Spektroskopi Nuclear Magnetic Resonance (NMR) atau yang disebut juga Resonansi Magnetik Inti (RMI) merupakan salah

satu alat yang sangat penting digunakan dalam proses elusidasi unsur. Spektroskopi resonansi magnet inti didasarkan pada pengukuran radiasi elektromagnetik pada daerah frekuensi radio 4-600 MHz atau panjang gelombang 75-0,5 m oleh partikel (inti atom) yang berputar di dalam medan magnet. Saya tidak membahas secara teoritis terkait mekanisme kerja ataupun komponen yang ada pada alat ini. Pembahasan lebih difokuskan pada pembacaan (pemaknaan) spektrum 1H-NMR atau proton NMR, contohnya etanol. Berikut gambar spektrum H-NMR etanol.

Sumber : Spectral Database for Organic Compound SDBS Garis vertikal adalah absorbansi sedangkan garis horizontal adalah pergeseran kimia (chemical shift). Dari gambar spektrum etanol kita memperoleh 3 puncak dengan rincian sebagai berikut :

Assign.

Shift(ppm)

A

3.687

B

2.61

C

1.226

A= CH3

B=OH

C=CH2

Pertama, kita akan membahas tinggi dari spektrum yang muncul. Makin banyak elektron (kerapatan elektron tinggi), makin besar energi yang diperlukan, spektrum nampak makin tinggi. Oleh sebba itu, urutan kerapatan elektronnya :

CH3 > CH2 > OH Gugus CH mempunyai kerapatan elektron yang lebih tinggi dari OH karena o lebih elektronegatif daripada atom C. Akibatnya elektron pada atom H lebih ditarik oleh atom O dibanding C. Selanjutnya jumlah garis pada masing-masing puncak, menyatakan apakah puncak tersebut jenis singlet (1 puncak), doublet (2 puncak), triplet (3 puncak), quartet (4 puncak) ataukah multiplet (lebih dari 4 puncak). Perhatikan struktur molekul dari etanol berikut ini :

CH3---CH2----OH CH3 : mempunyai 2 proton tetangga, sehingga 1 + 2 = 3 muncul sebagai triplet

. Selain 1H-NMR ada beberapa jenis inti senyawa yang dapat diukur dengan NMR. misal kecelakaan (cidera otak/kepala) dan sebagainya. Contoh 13C-NMR dan 9F-NMR. Saat ini NMR atau MRI digunakan dibidang medis dalam rekam otak untuk identifikasi. Bagaimana bisa? Karena tubuh kita sebagian besar berisi cairan yang mengandung air (H2O) atau senyawa organik lain yang juga mengandung atom H termasuk isi/bagian kepala.CH2 : mempunyai 3 proton tetangga. sehingga 1 + 3 = 4 muncul sebagai quartet OH : muncul sebagai singlet karena tidak dipengaruhi atom tetangga Banyak manfaat dari penggunaan H-NMR selain untuk elusidasi unsur.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful