1. 1.1 1.2 1.3 1.4 1.5 1.6 2. 2.

1

Pendahuluan

Bagian Inti Gambaran Umum Puskesmas Sukaraja

2.1.1 Analisis Situasi Umum 2.1.1.1 Geografi a. Wilayah Kerja

b.

Batas Wilayah

c.

Topografi

2.1.2 Tujuan 2.1.2.1 Tujuan Umum

2.1.2.2. Tujuan khusus a.

c. b.2.1 Visi 2.1 SMAN 6 Bandar Lampung .1. c. f.1 Penyuluhan 2. d.2.3. e. d. e. 2. f.2 Hasil Kegiatan dan Analisa 2.1. 2.1.b..1.3 Visi dan Misi 2.3.2 Misi a.

Rahmat Mulia 2. 4.2. Apakah HIV di tularkan melalui minuman 3. Nurman Saputra . karena penularan HIV melalui hubangan seksual 3.11. Keputihan di bagi 2. Mengapa haid itu nyeri Jawaban : 1. Apa dampak dari keputihan 4. Sebagai tindakan preventif IMS dan bukan sebagai legalisasi kondom 2. Mengapa pemerintah menggalakkan pemberian kondom gratis 2. Pipih Pertiwi 3. Tidak. normal dan patologis.00 WIB Media Penyuluhan yang di gunakan : LCD Jumlah peserta yang hadir Moderator Penyaji Pertanyaan 4 orang : 34 orang : Pipih Pertiwi : Rahman Firmansyah : 1. Penjawab : 1.00 . Ini di lihat dari bau dan warna. Karena kontraksi dari rahim .1.2 MAN 2 Tanjung Karang Tema/Judul Tempat Waktu : Kesehatan Reproduksi : MAN 2 Tanjung Karang : 24-01-2012/09.2. Palupi Mustikawuri 4.

1 Posyandu Nama Posyandu Alamat Tanggal Kunjungan : Mawar : Kel.kadang mencapai 100 bahkan lebih pada saat posyandu di adakan hal .2 Home Care 3. Jumlah bayi di posyandu ini tidak tentu.Teluk Betung selatan : 17 Januari 2012 Posyandu mawar masih termasuk wilayah kerja dari Puskesmas Sukaraja.2.1.2.Sukaraja Kec. HOME CARE PASIEN TBC PARU 3.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan di posyandu mawar adalah  Pendaftaran Pencatatan nama orang tua dan balita yang di bawa ke posyandu saat itu.  Pemberian makanan pendamping Biasanya di berikan MP ASI. pemberian MP ASI gratis. pemeriksaan Ibu Hamil gratis dan membantu . imunisasi apa yang diberikan dan pencatatan ulang nama orang tua dan balita yang di bawa.  Penimbangan Penimbangan dilakukan pada saat pencatatan balita tersebut. imunisasinya lengkap/tidak.  Pencatatan Pencatatan dilakukan pada saat setelah penimbangan.  Pelayanan Pengecekan KMS ini dilakukan untuk melihat apakah pertumbuhan balita sesuai umur dan BB/tidak. Imunisasi balita yang kurang lengkap. Posyandu ini juga dibantu oleh pihak “rumah sakat” yang mana mereka memberikan pengobatan gratis.dll  Penyuluhan Pemberian penyuluhan diberikan kepada ibu hamil. susu kedelai. dan apakah ada balita yang mengalami BGM jika ada balita tersebut harus di rujuk ke puskesmas agar bisa lebih cepat di tangani. biskuit. dan ibu yang mempunyai balita yang kurang sehat/sakit .inilah yang membedakan posyandu mawar dengan posyandu lainya yang terdapat di wilayah Puskesmas Sukaraja.

7.1.warna rambut jagung dan bila di cabut tidak sakit Kulit keriput Tulang iga tampak jelas (iga gambang) . Pihak “rumah sakat” ini menyediakan peralatan medis yang diperlukan dan juga tenaga medisya. 5.1. 2.1. 6.2 Poskeskel 3. 3. 3.jarang.ibu melahirkan gratis.kusam. Anak sangat kurus Wajah seperti orang tua atau bulat dan sembab Cengeng dan rewel Tidak bereaksi terhadap rangsangan (apatis) Rambut tipis.4 Konsultasi Klinik Gizi Gizi Buruk Gizi buruk adalah keadaan kekurangan zat gizi tingkat berat akibat kurang makan dan atau menderita sakit dalam waktu lama TANDA-TANDA GIZI BURUK 1. 4.3 Klinik Sanitasi SANITASI 3.

TBC dan lain.8. 11. 6. Menyebabkan kematian bila tidak segera ditanggulangi oleh tenaga kesehatan Tidak cerdas/bodoh Berat dan tinggi badan pada umur dewasa lebih rendah dari anak normal Sering sakit infeksi seperti batuk. 3.campak. 5. 2. Balita disapih sebelum umur 2 tahun Balita tidak mendapat makanan pendamping selain ASI(MP ASI) pada umur 6 bulan atau lebih 4.batuk pilek 7. TBC. Kebersihan diri kurang dan lingkungan kotor. 4. Pantat kendur dan keriput Perut cekung atau buncit Bengkak pada punggung kaki yg berisi cairan(edema) dan bila di tekan lama kembali Bercak merah kehitaman di tungkai dan pantat PENYEBAB GIZI BURUK 1. 3. Jarang sakit . Oleh Karena itu perlu dijelaskan kepada ibu balita tanda-tanda balita sehat dan guna KMS. Berikut tanda-tanda balita sehat: 1. MP ASI kurang dan tidak bergizi Setelah umur 6 bulan balita jarang disusui Balita menderita sakit dalam waktu yang cukup lama seperti: diare. pilek. 10. 9. AKIBAT GIZI BURUK 1.diare. Balita tidakmedapat ASI eksklusif(ASI saja) atau sudah mendapat makanan selain ASI sebelum umur 6 bulan 2.

7. 6. 3. 4. Untuk mencatat dan mengamati tumbuh kembang balita Untuk memantau perkembangan kemampuan balita sesuai umur Untuk mengetahui keadaan kesehatan balita. Pemberian tanda titik pada KMS Pemberian atau pencantuman tanda titik pada grafik dalam KMS adalah sebagai pencatatan hasil pertimbangan berat balita setiap bulan. Hal ini dapat diketahui dengan melihat grafik pertumbuhan pada KMS dari bulan ke bulan.2. Tidak cengeng dan tidak rewel Tidak sulit makan Ceria dan mudah senyum Perkembangan gerak dan kecerdasannya baik Suka bermain bersama dan aktif Tidak takut pada orang yang baru dikenal Guna Kartu Menuju Sehat(KMS) : 1. . 2. 5. 3.

KUESIONER POLA PERTUMBUHAN DAN KEBIASAAN MAKAN ANAK BATITA Nama responden Alamat RT/RW : Masturia : Desa/Kelurahan : Bumi Waras Kecamatan Kabupaten Hari/Tanggal Wawancara Nama Posyandu Nama Kader : Teluk Betung Selatan : : 16 Januari 2012 : Kasih Ibu : Nadroh .

Frekuensi konsumsi pangan perhari: No. Laki-laki 2. 1.3 Kg 27 Cm 23 Agustus 2010 2. Perempuan 16 Bulan 2 2. 7. 4. 5. Karakteristik anak No 1.9 Kg 76. Status Gizi anak Usia anak No . 6. 3. Frekuensi makan batita dalam sehari 2 kali 4. Pertanyaan Nama anak batita Jenis kelamin anak batita Usia anak batita Urutan anak keBerat lahir Panjang lahir Tanggal lahir Jawaban Kirana 1. 2. Frekuensi(…k ali) Ukuaran atau jumlah yang dimakan setiap kali . 2.5 Cm Status Gizi 12 bulan 18 bulan 24 bulan 30 bulan Saat ini 3. Berat Badan(Kg) Tinggi (Cm) badan 7.1.

Tahu Tempe 3.Jenis Pangan Hari Pangan hewani: Daging(Ayam. Ikan Segar Ikan Asin/Pindang Telur Pangan Nabati: 2. 4. Jumlah Makanan Selinagan (Snack) Roti Kerupuk 6.dll ) 1. 3. 2. Disukai Brownies Tidak disukai Donat . Sayuran Buah-buahan Susu 1 1 2 1 1 1 Potong 1 Potong Mangkok 1 Buah 1 Gelas 1 1 1 Potong Potong 1 butir 1 1 Potong Minggu Bulan 5. 5. Sebutkan tiga (3) jenis makanan selingan(snack) yang biasa di konsumsi: No. Sebutkan tiga (3) jenis pangan yang disukai dan tidak disuka batita No. 1. 1.sapi.

3. 1.1. Berapa belanja pangan keluarga dalam sehari : Rp. Adakah penyakit penyerta : Batuk dan pilek . Kerupuk Roti Bolu 7. Berapa penghasilan keluarga dalam sebulan : Rp. Makanan yang ditabukan Es Chiki-chiki Permen Alasan Takut Batuk.2. Sebutkan tiga (3) jenis pangan yang ditabukan batita dan alasannya: No.000 10. 30. 3.pilek Takut buang air besar Takut disentri 8. 2.000 9.200.

5.2 5.kurangi jam bermain dan tidur teratur Menjaga kebersihan lingkungan Rajin Keposyandu Konsumsi susu ditambah menjadi 2 sampai 3 kali/hari Jika sakit berobat kedokter Pemberian makanan tambahan 3.1. 5.2 Pembahasan Simpulan dan Saran Simpulan Saran Bagian Akhir Daftar Pustaka Lampiran .1 4. 8.5 Home Industry 3. 6.1 5.1.Konseling yang diberikan terhadap ibu batita : 1.2 4. 7.tempe. Untuk menggantikan daging ibu dapat menambahkan jumlah tahu. 3.telur dan produk kacang-kacangan yang di konsumsi 2. 4. Kurangi makanan/jajanan luar seperti kerupuk Buatlah makanan yang bervariasi supaya anak tidak cepat bosan Frekuensi makan anak ditambah. 4.6 Klinik IMS 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful