You are on page 1of 5

Laporan Awal RBL Fisika Semester I Jembatan Stik Es Krim

Dosen Pembimbing : DR. rer.nat. Linus Ampang Pasasa

Kelompok 8 :
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. Raras Handwiyanto Muhammad Zainul Alim Naufal Abyan Della Devita Jeihan Sumawi Putra Yan Januardi Edy Agus Mulyono David Marchio Purba 16711353 16711358 16711363 16711368 16711373 16711378 16711383 16711388

INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG 2011-2012
1

Secara matematis.  Menjelaskan bahwa sebuah benda yang sedang diam akan tetap diam kecuali ada resultan gaya yang tidak nol bekerja padanya. Hukum Newton I menyatakan bahwa jika resultan gaya (jumlah vektor dari semua gaya yang bekerja pada benda) bernilai nol. Kesetimbangan Benda Tegar. Momen Elastisitas. r adalah vektor dari axis putaran ke titik di mana gaya bekerja F adalah vektor gaya. dikalikan dengan jarak dari titik tengah benda. sehingga tidak ada percepatan linier yang terjadi pada pusat massanya dan sumbunya ( a = 0 dan α = 0 ). Torsi atau momen gaya merupakan gaya yang bekerja pada benda. maka percepatan benda tersebut nol. yaitu Hukum Newton I. tidak ada percepatan sudut yang dialami oleh benda tersebut yang menyebabkan benda berputar pada 2 . Sebuah benda akan tegar /tetap diam jika jumlah gaya dan torsi total yang bekerja pada benda tersebut sama dengan 0 atau dapat dituliskan : ∑ F = 0 dan ∑ ∂ = 0. dan Momen atau Torsi Gaya. 30 November 2011 Teori Dasar Penahan beban dari batang stik es krim ini pada dasarnya menggunakan prinsip dasar . perumusannya dituliskan : ∂=rxF di mana.Laporan Awal RBL Fisika Jembatan Stik Es Krim Diujikan pada Rabu. Benda tegar merupakan benda yang setiap titik pada benda tersebut tidak berubah jaraknya dengan titik yang lain apabila dikenai gaya dari luar.

Dalam persamaan matematis modulus elastisitas ditulis sebagai: Dimana = modulus elastisitas stress : gaya pulih yang disebabkan oleh deformasi dibagi luas daerah dimana gaya itu bekerja. Stik es akan lebih mudah patah bila dilengkungkan daripada bila ditarik atau ditekan. 3 .Modulus elastisitas adalah nilai kecenderungan suatu bahan untuk berdeformasi ketika dikenai suatu gaya luar. Strain : ratio perubahan pada object yang disebabkan oleh stress. Salah satu bentuk itu adalah segitiga samasisi. Selain itu diperlukan juga penambahan lengan-lengan dari kaki jembatan agar beban lebih tersebar merata sepanjang jembatan. Karena bentuk tersebut dapat membuat gaya yang bekerja pada stik menjadi hanya gaya kompresi dan tensi dan juga menyebarkan beban keseluruh sisinya. Jadi untuk membentuk suatu jembatan yang kuat dibutuhkan suatu bentuk yang dapat meratakan gaya berat yang diberikan beban pada jembatan.

sehingga efisiensi bahan terpenuhi. kami menyadari pula bahwa tentulah jembatan kami masih belum sempurna berhubung keterbatasan ilmu dan pengalaman yang kami miliki. Dan hampir seluruh komponen stik es krim jembatan kami masing-masing memiliki fungsi tertentu yang berkaitan satu sama lain untuk menopang jembatan. 4 . Untuk itu. Namun. saran & kritik tentu akan bermanfaat untuk di masa yang akan datang.Kesimpulan Jembatan kami telah mampu menahan beban sebesar .

5 .