EFEKTIFITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA

Pendidikan yang efektif adalah suatu pendidikan yang memungkinkan peserta didik untuk dapat belajar dengan mudah, menyenangkan dan dapat tercapai tujuan sesuai dengan yang diharapkan. (Sri Martini, 2009: 143). Dengan demikian pendidik baik guru maupun dosen dituntut untuk dapat meningkatkan keefektifan pembelajaran agar meteri pembelajaran yang diajarkan tersebut dapat berguna. Efektifitas pendidikan di Indonesia sangat rendah. Salah satu penyebabnya adalah tidak adanya tujuan pendidikan yang jelas sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan. Hal ini menyebabkan peserta didik dan pendidik tidak memiliki gambaran yang jelas dalam proses pendidikan. Jelas hal ini merupakan masalah terpenting jika kita menginginkan efektifitas pengajaran. Bagaimana mungkin tujuan kita akan tercapai jika kita tidak tahu apa tujuan kita. Dalam pendidikan di Sekolah Menengah Pertama misalnya, seorang murid yang mempunyai kelebihan dibidang science dan terpaksa mengikuti program studi IPS akan menghasilkan efektifitas pengajaran yang lebih rendah jika dibandingkan dengan peserta didik yang mengikuti program studi sesuai dengan bakat dan minatnya. Hal inilah yang banyak terjadi di Indonesia. Untuk mengatasi permasalahan efektifitas ini salah satunya dengan mengubah systemsistem sosial yang berkaitan dengan system pendidikan dan meningkatkan kualitas guru serta prestasi siswa.

Tema Sub Tema : Pendidikan : Masalah Pendidikan di Indonesia ( Efektifitas Pendidikan di Indonesia) Garis-garis besar Paragraf I Paragraf II : Pengertian Pendidikan yang Efektif Efektifitas Pendidikan di Indonesia Akibat dari Ketidak Efektifan Pendidikan Paragraf III Paragraf IV Contoh Ketidak Efektifan yang Terjadi di Indonesia Cara Mengatasi Masalah yang Terjadi Jenis Paragraf : Eksposisi .

Membuat Karangan Disusun Oleh  Miar Trianingsih  (1815106304)  Non Reguler UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR 2010 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful