. 2\ 3) b. Persyaratan Siswa Pelamar Siswa 5MA/5M|VMA/MA|( l<etas terakhir yang mengil<uti UN pada tahun 2013. termasuk sekotah Rl di tuar negeri. KETENTUAN UMUM DAN PERSYARATAN berdasarl<an penjaringan prestasi akademil< dengan menggunal<an nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya. Sekotah yang berhak mengil<utsertal<an siswanya dalam SNMPTN adatah sekolah yang mempunyai Nomor Pol<ol< Sel<olah Nasional (NPSN) dan yang mengisil<an data prestasi siswa di PD55. 2. Sekotah sebagai satuan pendidil<an dan guru sebagai pendidik diyal<ini setatu menjunjung tinggi kehormatan dan l<ejujuran sebagai bagian dari prinsip pendidil<an berl<aral<ter. Pada tahap pendaftaran ini siswa metal<ukan pemitihan PTN dan program studi sesuai dengan minat masing-masing dengan memperhatikan l<etentuan SNMPTN. yaitu tahap pengisian PDSS oteh sekotah dan tahap pendaftaran yang dital<ul<an oleh siswa. Ketentuan Umum a. Siswa yang berprestasi tinggi dan secara l<onsisten menunjul<l<an prestasinya tersebut layak mendapatkan kesempatan untul< menjadi caton mahasiswa di PTN. Siswa yang berhal< mendaftar dan disetel<si adatah siswa yang memitiki rel<am jejal< prestasi al<ademil< di PD55. Dengan demil<ian sel<olah diberi l<epercayaan merel<omendasi l<a n siswanya untu l< mendaftar. LATAR BELAKANG Perguruan tinggi sebagai penyetenggara pendidil<an setelah SMA/SMl(/MA/MAK menerima caton mahasiswa yang berprestasi al<ademil< tinggi dan dipredil<si al<an berhasil menyetesail(an studi di perguruan tinggi berdasarkan prestasi al<ademil< dan rekomendasi l(epata 5ekotah. Terdaftar sebagai peserta Ujian Nasionat (UN) 2013. Memperoleh rekomendasi dari Kepata Sel<otah. 1) 2) 3) 4) Memilil<i Nomor lnduk Siswa Nasiona[ (NISN) dan terdaftar pada PD55. Pendaftaran caton peserta SNMPTN ditaksanal<an melalui dua tahap. a. Tetah mengisi PDSS. Memitil<i prestasi al<ademil< di sekotah pada semua semester. C. SNMPTN merupal<an pota setel<si nasionaI b.A. d. B. Siswa petamar wajib membaca l<etentuan yang bertal<u pada masing-masing PTN di taman PTN yang dipitih. 1) Ketentuan Khusus Persyaratan Sekotah Sel<otah yang siswanya berhal< mengil<uti SNMPTN adatah: SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta. c. dan PTN 1. TUJUAN Memberikan informasi tentang persyaratan. siswa. tatacara. dan mekanisme pendaftaran SNMPTN l<epada sekotah. Tahap pendaftaran oteh siswa secara online merupal<an syarat utama untul< dapat diil<utl<an datam proses setel<si.

pitihan PTN. Untul< mendaftar SNMPTN. Siswa pelamar mencetak l(artu Bul<ti Pendaftaran sebagaitanda bukti peserta SNMPTN. dan pitihan program studi.ac. l(epata Sel<otah harus memberi rel<omendasi l<epada siswa yang sudah mendaftar SNMPTN. menggunakan NlSN dan password. dan 5.snm ptn. Siswa memperoleh password pendaftaran dari kepata sel<otah d> Siswa mengisi formutir . Petamar program studi itmu seni dan l<eolahragaan harus mengunggah portofotio atau dol<umen bukti keterampitan yang diisi oteh Kepata Sekotah dan/atau siswa menggunakan instrul<si yang dapat diunduh pada tama n http://snmptn.id ffi f. serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dol<umen prestasi tambahan. ta di PD55.id.ac. pencatatan nitai mata petajaran disesuail<an dengan sistem semester dan didistribusil<an l<e semester 3. loginl<e laman http://snmptn.id ffi Y Proses seleksi di PTN & Memasul<l<an PIN Bidik Misi (jil<a peserta Bidik Misi) Y Pengumuman hasiI seleksi . 6. Siswa petamar harus membaca dan memahami seturuh l(etentuan yang bertaku pada PTN yang al<an dipitih.ac.yang diberikan oteh Kepata Sekotah pada wal<tu verifikasi da- 1.ac. 4 5.4.D. 2. pendaftaran SNMPTN http://www. . Siswa Petamar mengisi biodata. harus mengil<uti prosedur beril<ut ini: Siswa Petamar.snmptn. Hasit proses penyesuaian harus dituangkan datam Surat l(eterangan yang ditandatangani l(epata Sekotah untul< keperluan proses registrasi apabita diterima. Untuk l<etas al<seterasi dan sekotah yang menggunakan Sistem l(edit Semester.ff w tr Y l(epata sekotah memberil<an rekomendasi untuk pendaftaran siswa http://www. TATA CARA PENDAFTARAN SNMPTN Pada dasarnya semua siswa ketas terakhir yang mengilcuti UN pada tahun 201g berhak mendaftar SNMPTN. 3.id untul< metal<ul<an pendaftaran.

FROGRAM STUDI DAN JUMLAH PILII{AN 1. yang diberikan oteh Kepala Sekotah pada waktu verifikasi data di PDSS. login ke laman hftp:. F.--"**" ---. 4.ac.ae.ac. Data OrangTu6R&Bli e@r** r*. Urutan pitihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pitihan. Siswa Petamar menggi:nakan N|SN dan password. er*i:ore if i '@!b-* tu&is A4h . PANDUAN PENDAFTARAN Panduan rinci pendaftaran siswa dapat diunduh metatui doc.h .d.f/snmptn.a betum terdapat PTN pada provinsi asalnya. Setiap siswa petamar dapat memitih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN yang diminati.:l r--.E. Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2013 dapat ditihat pada laman http://snrlptn.id u ntuk metakukan pendaftaran.--. Siswa Petamar mengisi biodata.* F"n*eB i:l . 3.*s+ +**.id se[ama periode pendaftaran. Apabita memitih satu pTN.id 1. tusbtuxtu J:#s 'M@" "!'i3. Siswa petamar dapat memitih sebanyak-banyaknya dua program studi yang diminati pada setiap PTN. Logln 5lswa @ 2. rq*+ FeF$b . maka PTN yang dipitih dapat berada di provinsi mana pun. Apabita memitih tebih dari satu PTN.snmptn. 2.l . maka satah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asatnya. trs o' i-l I. atau dari provinsi terdekat bil. G.-?. BIAYA PENDAFTARAN Siswa petamar tidak dikenai biaya pendaftaran.

Pilr Ptognm Stdl llltr* PIil mhrn {.::lltryt E .!clrJ .qr*rfi:#o.Ksfimasi sisw.iF 6k &* tur mb sf k& **ry@ 3.:il#*sgun$\A$htu.r.fil#ntuln **r.. Siswa Pelamar mengisi pitihan PIN dan pitihan program studi. Unggrh Foto Siswa @r*dinrs. Aras Date . 4rFl* b-l Plft Progm Stld r:tri Pl}{ PSih$ lF2 Siswa PetanQi rdengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru. o*St S*r @& d bi@ h. Foto Sisa :*** f-f. .l yrng Diberllcn d 6q@ {@m dk€ r*n{.d rery*a & tq..

e gFffirtrU'.ac.*FffidmEq fril .ah harus memberi rekomendasi kepada siswa yang sudah mendaftar SNMPTN.an strMffi.kF.Petamar program studi itmu seni dan keolahragaan harus mengunggah portofolio atau dokumen bukti keterampitan yang diisi oteh Kepata Sekotah dan/atau siswa menggunakan instruksi yang dapat diunduh pada taman http://snmptn. 1!\ IE KARTUTANDAPEsERTA SNMFTN 2Ol3 ar2qni!6 D{b wffi ffi smM rea@ffi 1..id. siswa pelamar mencetak Kartu Peserta SNMPTN 2013. .ffiffi 1m affii frttsrffrt 9ttqFf.d|ntF tuLda G. l(epata Sekol. WAKTU PENDAFTARAN Pendaftaran ditakukan secara onlinesejak tanggat 1 Februari sampai dengan 8 Maret 2013.eHqrtutlnt ffiCffituFqmMftq. 7.5f!a.ffiffi t. 6.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful