Pembimbing : Dr.

Arife Priyadi,SpM

Identitas  Anamnesa : KU, RPD, RPK  Pemeriksaan

 Pemeriksaan Fisiologis  Pemeriksaan Anatomi

.

Pemeriksaan Fisiologi Pemeriksaan Visus  Pemeriksaan Reflex Cahaya  Pemeriksaan Reflex kornea  Pemeriksaan Bola Mata  Pemeriksaan Lapang Pandang  Pemeriksaan Tekanan Intra Okular  .

Iris.Pemeriksaan Anatomi  Pemeriksaan Segmen Anterior . Kornea.Pupil.Pemeriksaan Palpebra.Pemeriksaan Badan Kaca dan Retina . Konjungtiva. dan Lensa mata  Pemeriksaan Segmen Posterior . BMD.

dan gambar binatang. b. Kartu Snellen. Lensa coba (Trial Lens Set) c.Alat2 yang dibutuhkan untuk refraksi adalah : a. Hipermetropi. goyangan tangan c.Pemeriksaan Tajam Penglihatan (VISUS) . Presbiopi . Alphabet. bisa berupa Echart. Astigmatisma. Gagang coba Trial (Frame) Untuk pemeriksaan visus bila penderita tidak bisa membaca kartu Snellen maka dilakukan dengan : a. Cahaya gelap / terang Kelainannya : Miopi. hitung jari b.

.

Pemeriksaan Reflex Cahaya  Terdiri dari :Reflex Cahaya Langsung(RCL) dan Refleks Cahaya Tak Langsung (RCTL). Mata disenter (diberi cahaya) dan lihat apa ada reaksi pupil. Caranya yaitu pasien disuruh melihat benda yang jauh.  . bila pupil mata yang TIDAK disinari ikut juga mengecil maka RCTL (+). Pada keadaan normal. pupil akan mengecil maka RCL (+).

Pasien mencoba menggerakkan bola mata ke lateral yaitu dengan melihat ke salah satu sisi tanpa menggerakkan kepala. Respon berupa kedipan mata secara cepat.Pemeriksaan Reflex kornea  Cara pemeriksaannya : Kapas yang digulung menjadi bentuk silinder halus. Sentuhlah dengan hati-hati sisi kontra lateral kornea dengan kapas. .

Pemeriksaan Gerakan Bola Mata  Cara pemeriksaan dilakukan dengan cara penderita disuruh mengikuti jari pemeriksa yang digerakkan ke arah lateral. bawah. medial-atas. dan ke arah yang miring. .

 Gangguan lapangan pandang yaitu misal lapangan pandang menyempit dan Hemianopsia  .Pemeriksaan Lapang Pandang Batas normal lapang pandang yaitu Lapang pandangan normal adalah 90 derajat temporal. 50 derajat nasal dan 70 derajat inferior. 60 derajat superior.

 Tonometri :   Tonometri Digital  Tonometri Schiotz  Tonometri sklera  Tonometri aplanasi .Pemeriksaan Tekanan Intra Okuler Tekanan bola mata pada manusia normal yang diukur dengan pemeriksaan tonometri  Normalnya : 10-20 mmHg.

lihat secara keseluruhan adakah sikatrik. benjolan.  Perhatikan palpebra pasien. lihat fisura palpebra juga. apakah ada luka.Pemeriksaan Kelopak mata Penderita melihat lurus ke depan maka pinggir palpebra atas akan menutupi limbus atas (pinggir kornea) selebar 1 – 2 mm. atau perubahan warna  .

pasien melihat keatas dan dengan ibu jari tarik bagian bawah palpebra.  Lihat konjungtiva palpebra superior.Pemeriksaan Konjungtiva Normalnya tidak berwarna dan tranparan.  Perhatikan :   Lihat konjungtiva bulbi : pasien menatap kedepan  Lihat konjungtiva palpebra inferior. dan dengan perlahan buka palpebra superior  Penilaian : apakah terdapat radang. infeksi . luka. pasien melihat kebawah.

Sensibilitas Kornea.Pemeriksaan Kornea Diamteer normal : 12 mm  Berwarna jernih. Loop dengan lampu senter  Pemeriksaannya : Fluoresein test. Uji Fistel. permukaan licin dan rata  Alat periksa : Slitlamp. dan papan placid  .

lihat adakah pembesaran disana.  Periksa ruang depan mata dengan menggunakan pen light dari arah depan dan samping. bayangannya normal atau ada pembesaran  .Bilik Mata Depan Normalnya mata cukup dalam dan jernih.

sinekia posterior. warna.Pemeriksaan Iris dan Pupil Perhatikan iris berupa bentuk.  Normalnya pupil : simetris di tengah. dan apakah terdapat kelainan seperti sinekia anterior.  Pemeriksaan ada 2 cara yaitu periksa reflek pupil direk dan indirek  Alat : Pen light  . Lebar pupil + 3 mm.

warna. luka.  Kekeruhan lensa mata disebut katarak.Pemeriksaan Lensa Normalnya jernih. ukuran. cairan.  .  Alat : Penlight  Nilai : kejernihan lensa. adakah benda asing. ada katarak atau tidak. kelainan lensa mata bisa terjadi Luksasio atau Subluksasio lensa.

Badan Kaca  Gangguan :  Bercak hitam yang mengapung dan bergerak (muscae volilantes)  Bila terdapat kekeruhan yang menutupi seluruh masuknya sinar ke daerah macula. maka peglihatan akan sangat menurun. akibat kekeruhan darah atau jaringan fibrosis .  Pada pemeriksaan fundus okuli akan terlihat :  Reflex fundus terlihat merah adalah gambaran yang normal  Refle fundus tidak terlihat.

kabur dan Warnanya apakah pucat atau merah jambu  Pembuluh darah retina : ○ Vena. bulat atau lonjong.spasme.Retina   Alat : Midriatikum dan Funduskopi Pemeriksaan dilakukan dengan oftalmoskop. atau terdapat sklerosis copper-silver wire ○ Rasio arteri dan vena  Macula lutea ○ Diperiksa terakhir karena pasien akan merasa silau. melebar atau kelokannya bertambah ○ Arteri. dan dilihat :  Papil : Batasnya apakah tegas. . apakah normal.Makula terletak dengan jarak 2. apakah normal.5 diameter papil di bagian temporalpapil atau dapat melihat lampu oftalmoskop.

Pemeriksaan Penyerta Kisi – kisi Amsler  Tes Penglihatan warna  Pemeriksaan Kelengkungan Kornea  Gonioskop  FFA  Elektroretinogram  Oftalmodinamometri  CT Scan dan MRI  .

Alat Periksa               Loupe dengan sentolop Tonometer Oftalmoskop Kampimeter Fluoresein Anel Eksoftalmometer Hertel Ishihara atau buta warna Kisi-kisi Amsler Papan Placido Gonioskopi Ultrasonografi Elektroretinografi Visual Evoked rsponse .

.

com/2011/03/refleks-fisiologis-dan-patologis.html . Ilmu Penyakit Mata Edisi Keempat. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Vaughan & Asbury.html http://himapspdfkunlam.html http://duniakedokteranakmal.html http://micymicy. Dasar Teknik Pemeriksaan Dalam Ilmu Penyakit Mata edisi kedua. SpM dan dr. Sidarta Ilyas. SpM. SpM.blogspot. H. 2011.com http://catatanmahasiswafk.blogspot. EGC www.scribd. Sidarta Ilyas.blogspot.com/2011/06/ujian-osce-pemeriksaan-fisik-mata-ceria. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof.SpM. Oftalmologi umum edisi 17.blogspot.Pemeriksaanmata.html http://thecuriousphysicianlecture.Sri Rahayu.com/2009/04/pemeriksaan-mata.2006. dr.situsNurIlhaini’s.multiply.Pemeriksaandasarmataolehdr.blogspot.com/2012/05/pemeriksaan-visus-mata. H.Daftar Pustaka            Prof.AkatsukiNersBlogshare.ProsedurPemeriksaanFisikpadaMata.com www.FKUI.Elvioza.com/2011/12/pemeriksaan-tekanan-intraokularpada.com www.2007. dr.