THE OVERSEAS HUMAN RESOURCES AND INDUSTRY DEVELOPMENT ASSOCIATION (HIDA) 30-1, Senju-azuma I-chome, Adachi-ku, Tokyo 120

-8534 Japan Tel: 81-3-3888-8257 Fax: 81-3-3888-8242 URL: hltp:llwww.hidajapan.orJp JAPAN EXTERNAL TRADE ORGANIZATION (JETRO) Ark Mori Building, 6F 12-32,Akasaka I-chome, Minato-ku, Tokyo \07-6006 Japan Tel: 81-3-3582-4689 Fax: 81-3-3582-0504 URL: hltp:llwww.jetro.goJp/enljetrol April 2012

Kementrian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri (METI) Program Magang Kementrian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri

1. Garis Besar Program
1) Latar belakang Tren ke arah globalisasi ekonomi dunia secara dramatis telah menyentuh industriindustri Jepang, khususnya perusahaan-perusahaan infrastruktur dan UKM. Dalam keadaan seperti ini, permintaan SDM yang mahir dan memiliki keterampilan manajerial serta leadership meningkat dengan cepat. Sementarai itu, generasi muda Jepang , secara umum dapat dikatakan berorientasi dalam negeri. Mereka enggan mencari tantangan di luar negeri. Melihat hal ini, sangat dibutuhkan hal-hal untuk memperkuat kemampuan dan keterampilan mereka agar bisa menjadi “sumber daya manusia global”. Program magang adalah program yang sesuai dengan tujuan tersebut. Sebab program ini akan memberikan pengalaman kerja yang nyata di negara berkembang bagi pebisnis-pebisnis muda Jepang dan para mahasiswa magang. Diharapkan program ini akan membuat mereka mampu memainkan peranan-peranan aktif di kancah bisnis global. 2) Gambaran Dalam program ini, HIDA dan JETRO akan mengirim pebisnis-pebisnis muda Jepang dan para mahasiswa ke negara-negara berkembang (sebagian besar negara-negara Asia) sebagai pemagang METI (selanjutnya disebut pemagang). Melalui program magang, HIDA dan JETRO dapat memberikan mereka pengalaman kerja di tempat operasional nyata yaitu di perusahaan-perusahaan swasta, organisasi-organisasi pemerintah atau asosiasi-asosiasi industri. Kira-kira 100 perusahaan/organisasi diharapkan berpartisipasi dalam program

program ini juga memberikan keuntungan bagi berbagai tuan rumah. Diharapkan nantinya pemagang mendapat output konkrit seperti berbagai survei pasar atau investigasi dalam tren teknologi di daerah tujuan yang berguna untuk ekspansi bisnis global perusahaan mereka sendiri. a) Kemampuan dan kecakapan bisnis yang tidak dapat dihindari untuk membangun keuntungan-keuntungan kompetitif dalam pasar global b) Memperoleh keterampilan komunikasi yang efektif dalam lingkungan bisnis multikultural. Salah satunya mereka dapat memahami filosofi-filosofi bisnis dan adat orang Jepang melalui para pemagang. Pemagang juga didorong untuk memaksimalkan kesempatan untuk menciptakan jaringan lintas-batas di daerah tujuan.ini sebagai tuan rumah. . c) Membangun rasa percaya diri. Program magang ini juga termasuk kursus pelatihan sebelum keberangkatan dan workshop untuk presentasi hasil yang diperolah sekembalinya di Jepang. pemagang diharapkan memperoleh dan meningkatkan kemampuan dan kecakapan yang dibutuhkan sebagai “sumber daya manusia global” yang dapat mempertunjukkan kepemimpinan yang luar biasa dan kemampuan manajemen dalam kancah bisnis global yang tidak pernah berhenti. Lebih jauh lagi. Selain itu tuan rumah mendapat kesempatan memperluas bisnis baru dengan cara membangun jaringan dengan berbagai perusahaan Jepang yang mengirimkan pemagang. Tuan rumah ini akan menerima total 50 sampai 100 pemagang. Masa magang akan berlangsung antara 3 sampai 6 bulan yakni pada bulan September 2012 sampai Februari 2013. sikap keras. sikap agresif. 3) Maksud dan Tujuan Melaui program ini.

D. dan Industri B. Pengumunan hasil yang sesuai Organisasi Pusat JETRO Kantor Luar negeri. Workshop untuk berbagi hasil progran magang C. Kembali ke Jepang H. Perdagangan.Menandatangani MoU antara HIDA & perusahaan tuan rumah E. Mendaftar Pelayanan Mentoring/ Respon darurat dll F. Implementasi magang K. dll Perusahaan pemagang Kandidat pemagang 20-35 tahun .Pengumpulan formulir pendaftaran Menerima Organisai Perusahaan/ Organisasi tuan Rumah J. Menandatangani Kontrak c.JETRO Delegasi program Organisasi yang mempercayakan program Kementerian Ekonomi. Perdagangan dan Industri Organisasi yang Menjalankan HIDA . Mengirim informasi kandidat pemagang & menyesuaikan G.Perekrutan Pemagang D. Masyarakat alumni AOTS.Rekruitmen perusahaan tuan rumah A. Persiapan pengiriman J.Implementasi Proses Magang Kementrian Ekonomi. Pelatihan Program sebelum berangkat I.

persetujuan Seleksi & Persetujuan panitia (6) Kontrak dan MoU Tanda tangan kontrak (7) Pelatihan dalam negeri sebelum keberangkatan di HIDA (Agustus 2012) Tanda tangan kontrak/ MoU Tanda tangan MoU Menghadiri pelatihan dalam negeri Pelatihan sebelum keberangkatan .2. Muatan Program 1) Diagram Aliran Pemagang (Perusahaan mereka) (1) Pendaftaran “Organisasi Pusat” HIDA/JETRO (Organisasi Pusat) Mendaftar Masyarakat Alumni AOTS dan organisasi industri sebagai organisasi pusat Permintaan Pendaftaran Perusahaan/ Organisasi Tuan Rumah (2) Pendaftaran Perusahaan/Organisasi Tuan Rumah Pertimbangan. persetujuan Pendaftaran Perusahaan/ Organisasi Tuan Rumah (3) Perekrutan pemagang Menyiapkan aplikasi & mengirimkan Menerima aplikasi dan mendaftar sebagai kandidat Perekrutan pemagang Formulir pendaftaran Informasi kandidat (4) Penyesuaian antara perusahaan/organisasi tuan rumah dan pemagang (5) Panitia Seleksi Memberitahukan hasil penyesuaian Penyesuaian Pertimbangan.

asuransi perjalanan. menerima laporan mingguan Pelaksanaan magang Kedatangan di Jepang (9) Workshop untuk presentasi hasil yang dicapai Kembali ke Jepang Workshop untuk presentasi program yang dicapai Menghadiri Workshop (10) Laporan Akhir Mengumpulkan laporan akhir Menerima laporan akhir .(8) Pemberangkataan Pemagang dan Implementasi Program Persiapan keberangkatan Membeli tiket. mentoring. dll Keberangkatan Pengarahan(JETRO / Organisasi pusat) Penerimaan pemagang Konseling.

Memberikan pengarahan dengan para pemagang dalam rangka kelancaran magang di perusahaan/organisasi tuan rumah. Persyaratan perusahaan/Organisasi Tuan Rumah Perusahaan/Organisasi Tuan Rumah harus memiliki kualifikasi sebagai berikut:    Perusahaan/Organisasi Tuan Rumah harus merupakan perusahaan swasta. Organisasi pusat akan menunjuk “koordinator program” untuk program magang ini. atau asosiasi industri di negara berkembang Perusahaan/Organisasi Tuan Rumah harus dapat menerima pemagang dengan sistem manajeman yang tepat.2) Detail Proses Aliran (1) Pendaftaran “Organisasi Pusat” (April – Mei 2012) HIDA akan meminta Masyarakat Alumni AOTS atau berbagai asosiasi industri di masing-masing negara untuk mendaftar sebagai “Organisasi Pusat” dan meminta kerjasama serta koordinasi demi kelancaran pelaksanaan program. dan mentor di [dalam] perusahaan/organisasi. Tugas Perusahaan/Organisasi Tuan Rumah A: Untuk bekerja    Mengangkat koordinator. Masa magang dapat disesuaikan menjadi 3 sampai 6 bulan sesuai dengan kondisi masing-masing tuan rumah dan pemagang. . Pada dasarnya masa program magang adalah 6 bulan antara September 2012 sampai Februari 2013.  Jumlah pemagang: pada dasarnya 1-3 orang. Membuat rencana dan jadwal magang. (2) Pendaftaran Perusahaan/Organisasi Tuan Rumah (April – Mei 2012) HIDA akan mencatat perusahaan-perusahaan swasta. instruktur. organisasi pemerintah. berbagai organisasi pemerintah dan asosiasi-asosiasi industri sebagai tuan rumah yang akan menerima pemagang dan mengadakan program magang.

taksi. Mempersiapkan akomodasi yang tepat dan membantu pengurusan jika dibutuhkan (biaya akan ditanggung oleh pemagang). bantuan. . Prosedur Pendaftaran Perusahaan/organisasi yang setuju menerima pemagang akan diminta untuk mengisi formulir registrasi dan mengumpulkannya bersama pamflet perusahaan/organisasi kepada HIDA melalui organisasi pusat di negara-negara mereka.   Mengecek laporan mingguan yang dikumpulkan oleh para pemagang dan memberi feedback pada laporan [tersebut]. dan tutoring yang diperlukan. Menjelaskan tentang berbagai kaidah dan peraturan dalam hal keselamatan dan keamanan di tempat kerja. Menolong pemagang untuk mendapatkan izin kerja dan persiapan administratif lain jika diperlukan (rincian diputuskan kemudian). serta mengambil tindakan yang diperlukan apabila [terjadi] keadaan darurat. misalnya kecelakaan. Memberikan tugas dan pekerjaan untuk para pemagang di tempat operasional perusahaan/organisasi serta memberikan instruksi.  Hal-hal lain yang diperlukan untuk menyelenggarakan program (secara terperinci akan didiskusikan dengan HIDA dan organisasi pusat). sewa mobil dengan sopir) untuk transportasi kerja dan membantu mengurusnya jika dibutuhkan (biaya akan ditanggung oleh pemagang) C: Lainnya   Menemui dan menerima pemagang di bandara saat kedatangan dan mengantar mereka ke bandara saat kembali. Memberikan informasi mengenai transportasi yang tepat (misalnya bus. B: Untuk Hidup    Memberikan informasi kepada para pemagang dalam agar lancar menetap tinggal lingkungan sekitar.

Bantuan Finansial Agar perusahaan/organisasi tuan rumah membiayai hal-hal yang diperlukan untuk melaksanakan program magang (misalnya. situasi finansial. Bayaran akan dikirim melalui transaksi bank setelah pemberesan akun. mentor[mentor]. kondisi hidup pemagang dan sebagainya. Dalam proses pemeriksaan. Setelah selesai pemeriksaan. HIDA akan membayar secara tetap. kemungkinan perencanaan magang. jumlah karyawan. HIDA akan memeriksa formulir pendaftaran yang terkumpul dan bahan-bahan lain untuk mengetahui apakah perusahaan/organisasi mampu menerima pemagang dengan program dan sistem manajemen yang tepat. HIDA akan mendaftar perusahaan/organisasi sebagai perusahaan/organisasi tuan rumah. masing-masing 6. instruktur[-instruktur]. volume penjualan. alokasi personel untuk menerima dan melatih pemagang (seorang koordinator. .500 yen per pemagang per hari kepada perusahaan/organisasi tuan rumah sebagai biaya magang. seragam. Pembayaran biaya dapat dilakukan mulai dari hari di mana pemagang sampai di negara tujuan sampai hari [di mana] mereka pulang ke Jepang setelah menyelesaikan program.Batas akhir tanggal pengumpulan formulir registrasi dan kontak informasi organisasi pusat akan diberitahukan kemudian. dan lain-lain. biaya komunikasi dan lain-lain). Selanjutnya HIDA akan menempatkan nama dan informasi perusahaan yang diperlukan pada daftar untuk rekruitmen pemagang. Item-item yang [akan] diperiksa diantaranya bidang bisnis. biaya personel. buku pelatihan dan bahanbahan. HIDA mungkin meminta perusahaan/organisasi untuk mengatur dan memodifikasi kondisi dan kontn rencana yang dikirimkan agar lebih sesuai dengan tujuan dari program magang jika diperlukan. Perusahaan tuan rumah tidak harus mengumpulkan kuitansi sebagai bukti pengeluaran terdokumentasi.

Calon pemagang akan memilih beberapa di antaranya berdasarkan ketertarikan.  Pemagang harus memiliki pengetahuan Bahasa Inggris dasar (skor TOIEC 700 direkomendasikan untuk menghadiri program pelatihan sebelum diberangkatkan dari Jepang).  Pemagang harus mampu menghadiri kursus-kursus pelatihan domestik sebelum keberangkatan dan menghadiri workshop untuk presentasi hasil sekembalinya di Jepang. Persyaratan peserta Pemagang harus memiliki kualifikasi-kualifikasi sebagai berikut:    Pemagang harus pebisnis Jepang atau mahasiswa. Pemagang harus memiliki ketertarikan kuat dalam [bidang] bisnis di negara berkembang dan mampu berpartisipasi secara penuh selama 3-6 bulan program magang.(3) Rekruitmen Pemagang (April sampai Mei 2012) HIDA akan mengumumkan program magang kepada sektor-sektor swasta di Jepang dengan fokus pada perusahaan infrastruktur dan usaha-kecil-menengah (UKM).  Pemagang harus memenuhi persyaratan spesifik yang dikeluarkan oleh masingmasing perusahaan/organisasi tuan rumah. Website HIDA (URL akan diberitahukan kemudian) akan mendaftar informasi perusahaan/organisasi tuan rumah. yang secara fisik dan mental cukup sehat serta berumur antara 20-35 tahun saat 1 September 2012 Pemagang harus warga negara Jepang dan menetap di Jepang saat mendaftar program. Bantuan Keuangan HIDA akan membayarkan uang upah dan biaya lain yang didaftar di bawah ini kepada pemagang: .

Prosedur Penyesuaian  HIDA akan menyortir informasi para pelamar dan mengirimkan informasi mereka kepada perusahaan/organisasi tuan rumah menurut permintaaan para pelamar (setiap pelamar dapat memilih maksimal 3 perusahaan). (4) Penyesuaian Antara Perusahaan/Organisasi Tuan Rumah dan Pemagang (Juni 2012) HIDA akan menyelenggarakan prosedur penyesuaian berdasarkan permintaan para pelamar dan berbagai kondisi serta preferensi perusahaan/organisasi tuan rumah. HIDA juga akan memeriksa permintaan mereka mengenai perusahaan/organisasi mana yang dituju. Setelah selesai seleksi. uang makan dan pengeluaran seharihari lainnya dari biaya ini. biaya pendaftaran visa. Ongkos perjalanan internasional: tiket pulang pergi Jepang – negara tujuan. Pembayaran dapat dilakukan mulai saat pemagang sampai di negara tujuan sampai mereka berangkat kembali ke Jepang setelah menyelesaikan program. Pemagang akan menutup biaya akomodasi.500 yen per pemagang per hari. HIDA akan melakukan yang terbaik untuk menyesuaikan dan mengakomodasi permintaan kedua belah pihak. . HIDA akan mendaftarkan mereka sebagai kandidat magang dan memulai proses penyesuaian.   Asuransi perjalanan internasional termasuk layanan keamanan medis. Biaya akomodasi harian: masing-masing 4. Prosedur perekrutan Para pebisnis muda Jepang dan mahasiswa yang ingin berpartisipasi dalam program magang ini harus mengumpulkan formulir pendaftaran kepada HIDA sebelum batas akhir tanggal (akan diumumkan kemudian). izin kerja (dapat dipakai di Jepang) dan vaksinasi (jika diperlukan). transportasi. HIDA akan menyeleksi formulir pendaftaran untuk mengetahui apakah pendaftar terkualifikasi sebagai pemagang.

para akademisi dan perwakilan dari berbagai industri. (5) Panitia Seleksi (Juli 2012) Hasil-hasil yang sesuai akan diseleksi di panitia seleksi.   Jika tidak diterima. Anggota-anggota panitia seleksi ini terdiri dari ahli-ahli luar. para pelamar atau perusahaan/organisai tuan rumah tidak bisa mengikuti program magang pada tahun anggaran ini. Jika disetujui. Jika penyesuaian tersebut tidak berhasil sebelum deadline (akan diputuskan kemudian). Selanjutnya HIDA akan memberitahukan para pelamar bahwa mereka diterima sebagai kandidat magang.  Perusahaan/organisasi tuan rumah akan terus [memantau] informasi para pelamar dan memutuskan apakah mereka akan menerima pelamar sebagai pemagang. perusahaan/organisasi magang akan memberitahukan hasilnya kepada HIDA. HIDA akan melakukan proses penyesuaian kembali berdasarkan permintaan sekunder atau tersier para pelamar. Panitia ini akan memeriksa apakah kandidat memenuhi persyaratan-persyaratan dan sesuai dengan berbagai kondisi dari perusahaan tuan rumah dan lain-lain (detail kriteria diputuskan kemudian) Proses Penyesuaian Mendaftar Informasi tentang pelamar Pelamar Pengumunan penerimaan Diterima HIDA Pemberitahuan pelamar yang diterima Perusahaan/organisasi tuan rumah Konsultasi proses penyesuaian Pantia Seleksi .

jika pemagang adalah mahasiswa atau pencari kerja) (7) Pelatihan Domestik di HIDA Sebelum Keberangkatan (Agustus 2012) Sebelum memberangkatkan para pemagang ke negara tujuan. HIDA akan menyelenggarakan kursus pelatihan bagi pemagang. dan perusahaan pemagang juga akan menandatangani kontrak untuk tujuan yang sama. seorang pemagang dan perusahaan pemagang (3 pihak. pemagang. Pelatihan ini terdiri atas dua bagian besar yang disebut pelatihan bahasa lokal dan pelatihan kolaboratif Bagian 1: Pelatihan mengenai bahasa lokal  Muatan: Bahasa lokal seperti bahasa Vietnam atau Bahasa Indonesia (bahasa pilihan dapat ditambahkan tergantung pada perusahaan/organisasi tuan rumah yang berpartisipasi). keterampilan dan sikap baik yang penting untuk menyelesaikan magang dengan sukses. Pertisipan akan mendapatkan keterampilan komunikasi dasar seperti salam. jika karyawan perusahaan). . Tempat dan akomodasi: HIDA Tokyo Kenshu Center (TKC) atau Yokohama Kenshu Center (YKC). HIDA dan perusahaan/organisasi tuan rumah akan menandatangani Memorandums of Understanding (Mou) untuk mengklarifikasi kewajiban dan tanggung jawab kedua belah pihak dalam program ini. Atau HIDA dan seorang pemagang (2 pihak.(6) Kontrak dan MoU (Juli 2012) Setelah disetujui Panitia Seleksi. pengenalan diri. Tujuannya adalah agar mereka mendapatkan pengetahuan dasar. Durasi: 2 minggu secara teratur dalam bulan Agustus 2012.    Peserta: semua pemagang yang dikirim ke negara yang tidak berbahasa Inggris. percakapan sehari-hari (level dasar). MoU: HIDA dan perusahaan/organisasi tuan rumah (2 pihak) Kontrak: HIDA. HIDA.

Bagian 2: Pelatihan Kolaboratif  Muatan: membangun ketangguhan dan kapasitas dasar agar mampu mendemonstrasikan performa yang unggul dalam lingkungan bisnis multi-kultural. masa program magang dimulai dari September dan berlanjut sampai februari yakni sekitar 3-6 bulan. Durasi: 2 minggu secara teratur dalam bulan September 2012. perusahaan/organisasi tuan rumah akan memberikan bantuan dan instruksi yang dibutuhkan pemagang untuk menetap dan beradaptasi dalam kehidupan sehari-hari di masayarakat setempat. HIDA akan mengadakan kursus kepelatihan sebelum pemagang diberangkatkan. Tempat dan akomodasi: HIDA Tokyo Kenshu Center (TKC) atau Yokohama Kenshu Center (YKC). Selama program berlangsung. Durasi Pada dasarnya. keterampilan komunikasi. Pidato: seluruh kuliah akan disampaikan dalam Bahasa Inggris (8) Pemberangkataan Pemagang dan Implementasi Program (September 2012 – Februari 2013) Setelah menyelesaikan kursus pelatihan domestik di HIDA sebelum keberangkatan dan menyelesaikan persiapan [seperti] tiket internasional. . Subjek pelatihan ini adalah hal-hal seperti adaptasi lintas kultural. Implementasi Program Perusahaan/organisasi tuan rumah akan menerima para pemagang dan memulai program magang menurut MoU dan adwal yang direncanakan. pemagang akan berangkat menuju negara tujuan masing-masing dan mulai melakukan magang sesuai implementasi rencana perusahaan tuan rumah.     Peserta: semua pemagang Jepang bersama beberapa peserta dari industri-industri di negara berkembang. visa. Dengan demikian pemagang dapat mulai berkonsentrasi dalam tugas dan kewajiban mereka di pekerjaan sesegera mungkin. asuransi perjalanan dan lainlain. global leadership dan lain-lain.

juga para pemberi ceramah pelatihan dalam negeri sebelum pemberangkatan. dan mendiskusikan bagaimana menerapkan pengalaman. melaporkan hasil yang dicapai dari program magang. dan mengadakan pertemuan rutin untuk mendiskusikan kemajuan program dan memberi saran dan instruksi kepada pemagang untuk mampu meraih tugas dan tujuan-tujuan program magang. METI. perusahaan-perusahaan pemagang. JETRO. Dukungan Organisasi Pusat Organisasi Pusat akan mendukung perusahaan/organisasi tuan rumah untuk implementasi program yang lancar mewakili HIDA.Para koordinator. instruktur dan mentor (tim instruktur) akan selalu memperhatikan keselamatan dan keamanan pemagang. Organisasi pusat akan secara rutin mengunjungi perusahaaan/organisasi tuan rumah dan bertemu dengan tim instruktur serta pemagang untuk mengonfirmasi kemajuan program dan memberi berbagai saran dan konseling kepada pemagang jika diperlukan. (9) Workshop untuk presentasi hasil yang dicapai (Maret 2013) Sekembalinya pemagang di Jepang. Perusahaan/organisasi tuan rumah juga diminta untuk mengumpulkan laporan akhir kepada HIDA setelah program magang selesai (detail format dan muatan akan didiskusikan kemudian) . HIDA akan menyelenggarakan workshop sebagai wadah untuk berbagi pengalaman. (10) Laporan Akhir (Maret 2013) Para pemagang harus mengumpulkan “Laporan akhir” kepada HIDA dalam 2 minggu setelah mereka kembali ke Jepang. Dengan demikian pemagang dapat saling belajar untuk meningkatkan perkembangan bisnis global perusahaan mereka sendiri. Tempat: HIDA – Tokyo Keenshu Center (TKC). Peserta: seluruh pemagang. Workshop akan diadakan pada:    Tanggal dan durasi: Maret 2013 selama 1-2 hari.

Jadwal tentatif program (April 2012 sampai Maret 2013) April – Mei April – Mei 18 Mei 31 Mei Registrasi perusahaan/organisasi tuan rumah Perekrutan pemagang Deadline pertama Deadline kedua *Menyesuaikan dengan organisasi-organisasi pemerintahan mungkin membutuhkan rentang waktu yang cukup lama. Selama Bulan Juni Selama Bulan Juli Akhir Bulan Juli Menyesuaikan prosedur Seleksi panitia dan pengumuman penerimaan Menanda tangani kontrak antara HIDA dan pemagang (perusahaan pemagang) *jika pemagang adalah karyawan perusahaan [atau] jika perusahaan magang bukan karyawan (misalnya mahasiswa) Akhir bulan Juli Agustus-September Menandatangani MOU antara HIDA dan perusahaan/organisasi tuan rumah Pelatihan dalam negeri sebelum keberangkatan Pelatihan bahasa lokal (2 minggu) Pelatihan kolaboratif (2 minggu) September Februari . kembali ke Jepang . sehingga mereka yang bermaksud melamar ke berbagai organisai pemerintah direkomendasikan untuk mengumpulkan surat lamaran sebelum deadline pertama.Pelaksanaan magang *Tanggal keberangkatan dan lamanya program yang sebenarnya bisa berbeda [tergantung] pada kondisi masing masing perusahaan/organisasi tuan rumah Akhir Februari atau Workshop untuk presentasi hasil yang diperoleh [pemagang] awal April (1 atau 2 hari) 2 minggu setelah Pengumpulan laporan akhir.3.

Senju-Azuma I-chome. Japan 120-8534 Tel: 81-(0)3-3888-8257 Fax: 81-(0)3-3888-8242 E-mail: intern-cr@hidajapan.Apr Mei Jun Jul Agust Sep Okt Nov Des Jan 2013 Feb Mar Proses Program Kontrak Magang HIDA & METI Registrasi perusahaa n tuan rumah Proses seleksi dan penyes uaian Pan itia Sele ksi Tanda tangan MoU Pelatih an sebelu m pember angkata n Menjalankan magang Workshop sekembali nya di jepang Pendaftar an pemagang 4. Innovation Project Division 30-1. Adachi-ku. Tokyo.orjp Terima Kasih . Kontak Informasi The Overseas Human Resources and Industry Development Association (HlDA) Special Projects Group2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful