PENGANTAR KOMUNISASI

Hasrat untuk mengontrol lingkungannya Upaya untuk beradaptasi dengan lingkungan Upaya untuk melakukan transformasi warisan sosialisasi  HAROLD D LASWELL : – – – .APA YANG MENDORONG MANUSIA SEHINGGA INGIN BERKOMUNIKASI ?  TEORI DASAR BIOLOGI : – – Kebutuhan untuk mempertahankan kelangsungan hidup. Kebutuhan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

SEJARAH KOMUNIKASI       4000SM 1450 1552 1594 1844 1876 1927  : PRASASTI DI MESOPOTAMIA : TEKNIK CETAK DI JERMAN : SURAT KABAR PERTAMA DI ITALIA : MAJALAH PERTAMA DI JERMAN : TELEGRAF (SAMUEL MORSE) : TELEPHONE (ALEXANDER GRAHAM BELL) : PESAWAT TV .

KARAKTERISTIK : MEMPERPENDEK JARAK. MENEMBUS RUANG DAN WAKTU .KOMUNIKASI   SALAH SATU AKTIVASI YANG SANGAT FUNDAMENTAL DALAM KEHIDUPAN MANUSIA. MENGHEMAT BIAYA.

public relation. Fungsi hiburan : Mendengar Radio. Nonton TV dll Kumpulan pengetahuan yang disusun secara sistematis berdasar fakta dan riset. Penyiaran Radio/TV dll. Sebagai profesi : jurnalistik. MC. Akting. Skenario. Baca Buku.  SEBAGAI ILMU –  SEBAGAI “LAPANGAN KERJA” – . Manajer pemasaran dll.FUNGSI KOMUNIKASI  SEBAGAI SENI – – Mempunyai nilai estetikasi : Novel.

Asal kata : “Communico”. . yang artinya membagi.PENGERTIAN KOMUNIKASI   Asal Kata : “Communis” yang artinya membuat kebersamaan atau membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih.

DEFINISI : (Harold D Lasswell)  Menjawab pertanyaan : – – – – – Siapa yang menyampaikan Apa yang disampaikan Melalui saluran apa Kepada siapa Apa pengaruhnya .

maka makin besar kemungkinan tercipta suatu proses komunikasi yang efektif Jika daerah yang “overlap” makin kecil dan menjauh. . maka besar kemungkinan gagal dalam menciptakan suatu proses komunikasi yang efektif.PRINSI DASAR KOMUNISASI    Komunikasi hanya bisa terjadi bila terdapat pertukaran pengalaman yang sama antara pihakpihak yang terlibat dalam proses komunikasi. Jika daerah yang “overlap” semakin lebar.

KATA KUNCI   INTERAKSI (saling pengaruh mempengaruhi) KESAMAAN (bahasa. simbol-simbol) .

 Komunikasi adalah proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada satu penerima atau lebih dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful