Program Kerja

Program Kerja Pendpro ISMKI 2011-2012

TENTANG PROGRAM KERJA Tujuan dari adanya bidang pendidikan profesi ini terangkum pada program-program kerjanya, diantaranya : 1. Facebook account “Pendidikan dan Profesi ISMKI Berbagi Ilmu” dan Website ISMKI Untuk mengelola jalur informasi berupa info tentang seminar pendidikan, beasiswa, informasi seminar, lombalomba, kabar terbaru tentang hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan profesi kedokteran, serta pemberian inspirasi dan motivasi dalam suatu sistem kode informasi. Sehingga informasi yang disampaikan resmi dari Pendidikan dan Profesi ISMKI baik dalam group humas ISMKI dan website ISMKI dapat diterima dengan baik. 2. Kolom Website “Berbagi Ilmu” Membantu semua mahasiswa terbuka dengan informasi mengenai pendidikan dan profesi dokter di Indonesia maupun di dunia. Diutamakan sebagai wadah sharing slide, checklist osce, medical case, diagnosis, ebook . 3. 4shared “Pendpro ISMKI Berbagi Ilmu” 4 wilayah ISMKI Menyelenggarakan sharing nasional dan pembuatan 4shared wilayah dan dikoordinasikan dengan 4 wilayah, berupa sharing slide, checklist osce, ebook dan perangkat pendidikan lain yang terpublikasi secara luas dan aman. 4. Buku Pintar Mahasiswa Kedokteran Indonesia Pembuatan buku yang berguna untuk memberikan informasi yang bisa diakses semua orang mengenai ilmu kedokteran, fakultas kedokteran dan sistem pendidikan serta profesi dokter di Indonesia. 5. Wikimedica Bidang Pendidikan Profesi ISMKI bekerjasama dengan Wikimedia untuk menyediakan informasi mengenai bidang kedokteran yang valid dan dapat dipercaya. Program kerja ini dilaksanakan dengan konsep tenderisasi, konsep evaluasi, konsep reward terhadap penulis dari semua mahasiswa kedokteran di Indonesia. Dalam rangka melatih mahasiswa menulis artikel yang akan dimuat di wikimedica sebelumnya akan dilakukan pelatihan menulis bagi seluruh mahasiswa pendidikan dokter maupun yang sudah menjadi dokter. 6. Roadshow Pelatihan Penulisan Artikel Wikimedika. Sebagai sarana sosialisasi wikimedika dan pembelajaran mahasiswa untuk menulis di wikimedika yang akan diadakan di 10 institusi pemegang tender proyek wikimedika, juga diselenggarakan pada acara ISMKI baik nasional maupun wilayah 7. National Medical Olympiad. Ajang kompetisi mahasiswa kedokteran yang bernama “Olimpiade Nasional Kedokteran” yang diikuti oleh kontingen perwakilan setiap fakultas kedokteran di Indonesia dalam berbagai cabang ilmu : 1. Anatomi 2. Fisiologi 3. Biokimia 4. Imunologi 5. Mikrobiologi

8. Forum Mahasiswa Berbicara Pendidikan dan Profesi Kedokteran Indonesia. Kajian Pelaksanaan UKDI dan OSCE Nasional . Meminta dan mendata sistem kurikulum yang berjalan di institusi serta aspirasi yang akan dimasukkan kedalam buku kurikulum pendidikan. buku kedokteran.6. Mengundang langsung perwakilan mahasiswa dari setiap institusi untuk bertemu langsung dengan stakeholder. serta mencari konsep yang tepat untuk perkembangan program persiapan yang bisa dilakukan institusi untuk UKDI dan OSCE Nasional. Mengadakan kajian mengenai persiapan dari setiap institusi dalam mempersiapkan UKDI dan OSCE nasional. teknologi kedokteran 2. 12. Medical Expo dan Seminar Nasional. Harapannya institusi mengetahui update UKDI setiap tahunnya. wilayah dan institusi dari hasil kajian yang dilaksanakan. Mendapatkan informasi yang tepat mengenai segala permasalahan mengenai kurikulum pendidikan di institusi serta dapat menyampaikan nya langsung kepada stakeholder terkait. Kajian Pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Dokter di Indonesia. alat kesehatan. . Selain materi dari pakar2 nasional maupun internasional. untuk abstrak yg diterima diberikan kesempatan untuk mempresentasikan pada salah satu sesi di seminar. Bidang Pendidikan profesi menyediakan forum pertemuan antara perwakilan mahasiswa dengan stakeholder mengenai kajian yang dibahas pada pendpro nasional. Farmakologi 8. Sebuah expo kesehatan yang ditargetkan menjadi expo kesehatan terbesar di Indonesia yang menghadirkan : 1. Mendapatkan informasi yang tepat mengenai segala persiapan UKDI dan OSCE Nasional di institusi. 10. Patologi Anatomi 9. Stand berbagai produk kesehatan. Radiologi 11. Parasitologi 7. Seminar yang diadakan menyediakan informasi seluas-luasnya mengenai suatu topik ilmu kedokteran baru serta keprofesian. Kajian RUU Pendidikan Kedokteran . Patologi Klinik 10. Pediatri Dimana acara ini diadakan untuk meningkatkan motivasi mahasiswa untuk berkompetisi dalam berbagai ilmu kedokteran. mahasiswa juga mengirimkan abstrak. 11. Pameran pendidikan: Stand Fakultas Kedokteran di seluruh Indonesia (dengan delegasi dari institusi (mahasiswa dan pihak dekanat) Dimana medical expo juga diisi dengan berbagai seminar dan workshop dalam satu rangkaian kegiatan. Serta mendapatkan informasi yang tepat langsung dari sumber yang terpercaya yaitu KBUKDI (NACE) mengenai pelaksanaan UKDI dan OSCE nasional kepada seluruh institusi. Juga sebagai persiapan untuk pengadaan forum mahasiswa berbicara dengan stakeholder terkait dan pembuatan buku kurikulum pendidikan institusi. 9.

Penelitian Multi Centered “Pendidikan Kedokteran”. 16. 13. Netmeeting Forum Pendpro Institusi. serta rangkuman SKDI dengan bahasa mahasiswa. Bidang Pendidikan Profesi mengadakan netmeeting Forum Pendpro Instittusi agar terbentuk koordinasi antara pendpro nasional. wilayah dan institusi yang kontinyu serta efektif.Bidang pendidikan profesi berperan aktif dalam kajian mengenai RUU Pendidikan Kedokteran. Merupakan pembinaan penuh secara holistik kepada institusi yang belum memiliki pendpro di institusi. Melalui Program "Pemasyarakatan . Urgency bidang pendpro 3. Dalam rangka pengembangan pendidikan kedokteran di Indonesia. Untuk mendapatkan informasi yang tepat mengenai segala permasalahan internship serta membangun koordinasi erat dengan KIDI dan pihak2 terkait internship. Pendpro Guideline Book. pembuatan buku dan penyebaran buku kepada institusi. 17. 18. Program kerja ini akan diawali dengan pendataan institusi yang belum memiliki pendpro di institusi. Program “Pemasyarakatan Standar Kompetensi Dokter Indonesia”. Program kerja ini dilaksanakan dengan pembuatan artikel betapa pentingnya SKDI. 15. Follow up Internship. CP stakeholder Dengan pembuatan buku ini diharapkan dapat membantu institusi mengetahui lebih banyak mengenai bidang pendidikan profesi. 14. Fungsi bidang pendpro 4. Apakah bidang Pendpro? 2. dimana program ini dijalankan bersama dengan PHW dapat melalui NM serta DM melalui Pengurus Harian yang tinggal di regio yang sama. serta mengadvokasikan nya kepada stakeholder terkait dengan mengundang langsung perwakilan mahasiswa dari setiap institusi untuk bertemu langsung dengan stakehoder. bidang pendidikan profesi mengadakan penelitian bekerjasama dengan BAPIN dengan konsep Multi centered dimana pengambilan data dilakukan di semua institusi. Buku tersebut berisikan: 1. NM tersebut akan diikuti oleh seluruh institusi per wilayah dan dilakukan setiap satu bulan sekali. Dengan adanya program kerja ini diharapkan seluruh mahasiswa kedokteran mengetahui dan AWAS terhadap standar kompetensi dokter Indonesia. Pendpro Guideline Book adalah program kerja bidang pendidikan profesi berupa pengumpulan program kerja setiap pendpro institusi untuk referensi. Inisiasi Pendpro. Program rekomendasi pengembangan kepada pendpro institusi terkait pengembangan metode pembelajaran serta fungsi lainnya 5.

Visi misi bidang 2. NM Divisi 3. Dimulai dari pembuatan konsep. NM Internal (all PHN) 2. Dengan ISMKI bisa mengawal program ini kepada institusi. Bidang pendidikan profesi mengawal berjalan nya kurikulum kemahasiswaan di institusi. pembagian konsep hingga pembuatan Questionnaire Kurikulum Kemahasiswaan yang disebarkan kepada seluruh mahasiswa kedokteran Indonesia. Menganalisisnya kemudian untuk diajukan kepada AIPKI. yakni : 1. maka akan memberikan banyak manfaat kepada mahasiswa. Merupakan SOP yang berisi berbagai hal yang berkaitan dengan koordinasi internal PHN. NM Kajian 22. Netmeeting di laksanakan untuk menjalin komunikasi intense dengan all PHN yang terbagi menjadi beberapa NM. Sistem pengkodean informasi . Gambaran umum bidang 3. 19. Alur publikasi NM 7. SOP Pendpro. UPGRADING . Struktur Bidang 4. 23. Kurikulum Kemahasiswaan. Format surat audiensi 10. Definisi NM 6. 1. 21. Alur Advokasi dan Audiensi 8. 20. Merupakan program pengembangan setiap individu di PHN untuk selalu meng-upgrade kemampuan diri. dimana internal yang berkewajiban untuk memastikan kedatangan setiap PHN pada event nasional dan wilayah.Standar KOmpetensi Dokter Indonesia" Bidang Pendidikan Profesi membantu mensukseskan Program “Dokter Indonesia Berkompeten 2015”. Netmeeting Bidang. Alur jarkom 11. NM Tim 4. Job Description 5. Program Elektif lead to Exchange Domestik. Format Notulensi NM 9. Program elektif sebagai dasar kompetensi tambahan dalam kurikulum berbasis kompetensi merupakan salah satu konsep untuk institusi dapat memberikan kesempatan mahasiswa untuk memilih sendiri mata kuliah tambahan yang akan diambil. Upgrading dilakukan berupa direct meeting di setiap event nasional dan wilayah ISMKI.

12. Rencana Kerja Pendpro 13. Profil PHN dan PHW Buku SOP akan dibagikan kepada PHN dan PHW. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful