TULISAN SOFTSKILL BAHASA INDONESIA “EFEK HARI SENIN”

MONIKA YUSIANA 3EA21 14210521

UNIVERSITAS GUNADARMA 2013

1

PENDAHULUAN
Dalam penulisan ini saya akan membuat sebuah rangkaian tulisan dari pengalaman pribadi saya dan orang sekitar saya yaitu dengan tema “ EFEK HARI SENIN “. Tema ini membuat saya tertarik untuk dijadikan suatu penulisan.

Kehidupan terus berputar dengan tambahnya umur, jatuh bangun kehidupan dan itu senua tak lepas dari rutinitas sehari – hari. Berputarnya waktu yang cepat berlalu bila tak dirasakan dan itu semua tak lepas juga dari yang namanya hari. Kita pasti sudah sangat mengerti dan mengenal apa itu hari. Setelah kita mengenal dan memahami apa itu hari, maka kita akan membuat jadwal aktivitas kita sehari – hari.

Untuk mengetahui itu semua lebih detail , saya akan membahasnya di dalam penulisan ini. Penulisan ini saya ambil dari pengalaman saya serta kehidupan nyata dari lingkungan sekitar saya .

2

ISI

Sesuai dengan tema yang saya pilih yaitu “EFEK HARI SENIN”,pertama – tama saya akan menjelaskan tentang apa arti itu hari. Sudah tidak asing lagi di telinga kita tentang Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu. Itulah yang disebut hari, hari – hari tersebut mempunyai manfaat dan artinya sendiri. Begitu juga dengan kehidupan yang terus berputar dan waktu yang berputar, untuk itu sering ada pepatah berkata “Kesempatan tidak akan datang kedua kalinya, untuk itu manfaatkanlah sebaik mungkin” Contohnya ketika kita melamar pekerjaan, dan kita diterima di perusahaan tersebut, jika memang keputusan kita sudah pasti jangan menolaknya, karena tidak akan dating kesempatan yang sama untuk kedua kali, mungkin akan dapat pekerjaan lain tapi tidak seperti yang kita inginkan. Saya akan menjelaskan secara singkat tentang arti hari bagi kehidupan pribadi saya. Sesuai dengan kalender waktu satu periode yaitu : 1 tahun = 12 bulan

12 bulan = Januari, Februari, Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, November, Desember 12 bulan = 365 hari 1 bulan 1 hari 1 jam = 30 hari = 24 jam = 60 menit
3

1 menit = 60 detik Setelah kita mengetahui dan memahami waktu, maka disebutlah kalender selama setahun. Saya akan memulai dari hari pertama yaitu hari Senin, menurut saya hari Senin itu adalah hari dimana awal hari melakukan aktivitas kembali selama seminggu ke depan, dimana hari yang super macet untuk itu berangkat harus lebih pagi. Hari Senin itu hari dimana mulai sibuk dan padat di kantor, pekerjaan yang menumpuk di hari weekend, hari dimana saya memyelesaikan laporan saya untuk langsung di laporkan kepada pimpinan. Belum lagi di kantor kalau pimpinan lagi marah – marah dan membuat suasana kantor jadi tidak semangat. Tapi tetap harus dilaksanakan. Hari Senin itu rasanya pengen di lewatkan saja dan langsung ke hari Minggu, karena hari Senin adalah awal untuk melakukan kegiatan seperti biasa, dan itu rasa malasnya luar biasa. Apalagi sepulang kerja harus lanjut kuliah, rasanya butuh istirahat yang lama. Dan untuk bertenu dengan hari Sabtu dan Minggu mesti melewati hari – hari lain. Pernah saya menemukan tanggal merah di hari Senin, itu rasanya luar biasa, walaupun cuma sehari, sebisa mungkin saya menyempatkan hari itu untuk beristirahat dan mengerjakan tugas. Tapi alangkah senangnya jika hari Senin itu tidak ada, Setelah hari Senin lewat yaitu hari Selasa dan itu juga masih sedikit males untuk melakukan kegiatan, lau hari Rabu bagi saya rasa mala situ mulai sedikit hilang setelah hari Rabu yaitu hari Kamis, hari dimana saya juga menyelesaikan laporan kas saya untuk segera dilaporkan kepada pimpinan. Lalu hari Jumat, hari mulai ada semnangat lebih untuk segera bertemu hari libur, tapi hari Jumat juga mulai sibuk.

4

Lalu bertemulah hari Sabtu dan Minggu, hari yang dinantikan oleh semua orang untuk berlibbur, beristirahat, dan sebagainya. Sebenernya semua hari itu penting, tapi bagaimana kita menjalankan hari – hari itu lebih baik lagi.

5

PENUTUP

KESIMPULAN Dari pembahasan penulisan di atas dapat disimpulkan menjadi beberapa bagian yang “baitu : 1. Ada Pepatah bilang “Waktu adalah Uang” dan “Kesempatan tidak datang kedua kali yang sama, manfaatkanlah waktu sebaik mungkin”. 2. Untuk mengartikan ungkapan tersebut, kita mesti terlebih dahulu memahami akan artinya suatu periode kehidupan, manfaat hari bagi kita. 3. Setelah mengetahui tentang manfaat hari bagi kehidupan, maka barulah kita bisa menjalankan hari tersebut membagi waktu tersebut sesuai dengan kebutuhan masing – masing. SARAN Setelah ditarik kesimpulannya, maka saran saya sebagai penulis bagi para pembaca yang telah membaca hasil karya tulis saya, saya menyarankan bahwa kita sebagai manusia biasa tetap bersyukur akan dikasihnya kehidupan, jangan terus mengeluh tapi bagaimana kita bisa mengatasinya dengan kemampuan kita dan kemauan, Diberikannya kehidupan oleh Tuhan, maka kita sudah di amanatkan untuk menjalankan kehidupan sebaik mungkin dengan melewati hari – hari lebih berwarna dan penuh inspirasi.

6

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful