Fisika Sekolah 1

Ridha Mayanti
06091011027

Ujian Tengah Semester Semester Pendek

Ridha Mayanti

Ubahlah grafik dibawah ini menjadi grafik a-t v (m/s) 0 1 2 3 4 5 t(s) . 2. misalkan posisi awal benda adalah x. benda tidak melakukan pergerakan (diam) untuk beberapa selang waktu. Kemudian benda mengalami pergerakan dengan kecepatan tertentu yang besarnya tetap dengan arah yang berlawanan. Deskripsi dari grafik gerak sebuah benda x(m) t (s) Jawab : Berdasarkan grafik diatas.Ujian Tengah Semester (Semester Pendek) Fisika Sekolah I 1. dengan kata lain benda tersebut berada pada posisi diam untuk beberapa saat kemudian benda bergerak berbalik arah.

Ketika ia berda sejauh s dari pintu masuk bis. mahasiswa tersebut dapat melompat kedalam bus dengan berlari selama 16 detik dengan jarak tempuh yang sama.Jawab : grafik a-t dari gambar diatas yaitu a (m/s2) 0 1 2 3 4 5 t(s) 3. ( ) Jadi. Mahasiswa dapat melompat kedalam bus apabila ia memiliki jarak tempuh yang sama. a. bis itu berangkat dari keadaan diam dengan percepatan konstan a = 1 m/s2 menjauhinya. Jika s = 30 m dan mahasiswa it uterus berlari. apakah ia dapat melompat kedalam bis? b. Gambarlah fungsi posisi x (t) untuk bis dengan memilih x = 0 pada t = 0 Jawab : a. b. Seorang mahasiswa sedang berlari dengan kecepatan maksimumnya 8m/s untuk mengejar bis. fungsi posisi x (t) .

a. yang dinyatakan dengan persamaan : . jika r diduakalikan. bagaimana pengaruhnya terhadap percepatan a? c. jika v diduakalikan. gerak melingkar Beraturan memiliki percepatan sentripetal (as).14 12 10 8 6 4 2 0 1 2 3 4 5 6 7 Saat t = n maka x akan bernilai sebagai berikut : 4. mengapa sebuah benda tidak mungkin bergerak mengelilingi sebuah belokan tajam dengan sempurna? Jawab : a. Sebuah mobil bergerak dengan kelajuan konstan v melaui lintasan melingkar berjari-jari r. bagaimana pengaruhnya terhadap percepatan a? b.

Gaya ini selalu mengarah keluar lingkaran karenanya benda yang berbelok pada belokan tajam akan ‘dipaksa’ untuk terus bergerak lurus oleh gaya ini sehingga seakan-akan benda akan terdorong dari lingkaran atau tikungan. Dan agar benda bisa melalui sebuah belokan tajam dengan sempurna. jika v diduakalikan dengan nilai r tetap. 5. Sebuah benda tidak akan bisa mengelilingi sebuah belokan tajam dengan sempurna karena setiap benda yang melewati belokan tajam (tikungan) akan dikenai gaya sentrifugal. maka a akan semakin besar. Gambarlah sebuah diagram yang menunjukkan gaya-gaya yang bekerja pada kotak itu. akan berbanding lurus dengan kuadrat kecepatan liniernya. yakni gaya yang mendorong ke arah luar lingkaran/tikungan. c. Sama dengan perumusan yang digunakan pada poin a. percepatan benda pada lintasan melingkar. Sebuah kotak meluncur pada permukaan miring yang kasar. b. jika r diduakalikan.dengan v adalah kecepatan linear dan r merupakan jari-jari lintasan. maka a akan semakin kecil. Berdasarkan perumusan diatas. tunjukkan gaya reaksinya! Jawab : N w . maka pada belokan tersebut harus dibuat miring dengan sudut tertentu yang bertujuan untuk mengurangi gaya sentrifugal yang diberikan pada benda sehingga benda tidak akan keluar dari lintasan. dengan nilai v tetap. akan semakin besar pula percepatan benda. percepatan berbanding terbalik dengan jari-jari sehingga semakin besar jari-jari lintasan. semakin kecil percepatan yang dimiliki benda. Jadi semakin besar kecepatan liniernya. Untuk tiap gaya dalam diagram anda.

Gelas A dipanaskan smapai 75oC dan gelas B dipanaskan sampai 50oC. Karena kita akan mencari nilai dimana F=C. Jawab :  Pada gelas A . Jadi.Gaya reaksinya : w’ N N’ w 6. skala temperature Fahrenheit dan Celsius akan menunjukkan nilai yang sama pada suhu -40o 7. Pada temperature berapakah skala temperature Fahrenheit dan Celsius menunjukkan nilai yang sama? Jawab : Konversi Fahrenheit-Celcius maka anggap F=C=x sehingga : . Bagaimana besarnya transfer energy yang dialami kedua gelas. Air dalam kedua gelas awalnya berada pada suhu kamar 25oC. Gelas A berisi 100 gr air dan gelas B berisi 200 gr air.

2 kg C = 1000 kg/m3 TB = 323 K ..1 kg C = 1000 kg/m3 – Dit : Q = . ? Jawab :  Pada gelas B Dik : mB = 200 g = 0... ? Jawab : Berdasarkan perhitungan diatas. . terlihat bahwa besarnya transfer energy atau kalor yang dialami kedua gelas tersebut adalah sama.Dik : mA = 100 g = 0.298 K= 25 K Dit : Q = ..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful