Beladiri untuk Kaum Muslimin

Bismillaahi aktubu, - Hantamkan anggota tubuhmu ke musuh agama Allahu Subhaanahu wa Ta’ala dan kebaikan dari-Nya. Dalam memukul, sebelum melemparkan pukulanmu kepadanya, relakskan seluruh tubuhmu, kemudian gunakan koordinasi antara pinggang, sikut dan kepalan. Kepalan tangan hendaklah dikencangkan sekeras mungkin hanya sesaat sebelum benturan.
-

Anggap pertarungan ini adalah pertarungan terakhir. Seorang Muslim harus senantiasa takut hanya, hanya kepada Allahu Tabaraka Ta’ala seorang.

- Kejelekan tidak seberapa berpengaruh untuk memusuhi dan menyembunyikan kebenaran. Sedangkan, kebaikan sangat berpengaruh besar terhadap kebenaran.
-

Seorang Muslim dapat menerima keadaan dengan lebih baik sebagai awalan dalam melangkah ke dalam apapun.

- Untuk Jihad Fii Sabilillah dan nahi Munkar. Cemburu terhadap hal buruk yang dilakukan saudara (Muslim) dan boleh iri (yang baik) untuk hal baik yang dilakukannya. Hanya pada Shadaqah dan - Seorang Muslim menyerang karena berkeyakinan ”Anda telah menyelisihi tujuan dari penciptaan Allahu Tabaraka Ta’ala terhadap antum.” Jadi dia akan melakukan yang berlawanan dari mengapa tubuh lawannya itu diciptakan oleh Allahu ’Azza wa Jalla. Untuk semua serangan dan pertahanan, relakskan dulu seluruh anggota tubuhmu termasuk leher dan kepalamu, untuk kemudian menyerang. Demikian juga pada saat jeda antar serangan.
-

Memindahkan berat badanmu sepenuhnya dibalik setiap serangan dan bertahan berguna untuk dilanjutkan ke Ground fighting (pertarungan di

Lakukan gerakan yang sangat lurus ke depan lalu lanjutkan ke gerakan memutar. - Apabila datang saatnya antum memerlukan hindaran-hindaran saja. lalu manfaatkan untuk serangan berikutnya.Lakukan sapuan kaki belakang dengan bermacam variasi. . lebih jinjitkan lagi kaki poros tsb lalu pegaskan kaki poros tsb dan sampaikan tendanganmu ke sasaran.tanah). . dapat dilanjutkan ke serangan yang digerakkan ke depan secara lebih eksplosif ke depan. Bila lawanmu melompat. bila lawanmu menuju ke kiri maka Ia dapat dapat diserang dari arah dimana gerakanmu menemuinya kemana Ia bergerak. . dan berpindah ke kiri depan atau kanan depan. Lakukan gerakan yang memutar dan menyamping. . maka antum harus membuyarkan konsentrasinya terhadapnya.Lakukan banyak Infighting (gerakan dari jarak sangat dekat) dengan cara menempel dan menarik lawan ke arahmu. . . Lalu lanjutkan dengan gerakan lain sebagai follow up. maka Ia butuh waktu untuk mendarat. lalu lanjutkan ke gerakan lurus. Dan menskor dengan serangan lain. Apabila lawan memfokuskan dirinya ke beberapa anggota tubuhmu. Bertahan ialah dengan menarik lawan ke tanah dengan seluruh berat badanmu.Mencondongkan tubuhmu ke depan dan juga kepalamu. Dan untuk menendang ke depan. - . maka terdapat gerakan dengan menggunakan langkah-langkah kaki.Maju terus ke arah lawan.Keluarkan tanganmu untuk menangkap tangan lawan dan tariklah lawan ke arahmu. .Menjinjitkan kaki belakang dapat dilakukan sembari melangkah.

Sekali lagi ini untuk gerakan tanpa henti tsb. Dan apabila terlalu banyak menendang itu. dapat kita lanjutkan ke gerakan memutar searah dengan gerakan tsb dan meluruskannya. Maka.Setiap menendang atau melangkah ke depan atau kemana saja. sehingga antum memiliki banyak kapasitas Oksigen. .Hirup napas sebanyak mungkin dengan cukup perlahan. ialah bahwa gerakan memutar merupakan cara untuk memulihkan dan melenturkan anggota badan tsb. hendaknya antum gerakkan tanganmu ke luar dan dengan membuka serta dengan menempatkannya di samping tubuhmu hampir selevel 2 ginjalmu. tendanglah kulit Sansak tsb. ketika kaki akan mendarat. karena ini memudahkan untuk menyalurkan dan mengkonsentrasikan seluruh udara ke Diafragm bagian lebih bawah dan memenuhi seluruh kapasitas udara yang dapat dimasukkan ke dalamnya. Kemudian antum dapat menyerang dengan tanpa berhenti. . siapkan dirimu dengan menendang Sansak. akan mengurangi kecepatan. cukup perlahan. Antum dapat berjongkok. Intinya. saat suatu gerakan sedang akan berhenti.Kunci untuk gerakan yang mengalir adalah siapkan dan mulai gerakan selanjutnya.Membentur sesuatu akan menghabiskan banyak dari tenagamu.Merendahkan kuda-kuda sedikit akan memberikan potensi lebih untuk memegaskan kaki penopang untuk melakukan gerakan yang lebih eksplosif (meledak). langsung mengalir ke gerakan lain. - . tangan dan tentu ini memengaruhi organorgan internal serta Stamina. Maka. Bila ingin lebih terbantu. . - Lalu antum hendaknya melakukan gerakan semacam Tai Chi Chuan yang melibatkan kaki. . pinggang. Ini menenangkan anggota tubuh bagian luar pula yang habis dipakai bergerak pula. sesudah melakukan gerakan menyerang memutar. Jadi. Cara memulihkan diri dari setiap serangan adalah dengan memutarkannya setelah serangan selesai dibuat.

maka tinggal menutup bagian wajah atau badan setelah tangan yang direntangkan tsb selesai dengan gerakannya. Ketika melakukan tendangan.Setiap mengalami kecapaian. bisa dengan menangkis hanya sesaat ketika serangan lawan akan menyentuh tubuhmu.Yang harus dimengerti dan dihayati ialah bahwa ketika kita memposisikan kedua tangan di tengah tubuh. - Cara menahan serangan ke kepala ialah dengan mendekatkan dagu kepada bahumu yang di depan. jadi bahu depan dan dagu masing-masing bertemu setengah jalan. senantiasa lakukan latihan kelenturan. Gunanya agar tubuh lebih seimbang dan lebih enak dirasa oleh badan.Gerakan mengalir digunakan untuk mengerahkan tenaga yang disalurkan secara lebih cepat di ujung suatu serangan. antum hendaknya mengeksplosifkan gerakan menangkis tsb dengan sembari mengaplikasikan berat tubuhmu di balik setiap gerakan menangkismu. . Yang harus dimengerti dan dihayati ialah bahwa seni dari menangkis ialah dengan menangkis terlambat. jangan lupa merentangkan tangan belakang. . maka antum bisa menggerakkan kakimu ke atas untuk membloknya secara lambat kemudian di ujung gerakan tsb.Sebelum berolah raga. yaitu dengan mendekatkan keduanya dengan tidak terlalu rapat. - Juga. itu berarti lebih memungkinkan untuk membukakan berbagai kombinasi dari kedua tangan tsb secara lebih mudah dan siap sedia. . Memang ini akan menciptakan keterbukaan terhadap serangan lawan. bila sudah ketahuan bahwa lawan akan menyerang bagian kakimu.- Yang harus dimengerti dan dihayati ialah bahwa ketika antum mendekatkan tangan-tanganmu ke arah tubuhmu. Jadi. segera laksanakan gerakan Tai Chi Chuan. Lakukan latihan Fleksibilitas dengan cara: . sedangkan dagu digerakkan ke bawah. Bahu depan digerakkan sedikit ke atas. - . itu dimaksudkan untuk melindunginya dengan tidak membuatnya terlalu capai.

Misalnya: Gerakkan tanganmu dengan ayunan-ayunan tertentu. Contoh: melakukan Push Up selama 1 menit sebanyak mungkin.Yang pertama kali harus diketahui adalah untuk mengetahui reaksi lawan. Misalnya: Lakukan gerakan mengayun ke dalam sebelum bergerak semacam Hook. Laksanakan gerakan tsb dengan time factor (selalu gunakan atribut waktu sebagai penentu). maka gunakan penyaluran berat badan secara penuh dalam tiap serangan disertai dengan gerakan pinggang bagian bawah serta pivot kaki poros.Lakukan gerakan awalan yang mirip dengan gerakan yang akan dilakukan untuk menyerang. sehingga lawan menyerah. .Dalam melakukan Arm Bar. lalu memukul sembari di tengah-tengah gerakan tsb. pengimobilisasian (mengunci gerakan). - Sifat dasar alami dari tangan kiri seorang yang normal ialah bahwa itulah yang digunakan untuk melaksanakan pukulan-pukulan jarak pendek dalam frekuensi tinggi dan beruntun (rapid). Umumnya melibatkan dorongan.Menyeranglah dalam keadaan sembari bergerak. .Dalam gerakan yang lebih lambat atau yang menggunakan alat serang yang lebih lembut. .Tiada ahli beladiri yang sukses bila tanpa melaksanakan Weight training (Fitness). . gunakan tulang kering kaki (disilangkan ke paha kaki yang lain) untuk melakukannya pematahan tsb. . bukan dengan sebentar saja. . . tekanan atau cubitan.Melenturkan tiap otot 1 menit atau lebih. Memang gerakan yang lebih lambat ini bisa lebih menyepelekan lawan daripada jenis gerakan lainnya.

posisikan kaki penopang tsb (kanan bila kuda-kudanya kanan depan) atau kiri bila kuda-kudanya kiri depan ke luar. Untuk tendangan yang memakai lompatan yang rendah. apa reaksi lawan? . apa reaksi lawan? Dengan melakukan serangan “maksud kedua. maka dilakukan tanpa menjinjitkan kaki poros. Sedangkan gerakan eksplosif (meledak) dilakukan di tempat.Misalnya: Dengan menjab.Sifat dasar dari gerakan oleh tangan atau kaki atau bahu belakang secara memutar (rear spinning). sehingga kaki depannya dengan kaki belakangnya berbentuk huruf L. - Langkah kaki yang rapid dan pendek adalah untuk gerakan eksplosif yang beruntun. . Tehniknya dalam kenyataan: Akan menendang dengan kaki belakang kiri. taruh kaki yang menjadi poros lebih ke luar. . apa reaksi lawan? Dengan memukul rendah.Untuk tendangan belakang melingkar ke dalam yang lebih kuat.” seperti tendangan memutar belakang. - Untuk serangan menggunakan tendangan biasa. .Gerakan dilakukan mengalir agar dapat dilakukan sembari berpindah tempat. Poros untuk tendangan belakang melingkar tsb ditaruh sedikit agak ke luar. sedangkan langkah kaki yang panjang untuk gerakan yang mengalir. kemudian mengalir menggunakan langkah-langkah panjang untuk menyerang lawan yang telah menjauh darinya.Langkah pendek-pendek dan rapid digunakan untuk Infighting. Bukan lebih kepada meledakkan tenaganya (yang eksplosif). Sedangkan untuk tendangan yang dilakukan dengan melompat. . adalah dengan mengalirkan gerakan tsb. tendanglah bagian kaki. pada saat suatu serangan telah dibuat. jinjitkan kaki poros.Sesudah menendang ke arah kepala. kakinya tsb harus sampai dulu sebelum kaki porosnya merendah. .

. Ini bisa dilatih dengan Wrist roller. Kakato Otoshi/Bachagi (tendangan kapak) dilanjutkan dengan Grappling. Contoh: Suatu Hook kanan depan dilanjutkan dengan Back fist.Lebarkan kuda-kuda ke belakang dengan memindahkan beratnya ke kaki belakang lalu langsung memegaskan kaki belakang tsb ke depan. Jembatani gerakan memukul dengan tendangan ke kaki lawan. Yakni menggunakan antisipasi terhadap serangan lawan dalam jarak yang dipilih lawan sendiri. sesudah ada tendangan kaki depan.Tendangan belakang dilakukan sesaat ujung kaki depan mendarat di tanah.Untuk melawan petinju. antum bisa menggerakkan kaki depanmu ke kaki lawan. - Hentakkan pergelangan tangan yang mengarah ke bawah. sedikit ke arah atas pada saat memukul. Begitu juga dengan tendangan melawan tendangan. Ini taktik. Tinju melawan Grappling. . Jembatani gerakan tendangan dengan gerakan menggraple lawan. - Kerahkan serangan antum dengan menggunakan rentangan jangkauan sepenuhnya. Lalu setelah antum merentangkan pukulan lurus dengan menggunakan seluruh pinggang dan merentangkan kaki poros ke depan misalnya. Kakato Otoshi/Bachagi (tendangan kapak) dilanjutkan dengan tendangan rendah sembari merebah miring ke tanah. lalu bergeraklah ke arah lainnya. Daripada hanya menggunakan beladiri menendang. dan dengan mencondongkan dada atau sisi tubuh ke depan. . - . untuk menghindar.Follow up (lanjutkan) suatu serangan dengan suatu serangan yang menggunakan aliran yang alami. Aikido. yaitu: menggerakkan pergelangan tangan ke atas sembari memegang Dumbell.Majulah kepada lawan. kita bisa menggunakan beladiri Grappling seperti Hap Ki Do.. .

dan kasih sayang dari Allah dan keberkahan dari-Nya agar dicurahkan kepada kalian). Assalaamu ’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh (Semoga kedamaian. sehingga cepat mendarat sesaat sesudah pukulan sampai. Cara memukul yang cepat dan kuat adalah dengan merendahkan kuda-kuda (di lutut). kesejahteraan dan keselamatan dari segala aib bagi manusia.- Grappling (merapatkan anggota tubuhmu) kemudian dapat dilanjutkan ke kombinasi yang cepat dan pendek. kemudian sebelum kaki depan menyentuh tanah. Maka melakukannya adalah dengan memegaskan kaki depan sehingga kaki tsb menegak dan mencapaikan pukulannya ke targetnya sebelum kaki depan tsb mendarat ke tanah. Assalaamu manit taba’al huda (Semoga kedamaian. - Ini sama dengan gerakan memukul dengan tanpa melangkah ke depan. . kesejahteraan dan keselamatan dari segala aib bagi manusia bagi yang mengikuti petunjuk). kemudian memegaskan kaki belakang agar tubuh berpindah ke depan. saya memegaskan kaki depan saya.