BAB 1 PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Manusia sebagai makhluk sosial sangat membutuhkan orang lain dalam hidupnya. Saling ketergantungan ini dapat terjalin secara baik jika terjadi komunikasi yang baik. Dalam kehidupan sehari-hari, setiap orang tidak dapat dilepaskan dari dunia komunikasi, mulai dari bangun tidur hingga akan tidur kembali. Begitu pentingnya komunikasi dalam hidup manusia, maka Harold D. Lasswell mengemukakan bahwa fungsi komunikasi antara lain supaya manusia dapat mengontrol lingkungannya, beradaptasi dengan lingkungan tempat mereka berada serta melakukan transformasi warisan sosial kepada generasi berikutnya.

Komunikasi yang dilakukan setiap orang berbeda-beda cara dan tujuannya. Verdeber menyatakan, ada empat tingkatan tujuan seseorang berkomunikasi. Pada tingkat sosial yang pertama, orang berkomunikasi untuk kesenangan belaka. Pada tingkat sosial kedua, orang berkomunikasi untuk menunjukkan keterkaitannya dengan orang lain. Pada tingkat sosial ketiga, orang berkomunikasi untuk membangun dan memelihara hubungan. Sedangkan pada tingkat sosial yang keempat, orang berkomunikasi untuk menegaskan hubungan-hubungan mereka.

Untuk mencapai tujuan di atas, ada berbagai tipe komunikasi yang dapat dilakukan, antara lain komunikasi dengan diri sendiri, komunikasi antar pribadi, komunikasi publik, dan komunikasi massa. Komunikasi dengan diri sendiri akan membantu seseorang untuk memahami dan mengendalikan diri, serta meningkatkan kematangan berpikir sebelum bertindak atau mengambil keputusan. Sementara komunikasi antar pribadi mendorong terjadinya pertukaran pengalaman atau pengetahuan dan membantu menghindari serta mengatasi konflik dengan orang lain. Komunikasi publik berfungsi untuk menumbuhkan semangat kebersamaan atau solidaritas, memperngaruhi orang lain, mendidik, dan menghibur. Sedangkan komunikasi massa berfungsi untuk menyebarluaskan informasi, meratakan pendidikan bahkan dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.

1|Nokia Corporation

Kegiatan komunikasi yang dilakukan dapat menggunakan berbagai media komunikasi yang ada, baik media komunikasi nonelektronik atau konvensional maupun media komunikasi elektronik. Media komunikasi nonelektronik antara lain penggunaan bahasa lisan, bahasa isyarat/bahasa tubuh, dan aneka media komunikasi yang menggunakan kertas (aneka macam surat menyurat, surat kabar, majalah, dan tabloid). Sedangkan media komunikasi elektronik, antara lain media audio-visual (televisi), intercom, internet (situs Web dan electronic mail), teleconference, video conference, telepon biasa, dan telepon genggam / seluler (handphone).

Kurangnya komunikasi sangat berpengaruh penting pada kesehatan jiwa atau mental seseorang. Menurut para psikolog, seseorang yang kurang komunikasi terutama dalam kehidupan bermasyarakat, akan mudah terkena gangguan kejiwaan atau depresi, kurang percaya diri yang kemudian menyebabkan seseorang merasa terisolasi dari lingkungan tempat ia berada.

Sehubungan

dengan

kemajuan

teknologi,

maka

berbagai

cara

untuk

berkomunikasi pun turut mengalami perubahan. Sistem komunikasi semakin berkembang setelah ditemukannya telepon. Namun, telepon mempunyai satu kelemahan yaitu tidak dapat dibawa kemana-mana. Keterbatasan inilah yang kemudian melahirkan sebuah inovasi telepon tanpa kabel atau yang populer dengan sebutan handphone.

Di zaman yang serba modern ini, handphone telah menjadi kebutuhan wajib setiap orang untuk berkomunikasi. Berbeda jauh dengan masa lampau ketika pertama kali diciptakannya handphone, pada waktu itu produksi handphone masih sangat terbatas karena masih dianggap sebagai barang mewah yang hanya dapat dibeli oleh masyarakat berpenghasilan tinggi.

Kemudahan dalam menggunakannya, membuat pengguna handphone dari tahun ke tahun semakin meningkat. Apalagi dengan fitur-fitur yang semakin canggih, semakin memanjakan penggunanya. Melalui sebuah handphone, orang dapat menikmati hiburan dalam genggamannya, mulai dari mendengar lagu, menonton film,

2|Nokia Corporation

melihat siaran berita, dan yang paling penting dapat berkomunikasi dengan jangkauan yang luas.

Sehubungan dengan penggunaan handphone yang semakin meningkat, salah satu produk handphone yang banyak diminati oleh masyarakat adalah Nokia. Nokia termasuk salah satu perusahaan ponsel terbesar di dunia. Pada rentang waktu tahun 1990 sampai 2000-an, Nokia begitu merajai pasar ponsel dunia. Begitu kuatnya brand Nokia di semua segmen, sehingga banyak orang menobatkannya dengan istilah “Ponsel Sejuta Umat”. Melalui slogan yang diusungnya yaitu “Connecting People”, Nokia memang benar-benar memahami kebutuhan masyarakat akan alat komunikasi yang mudah dan canggih serta mampu menjangkau semua orang dimanapun berada. Perusahaan yang berkantor pusat di Finlandia ini menguasai hampir semua sektor dan kelas ponsel, bahkan sampai kelas smartphone.

Kejayaan Nokia merajai pasar ponsel Indonesia ini hanya berlangsung selama beberapa tahun. Hadirnya pesaing-pesaing baru dalam industri ini, sedikit demi sedikit mulai menggeser kedudukan Nokia di pasar Indonesia. Puncaknya, kejayaan Nokia mulai menyurut sejak hadirnya Blackberry besutan RIM dan ponsel berbasis Android.

1.2 Rumusan Masalah  

Apa yang menjadi penyebab runtuhnya produk-produk Nokia di pasaran ? Apakah intervensi yang tepat untuk mengembalikan kejayaan Nokia ?

1.3 Tujuan Penelitian

Adapun yang menjadi tujuan penelitian pada penyusunan tugas akhir semester ini adalah untuk mengetahui dan membahas masalah-masalah yang menjadi penyebab runtuhnya produk Nokia di pasaran Indonesia.

3|Nokia Corporation

1.4 Manfaat Penelitian

Manfaat yang dapat diperoleh penulis dari hasil penelitian melalui laporan tugas akhir semester ini adalah :

a. Bagi Penulis 1. Sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan mata kuliah Systems Thinking, Jurusan Manajemen Bisnis, Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Petra 2. Untuk meningkatkan wawasan serta pengetahuan mengenai penyebabpenyebab runtuhnya produk Nokia di pasaran

b. Bagi Perusahaan Dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil langkah tepat di dalam memajukan perusahaan pada masa akan datang.

c. Bagi Peneliti Lain Dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan dan informasi bagi rekan-rekan yang akan melakukan penelitian pada masa yang akan datang.

4|Nokia Corporation

tetapi semua yang sistemik pasti sistematik. atau prosedural. Kekhasan System Thinking Kekhasan dari system thinking adalah kemampuan untuk memaksimalkan dua sifat yaitu Komprehensif dan Koheren yang kemudian menciptakan suatu sifat Simplex (simplicity complex). 1996) adalah sebuah proses berpikir bukan hasil. Sifat Koheren Sifat ini berarti ada hubungan sebab akibat atau ada saling keterkaitan. yaitu : a. System thinking (Copra. dapat dikatakan bahwa tidak semua yang sistematik itu sistemik. Sistem sendiri bersifat sistemik bukan sekedar sistematik. b. Jika salah satu dari sifat ini hilang. berurutan. System Archetypes. digunakan tiga landasan teori sebagai sarana untuk menganalisa dan membatasi pembahasan permasalahan yang ada agar tetap fokus dan terarah. Sifat Komprehensif (menyeluruh) Sifat ini berarti setiap atau semua elemen yang membentuk sistem dipertimbangkan. Dari penjelasan diatas. 2. lain halnya dengan sistemik. dan Ice Berg Phenomenon. 5|Nokia Corporation . Landasan teori ini meliputi pengenalan tentang System Thinking. Kuncinya adalah pengenalan akan kompleksitas dan independensi dari suatu lingkaran siklus.1 Pengertian System Thinking System thinking erat kaitannya dengan sebuah sistem. Sistemik lebih kompleks lagi karena menyangkut dua sifat. Bila sistematik mempunyai makna bertahap. maka seakan-akan sistem itu tidak ada atau tidak teridentifikasi karena sistem menjadi tidak sempurna.BAB II LANDASAN TEORI Dalam pengerjaan laporan penelitian ini.

Jika organisasi tidak sadar terhadap proses “delay” tersebut. causal-loop diagram yang menggambarkan system thinking keputusan tersebut perlu dibuat. bahkan bisa saja berbalik menjadi akselerasi kehancuran. maka organisasi pada akhirnya terpaksa harus melakukan lebih banyak aktivitas korektif dari yang dibutuhkan atau terkadang menyerah karena gagal melihat kemajuan yang sedang mereka buat. Shifting the Burden Solusi jangka pendek yang biasa digunakan untuk koreksi persoalan dengan hasil langsung yang tampaknya positif. sedangkan pelambanan terjadi akibat munculnya aktivitas penyeimbangan (balancing process) yang hadir sebagai batasan (limiting condition). 1. Peter Senge (1994) membagi kemungkinan causal-loop diagram yang terjadi ke dalam 10 systems archetypes yang disebut pula sebagai struktur generik. Balancing process with delay Organisasi menyesuaikan perilaku mereka untuk merespon umpan balik yang terlambat (delayed feedback). Limits to Growth Sebuah proses yang merangsang organisasi untuk menghasilkan suatu periode akselerasi pertumbuhan (ekspansi). Pada gilirannya. solusi jangka pendek yang bersifat simptomatik tersebut akan menghilangkan kemampuan untuk menyelesaikan persoalan fundamental dan berjangka panjang. Pertumbuhan terjadi akibat adanya proses umpan balik yang searah (reinforcing feedback). maka koreksi yang lebih fundamental dan berjangka panjang semakin jarang dilakukan. Seiring dengan penggunaan koreksi ini secara terus menerus. 3.2. 6|Nokia Corporation .2 Systems Archetypes Untuk menjamin agar suatu keputusan dapat diimplementasikan dengan baik. Pertumbuhan ini dapat melamban dan pada akhirnya berhenti. 2.

tetapi intervensi solusi dilakukan oleh pihak eksternal. Tragedy of the commons Individu yang memanfaatkan resources hanya berbasis pada kepentingan individu. Succes to the successful Dua aktivitas yang bersaing untuk memanfaatkan atau memperoleh resources yang terbatas. Pada mulanya mereka dihargai karena telah memanfaatkan resources tersebut. Eroding goals Seperti struktur shifting the burden. tetapi pada gilirannya hasil yang diperoleh semakin sedikit sehingga upaya untuk memperolehnya semakin ditingkatkan sampai akhirnya seluruh resources habis terpakai. 8. dimana solusi jangka pendek menyebabkan sasaran jangka panjang dan fundamental menurun. pihak internal tidak pernah memperoleh peluang untuk menyelesaikan persoalan sehingga kemampuannya di bidang problemsolving semakin tumpul. Resources ini secara umum tersedia tetapi sebenarnya terbatas. Escalation Kondisi dimana dua pihak yang saling tergantung membasiskan aktivitasnya pada reaksi (dalam bentuk defensif) terhadap apa yang dilakukan pihak lainnya (yang dipersepsi sebagai ancaman). 7. 6. Akibatnya. semakin banyak support yang diperoleh yang kemudian menyebabkan pihak lainnya menjadi kehabisan sumber. Shifting the burden to the intervenor Mirip dengan struktur shifting the burden. 7|Nokia Corporation . 5. Semakin berhasil suatu pihak. Struktur ini akan menghasilkan tindakan reaktif dan saling membahas sehingga persoalan menjadi semakin meruncing.4.

10. Growth and underinvestment Model peningkatan kapasitas suatu sistem yang dengan sengaja menurunkan standar kinerja sebagai alasan pembenar dilakukannya investasi yang rendah di bidang tersebut. konsep gunung es mengajak kita untuk bergeser dari gaya berpikir yang menekankan perhatian pada peristiwa menuju respon yang berorientasi lebih dalam. seperti konsep gunung es. yaitu struktur penyebab persoalan tersebut. 8|Nokia Corporation . Hal ini akan berakibat terjadinya sasaran yang lebih rendah. Fixed that fail Suatu solusi yang efektif pada jangka pendek namun gagal melihat konsekuensi jangka panjang. 2. akan menyebabkan “kecanduan” pada solusi jangka pendek tersebut.3 Iceberg Phenomenon Cukup banyak nilai dari system thinking yang berasal dari kerangka yang dapat mendorong terjadinya upaya terus menerus untuk melihat persoalan dari cara-cara baru.9. dan kinerja yang lebih rendah. Pada gilirannya. Pada prinsipnya.

dan perusahaan ini paling dikenal lewat produk-produk telepon genggam untuk seluruh pasar utama. Ketiga perusahaan ini resmi bergabung pada tahun 1967 dan mendirikan Nokia Corporation.1 Sejarah Nokia Corporation adalah produsen peralatan telekomunikasi terbesar di dunia serta perusahaan terbesar di Finlandia. Berdirinya Nokia Corporation memiliki sejarah sebagai berikut : Abad pertama Nokia (1865 – 1971) Sebelum menjadi sebuah perusahaan yang terkenal.BAB III ISI 3.1. dan pembangkit listrik. Saat itu. kehutanan. Nokia memiliki lima bisnis yang terdiri dari karet. Finlandia. elektronik.1 Profil Perusahaan 3. kabel. Kantor pusatnya terdapat di Kota Espoo. sebuah perusahaan karet Finlandia yaitu Finnish Cable Works mengakuisisi perusahaan kabel Finlandia yaitu Finnish Rubber Works dan perusahaan kayu Nokia Ab. barat daya Finlandia. sejarah Nokia diawali sekitar tahun 1865 oleh Insinyur Pertambangan. 9|Nokia Corporation . Setiap bisnis memiliki direktur sendiri yang melaporkan kepada Presiden pertama Nokia Corporation. Bjorn Westerlund. Fredrik Idestam yang mendirikan pabrik pulp kayu pertama di Rapids Tammerkoski. Fredrik membuka pabrik kedua di tepi sungai Nokianvirta. Nama sungai ini mengilhaminya untuk menamai perusahaan keduanya tersebut dengan nama Nokia pada tahun 1871. Beberapa tahun kemudian. Setelah berakhirnya Perang Dunia I.

Bjorn Westerlund yang merupakan CEO dari Nokia Corporation. Setelah mengembangkan perusahaannya di bidang elektronik. didirikanlah sebuah divisi baru yang bergerak di bidang elektronik. menganggap bahwa perkembangan sektor kayu dan kertas akan terbatas. Lalu sekitar tahun 1992. Jorma Ollila membuat keputusan strategis yang penting yaitu memutuskan untuk fokus secara 10 | N o k i a C o r p o r a t i o n . televisi. Sepanjang itu. Perdana Menteri Finlandia. Nokia akan mengubah fokus produksinya pada keahlian di bidang telekomunikasi jika memang bidang tersebut memiliki masa depan yang baik. Revolusi ponsel dimulai pada tahun 1981 dengan diluncurkannya layanan Nordic Mobile Telephone (NMT). Harri Holkeri menciptakan teknologi panggilan pertama dalam dunia GSM menggunakan peralatan milik Nokia. Industri telepon mulai berkembang pesat hingga akhirnya Nokia memperkenalkan first car phones portabel pada tahun 1986.Awal Berdiri Pada tahun 1950-an. Nokia juga mulai melirik minat mereka dalam sistem telekomunikasi pada tahun 1963 yang diawali dengan dikembangkannya telepon radio untuk tentara dan layanan darurat. radio link. Nokia terus melakukan penelitian dan pengembangan di bidang elektronik selama 15 tahun. Masih pada tahun yang sama. Oleh karena itu. CEO baru Nokia. Nokia meluncurkan telepon genggam GSM digital pertama yaitu Nokia 1011. Mobira Oy sebagai pembuat telepon pertama mulai bekerjasama dengan Nokia dan Finnish Television Salora. banyak kegagalan yang mereka hadapi. dan analisa pertukaran telepon digital. Pada tahun 1991. Perangkat elektronik pertama yang pada saat itu tercipta dari Nokia adalah pulse analyzer yang dirancang untuk digunakan sebagai pembangkit tenaga nuklir. peralatan transfer data. Berpindahnya ke bidang mobile Perpindahan Nokia ke bidang mobile kira-kira terjadi sekitar tahun 1979.

Nokia saat ini Saat ini. Nokia meluncurkan ponsel pertama yang berkamera. kabel dan consumer electronics divisions pun secara bertahap dijual. Nokia meluncurkan telepon mobile pertama yaitu Nokia 7110 yang mendukung WAP.eksklusif pada manufaktur ponsel dan sistem telekomunikasi. Nokia selalu mendorong perusahaan mereka untuk selalu terdepan dalam hal research. Nokia pun kini menghadapi tantangan dari berbagai kalangan dan belahan dunia. Hal ini diwujudkan dengan menciptakan handset ramah lingkungan dan membuat skema ponsel daur ulang untuk membawa manfaat mobilitas ke pasar negara berkembang. dan kemudian meluncurkan Nokia 7650 dan Nokia 3650. Selama tahun tersebut. permainan Snake menjadi permainan yang paling terkenal di dunia permainan mobile yang disajikan dalam Nokia 6110. perusahaan Nokia menjadi pemimpin dunia dalam bidang ponsel. Pabrik karet Nokia. sebuah ponsel yang mempunyai kemampuan dasar berbasis fungsi web termasuk email. Perusahaan Nokia juga telah memastikan dalam hal diversifikasi dan segmentasi dari setiap produknya. Sekitar bulan November 2001. Nokia berkomitmen untuk menciptakan produk yang memiliki tanggung jawab sosial. Setelah fokus di dunia manufaktur ponsel dan telekomunikasi. Setelah itu pada tahun 1998. Nokia memperkenalkan produknya yang bernama Nokia Tune. Nokia telah menciptakan berbagai macam ponsel dengan fungsi yang berbeda-beda. Nokia meluncurkan Nokia 7110. Nokia mulai meluncurkan handset GSM pertama. Pada tahun berikutnya tahun 1994. Sesuai dengan kesepakatan yang terjadi dalam berbagai penelitiannya. Pada tahun 1999. Sedangkan pada tahun 1997. Dilatar belakangi oleh hal 11 | N o k i a C o r p o r a t i o n . Selama bertahun-tahun. satelit pertama di dunia dibuat menggunakan handset GSM Nokia. terutama oleh iOS dan Android.

Stephen Elop memiliki latar belakang pengetahuan software yang kuat dan terbukti memiliki kemampuan untuk membawa perubahan dalam manajemen. Setelah kemitraan ini. Nokia membantu siapapun untuk mengisi kebutuhan ini dan membantu orang untuk merasa dekat satu sama lain. usaha. Selain itu. Dalam mewujudkan hal ini. Nokia menggabungkan ide-ide. Sementara misi perusahaan Nokia adalah fokus pada penyediaan teknologi kepada para pelanggan. semangat. yaitu Nokia Lumia 800 dan Nokia Lumia 710 pada bulan Oktober 2011 lalu. dan kemampuan melihat peluang menjadi satu kesatuan tak terpisahkan. 12 | N o k i a C o r p o r a t i o n . yaitu iOS dan Android.inilah. Nokia menunjuk Stephen Elop sebagai Presiden dan CEO yang juga merupakan mantan kepala divisi bisnis Microsoft.1. kesenangan. Nokia menyadari bahwa siapapun memiliki kebutuhan untuk berkomunikasi dan berbagi. Nokia mengumumkan bergabungnya Nokia dengan Microsoft untuk memperkuat posisinya di pasar smartphone. dan keindahan. Nokia mengadopsi sistem operasi Windows 7. Tantangan Nokia adalah mencapai visi ini dalam lingkungan yang semakin dinamis dan kompetitif. Dalam hal ini. pada bulan September 2010. Bagi Nokia. 3. Pada bulan Februari 2011.2 Visi dan Misi Perusahaan Visi perusahaan Nokia sangat sederhana. tujuan dari visi tersebut adalah untuk membangun produk ponsel besar yang memungkinkan miliaran orang di seluruh dunia menikmati kehidupan yang lebih dari apa yang ditawarkan. yaitu “Connecting People” . Inc. Dengan bergabungnya Nokia dan Microsoft. berikut peran di Juniper Networks dan Adobe System. teknologi adalah intuisi. Nokia meluncurkan smartphone Nokia pertama yang menggunakan Windows Phone. Nokia menciptakan dunia dimana siapapun dapat terhubung. Tujuannya adalah agar mampu menyamakan kedudukan dengan para pesaingnya.

maka pengelolaan dibagi menjadi tiga divisi penting. 1. Strategi baru yang diambil adalah Smart Devices bermitra dengan Microsoft untuk saling melengkapi dan menciptakan kecanggihan dalam bentuk smartphone mobile. Untuk dapat menciptakan tata kelola perusahaan yang efektif dan efisien.3 Tata Kelola Perusahaan Semua pihak yang tergabung dalam Nokia Corporation saling bersinergi satu sama lain untuk mencapai satu tujuan bersama. Smart Devices. Secara khusus. dan Location and Commerce.3. yaitu Mobile Phones. terutama terkait internet yang saat ini telah menjadi kebutuhan yang penting. Mobile Phones Tim mobile phones berfokus untuk menciptakan pengalaman mobile yang modern dan terjangkau untuk orang di seluruh dunia. tim memanfaatkan inovasi dan kekuatan dalam pertumbuhan pasar untuk memberikan layanan terbaik kepada konsumen.1. Smart Devices Tim yang tergabung dalam divisi ini berfokus pada bidang smartphone dan perangkat pintar. 2. yaitu menciptakan produk teknologi yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. 13 | N o k i a C o r p o r a t i o n .

000 orang dari sekitar 115 kebangsaan yang berbeda. baik anggota dewan. dan pemegang saham. Nokia Drive. Hal ini dikembangkan dengan menciptakan perangkat-perangkat seperti Nokia Maps. manajemen. dan iklan.4 Sumber Daya Manusia dan Budaya Perusahaan Pada tahun 2010. 2. 3. Berbagai tata kelola perusahaan ini memiliki berbagai tujuan. 5. Nokia beroperasi pada pasar yang lebih luas dibandingkan sebelumnya sehingga karyawan dari berbagai latar belakang yang dapat memberi Nokia wawasan yang sangat berharga ke dalam basis pelanggan Nokia. dan cara pandang yang berbeda di tempat kerja membantu berkembangnya diskusi. Memberikan hak dan tanggung jawab secara tepat kepada masingmasing pihak.1. Keragaman tersebut sangat penting bagi keberhasilan Nokia sejauh ini dan bagi kesuksesan Nokia di masa depan. Mempromosikan transparasi bagi para pemegang saham dan pihakpihak terkait lainnya. Dan sekitar 41% dari pekerja adalah perempuan. Campuran budaya. antara lain : 1. Nokia Transportasi dan Nokia Lens Kota. layanan perdangangan. Menjaga integritas bisnis dan praktek bisnis yang bertanggung jawab.3. kelompok usia. Membuat manajemen bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan dengan terus menerus meninjau hasil usaha dan pilihan strategi. Location & Commerce Tim yang tergabung dalam location and commerce berfokus untuk memberikan pengalaman yang menyangkut berbagai lokasi berbasis produk dan jasa bagi konsumen. 4. jenis kelamin. bisnis ini mempekerjakan sekitar 60. 14 | N o k i a C o r p o r a t i o n . keyakinan. Menyelaraskan kepentingan antara para pemegang saham dengan pihak manajemen. 3. minat.

Nokia Manaus ini juga mendirikan Yayasan Nokia yang menyediakan fasilitas sosial. Nokia berusaha meminimalkan dampak lingkungan dan sosial yang negatif dengan mengurangi konsumsi energi atau memastikan material yang digunakan ramah lingkungan. Pada tahun 2000. industri ini pindah ke 15 | N o k i a C o r p o r a t i o n . dan inovasi. Hal itu berarti. yaitu sekolah. Terpilih sebagai salah satu tempat terbaik untuk bekerja di Brasil pada tahun 2009 oleh Exame-Voce S / A. bahkan dalam situasi bisnis yang sulit.5 Sistem Produksi Nokia memiliki fasilitas produksi yang berlokasi di seluruh dunia yang saling berkesinambungan satu sama lain. Brasil – Manaus Didirikan tahun 1998. Sekolah yang bersiswa 450 ini sepenuhnya didanai oleh Nokia yang merupakan bentuk pertanggungjawaban Nokia secara global. Pada setiap fasilitas produksinya. Nokia di Beijing ini menerapkan sistem operasi yang ramah lingkungan. 3. China – Beijing Didirikan pada tahun 1995. Komitmen terhadap keragaman adalah bagian dari apa yang disebut Nokia Way . Manaus memiliki etos keberlanjutan yang kuat. pemberdayaan.nilai-nilai inti dan filsafat bersama yang dipegang oleh perusahaan. keterbukaan. Kreativitas.1. kerjasama terhadap orang lain dan lingkungan merupakan bagian integral dari cara Nokia melakukan bisnis. 2. Bertanggung jawab untuk smartphone dan fitur telepon. Tetapi yang paling penting adalah menghormati dan peduli. Hal ini membuat Nokia tempat yang menyenangkan dan bermanfaat untuk bekerja. menggunakan bahan eco yang dikembangkan secara lokal di INdT untuk menggantikan plastik dalam produk dan kemasan.ide. seperti sekolah atau rumah sakit. Nokia memaksimalkan dampak positif pada masyarakat dengan menyediakan kesempatan kerja bermanfaat untuk mendukung tujuan mulia. 1.

seperti mendukung rumah sakit setempat. Ini membantu mengurangi biaya transportasi. Dongguan adalah pemenang lima kali dari Quality Award Nokia. pemadam kebakaran. Nokia Chennai adalah salah satu fasilitas produksi terbesar. Nokia di Reynosa ini menyediakan fasilitas secara aktif mendukung universitas setempat. Meskipun tingkat produksinya tinggi. Pada tahun 2010. dan tempat penampungan. dan Nokia membantu karyawan Komarom belajar bahasa Inggris. namun kualitas tetap menjadi hal utama. sekolah. 4. 16 | N o k i a C o r p o r a t i o n . Memperkerjakan sekitar 70% mahasiswa. menerima Penghargaan Merak Emas untuk standarnya yang tinggi. Cina – Dongguan Didirikan pada tahun 1995. Bahkan. 3. India – Chennai Didirikan pada tahun 2006. Nokia Reynosa memasok smartphone ke Amerika Utara. 5. panti asuhan. dan sekolah-sekolah. Tengah. 98% dari tenaga kerja berasal dari daerah sekitar. Untuk membantu mempertahankan standar tinggi ini. setiap tahunnya Dongguan menyediakan magang untuk mahasiswa pascasarjana dengan bekerja sama dengan universitas setempat. dan menawarkan penghematan pada energi dan emisi. Produksi di Dongguan ini hampir sepertiga dari keseluruhan produksi ponsel Nokia. dan Selatan.daerah Xingwang. Nokia mendanai jalan bypass untuk membantu mengurangi kemacetan lalu lintas dan emisi yang lebih rendah. 6. Terletak hanya beberapa mil dari perbatasan AS. Meksiko – Reynosa Didirikan pada tahun 1996. Nokia memainkan peran penting di daerah Komarom. Hongaria – Komarom Didirikan pada tahun 1999.

Pada tahun 2012.7. pasti ada kegelisahan yang terjadi di balik layar. Nokia saat ini sedang dalam masalah serius. 8. Symbian milik Nokia tidak bisa bersaing dengan iOS dan Android. Dan ini merupakan fasilitas produksi yang paling baru didirikan. nampaknya Symbian 4 terlalu lambat mengatasi masalah-masalah yang dihadapi Nokia. Symbian 3. Saya berani bertaruh. Menurutnya. Platform software Nokia memang sedikit bermasalah. Korea Selatan – Masan Didirikan pada tahun 1984.COM. Perubahan ini seperti memakaikan lipstick pada seekor babi. sebelum merilis Symbian 4 tahun depan. 17 | N o k i a C o r p o r a t i o n . dan tempat yang lebih menyenangkan untuk bekerja. Nokia selama berminggu-minggu telah heboh dengan sistem operasi terbaru. Karena mereka telah mengabaikan peningkatan platform fitur ponsel yang tidak relevan milik Nokia.2 Kutipan Artikel Artikel 1 : Nokia Alami Masalah Serius Rabu. kata Richi Jennings. seperti dikutip dari pcworld. Nokia Masan ini berjanji untuk lebih produktif dan lebih berkelanjutan. Vietnam – Hanoi Didirikan pada tahun 2012. 3. Jakarta Vendor ponsel terbesar dunia. kata Jennings. Perpaduan lemahnya kepemimpinan dan minimnya platform menempatkan Nokia pada posisi sangat sulit. Tapi. jelang Nokia World. 15 September 2010 INILAH. yang kabarnya hanya sebuah pemberhentian sementara.

ujarnya. lanjutnya. Saat pertama kali melihatnya. Nokia mengalami kekosongan kepemimpinan yang parah menjelang malam Nokia World. Vanjoki secara umum sudah dianggap sebagai "wajah publik dari Nokia" dan insinyur "kunci kesuksesan fenomenal Nokia" di akhir 1990-an dan awal 2000. Keluarnya Nokia N8 dinilainya bukan jawaban atas tantangan ini. dibandingkan 45% tahun lalu. Seperti CEO Nokia. Selain masalah platform.Pasalnya. Pernyataan ini jelas bukanlah berita bagus bagi Nokia. seperti Microsoft. acara konsumen perdana perusahaan ini. Jennings pun mempertanyakan smartphone milik Nokia untuk tandingan iPhone 4. bukan dirinya. Merupakan hal yang baik bagi Nokia memilih orang luar untuk mencapai suatu perubahan. dalam beberapa tahun terakhir. ujarnya. Nokia tidak mendapatkan subsidi untuk ponsel yang satu ini. MeeGo benar-benar menyedihkan dan tidak berguna bagi Nokia 770. Kabar berhembus yang melatar belakangi pengunduran diri Vanjoki adalah karena ia merasa tidak senang karena kursi Kallasvuo jatuh ke tangan orang lain. analis di CSS Insight mengatakan. Dipicu keluarnya beberapa pimpinan penting Nokia. Olli-Pekka Kallasvuo yang akan digantikan Stephen Elop. Wood pun berharap keluarnya Vanjoki akan menjadi awal dari serangkaian perubahan manajemen. Juniper dan Adobe. Sejak peristiwa ini. Sementara manajer smartphone Nokia.4%. Saham Nokia di pasar smartphone turun 37. Nokia memang telah kehilangan cengkeraman pada pasar utama high-end. Droid X. Nokia kini juga sedang mengalami perubahan manajemen. Nokia merilis MeeGo yang merupakan pengganti Maemo. Vanjoki adalah anggota terakhir dari 18 | N o k i a C o r p o r a t i o n . juga telah mengundurkan diri. Ben Wood. Ponsel ini terlalu lambat untuk smartphone premium dan kurang diminati operator di pasar AS. Evo dan Galaxy S. Buktinya. Menurut analis teknologi Gartner.Setelah itu. Perusahaan terkemuka di Finlandia ini sangat berbeda dengan tempat dimana Elop pernah bekerja sebelumnya. setelah peluncuran iPhone Apple dan perangkat yang didukung sistem operasi Google Android. Namun Elop tampaknya terkejut mengetahui kondisi Nokia saat ini. Anssi Vanjoki.

bahkan mungkin terobsesi. OS baru dianggap sebagai strategi penting terkini untuk perusahaan smartphone. yang membantu mengubah Nokia menjadi produsen ponsel terbesar dunia. Artikel 2 : Nokia. Pada hari kedua sebagai kepala divisi smartphone Nokia awal musim panas ini. Vanjoki sendiri mengaku ia masih seratus persen berkomitmen melakukan yang terbaik untuk Nokia sampai hari terakhirnya bekerja. Di tengah tekanan pemegang saham utama. nama itu tidak lagi identik dengan raja ponsel. ia memang sempat menuturkan. Bagaimana dan mengapa sebuah kejayaan yang selama empat belas tahun terakhir seperti tidak tergantikan akhirnya bisa digantikan oleh Samsung? 19 | N o k i a C o r p o r a t i o n .'dream team' yang diketuai Jorma Ollila. dan telah disebut-sebut sebagai calon internal teratas untuk posisi CEO. Sedangkan banyak analis menyarankan bahwa perusahaan harus menjaga pilihan untuk beralih ke Google Android terbuka. pernyataan Vanjoki mengisyaratkan bahwa perusahaannya akan meluncurkan sistem operasi baru MeeGo. Mr Vanjoki diangkat pada Juli untuk mencoba memperbaiki itu. Nokia telah berjuang untuk terus berpacu dengan teknologi baru yang mendominasi smartphone high-end. Kejayaan Sudah Berakhir 28 April 2012 Nokia. "Saya berkomitmen. Nama Nokia juga sudah kurang menarik bagi investor setelah tiga badan pemeringkat. Nokia menolak pimpinan berkebangsaan Finlandia." Sejak peluncuran Apple iPhone dan Google Android handset. dengan mendapatkan Nokia kembali menjadi nomor satu di perangkat high-end. Bagaimanapun. Dua di antara tiga badan tersebut menempatkan saham Nokia hanya setingkat di atas Junk. menurunkan peringkat saham Nokia.

Dalam catatan analis. Meskipun penjualan smartphone terbaru Nokia Lumia 900 menunjukkan tanda-tanda yang cukup menggembirakan. Nokia harus mengakui mereka memang jauh kalah dibandingkan Samsung dalam menghasilkan jumlah ponsel. Akibat kondisi ini cukup dirasakan oleh Nokia dengan menurunnya jumlah penjualan di smartphone dan juga difeature phone. paling tidak Samsung pada kuartal pertama tahun 2012 ini mengapalkan paling tidak sebanyak 85 juta unit ponsel. Ini artinya Nokia diserang dari dua sisi. Selain itu posisi Nokia yang kuat di feature phone kini sudah digantikan Samsung . di smartphone diserang oleh kemajuan Android dan iPhone serta BlackBerry yang lebih stabil. lebih besar dibandingkan Nokia yang diperkirakan hanya 83 juta ponsel. Nokia mengalami kerugian operasional sebesar 1.7 juta ponsel.5 juta unit dibandingkan Nokia. sedangkan Nokia tentu saja mengalami pertumbuhan negatif. Ini artinya secara volume Samsung lebih banyak 10.Bermula dari meninggalkan platform Symbian empat belas bulan yang lalu dan berpindah ke Windows Phone. Perkiraan Horace Dediu tersebut terutama untuk Samsung terlampui dengan adanya laporan resmi dari Strategy Analytics sebagaimana dicatat oleh Bloomberg yang sebanyak 93.5 juta ponsel (terdiri dari feature phone dan smartphone). di kuartal pertama Samsung mengapalkan 93. Kompetisi di feature phone ini juga sengit bila kita lihat di Indonesia saja sedemikian banyak ponsel merek lokal buatan China dengan harga yang sangat-sangat murah. Sementara di feature phone Samsung diperkirakan mengapalkan antara 44 juta unit sampai dengan 47 juta unit feature phone. sedangkan Nokia hanya 82. Sementara Nokia secara resmi dilaporannya beberapa waktu yang lalu telah mengumumkan volume ponsel yang mereka jual hanya 83 juta unit. Horace Dediu dari Asymco beberapa hari yang lalu memperkirakan bahwa Samsung mengapalkan smartphone antara 41 juta unit sampai dengan 44 juta unit smartphone. di sisi feature phone Samsung dan ponsel China memberikan perlawanan yang tidak kalah sengit.5 juta unit ponsel. namun di sisi lain smartphone berbasis Symbian menunjukkan penurunan.8 miliar dollar. Dengan demikian. 20 | N o k i a C o r p o r a t i o n . Samsung mengalami pertumbuhan sebesar 36% dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu. Tidak itu saja dalam laporannya beberapa waktu yang lalu.

Keberadaan developer dan aplikasi yang banyak disukai pengguna smartphone seperti Angry Birds dan Instagram akan mampu menolong penetrasi Nokia Lumia lebih dalam. Namun sayangnya. cite a lack of marketing dollars put behind the phones. Saya sendiri sudah mencoba Nokia Lumia 800. Mereka telah memutuskan untuk kembali bersaing dengan mengadopsi Windows Phone untuk smartphone sambil tetap mengeluarkan smartphone berbasis Symbian. Nokia mengadopsi sistem operasi yang secara ekosistem masih lemah. yaitu overpriced for what is not an innovative product. Namun hal itu akan kurang berguna jika ekosistemnya masih lemah. Reuters mencatat beberapa poin penting yang dikeluhkan oleh empat operator besar Eropa. Coba kita lihat data berikut ini. Tidak hanya ekosistem yang lemah.com mencatat bahwa penguasaan pasar Windows Phone di Amerika Serikat malah menunjukkan trend penurunan sampai dengan akhir Desember 2011 yang lalu. Dua smartphone berbasis Windows Phone. Masalahnya mungkin momentum kembalinya Nokia tersebut akan lebih sulit dibandingkan yang diperkirakan sebelumnya. 21 | N o k i a C o r p o r a t i o n . yaitu Nokia Lumia 800 dan 710 tidak terlalu menarik banyak konsumen. Tentunya ini sebuah kemunduran mengingat posisi Nokia tersebut selama ini tidak tergantikan. Selain itu. namun secara penetrasi pasar Windows Phone juga jauh tertinggal dibandingkan dengan sistem operasi lain. yang bisa saya simpulkan cepat. banyak aplikasi bagus dan diminati pengguna justru lebih mendahulukan iOS dan Android.Hal yang perlu kita perhatikan adalah posisi Nokia sebagai raja ponsel dalam hal volume sudah berjalan selama 14 tahun setelah di tahun 1998.smooth dan responsif. Hal yang dimaksud dengan ekosistem di sini adalah keberadaan developer dan aplikasi. seperti Nokia 808 Pure View dengan resolusi kamera 41 megapiksel. Readwrite. and image problems caused by glitches in the battery and software of the early models. Tentunya Nokia tidak tinggal diam. Nokia merebutnya dari Motorola. Merekapun mungkin kurang tertarik untuk membuat aplikasi untuk pasar Windows Phone karena sedikitnya pengguna.

Namun dengan hanya satu produk sejauh ini yang masuk pasar Amerika Serikat apakah cukup mampu bersaing dengan Android yang hampir setiap saat mengeluarkan seri baru dari berbagai vendor? Tantangannya tentu saja bukan hanya dari Android. Dengan kombinasi banyak faktor tersebut di atas. Meskipun tertatih. namun BlackBerry telah keluar menuju pasar-pasar yang baru tumbuh (emerging markets seperti Indonesia untuk lebih dahulu menancapkan dominasinya sebelum Nokia datang dengan seri Nokia Lumia yang lebih murah. penguasaan pasar Windows Phone di Amerika Serikat mengalami penurunan ke angka 3. penguasaan pasar Windows Phone akan meningkat karena banyaknya konsumen yang membeli.99 dollar AS untuk masa kontrak 2 tahun). terutama kalangan enterprise bisa menjadi batu sandungan tersendiri. Tentunya tidak akan mudah bagi Nokia merebut posisi sebagai raja ponsel dari Samsung. ternyata dalam kondisi yang tidak bagus. bahkan AT&T sempat melaporkan kehabisan stok. mengadopsi sistem operasi yang justru mengalami penurunan dan kurang populer tentunya membutuhkan usaha yang lebih keras dibandingkan dengan sistem operasi yang telah lebih mapan seperti Android.Hal yang lebih mengkhawatirkan lagi adalah menurut catatan ComScore . Lebih jauh. butuh usaha super keras dari Nokia (dan 22 | N o k i a C o r p o r a t i o n .9%. untuk tiga bulan yang berakhir bulan Februari 2012. BlackBerry yang merupakan platform ketiga yang masih banyak peminatnya di AS. Hal ini menunjukkan bahwa sistem operasi yang dianut oleh Nokia. Tentu saja kondisi pasar Windows Phone tersebut sebelum diluncurkannya Nokia Lumia 900 di pasar Amerika Serikat. Saya percaya melihat harga yang ditawarkan sedemikian menarik hati (hanya 99.

23 | N o k i a C o r p o r a t i o n . Nokia mulai tergusur oleh Samsung. Analis mengatakan Nokia kurang diminati karena gagal memenuhi permintaan pasar yang dinamis seiring bertambahnya konsumen kelas menengah. Pelanggannya bisa melebihi 900 juta pelanggan. serta pasar-pasar berkembang lainnya. penjualan Nokia terjadi di ribuan toko ponsel lain di India. Selama 14 tahun lebih Nokia menjadi primadona penjualan telepon seluler di dunia. Jika usaha Nokia kurang. Jakarta :Penjualan ponsel Nokia kian merosot di India. Produk buatan Finlandia tersebut hampir menjadi alat komunikasi wajib. Penjualan mereka tersaingi produk-pdoruk Cina dan Taiwan seperti ZTE dan Huawei yang terus melonjak. Toko Manish Katrie merasakan penurunan permintaan Nokia. kejayaan Nokia bisa saja sudah berakhir untuk selamanya. dan peningkatan penjualan Samsung. Para konsumen ponsel di Mumbai lebih memilih Samsung dibandingkan Nokia. India merupakan pasar kedua terbesar ponsel dunia.juga Microsoft) untuk bisa dilirik oleh konsumen. Toko di Mumbai. di negara seperti India Nokia harus berkompetisi dengan jaringan operator sangat kuat karena marjin yang tipis dan tak ada subsidi. Artikel 3 : Pasar Nokia Terus Tergerus Samsung 30 April 2012 TEMPO. Selama 14 tahun mendominasi pasar. Tak hanya Toko Manish Katrie. Penjualan ponsel Nokia turun hingga 16% di triwulan pertama tahun ini. Sehingga pendekatan ke pedagang kadang menjadi faktor penentu. Tak hanya itu.CO .

Kekalahan Nokia disana lebih diutamakan karena peran besar operator yang mendominasi penjualan ponsel. "Portofolio ponsel kami terus menjadi kuat. Tapi." katanya. Dengan menjual rata-rata 500 produk dalam sebulan mungkin tidak ada apa-apanya bagi Nokia. Selama Januari . Bahkan." ujar Neil Mawston kepada salah satu perusahaan analis strategi di sana. "Tapi itu harus tetap diwaspadai sebagai sinyal penurunan penjualan. terutama di pasar kunci seperti India. Brasil dan Meksiko di mana produk Asha menerima catatan tinggi skor dari konsumen. pekan ini dua lembaga penilai kredit memotong peringkatnya ke status sampah. pasar ponsel terbesar di dunia.Di Toko Katrie misalnya. posisinya kini hanya menguasai pasar sebanyak 51 persen. penjualan Nokia tetap besar di benua tersebut karena ia unggul dalam hal distribusi. 24 | N o k i a C o r p o r a t i o n . dari yang sebelumnya menguasai pasar sebanyak 62 persen dua tahun lalu.Maret lalu penjualan Nokia bahkan turun 62 persen dibanding tahun lalu. "Bagi pedagang kecil seperti kami bahkan kami sulit mendapat contoh ponsel dari Nokia untuk ditunjukkan kepada konsumen. Samsung rutin mengirim pegawainya sebulan sekali ke toko untuk memperkuat akses. EVP ponsel Nokia. Turunnya penjualan Nokia juga terjadi di Cina. Meski turun. Dia mengatakan perusahaan akan mengumumkan rencana data untuk model telepon dasar Asha 202 baru dengan lima operator di India pada hari Senin ini. Nokia sendiri menyatakan tetap akan berinvestasi untuk menarik pelanggan di pasar telepon seluler. "Mereka lebih memprioritaskan produk domestik ketimbang luar negeri. saham Nokia telah kehilangan hingga tiga perempat nilai selama setahun terakhir." kata Mary McDowell. Nigeria." ujar analis Pete Cunningham dari Canalys. Untuk memperkecil kerugian. Begitu pula di Afrika.

Nokia juga akan memperkuat jajaran produk S40 mereka di kuartal mendatang. Penjualan smartphone berkontribusi terbesar terhadap penuruan ini karena turun hingga 51%. Rugi 1. Penjualan handset Nokia di Eropa.76 Miliar Dolar 19 April 2012 Nokia baru saja mengumumkan laporan kuartal pertama tahun 2012. Sedangkan ponsel biasa penjualannya turun 32%. Nokia hanya mampu memperoleh pendapatan sebear 7.354 miliar euro dan mencatat kerugian operasional sebesar 1. 25 | N o k i a C o r p o r a t i o n . dan Asia Pasifik masih tetap kuat. Nokia juga bekerja untuk menghemat biaya secara keseluruhan. Dikatakan bahwa Nokia akan menguasai pangsa ponsel dari kelas dasar hingga kelas atas. Nokia akan meluncurkan Lumia 900 dan Lumia 610 yang baru saja meluncur di Asia. CEO Stephen Elop tetap yakin akan strategi yang ditempuh Nokia. Total penjualan Nokia turun 29% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. namun CEO Nokia Stephen Elop tetap optimis bahwa keadaan akan bertambah baik.Artikel 4 : Nokia Laporkan Penurunan Besar Penjualan Smartphone. Penurunan Nokia terjadi karena penurunan penjualan smartphone Symbian sementara untuk platform Lumia penjualan mulai bertambah. Hasilnya terlihat kurang menggembirakan bagi Nokia. China dan Amerika Serikat mengalami penurunan.34 miliar euro. Sedangkan penjualan di wilayah Timur Tengah. Afrika.

Nokia secara resmi telah mengatakan akan melakukan kerjasama dengan Microsoft. 15 Juni 2012 New York .” kata Stephen Elop seperti dikutip CNN. Jika PHK akan dilakukan lagi pada kuartal ketiga di tahun ini. tapi kerjasama itu merupakan merger/penggabungan virtual yang dilakukan secara menyeluruh. 26 | N o k i a C o r p o r a t i o n . Tapi kenyataannya. Nokia Menolak 21 Juni 2011 Pihak Google mengatakan bahwa mereka sebenarnya telah menawarkan Android untuk dipakaikan di smartphone baru Nokia.Artikel 5 : Saham Nokia Anjlok 70% Jumat.Persaingan industri ponsel memang berimbas kerugian besar bagi Nokia. maka total karyawan yang telah di-PHK Nokia ada lebih dari 40 ribu. “Rencana pengurangan ini benar-benar konsekuensi sulit. Untuk itu Nokia berencana melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) secara besar-besaran. Nokia juga berencana menutup fasilitas riset dan pengembangan di Jerman dan Kanada. Sejak Februari 2011 saham Nokia anjlok 70% dan saat Nokia mengumumkan tak lagi menggunakan operasi sistem Symbian. kami yakin ini akan memastikan kekuatan Nokia untuk jangka panjang. Namun. Bukan hanya Bing yang akan dipakai Nokia di smartphone terbaru mereka. Nokia mengakui kerugian pada kuartal kedua lebih besar dari ekspektasi awal. perusahaan asal Finlandia ini mulai melakukan perampingan. Semenjak Stephen Elop menjabat sebagai CEO Nokia pada September 2010. (bam) Artikel 6 : Google tawarkan Android. Sebagai bagian dari program ini. Untuk gantinya Nokia mengadopsi Windows Phone besutan Microsoft yang disematkan pada seri Lumia. Setidaknya jumlahnya 10 ribu karyawan secara global.

Memiliki jaringan distribusi yang luas 27 | N o k i a C o r p o r a t i o n . Jika kami bekerjasama dengan Google.Inti dari kerjasama dua raksasa teknologi itu adalah :  Menggunakan Windows Phone sebagai OS utama di smartphone Nokia  Menggunakan MeeGo sebagai back-burner  Ovi Store akan digabung dengan Microsoft Market Place  Bing akan ada disemua layanan smartphone Nokia  Sebaliknya. Nokia akan menyediakan mapping data untuk Bing Sebuah pertanyaan terlontar. "mengapa Nokia tidak melakukan kerjasama dengan Google saja ? Bukankah Android Google saat ini telah naik daun dan “diperkirakan” akan merajai OS smartphone dan tablet PC di masa datang ? " CEO Nokia. Microsoft menegaskan bahwa mereka menawarkan kesempatan pada Nokia untuk membangun dan berjuang dalam menciptakan sebuah sejarah ekosistem baru” 3. Di lain sisi. kami akan mengalami kesulitan dan perbedaan dalam ekosistem Google. Memiliki brand image yang terdapat pada perusahaan NOKIA 2. Nokia merupakan supplier high-end mobile handsets 4.  Strength 1. terlebih dahulu perlu dilakukan Analisis SWOT untuk lebih memahami perusahaan ini baik secara internal maupun eksternal.3 Analisa SWOT Sebelum membahas lebih lanjut tentang permasalahan yang dihadapi Nokia yang pada akhirnya menyebabkan Nokia terpuruk. Stephen Elop menjawab. “Kami telah mempelajari kemungkinan kerjasama dengan Google. Nokia menawarkan produk-produk yang berkualitas dan tahan lama 5. Desain produk Nokia yang sangat baik dan diunggulkan 3.

dan respon yang cepat pada perubahan-perubahan pasar. Beberapa faktor kunci kesuksesan Nokia. Adanya produk-produk dari perusahaan lain yang menawarkan harga lebih murah dengan kualitas yang tidak kalah bagus 3. Produk-produk yang ditawarkan Nokia merupakan produk teknologi terkini. Munculnya produk-produk baru yang inovatif dari perusahaan lain 2.4 Key Success Factor Nokia Key Success Factor adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan para pelaku industri untuk berkembang di pasar. masih banyak kesalahan di bagian software dan komponen handphone  Opportunity 1. best practice. antara lain : 28 | N o k i a C o r p o r a t i o n . Adanya peningkatan permintaan masyarakat akan barang-barang elektronik yang sudah menjadi suatu kebutuhan 3. Terjadinya krisis ekonomi yang menyebabkan turunnya daya beli masyarakat 4. Pengalaman dalam mengelola perusahaan global masih terbatas 3. Era globalisasi yang dapat mendorong perusahaan Eropa untuk masuk dan melakukan penetrasi pasar Asia 3. Untuk beberapa versi handphone yang diciptakan. Adanya tekanan yang ketat pada karyawan untuk mencapai sasaransasaran yang membuat karyawan berusaha menjual teknologi raksasa Nokia kepada para pesaingnya 2. yang sangat dicari orang baik dari segi design maupun aplikasi yang ada 2.  Threat 1. simple. Permintaan masyarakat pada produk-produk yang gaya. Tingkat gengsi pada masyarakat yang selalu ingin memiliki produk elektronik terbaru dan tercanggih 4. Weakness 1.

000 pekerja di 120 negara.020 orang yang mewakili sekitar 30% dari total pekerja Nokia. yaitu jangka pendek dan jangka panjang. Nokia memiliki 15 fasilitas manufaktur. Tujuannya jangka panjangnya adalah menciptakan produk dan teknologi yang baru dan inovatif. Ini menjadikan Nokia sebagai produsen ponsel terbesar di dunia. Pusat Penelitian Nokia terdiri hampir dari 500 peneliti. Aktivitas Inovasi RnD Nokia memiliki dua tujuan. b. cara yang ditempuh Nokia adalah dengan menawarakan kesempatan belajar untuk kepentingan pekerja sehingga mereka dapat mengembangkan keterampilan mereka. d. Untuk mencapai hal ini. Untuk mencapai tujuan jangka panjang ini. Di samping pusat-pusat penelitian. Ini juga menjadi salah satu cara Nokia untuk mempertahankan staf-nya. Nokia mampu memanfaatkan aktiva yang dimilikinya dengan sangat baik sehingga dapat mencapai sistem yang low cost. Nokia dapat mencapai skala ekonomi yang tinggi dengan mengorganisasi semua bagian dalam perusahaannya. c. Nokia memiliki pusat Research and Development (RnD) di 16 negara dan melibatkan 37. Pada Desember 2009. ilmuwan. Penelitian dan Pengembangan (RnD) yang Ekstensif Nokia mempunyai banyak pabrik dan fasilitas-fasilitas penelitian dan pengembangan di seluruh dunia. Nokia menerapkan metode inovasi yang selalu berbeda-beda.a. Teknologi yang inovatif dan kinerja yang efisien membuat Nokia mampu menghasilkan produktivitas yang lebih tinggi dan biaya desain yang rendah dalam memenuhi spesifikasi pelanggan. Faster Learning Curve Nokia memiliki kemampuan menggunakan sumber daya tambahan dengan baik dalam mengembangkan alat dan metode operasional. Sedangkan tujuan jangka pendek 29 | N o k i a C o r p o r a t i o n . Fasilitas Produksi dan Manufaktur Nokia memproduksi perangkat mobile yang dilengkapi dengan internet dan sektor komunikasi lainnya dengan memperkerjakan 120. Nokia juga mendirikan The Nokia Institute of Technology di Brazil yang juga bergerak di bidang research and development. dan insinyur yang berlokasi di 7 negara. Untuk itu.

India. Jaringan Distribusi yang Kuat dan Luas Nokia memiliki jaringan distribusi yang telah mendunia. Keanekaragaman pekerja ini menciptakan keunggulan kompetitif bagi Nokia.perusahaan adalah pengembangan produk dengan menggunakan teknologi kunci sehingga dapat langsung memikat konsumen. Bangladesh. Family. Jaringan distribusi yang kuat mempermudah Nokia memperluas pengaruhnya dan merangkul pangsa pasar yang lebih besar. Thailand. terdiri dari Dual Sim dan NFC 4. Aktivitas RnD Nokia ini bekerja sama dengan institut-institut penelitian. RnD memainkan bagian yang penting dan kuat dalam mempengaruhi dan memantau standar produk. Untuk memudahkan dalam memilih produk.5 Produk Nokia Produk yang ditawarkan Nokia sangat beragam. terdiri dari Lumia dan Asha 30 | N o k i a C o r p o r a t i o n . Jaringan distibusi Nokia di daerah Asia meliputi Malaysia. Kemampuan pekerja Kesuksesan Nokia juga bergantung pada dedikasi dan keahlian dari para pekerjanya. dan badan standar global. terdiri dari Layar sentuh. Kelompok yang beraneka ragam mampu menciptakan sesuatu yang lebih inovatif dan menemukan solusi-solusi dengan lebih baik. f. Gaya. Sumber daya manusia dengan latar belakang yang beragam ini memberikan wawasan bagi pelanggan bahwa siapa pun layak untuk terjun ke dalam bisnis Nokia. Pusat distribusi Nokia berada di Asia Tenggara. e. Nokia memperkerjakan orang-orang yang beragam dengan latar belakang yang berbeda-beda. Tombol ketik. Dalam perkembangannya. Jenis input. Sentuh dan Ketik 3. perusahaan lain. terdiri dari Telepon seluler dan Smartphone 2. 3. Srilanka. Singapore. Indochina. Indonesia.000 orang dari 115 kebangsaan. Features. Nokia membagi produknya menurut kategori tertentu yaitu : 1. universitas. Total pekerja Nokia adalah sekitar 60.

browsing internet dan chatting sudah menjadi standar biasa. Pada tahun 2000-an. Penjualan Nokia hanya mencapai kisaran 82. smartphone menemukan bentuk dan pengalaman baru. kemampuan smartphone sangat berkembang melalui berbagai fitur dan aplikasi yang seakan tak terbatas. Penjualan Nokia pada kuartal pertama tahun 2012 ini turun sebesar 16% dibanding tahun lalu. perusahaan ini sedang mengalami masa-masa yang sangat sulit yang kemudian berimbas pada kinerja perusahaan secara keseluruhan.7 juta ponsel pada kuartal pertama tahun 2012. bisnis. Gegap gempita hadirnya iPhone dan ponsel berbasis Android ini semakin menenggelamkan Nokia. Nokia Corporation adalah penguasa 25% dari pasar ponsel dunia. Namun. Tidak hanya Blackberry saja. Penjualan 31 | N o k i a C o r p o r a t i o n . Email client. Berbondong-bondong saat itu.3.6 Identifikasi Masalah Saat ini. ditambah fitur Blackberry Messenger yang memungkinkan chatting secara eksklusif antar pengguna Blackberry. tambahan aplikasi game. Pada tahun 2007 sejak Apple mulai terjun ke area ponsel dengan meluncurkan iPhone. para eksekutif beralih ke ponsel bergaya papan ketik qwerty tersebut karena menganggap Blackberry menawarkan hal baru dalam penggunaan ponsel kantoran dengan konsep langganan layanan data langsung ke RIM melalui operator yang angkanya cukup mahal saat itu. diikuti oleh Apple dan HTC. Kejayaan Nokia mulai menyurut sejak hadirnya pesaing-pesaing baru yang masuk ke dalam industri ini dengan menawarkan berbagai terobosan baru. Hal ini membuat Nokia harus mengalami penurunan penjualan sebesar 29% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. berbagai pemain-pemain penting lainnya terus bermunculan. perusahaan bermarkas di Kanada berhasil mencuri perhatian para peminat gadget. Blackberry besutan RIM. pendidikan dan lain-lain menjadikan kata-kata dunia hanya dalam satu genggaman seakan menemukan arti sebenarnya. terutama di sektor smartphone. Saat ini. Samsung menjadi raja baru di sektor ini.

Merupakan hal yang baik bagi Nokia memilih orang luar untuk mencapai suatu perubahan. Juniper.smartphone berkontribusi terbesar terhadap penurunan ini karena turun hingga 51%. Dan akibatnya. Nokia harus menghadapi masalah internal manajemen. Tapi. Sejak peristiwa ini. Nokia mengalami kerugian operasional sebesar 1. Anssi Vanjoki. Kabar yang beredar menyatakan bahwa hal yang melatarbelakangi pengunduran diri Vanjoki adalah ia merasa tidak senang karena kursi Kallasvuo jatuh ke tangan orang lain. seperti CEO Nokia.4% dibandingkan 45% tahun lalu. sebelum merilis Symbian 4. bukan dirinya. Nokia mengalami kekosongan kepemimpinan yang parah. .an dan awal 2000. dalam laporannya beberapa waktu lalu. Nokia selama berminggu-minggu telah heboh dengan sistem operasi terbaru. Sedangkan ponsel biasa penjualannya turun 32%. yaitu terjadinya pergantian kepemimpian oleh beberapa pimpinan penting Nokia. saham Nokia di pasar smartphone pun turut 37. Keterpurukan ini mendorong Nokia untuk melakukan strategi dan gebrakan baru. Tentu ketertinggalan dan kemerosotan Nokia ini membuat image perusahaan menjadi buruk sehingga investor berpikir ulang untuk membeli saham Nokia. Symbian sebagai OS andalan Nokia. Perusahaan terkemuka di Finlandia ini sangat berbeda dengan tempat dimana Elop pernah bekerja sebelumnya. seperti Microsoft. Elop tampaknya terkejut mengetahui kondisi Nokia saat ini. Masalah yang satu belum juga diselesaikan. Vanjoki secara umum telah dianggap sebagai “wajah publik Nokia” dan insinyur “kunci kesuksesan fenomenal Nokia” di akhir tahun 1990. Terlebih lagi. Namun. dan Adobe. Hal ini ditandai dengan pengunduran diri manajer smartphone Nokia. Symbian 3. telah terlihat usang 32 | N o k i a C o r p o r a t i o n . Pengangkatan Stephen Elop ini semakin memperburuk kondisi politik di dalam tubuh Nokia.8 milliar dollar. yang kabarnya hanya sebuah pemberhentian sementara. namun pada tahun 2010. nampaknya Symbian 4 terlalu lambat mengatasi masalah-masalah yang dihadapi Nokia. Olli Pekka Kallasvuo yang kemudian digantikan oleh Stephen Elop. Tidak hanya itu saja.

Namun. Lumia dirancang sebagai smartphone yang paling natural.dibandingkan dengan para pesaingnya. Nama Windows dalam sektor ponsel sebetulnya tidak secemerlang di sektor PC yang telah menjadi OS mayoritas. Ponsel yang telah mendukung teknologi 4G dengan spesifikasi kelas atas ini dibandrol dengan harga yang sangat fantastis. baru-baru ini dalam sebuah wawancara dalam rangka peluncuran Nokia Lumia 900. Dibawah kepemimpinan Stephen Elop. Beberapa kelemahan dan kekurangan Windows Mobile masih membekas di benak sebagian besar pengguna hingga Microsoft mengganti nama dan memperbaiki performanya dengan nama Windows Phone. Nokia berusaha membalikkan keadaan dengan berbagai cara. Marko Ahtisaari. Desain yang bagus dengan interface yang menarik membuat Lumia seharusnya menjadi pilihan bagi penyuka gadget yang tidak ikut-ikutan arus utama. Kemitraan Nokia dengan Microsoft melahirkan smartphone Nokia Lumia yang menjadi unggulan Nokia saat ini. saham Nokia justru anjlok 70% saat Nokia mengumumkan tak lagi menggunakan operasi sistem Symbian. sekitar 3. Sebanyak 1. Nokia telah memberhentikan pekerja di pabrik Salo. 33 | N o k i a C o r p o r a t i o n . Seperti dinyatakan oleh Head of Design dari Nokia. Nokia masih dihadapkan dengan masalah penurunan penjualan. Finlandia. Hal ini tidak lantas langsung membuat Nokia meraih kejayaan kembali. salah satunya adalah dengan menggandeng Microsoft untuk bekerja sama pada tahun 2011. Dan dengan beraninya dia menyatakan iOS sebagai poorly designed dan Android tak ubahnya seperti dollhouse.000 karyawan pabrik kehilangan pekerjaannya. Pada 2012.99. Nokia pun mengadopsi Windows Phone (yang dulunya Windows Mobile) milik Microsoft.000 karyawan telah diberhentikan. Perampingan ini dilakukan untuk mengurangi biaya produksi yang harus dikeluarkan oleh Nokia mengingat penjualan yang menurun. Produk Nokia yang mengusung Windows Phone pun hanya disambut adem ayem oleh pengamat dan peminat gadget. kemudian membuat Nokia harus melakukan restrukturisasi berupa pemutusan hubungan kerja secara besarbesaran. hanya $99. Nokia seri Lumia akan dijual oleh AT&T untuk pasar Amerika Serikat.

Sementara itu. 3.000 orang. Apple dan Samsung Inovasi Profit Penjualan Pangsa pasar Penjelasan : Nokia adalah pelopor di pasar smartphone yang memperkenalkan smartphone Symbian seri 60 pertama kali pada tahun 2002 melalui seri 7650. Nokia akan mengeluarkan US$300 juta untuk membangun pabrik baru di Vietnam. Nokia hanya memasarkan merk.000 karyawan baru dengan gaji yang lebih rendah. sistem operasi Symbian semakin sulit bersaing dengan sistem operasi seperti Android dan iOS. Hal ini terlihat pada tahun 2007. yaitu ketika dunia booming dengan iPhone dengan full touchscreen dan menjadi pusat perhatian pasar.Sementara 3.000 orang di berbagai belahan dunia menjadi pengangguran.7 Causal Loop dan hubungannya dengan Identifikasi Masalah Kasus 1 : Nokia diserang para pesaingnya. kemudian muncul Android. 34 | N o k i a C o r p o r a t i o n . bukan inovasi sehingga pasar jenuh dengan produk yang biasa-biasa saja. Nokia memiliki rencana merekrut 10. Akan tetapi. ke depannya. Pabrik itulah yang akan membuka lowongan untuk sekitar 10. Nokia tidak menanggapi perubahan pasar akibat kemunculan dua operasi tersebut.

Hal ini jelas membuktikan bahwa rendahnya inovasi yang dilakukan Nokia karena Nokia terlalu lambat merespon pasar. Inovasi yang rendah menyebabkan penjualan Nokia mengalami penurunan.5 juta unit sehingga Samsung mendapat 25.7 juta unit dengan pangsa pasar 22. begitu pun dengan pangsa pasarnya. Beralihnya konsumen ini menimbulkan kesan bahwa Nokia telah ditinggal dan dilupakan oleh para penggemarnya. semua ini berdampak pada profit perusahaan yang rendah. inovasi yang dilakukan tidak menjawab kebutuhan pasar. kemampuan Nokia untuk berinovasi pun juga terbatas. Dengan profit yang terbatas ini.4% pangsa pasar. Sementara pesaing utamanya. yaitu Samsung mencatat 93.”kata Wyne Lam. membuat konsumen Nokia beralih ke ponsel merek lain yang menyediakan layanan sesuai kebutuhan yang mereka cari. Nokia seharusnya menanggapi iPhone lebih cepat namun mereka tidak melakukan lompatan atau gebrakan baru. Pada akhirnya.5%. Hal ini memunculkan sentimen 35 | N o k i a C o r p o r a t i o n . analisis senior IHS.“Ketika Apple meluncurkan iPhone. Kasus 2 : Anjloknya saham Nokia Inovasi Beralihnya konsumen Profit Harga saham Sentimen negatif Image perusahaan Kurangnya inovasi Nokia terutama untuk tren masa kini. Laporan menyebutkan bahwa Nokia hanya mampu menjual 82. Akibatnya. itu menunjukkan bagaimana industri smartphone dapat dilakukan dengan benar. meskipun Nokia sudah berusaha berinovasi.

Sentimen negatif ini membuat citra (image) Nokia menjadi buruk. Di sisi lain. terutama untuk biaya produksi. ini akan berpengaruh pada kinerja perusahaan dalam menghasilkan produk-produk mereka. inovasi yang dapat dilakukan pun terbatas. Untuk itu. dan lain sebagainya. seperti yang mengatakan Nokia hanyalah merk tua. Nokia tidak lagi menarik minat investor sehingga menyebabkan harga saham nokia anjlok. Nokia berencana untuk memperkerjakan pekerja dengan gaji yang lebih rendah. Nokia akan segera mengalami kebangkrutan. Dengan anjloknya harga saham. terutama dalam berinovasi (inovasi rendah).negatif dari beberapa pihak. Dengan keuntungan ini. 36 | N o k i a C o r p o r a t i o n . Sebagai gantinya. Kasus 3 : Krisis Keuangan berdampak pada restrukturisasi Nokia Profit Inovasi Krisis keuangan Rendahnya SDM Pemutusan Hubungan Kerja Menurunnya penjualan produk-produk Nokia menyebabkan profit yang didapat semakin rendah. secara otomatis menyebabkan keuntungan yang diperoleh pun semakin rendah. Pada akhirnya. Stephen Elop sebagai CEO Nokia memutuskan untuk melakukan restrukturisasi dengan memangkas jumlah tenaga kerja yang ada (PHK). biaya yang dibutuhkan Nokia sangat besar. Langkah yang ditempuh ini menyebabkan rendahnya SDM yang dimiliki Nokia dan terbatasnya SDM yang berkualitas tinggi. Hal ini menyebabkan krisis keuangan di tubuh Nokia.

Google telah menawarkan kerja sama untuk Nokia. 37 | N o k i a C o r p o r a t i o n . Namun. Sebelumnya. Nokia mencoba bangkit dengan menggandeng partner baru yaitu Microsoft. tentu inovasi produk menjadi hal yang penting. Buktinya. sepertinya Nokia mulai sadar akan hal ini. beberapa tahun terakhir masuknya new competitior membuat Nokia harus memutar otak lebih keras. Hal ini mengingat bahwa kebutuhan manusia yang seringkali berubah dan menuntut sesuatu yang baru dan lebih canggih .8 Solusi Gabungan causal loop dari beberapa masalah yang telah dibahas : Sentimen negatif Image perusahaan Beralihnya konsumen Inovasi Harga saham Profit Penjualan Rendahnya SDM Pangsa pasar Krisis keuangan Pemecatan Hubungan Kerja Menjadi point of intervention adalah inovasi dan profit. Selama kurang lebih 14 tahun.3. Nokia berhasil merajai industri ponsel di dunia. Bagi perusahaan ponsel seperti Nokia. Nokia tidak ingin terbawa arus dengan ponselponsel lainnya yang menggunakan sistem Android. setelah mengalami kejatuhan. Namun. Alasannya. namun Nokia menolaknya.

profit menjadi hal yang juga penting untuk diperhatikan. Ponsel pintar berbasis Windows Phone ini hanya mendapat pangsa pasar sebesar 2%. yaitu Windows Phone. Ini sangat jauh dibandingkan dengan Google Android yang memiliki pangsa pasar 50% dan Apple sebanyak 10-20%. setiap perusahaan harus melakukan banyak investasi atas profit yang diperoleh untuk berjaga-jaga terhadap setiap kemungkinan yang dapat terjadi. Yang menjadi pertanyaan. Berhubungan dengan hal di atas. Ponsel Lumia itu gagal merebut hati pelanggan. apalagi ketika perusahaan sedang berada dalam masa-masa yang terpuruk. Usaha inovasi yang dilakukan Nokia mungkin sedikit telat hadir dalam persaingan ponsel pintar yang sudah didominasi oleh Android dan Apple. Tetapi kenyataannya. produsen lain seperti Samsung dan ponsel China telah terlebih dahulu menyerang dan menguasai pasar ponsel kelas bawah. Hal ini justru hanya akan menambah kinerja perusahaan semakin buruk karena terbatasnya jumlah SDM yang berkualitas. Atau solusi lainnya adalah Nokia mulai merangkul pasar kelas bawah. Seperti halnya yang terjadi pada Nokia. Hal ini berpotensi untuk menambah profit yang dapat diperoleh oleh Nokia.Lewat kerja sama dengan Microsoft. Kerja sama ini melahirkan Nokia Lumia berbagai seri. tapi inovasi yang dilakukan juga harus melihat kebutuhan dan selera pasar saat ini. Peluncuran Nokia Lumia memang cukup jelas menunjukkan usaha keras Nokia untuk berinovasi. Namun. 38 | N o k i a C o r p o r a t i o n . Oleh karena itu. fitur-fitur yang terkandung didalamnya bukanlah yang dicari oleh masyarakat sehingga menjadikan produk Nokia Lumia ini sepi peminat. Nokia mengusung sistem operasi baru. terkait dengan masalah profit. dimana letak kesalahan Nokia yang membuat inovasi yang dilakukannya gagal ? Inovasi memang penting. gebrakan baru yang dibawa Nokia ini tidak memberikan hasil yang memuaskan. Di negara berkembang seperti Indonesia. penurunan penjualan menyebabkan Nokia harus melakukan restukturisasi dengan cara PHK besar-besaran.

Dampak positifnya adalah Nokia tidak mudah terpengaruh oleh pihak-pihak lain sehingga mampu menghasilkan inovasi sesuai dengan keinginan mereka. Nokia juga merupakan salah satu perusahaan yang teguh pada kepercayaannya. 39 | N o k i a C o r p o r a t i o n .Bab IV Kesimpulan dan Saran 3. yang telah terjadi yaitu masalah penurunan penjualan. penting bagi Nokia untuk segera mengatasi permasalahan ini. dan hal inilah yang kurang disadari Nokia namun dengan cepat ditangkap oleh pesaingpesaingnya. Masalah inovasi yang dihadapi Nokia ini dapat menimbulkan masalahmasalah baru yang jelas akan memperburuk kondisi perusahaan. dapat disimpulkan bahwa masalah utama yang dihadapi Nokia hingga menyebabkan buruknya kinerja Nokia secara keseluruhan adalah Inovasi. dan akhirnya berimbas pada profit yang memaksa perusahaan harus melakukan pemutusan hubungan kerja besarbesaran. Maksudnya. Masyarakat menuntut adanya sesuatu yang baru dan lebih. pangsa pasar. seri Lumia yang digadang-gadang oleh Nokia akan sukses di pasaran ternyata justru sepi peminat karena gagal mejawab kebutuhan pasar. Nokia justru mengambil jalan yang berbeda dengan bekerja sama dengan Microsoft. Buktinya. ketika ponsel-ponsel lain berbondong-bondong mengadaptasi sistem Android. Oleh karena itu. Kesalahan Nokia dalam inovasi adalah Nokia Terlalu Lambat Merespon Pasar. Sikap teguh Nokia atau yang menurut beberapa pihak terkesan sombong ini bisa berdampak positif dan negatif. Ini terlihat melalui cara Nokia yang tidak mau “terbawa arus utama”. dampak negatif yang timbul adalah Nokia terlalu fokus pada apa yang menjadi keinginannya bukan pada apa yang menjadi kebutuhan konsumennya. Namun di lain sisi. Seperti.8 Kesimpulan Dari pembahasan diatas.

mengingat Samsung dan sebagian besar ponsel China juga telah terlebih dahulu menyerang dang menguasai pasar ini. pangsa pasar kelas menengah ke bawah adalah pasar yang sangat potensial. 40 | N o k i a C o r p o r a t i o n . Nokia dapat mengambil strategi baru dengan memperluas pangsa pasarnya ke pasar menengah ke bawah. tidak sulit untuk Nokia mengembalikan kejayaannya kembali. Hal ini cocok diterapkan oleh Nokia karena Nokia banyak memfokuskan produknya di negara berkembang. Inovasi yang diambil haruslah menjawab kebutuhan dan selera pasar saat ini.9 Saran  Sebagai perusahaan yang pernah merajai ponsel dunia selama hampir 14 tahun. Bagi negara berkembang. Hal ini akan menambah tingkat persaingan yang ada.3. Yang penting harus dilakukan adalah berani berinovasi.  Di lain sisi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful