mulai berkurang : kesadaran = compos mentis Keadaan umum : baik Tekanan darah : 130/90 mmHg RR : 24x/menit TFU : 2 jari dibawah pusat Perdarahan : 25 cc Mobilisasi (+) nadi : 83x/menit Suhu : 36. preeklampsia.45 140/100 140/100 90x/menit 90x/menit 36.6ºC Follow up Hari kamis.

2. preeklampsia.A P : P1A0 27 tahun. Disarankan untuk merencanakan kehamilan berikutnya dengan jarak interval yang tidak terlalu dekat. partus aterm. 5 jam post partum dengan inertia uteri primer. : tirah baring Prenamia 1x 1 tab Asam mefenamat 500 mg 3x1 tab Ceftriaxone 1g 1x1 IV Edukasi pasien 1. Prognosis Ibu: Ad vitambonam Ad functionambonam Ad sanationambonam Bayi: Ad vitambonam Ad functionambonam Ad sanationambonam . Disarankan unntuk tidak melakukan pekerjaan berat terlebih dahulu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful