BAB I

BAB I PENDAHULUAN 1.

1LATAR BELAKANG Laut atau lautan adalah Menyimpan berbagai biota yang sangat berlimpah, selain berlimpah lautan juga menawarkan keindahannya. Berbagai macam biota yang ada dari mulai biota yang bersifat mikroskopis sampai makroskopis baik avertebrata maupun vertebrata. Indonesia adalah Negara maritim dengan 2/3 dari bagiannya adalah lautan juga sebagai negara dengan garis pantai terpanjang kedua setelah Kanada. Kelimpahan biota tersebut merupakan sumberdaya alam yang harus kita jaga. Dengan mengenali jenis biota – biota

laut tersebut maka cara untuk menjaga sumberdaya alam tersebut sedikitnya sudah terlaksanakan. Biota yang paling berlimpah adalah biota tanpa tulang belakang ( Avertebrata )

Hasil pencernaan dalam gasrosol akan ditelan oleh sel-sel gastrodermis untuk kemudian dicerna lebih lanjut dalam vakuola makanan. struktur. Sel penyengat terletak pada tentakel yang terdapat disekitar mulutnya. Rongga tubuh tersebut berfungsi sebagai alat pencernaan (gastrovaskuler).Sel-sel gastrodermis berbatasan dengan coelenteron atau gastrosol.Ukuran dan bentuk tubuh . yaitu ektoderm (epidermis) dan endoderm (lapisan dalam atau gastrodermis).Gastrosol adalah pencernaan yang berbentuk kantong. Makanan yang masuk ke dalam gastrosol akan dicerna dengan bantuan enzim yang dikeluarkan oleh sel-sel gastrodermis. Coelenterata memiliki struktur tubuh yang lebih kompleks. 2.Tubuh Coelenterata simetris radial dengan bentuk berupa medusa atau polip.Sel-sel Coelenterata sudah terorganisasi membentuk jaringan dan fungsi dikoordinasi oleh saraf sederhana.Sari makanan kemudian diedarkan ke bagian tubuh lainnya secara difusi.Medusa berbentuk seperti lonceng atau payung yang dikelilingi oleh “lengan-lengan” (tentakel). cnido = penyengat) karena sesuai dengan cirinya yang memiliki sel penyengat. 1.Begitu pula untuk pengambilan oksigen dan pembuangan karbondioksida secara difusi. Ciri Tubuh Ciri tubuh Coelenterata meliputi ukurang. . coelenteron = rongga) adalah invertebrata yang memiliki rongga tubuh.Pencernaan di dalam gastrosol disebut sebagai pencernaan ekstraseluler. misalnya Cyanea. bentuk.Pencernaan di dalam sel gastrodermis disebut pencernaan intraseluler. Ukuran tubuh Coelenterata beraneka ragam.Ada yang penjangnya beberapa milimeter. Coeleanterata disebut juga Cnidaria (dalam bahasa yunani.Ektoderm berfungsi sebagai pelindung sedang endoderm berfungsi untuk pencernaan.BAB II ISI 2. dan fungsi tubuh.Polip berbentuk seperti tabung atau seperti medusa yang memanjang. Filum Cnidaria / Coelenterata Coelenterata (dalam bahasa yunani. Struktur dan fungsi tubuh Coelenterata merupakan hewan diploblastik karena tubuhnya memiliki dua lapisan sel. misal Hydra dan ada yang mencapai diameter 2 m.1 TINJAUAN PUSTAKA A.

Gastrodermis tersusun dari bahan gelatin. . yaitu Hydrozoa. sedangkan bentuk medusa dapat bergerak bebas melayang di air.Tunas tumbuh di dekat kaki polip dan akan tetap melekat pada tubuh induknya sehingga membentuk koloni. 5. tubuh.Habitat Coelenterata seluruhnya hidup di air.Coelenterata memiliki sistem saraf sederhana yang tersebar benrbentuk jala yang berfungsi mengendalikan gerakan dalam merespon rangsangan. 4. dan Anthozoa.Mesoglea adalah lapisan bukan sel yang terdapat diantara lapisan epidermis dan gastrodermis. Scypozoa. Sistem saraf terdapat pada mesoglea. Reproduksi aseksual dilakukan dengan pembentukan tunas. Tentakel berfungsi untuk menangkap mangsa dan memasukan makanan ke dalam mulut. Tubuh Coelenterata yang berbentuk polip.Mulut dikelilingi oleh tentakel. Cara Hidup Coelenterata hidup bebas secara heterotrof dengan memangsa plankton dan hewan kecil di air. Reproduksi seksual dilakukan dengan pembentukan gamet (ovum dengan sperma). Gamet dihasilakan oleh seluruh Coelenterata bentuk medusa dan beberapa Coelenterata bentuk polip. 3. baik di laut maupun di air tawar. Reproduksi Reproduksi Coelenterata terjadi secara aseksual dan seksual. Contoh Coelenterata berbentuk polip yang membentuk gamet adalah hydra. Klasifikasi Coelenterata dibedakan dalam tiga kelas berdasarkan bentuk yang dominan dalam siklus hidupnya.Coelenterata yang berbetuk medusa tidak memiliki bagian kaki. Sebagaian besar hidup dilaut secara soliter atau berkoloni.Pada permukaan tentakel terdapat sel-sel yang disebut knidosit (knidosista) atau knidoblas. Pembentukan tunas selalu terjadi pada Coelenterata yang berbentuk polip. terdiri dari bagian kaki.Mulut berfungsi untuk menelan makanan dan mengeluarkan sisa makanan karena Coelenterata tidak memiliki anus. Mangsa menempel pada knodosit dan ditangkap oleh tentakel untuk dimasukkan kedalam mulut. Ada yang melekat pada bebatuan atau benda lain di dasar perairan dan tidak dapat berpindah untuk bentuk polip. dan mulut.Setiap knidosit mengandung kapsul penyengat yang disebut nematokis (nematosista).

zoa = hewan) memiliki bentuk dominan berupa medusa dalam siklus hidupnya.Anthozoa tidak memiliki bentuk medusa. . zoa = hewan) memiliki banyak tentakel yang berwarna-warni seperti bunga.Contoh Scyphozoa adalah Cyanea dan Chrysaora fruttescens.Contoh Hydrozoa adalah Hydra.Ganggang memberikan makanan dan membantu pembentukan rangka pada koral.a.Medusa Scyphozoa dikenal dengan ubur-ubur. Contoh Anthozoa adalah Tubastrea (koral atau karang). dan turbinaria. dan Physalia. Rangka koral tersusun dari zat kapur. serta reproduksi seksual menghasilkan gamet. anthus = bunga. b.Medusa umumnya berukuran 2 – 40 cm. Rangka koloni dari polip koral inilah yang membentuk karang pantai (terumbu karang) atau atol (pulau karang). Obelia. Untuk Obelia merupakan Hydrozoa yang hidupnya berkoloni di laut. Polip Anthozoa berukuran lebih besar dari dua kelas Coelenterata lainnya. Anthozoa Anthozoa (dalam bahasa yunani.Reproduksi dilakukan secara aseksual dan seksual.Polip yang berukuran kecil menghasilkan medusa secara aseksual. Hydrozoa (dalam bahasa yunani. Acropora. hydro = air. c. zoa = hewan) sebagian besar memiliki pergiliran bentuk polip dan medusa dalam siklus hidupnya. scypho = mangkuk. Sedangkan koral memberikan buangan yang merupakan makanan bagi ganggang serta perlindungan bagi ganggang dari herbivora. Urticina (Anemon laut). Anthozoa bereproduksi secara aseksual dengan tunas dan fragmentasi.Obelia memiliki bentuk polip dan medusa dalam siklus hidupnya.Hidupnya di laut dangkal secara berkoloni. Koral hidup di air jernih dan dangkal karena koral bersimbiosis dengan ganggang.hanya bentuk polip.Hydrozoa dapat hidup soliter. Scyphozoa Scyphozoa (dalam bahasa yunani.

Kepala terletak di depan. karena memang bukan mata seperti mata manusia) yang berfungsi untuk membedakan gelap dan terang. Pada tentakel panjang terdapat bintik mata (tidak disebut maka. dan air laut. Lymnaea (siput sawah). Jika hewan ini berjalan. kemudian lambung (ventrikulus). usus (intestinum) yang berbelok ke depan lagi dan berakhir di anus. ada yang melingkar ke kanan dan ada pula yang melingkar ke kiri. Tentakel pendek berfungsi sebagai indera peraba dan pembau. . Hidup di darat. jadi Gastropoda ini bergerak dengan menggunakan “perutnya”. Anus terletak di mantel berdekatan dengan kepalanya. yang berbintik kehitaman. di air tawar. Achatina fulica (bekicot).B. Selanjutnya terdapat kerongkongan (esofagus). Filum Molusca 1. b. Sistem pencernaan Sistem pencernaan gastropoda dimulai dari mulut di bagian depan. Tubuhnya memiliki cangkang yang melingkar. disebut “kaki”. Sumpil (keong sawah) yang bentuknya agak bundar dan keong emas a. Kelas Gastropoda Gastropoda – Gaster artinya perut dan podos artinya kaki. Coba amati bintik mata bekicot. Struktur dan fungsi tubuh Gastropoda Perut yang digunakan untuk berjalan berotot. di dalam mulut terdapat lidah perut (radula) untuk “memarut” tumbuhan. akan meninggalkan bekas dari lendirnya yang mengering. dan Melania (sumpil). Kaki bagian depan memiliki kelenjar untuk menghasilkan lendir guna mempermudah gerakan. Di kepala terdapat sepasang tentakel panjang dan sepasang tentakel pendek.

Di dekat lambung terdapat hati yang berwarna kecoklatan. Pemanfaatan modern juga menjadikan kerang-kerangan sebagai biofilter terhadap polutan . remis. dan kemoreseptor (reseptor kimia). kijing. Inderaanya berupa mata. serta alat pembayaran pada masa lampau. Mutiara dihasilkan oleh beberapa jenis tiram. Sistem saraf terdiri dari tiga pasang ganglia yang dihubungkan oleh saraf. bahan kerajinan tangan. simping. Nama lainnya adalah Lamellibranchia. Sel telur dan spermatozoa dihasilkan oleh satu organ yaitu ovotesis. ovarium (penghasil ovum) dan testis (penghasil sperma) menjadi satu. Kelas Bivalvia "bivalvia" berarti dua cangkang. Sistem Pernafasan dan ekskresi Gastropoda bernapas menggunakan lapisan mantel yang berubah fungsi menjadi paru-paru sebagai tempat terjadinya pertukaran gas. sperma disalurkan ke vas deferens kemudian dimasukkan ke vagina pasangannya dengan perantaraan penis yang dikeluarkannya. organ peraba. Pemasakan sperma dan ovum tidak dalam waktu yang bersamaan. Ovum yaang dihasilkan ovotestes keluar ke saluran telur (oviduk) untuk di buahi sperma hewan lain. hewan ini melakukan perkawinan dengan hewan lain bukan dengan dirinya sendiri. kelompok ini termasuk berbagai kerang. lokan. Maksudnya. bekal kubur. Dagingnya dimakan sebagai sumber protein. Kerang-kerangan banyak bermanfaat dalam kehidupan manusia sejak masa purba. serta kima. atau bivalva. Hati melingkar-lingkar menuju ke cangkang dan mengikuti belitan cangkang. Pelecypoda. Cangkangnya dimanfaatkan sebagai perhiasan. kupang. Reproduksi gastropoda Gastropoda bersifaat hermafrodit tetapi melakukan perkawinan silang. Sistem pengeluaran (ekskresi) menggunakan alat pengeluaran cair yang disebut nephridia. tiram. statosit (alat keseimbangan). d. Gastropoda umumnya herbivora (pemakan tumbuh-tumbuhan c. Pada saat kopulasi. 2.

Bagian cangkang yang paling tua biasanya paling tebal. Klasifikasi ilmiah kingdom: Animalia Phylum: Mollusca class: Bivalvia b. menonjol. Ligamen ini biasanya selalu terbuka. Tampak garis konsentris yang sejajar. garis ini disebut sebagai garis pertumbuhan yang menunjukkan masa pertumbuhan. Bagian dari tubuh Bivalvia yang lain adalah a) Periostrakum merupakan lapisan terluar. dan makanan. Pada bagian posterior cangkang ada dua macam celah yang disebut sifon. maka makin tua umur hewan tersebut. membuka dan menutupnya cangkang diatur oleh ligamen yang dibantu oleh dua macam otot. dibentuk dari zat kitin yang disebut konkiolin berfungsi sebagai pelindung. apabila diganggu. Celah yang berada di dekat anus dinamakan sifon. letaknya pada bagian persendiaan yang disebut umbo. Jika . Struktur Tubuh Cangkangnya terbagi dalam dua belahan yang diikat oleh ligamen sebagai pengikat yang kuat dan elastis. Garis ini berselang seling semakin banyak garis dan pita pertumbuhan. air. yaitu pada bagian anterior dan posterior. Sebaliknya sifon masuk terletak di bagian sebelah bawah sifon keluar yang berfungsi untuk masuknya oksigen. maka akan menutup. berfungsi untuk keluar masuknya air dan zatzat sisa.a.

kemudian larva tersebut menempel pada insang atau sirip ikan dan larva tersebut akan dibungkus oleh lendir dari kulit ikan. c) Mantel. Larva ini bersifat sebagai parasit kurang lebih selama 3 minggu. Mantel terletak di bawah nakreas yang terdiri atas sel-sel nakreas (yang sekretnya membentuk lapisan nakreas dan membentuk mutiara) jaringan ikat. Nakre disebut sebagai lapisan induk mutiara yang tersusun dari lapisanlapisan tipis paralel dan kalsit (karbonat) yang tampak mengkilat. Melalui sifon air masuk. larva akan melepaskan diri dari insang atau sirip ikan dan akan hidup bebas. c. Mulut dan anusnya terletak dalam rongga mantel. Respirasinya dengan menggunakan insang. sehingga terjadilah pembuahan. simpul saraf kaki. jika kering berwarna coklat. d. . Larva ini akan keluar dari dalam tubuh hewan betina melalui sifon air keluar. Sistem peredaran darahnya terbuka. saraf Sistem pencernaannya dimulai dari mulut. Setelah tumbuh dewasa. Adapun sistem sarafnya terdiri atas otak.basah berwarna biru tua. Pada saat terjadi perkawinan. b) Nakre. lambung. Prisma merupakan lapisan tengah yang tersusun dari kristal kalsit. Prisma. dan simpul saraf otot. Daur Hidup dan Reproduksi Hewan ini ada yang bersifat hermaprodit dan kebanyakan hewan ini mempunyai alat kelamin yang terpisah. Sistem ekskresinya menggunakan sepasang nefridium yang berfungsi seperti ginjal. kemudian akan menetas dan keluarlah larva yang disebut glokidium. dan anus. ekskresi. Sistem Organ. usus. kerongkongan. dan sel-sel epitelium yang bersilia. alat kelamin jantan akan mengeluarkan sperma ke air dan akan masuk dalam tubuh hewan betina. Ovum akan tumbuh dan berkembang yang melekat pada insang dalam ruang mantel. jantungnya terdiri atas sebuah bilik dan dua serambi.

Hewan-hewan ini juga mudah dikenali dari bentuk tubuhnya: kebanyakan memiliki simetri radial. Larva bintang laut misalnya. masih menunjukkan keserupaan yang cukup besar dengan larva Hemichordata. Kelompok hewan ini ditemukan di hampir semua kedalaman laut.000 spesies yang sudah punah. Apabila timun laut merasa dirinya terancam. Echinodermata adalah filum hewan terbesar yang tidak memiliki anggota yang hidup di air tawar atau darat. contohnya timun laut. dan beberapa kerabatnya.000 spesies yang masih hidup dan 13. Klasifikasi Echinodermata dibagi menjadi lima atau enam kelas (enam bila Concentricycloidea dihitung) yang masih hidup sekarang mencakup . Echinodermata mempunyai kemampuan untuk melakukan regenerasi bagian tubuhnya yang hilang. dan simetri radialnya berevolusi secara sekunder. Filum Echinodermata Filum Echinodermata (dari bahasa Yunani untuk kulit berduri) adalah sebuah filum hewan laut yang mencakup bintang laut. khususnya simetri radial pentameral (terbagi lima). Filum ini muncul di periodeKambrium awal dan terdiri dari 7. organ tubuh yang hilang akan tumbuh kembali A. Walaupun terlihat primitif. Kelak. Echinodermata adalah filum yang berkerabat relatif dekat dengan Chordata (yang di dalamnya tercakup Vertebrata).3. maka timun laut akan menyemprotkan organ tubuhnya agar mendapatkan kesempatan untuk melarikan diri. Teripang.

4. lipan dan hewan sejenis lainnya.500 spesies yang menangkap mangsa untuk makanan mereka sendiri b) Concentricycloidea dikenal karena sistem pembuluh air mereka yang unik dan terdiri dari hanya dua spesies yang baru-baru ini digabungkan ke dalam Asteroidea. . Filum Arthropoda Arthropoda adalah filum yang paling besar dalam dunia hewan dan mencakup serangga.500 spesies. Bentuk hewan yang sudah punah dapat diketahui dari fosil termasuk Blastoidea.000 spesies e) Holothuroidea (teripang atau ketimun laut) hewan panjang menyerupai siput. Carpoidea. Edrioasteriodea. f) Ophiuroidea (bintang ular dan bintang getas) secara fisik merupakan ekinodermata terbesar sekitar 1. Cystoidea. d) Echinoidea (bulu babi dan dolar pasir) dikenal karena duri mereka yang mampu digerakkan. dan beberapa hewan Kambrium awal seperti Helicoplacus. Homalozoa. sekitar 1.000 spesies. laba-laba. udang. dan Eocrinoidea seperti Gogia.a) Asteroidea bintang laut: sekitar 1. c) Crinoidea (lili laut) sekitar 600 spesies merupakan predator yang menunggu mangsa. sekitar 1.

segmen biasanya bersatu menjadi dua atau tiga daerah yang jelas. termasuk berbagai bentuk a) Karakterisrtik Arthropoda Tubuh bersegmen. Secara berkala mengalir dan diperbaharui sebagai pertumbuhan hewan. kanal alimentari seperti pipa dengan mulut dan anus. ekskresi biasanya oleh tubulus malphigi. Kelas Crustacea. Sistem saraf anthropoda seperti pada annellida. air tawar. sebuah rongga darah atau hemosol dan selom tereduksi. Kelas Arachnida. simetri bilateral. Tabung kosong yang masuk kanal alimentari dan material hasil ekskresi melintas keluar lewat anus. . anggota tubuh bersegmen berpasangan (Asal penamaan Arthropoda). c) Klasifikasi Arthropoda memiliki empat kelas. hanya pembuluh darah yang biasanya berwujud sebuah struktur dorsal seperti pipa menuju kanal alimentar dengan bukaan lateral di daerah abdomen. eksoskeleton berkitin. diantaranya yaitu :     Kelas Myriapoda. sepasang penghubung yang menyalurkan dari otak ke sekitar kanal alimentari dan tali syaraf ganglion yang berlokasi di bawah kanal alimentary. dan lingkungan udara. sistem sirkulasi terbuka. darat. Arthropoda biasa ditemukan di laut.Arthropoda adalah nama lain hewan berbuku-buku. Semua anggota filum ini mempunyai tubuh beruas-ruas dan kerangka luar yang tersusun dari kitin. b) Sistem syaraf Sistem Saraf terdiri atas sebuah ganglion anterior atau otak yang berlokasi di atas kanal alimentari. Rongga tubuh utama disebut hemocoel. tidak ada silia atau nefridia. Jantung terletak pada sisi dorsal dari tubuhnya. respirasi dengan insang atau trakhea dan spirakel. Hemocoel terdiri dari sejumlah ruangan kecil yang dipompa oleh jantung. rongga tubuh. terdapat bagian ventral tubuh berbentuk seperti tangga tali. Kelas Insecta.

Mengidentifikasikan masalah masalah pada praktikum ini adalah mengetahui persamaan spesies yang ada di Laboratrium Fakultas Perikananan dan Ilmu kelautan Universitas padjajaran dengan biota di Pantai Karapyak dengan cara membandingkan melalui lembar kerja yang diberikan asistan lab.Jawa BaraT B.Ciamis. . Ember: untuk tempat menyimpan spesies yang masih hidup. Menulis Dokumetasi Menambahkan dokumentasi serta komentar-komentar agar pembaca dapat mengetahui lebih jelas hasil pengamatan yang ditulis. Langkah-Langkah Pratikum: a. Menulis hasil Praktikum: setelah melakukan pengamatan praktikan menulis hasil pengamatan dengan menggambar spesies yang ditemukan di lembar kerja. c. b. Alat-Alat pratikum:   Plastik: untuk tempat menyimpan spesies yang ditemukan. d.dibutukan ketelitian pratikan dalam pengamatan spesies. C.BAB II METODOLOGI PRAKTIKUM A. Menentukan Solusi untuk mengetahui persamaan spesies yang ada di kedua tempat.dengan cara melalui alat gerak dan anggota tubuh dari spesies tersebut. Tempat praktikum: Praktikum ini dilakukan di Pantai Karapyak.

BAB IV PEMBAHASAN Nama dan Klasifikasi Klasifikasi Kingdom : Animalia Phylum : Mollusca Class : Bivalvia Ordo : Acaida Familia : Arcaidae Genus : Anadara Species : Anadara Sp Klasifikasi Kingdom : Animalia Phylum : Mollusca Class : Gastropoda Ordo : Vertigastropoda Familia : Throcidae Genus : Throcus Species : Throcus Sp Klasifikasi Kingdom : Animalia Phylum :Echinodermata Class : Ophiruroidea Ordo : Valvatida Familia : Ophiutricoidea Genus : Ophiutricoides Species : O. nereidina Karakterisetik Gambar .

Klasifikasi Kingdom : Animalia Phylum : Mollusca Class : Bivalvia Ordo : Veneraida Familia : Tridacnidae Genus : Tridacna Species : Tridacna Sp Klasifikasi Kingdom : Animalia Phylum : Mollusca Class : Bivalvia Ordo:Eulamellibranchia Familia : Unionidae Genus : Anadonta Species : Anadonta Sp Klasifikasi Kingdom : Animalia Phylum:Echinodermata Class : Holothuroida Ordo: Aspidochirotida Familia : Holothuridae Genus : Holoturia Species : Holoturia Sp .

Dapat mengetahui alat gerak dan cara bergerak spesies yang masih hidup b.Praktikan dapat melihat dan mengetahui spesies-spesies secara langsung dihabitatnya hasil pengamatan yang diperoleh berupa: a.BAB V KESIMPULAN DAN SARAN A. Saran Setelah melakukan pengamatan ini disarankan: . c. Mengetahui habitat spesies yang sebenarnya B. Kesimpulan Dari pengamatan praktikum yang telah dlakukan diperoleh: 1. Mengetahui bentuk tubuh.

Jangan terlalu banyak mengambil spesies-spesies.agar tetap terjaga 3.1. Menjaga kelestarian laut dengan memiliki jiwa Pecinta Alam .tidak ada di pantai karapyak 2. Mencari lokasi pengamatan yang lebih strategis karena banyak spesies-spesies di laboratorium.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful