LAPORAN PRAKTIKUM INVENTORI EPPS

I. IDENTITAS DIRI Nama Jenis Kelamin Usia Tanggal lahir Pendidikan Tanggal Tes Waktu tes Tempat : : : : : : : :

II.

TUJUAN TES Edwards Personal Preference Schedule yang dikenal dengan singkatan EPPS merupakan tes kepribadian atau personality inventory. Tes ini diciptakan oleh Allen L. Edwards, semula disusun untuk kepentingan clinical psychology dan counseling (Edwards, 1959). Tes ini berkaitan dengan teori kepribadian atau personology Henry A. Murray, walaupun Edwards tidak sepenuhnya mengikuti teori Murray. EPPS merupakan tes yang dapat mengungkapkan kepribadian secara bulat dan dapat banyak mengungkap factor kepribadian yang ada pada manusia.

III.

OBSERVASI Pada awal tes, tester dan testee saling memperkenalkan diri. Kemudian tester memberitahukan nama-nama tes yang akan dikerjakan oleh testee. Tester meminta testee

Testee mengerjakan soal tes dengan tenang dan santai. HASIL TES NO 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 Need Need for Achievement Need for Need for Need for Need for Need for Need for Need for Need for Need for Need for Need for Need for Need for Need for Defence Order Exhibition Autonomy Affiliation Intraception Succorance Dominance Abasement Murturance Change Endurance Heterosexuality Aggresion Persentil 29 0 63 5 54 1 82 87 50 86 70 62 59 76 82 Kategori Cukup / rata-rata Sangat rendah Cukup / rata-rata Rendah Cukup / rata-rata Sangat rendah Cukup / rata-rata Tinggi Cukup / rata-rata Tinggi Cukup / rata-rata Cukup / rata-rata Cukup / rata-rata Cukup / rata-rata Cukup / rata-rata V.mengerjakan tes EPPS terlebih dahulu. IV. Selama tes berlangsung. testee duduk dengan santai dan terlihat sesekali menegakkan badannya untuk meregangkan punggungnya. Tester memberikan instruksi pengerjaan tes ini dan setelah mengerti testee langsung mengerjakannya. Testee mengerjakannya dalam waktu 48 menit. DESKRIPSI .

12. 10. Need for Defence Sangat Rendah artinya testee tidak testee tidak suka meminta pendapat orang lain unuk membntu menyelesaikan masalah yang dihadapinya. 11. Need for Aggresion Cukup atau rata-rata artinya testee cenderung menyerang pendapat . 5. 4. 13. Need for Change cukup atau rata-rata artinya testee cenderung suka berbuat sesuatu yang baru dan berbeda. Need for Succorance Tinggi artinya testee sangat senang apabila menerima bantuan atau afeksi dari orang lain. Need for Autonomy cukup atau rata-rata artinya testee terkadang suka berdiri sendiri dalam membuat keputusan 6. 15.1. 14. Need for Intraception cukup atau rata-rata artinya testee cenderung untuk memahami dan mengerti perasaan orang lain. Need for Affiliation Sangat rendah artinya testee tidak ingin ikut ambil bagian dengan teman-teman sekelompoknya. 9. Need for Heterosexuality cukup atau rata-rata artinya testee terkadang ikut aktif dalam pertemuan yang melibatkan kehadiran lawan jenisnya. 3. Need for Abasement Tinggi artinya testee selalu merasa bersalah bila orang lain berbuat kesalahan. Need for Achievement Cukup/rata-rata artinya testee cukup mampu dalam menyelesaikan masalah-masalah yang sukar 2. 8. Need for Order cukup atau rata-rata artinya testee cenderung melakukan sesuatu dengan melakukan perencanaan terlebih dahulu dengan teratur dan rapi. Need for Murturance cukup atau rata-rata artinya testee cenderung menolong teman atau orang lain yang mengalami kesulitan. Need for Exhibition Rendah artinya testee tidak ingin menjadi pusat perhatian ataupun menonjolkan suatu prestasi. Need for Dominance cukup atau rata-rata artinya testee cenderung mengatasi dan mempengaruhi orang lain. Need for Endurance cukup atau rata-rata artinya testee testee terkadang tekun dalam tugas-tugas yang dihadapinya. 7.

orang yang berbeda dengan pendapatnya. Testee akan berusaha mandiri dalam menghadapinya. Selain itu testee juga cenderung suka dengan pekerjaan yang baru dan berbeda dari yang lain. maka dia akan merencanakannya secara baik dan terperinci sebelum melaksanakannya. Ketika testee akan melakukan sesuatu. VI. Con 11 artinya testee konsisten dalam menjawab soal yang diberikan sehingga testee tidak jujur apa adanya dalam memilih pernyataan sesuai dengan dirinya. Testee menyukai tantangan karena dia cenderung menyukai menyelesaikan pekerjaan yang sulit dan menarik. Testee juga termasuk orang yang idealis karena dia tak segan untuk menyerang pendapat orang yang berbeda dengan pendapatnya. Testee mampu memahami perasaan orang lain sehingga dia tak segan untuk membantu orang tersebut jika mengalami kesulitan ataupun menerima bantuan dari orang lain. Begitu juga halnya dalam mengambil suatu keputusan. . Ketekunannya dan kemampuannya dalam mengerjakan tugasnya juga membuat testee tidak ingin ikut ambil bagian dari teman-teman sekelompoknya. INTERPRETASI Testee termasuk orang yang tekun dan bertanggung jawab pada setiap tugas yang dihadapinya. Dia akan menyelesaikannya dengan usaha sendiri tanpa bantuan dari orang lain.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful