Pendahuluan

Dengan semakin bertambahnya pemakaian komputer, semakin besar kebutuhan akan pentransferan data dari satu terminal ke terminal lain yang dipisahkan oleh satuan jarak dan semakin tinggi kebutuhan akan efisiensi penggunaan alat-alat kantor (seperti printer dan plotter) dan waktu perolehan data base, maka semakin tinggi pula kebutuhan akan suatu jaringan yang menghubungkan terminal-terminal yang ingin berkomunikasi dengan efisien. Jaringan tersebut dikenal dengan Local Area Network (LAN) yang biasa memakai kabel atau fiber optik sebagai media transmisinya.

Selain itu, perangkat keras dan perangkat lunak jaringan telah benar-benar berubah, di awal perkembangannya hampir seluruh jaringan dibangun dari kabel koaxial, kini banyak telah diantaranya dibangun dari serat optik (fiber optics) atau komunikasi tanpa kabel.

Berikut ini saya mencoba menggambarkan salah satu contoh kasus pembuatan jaringan untuk kantor yang berada didalam dua gedung berbeda, dengan jarak antar gedung adalah 500 meter. Di dalam gedung pertama terdiri dari 3 lantai, dimana lantai 1 digunakan oleh Departemen Marketing & Customer Service dengan jumlah user 30 orang, lantai 2 digunakan oleh Departemen Operasional dengan jumlah user 48 orang, dan lantai 3 hanya digunakan sebagai ruang meeting dan video conferencing Didalam gedung kedua, juga terdiri dari 3 lantai, yang mana untuk lantai 1 digunakan oleh Departemen Keuangan dengan jumlah user 25 orang, lantai 2 digunakan oleh Departemen Akuntansi dengan jumlah user 15 orang, dan lantai 3 digunakan oleh Departemen IT dengan jumlah user 5 orang dan Room Server. Kantor tersebut memiliki koneksi internet dengan bandwith 10 Mbps

Network Diagram

GEDUNG 1

GEDUNG 2

Gambar 1. Koneksi jaringan antara gedung 1 dengan gedung 2

Desain Jaringan BackBone Pada gedung 2 .STMIK ERESHA Angkatan 41 LANTAI 3 (Video Conferencing) IP Kamera InFocus PC Switch Screen Wireless Indoor LANTAI 2 (Departemen Operasional) Wireless Accespoint Router Switch PC PC PC LANTAI 1 (Departemen Marketing & Customer Service) Switch PC PC PC Gambar 2. Desain Jaringan BackBone Pada gedung 1 LANTAI 3 (IT & Room Server) File Server Email Server Web Server Proxy Server Router Modem Internet Switch PC LANTAI 2 (Departemen Akuntansi) Router Switch PC PC PC LANTAI 1 (Departemen Keuangan) Switch PC PC PC Gambar 3.NURJAMIN .

dalam satu departemen (tiap lantainya) perangkat-perangkat tersebut dihubungkan pada Switch. sudah dilengkapi dengan perangkat multimedia lengkap dengan perangkat video confrence ditambah area hotspoot dengan menambahkan Wireless indoor di dalam ruanan tersebut 4. yang didesain untuk mendukung komunikasi data serta suara pada kecepatan hingga 100 megabit per detik. Untuk media transmisi menggunakan kabel UTP Category 5 (Cat5) untuk mendapatkan kualitas transmisi yang jauh lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP Category 4 (Cat4).NURJAMIN . dibatasi dengan firewall 6. Koneksi dengan internet menggunakan modem ADSL yang terhubung dengan Router. Setiap switch di tiap departemen atau tiap lantainya. Untuk media transmisi menggunakan kabel UTP Category 5 (Cat5) untuk mendapatkan kualitas transmisi yang jauh lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP Category 4 (Cat4).STMIK ERESHA Angkatan 41 Penjelasan Penjelasan Network Diagram Gambar 1 : Merupakan gambaran umum desain komunikasi antara LAN di gedung 1 dan LAN di gedung 2 dengan menggunakan jaringan komunikasi wireless Gambar 2 : Merupakan gambar desain jaringan backbone di gedung 1 dimana topologi yang digunakan adalah topologi star di setiap lantainya. Perangkat yang digunakan pada gedung 2 juga sama antara lain : 1. di hubungkan dengan satu buah router yang juga terhubung dengan Wireless untuk komunikasi antara LAN di gedung 1 dengan LAN di gedung 2 Gambar 3 : Merupakan gambar desain jaringan backbone di gedung 2 dimana topologi yang digunakan sama dengan yang di gedung 1. Untuk komunikasi antar PC dan perangkat network lainnya. 4. 2. Perangkat yang digunakan pada gedung 1 antara lain : 1. Untuk komunikasi antar PC dan perangkat network lainnya. yang didesain untuk mendukung komunikasi data serta suara pada kecepatan hingga 100 megabit per detik. 2. di hubungkan dengan satu buah router yang juga terhubung dengan Wireless untuk komunikasi antara LAN di gedung 1 dengan LAN di gedung 2 . Untuk ruang IT dan Room Server terdapat komputer server. dalam satu departemen (tiap lantainya) perangkat-perangkat tersebut dihubungkan pada Switch. Khusus utuk ruang video confrence. Setiap switch di tiap departemen atau tiap lantainya. Sebelum sampai di router jaringan lokal. 3. 3. 5.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful