TATAP MUKA PERTAMA KOMUNIKASI PEMASARAN

Tujuan pembelajaran secara Umum : Setelah selesai mempelajari modul pengantar ekonomi mikro mahasiswa/i dapat menjelaskan tentang komunikasi pemasaran secara baik dan benar.

Tujuan pembelajaran secara Umum Setelah selesai mempelajari modul pengantar ekonomi mikro mahasiswa/i dapat menjelaskan secara detail mengenai : definisi dari komunikasi pemasaran bauran komunikasi pemasaran peralatan promosi yang tepat pengaruh dalam proses komunikasi komunikasi dari mulut ke mulut

Deskripsi singkat : Setelah selesai mempelajari modul pengantar ekonomi mikro mahasiswa/i dapat mengerti tujuan dan kegunaan dari komunikasi pemasaran secara benar.

PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB

Lisnatiawati Saragih SE,MM

KOMUNIKASI PEMASARAN

1

manfaat dan kegunaan produk. maka pemahaman komunikasi bagi produsen sangat diperlukan. Karena kegiatan promosi pada dasarnya adalah proses komunikasi antara produsen dengan konsumen.). adanya barang pengganti. Pada sisi lain.) kepada mereka. dan setia kepada produk yang ditawarkan produsen. Meskipun telah mengetahui informasi (well informed). belum tentu konsumen akan memilih atau membeli kembali produk perusahaan (karena belum bersedia membeli sekarang. produsen menyadari situasi tersebut sehingga berusaha mengirim dan menyebarkan informasi tentang produk (adanya produk baru. dimana dan kapan dapat dibeli. PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Lisnatiawati Saragih SE. harga. merasa harga terlalu mahal. membeli. Produsen perlu membujuk dan mengingatkan selalu mereka agar bersedia membeli maupun memilih kembali produk perusahaan. adanya produk lain yang sejenis. Pada kenyataannya tidak semua konsumen mengetahui bagaimana cara untuk memenuhi kebutuhannya atau tidak menyadari adanya produk yang mampu memenuhi kebutuhannya. kurang dapat memenuhi kebutuhan. mempengaruhi. Untuk semua itu produsen perlu melakukan kegiatan promosi dengan berkomunikasi kepada konsumen. dsb. dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan maupun produk agar bersedia menerima. dsb.MM KOMUNIKASI PEMASARAN 2 .DEFINISI KOMUNIKASI PEMASARAN Komunikasi pemasaran adalah salah satu kegiatan pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi. Konsumen mungkin akan aktif mencari informasi tersebut.

BAURAN PROMOSI Promosi adalah bagian dari strategi pemasaran sebagai cara untuk berkomunikasi dengan pasar dengan menggunakan komposisi bauran promosi {promotional mix).) atau dari orang yang dikenal sehingga lebih dipercaya daripada iklan. radio.MM KOMUNIKASI PEMASARAN 3 . Selain itu relasi publik mampu menciptakan suasana yang dramatif. 3. 2. dsb. kupon undian. Relasi publik (public relations) Karena informasi lebih banyak bersifat berita dari lembaga formal (TV. 4. Insentif yang berupa hadiah. Penjualan personal (personal selling) Promosi ini bersifat personal sehingga responsif terhadap perilaku audien. Akan tetapi karena sumber informasi bukan dari internal perusahaan maka sulit dikendalikan agar sesuai dengan tujuan perusahaan. dsb. Identitas produk (product identity) Atribut produk mampu menciptakan simbol-simbol yang diharapkan konsumen. mampu mengundang calon pembeli untuk datang. PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Lisnatiawati Saragih SE. Penjualan personal mampu membina relasi antara perusahaan dengan konsumen. 5. dan dapat menyampaikan gagasan secara meyakinkan dan menimbulkan efek yang dramatif (ekspresif). Karena keunggulannya terhadap pesaing. yaitu: 1. Periklanan (advertising) Periklanan bersifat dapat menjangkau masyarakat luas (massal). Promosi penjualan (sales promotion) Promosi penjualan sangat komunikatif karena mampu menciptakan respon audien terhadap perusahaan. potongan harga. tidak menggunakan pribadi secaralangsung berhadapandengan audien (impersonal). produk mempunyai daya tarik tersendiri sehingga dapat menentukan posisi produk terhadap pesaing-pesaingnya.

Dengan pemahaman mendasar dan awal tersebut. Karakteristik masing-masing alat promosi 2. Karakteristik pasar sasaran 7. maka pemasar dapat menyusun konsep komunikasi pemasaran dengan baik.Penentu bauran promosional Pemilihan masing-masing cara promosi mempertimbangkan faktor berikut: 1. Sender Encoding Message Media Decoding Receiver Noise Feedback Response Elemen Dalam Proses Komunikasi PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Lisnatiawati Saragih SE. Tujuan promosi 4.MM KOMUNIKASI PEMASARAN 4 . Sumberdaya yang dimiliki perusahaan 3. Tahap siklus kehidupan barang PERALATAN DALAM PROSES KOMUNIKASI Hal penting yang harus diperhatikan dan dipelajari oleh produsen ataupun pemasar di dalam proses komunikasi pemasaran adalah proses terciptanya sebuah komunikasi. Karakteristik barang 6. Strategi promosi 5.

Pesan iklan yang tampil pada sela – sela jeda program siaran radio. Message adalah pesan yang hendak disampaikan atau dikirim. Response adalah reaksi yang timbul dari pihak penerima pesan setelah menerima sebuah pesan. Encoding adalah proses penyampaian pesan dalam bentuk – bentuk simbolis. dsb. nota pembayaran. Press advertising TV advertising Radio advertising Pesan iklan yang tampil pada media cetak. 1. Ambient advertising Pesan – pesan yang dipasang dalam bentuk – bentuk tertentu dalam lingkungan kehidupan masyarakat.Keterangan bagan: 1. ELEMEN KOMUNIKASI PEMASARAN Ada empat elemen dasar dalam komunikasi pemasaran yaitu Advertising. b. Sender adalah pihak yang berperan di dalam menyampaikan pesan kepada pihak lain. Decoding adalah proses dimana penerima pesan menerima dan mengintrepretasikan pesan yang diterima. 6. Advertising Advertising atau iklan adalah segala bentuk penyampaian pesan secara komersil. d. Media adalah saluran komunikasi yang digunakan dalam penyampaian pesan. Ada beberapa bentuk dari iklan yaitu: a. 2. Sales Promotion. dan Personal Selling. Noise adalah gangguan yang timbul dalam proses komunikasi. 4. Pesan iklan yang tampil pada sela – sela jeda program siaran televisi. 7. Receiver adalah pihak yang berperan sebagai penerima pesan. c. Contoh: pesan iklan dalam tiket bis.MM KOMUNIKASI PEMASARAN 5 . 9. 5. Feedback adalah bagian dari response pihak receiver yang disampaikan kepada sender. 3. PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Lisnatiawati Saragih SE. 8. Public Relations.

sampel produk. Aktivitas ini bermanfaat di dalam membangun. prestasi. Sales Promotion Sales promotion atau promosi penjualan adalah segala macam aktivitas yang didesain untuk meningkatkan penjualan jangka pendek melalui program – program promosi penjualan seperti pemberian diskon. dsb. Fungsi kehumasan digunakan melalui press release yaitu pembeberan cerita atau informasi yang berkaitan dengan aktivitas. dan mempertahankan corporate identity (identitas perusahaan). f. Public Relations Public relations atau yang dikenal dengan istilah hubungan masyarakat (humas) adalah bentuk usaha atau aktivitas yang berkelanjutan dan terencana dengan tujuan untuk membangun dan mempertahankan niat baik dan pemahaman yang saling menguntungkan antara pihak perusahan dengan masyarakat.e. Contoh: iklan pada badan bis dan iklan di dalam ruang bis. 3. 2. ataupun internet kepada target konsumen spesifik atau tertentu. mengembangkan. Personal Selling (Direct Marketing) Personal selling atau penjualan personal dan penjualan langsung adalah aktivitas penjualan produk dengan cara tatap muka. dsb. PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Lisnatiawati Saragih SE.MM KOMUNIKASI PEMASARAN 6 . 4. Pesan iklan pada alat dan sarana transportasi umum baik di dalam ruang maupun diluar transportasi umum. Aktivitas tersebut dapat dilakukan melalui penyelenggaraan suatu event atau pameran (exhibition) ataupun melalui penawaran telepon (telemarketing dan sales call) dengan sumber data dari database (database marketing). halte bis. Outdoor advertising Transport advertising (inside and outside) Pesan iklan di ruang terbuka seperti billboard. dan hal – hal lain dari perusahaan. melalui telemarketing.

tertentu. PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Lisnatiawati Saragih SE. Tahapan tersebut.PENGARUH DALAM PROSES KOMUNIKASI SERTA LANGKAH – LANGKAH DALAM MEMBANGUN KOMUNIKASI EFEKTIF Berikut ini adalah langkah – langkah yang dapat dilakukan oleh produsen atau pemasar di dalam menciptakan dan mengembangkan komunikasi efektif terhadap konsumen. 2005): 1. yaitu: a. Menetapkan sasaran – sasaran komunikasi yang ingin dicapai. Awareness adalah kesadaran konsumen atas sebuah produk atau merek Knowledge adalah pengetahuan konsumen atas sebuah produk atau Liking adalah perasaan suka konsumen atas sebuah produk atau merek Preference adalah preferensi konsumen atas sebuah produk atau merek Conviction adalah keyakinan konsumen atas sebuah produk atau merek Purchase adalah pembelian konsumen atas sebuah produk atau merek tertentu. e. Langkah awal yang perlu untuk dilakukan adalah mengidentifikasi siapa yang menjadi target audiens perusahaan. b. Mengidentifikasi target audiens perusahaan. yaitu (Kotler & Amstrong.MM KOMUNIKASI PEMASARAN 7 . terdiri dari enam tahap dikenal dengan istilah buyer readiness stage. 2. d. Berikut tahapan dari buyer readiness stage. Target audiens perusahaan bisa merupakan calon konsumen potensial atau pelanggan perusahaan serta orang – orang yang berperan dalam memberikan pengaruh dan mempunyai otoritas dalam pengambilan keputusan pembelian. tertentu tertentu. f. Untuk dapat menetapkan sasaran komunikasi yang tepat maka pemasar harus memahami tahapan – tahapan normal yang dilalui oleh seorang konsumen sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian. c. tertentu. merek tertentu.

Mendesain pesan yang hendak dikomunikasikan. yaitu: Memberikan kesimpulan pada akhir pesan yang disampaikan atau memberikan kesempatan kepada target audiens untuk membuat kesimpulan sendiri. PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Lisnatiawati Saragih SE. coppy. emotional appeals. Message Structure Sebuah pesan yang akan disampaikan kepada target audiens memiliki tiga pilihan struktur pesan. Message Content Isi dari sebuah pesan dibagi menjadi tiga jenis yaitu: rational appeals. 4. Message Format Format sebuah pesan berhubungan dengan pembuatan dan pemakaian dari headline. ilustrasi. Menempatkan pendapat yang kuat di awal pesan atau di akhir pesan. dan warna. Rational appeals berarti isi pesan yang disampaikan berkaitan dengan apa yang menjadi minat dari target audiens. 3. Pemasar harus dapat mengkombinasikan dengan baik elemen – elemen yang dapat digunakan dalam menyusun sebuah format pesan yang baik untuk dapat menarik perhatian target audiens dan meningkatkan efektivitas sebuah pesan.Pemasar perlu untuk mengetahui posisi konsumen pada tahapan dalam buyer readiness stage sehingga dapat menetapkan sasaran komunikasi yang efektif. Emotional appeal berarti isi pesan yang disampaikan berkaitan dengan campuran emosi dari target audiens. Menampilkan hanya kelebihan sebuah produk atau selain menampilkan kelebihan produk dan juga menampilkan keterbatasan suatu produk. b. Memilih media dalam komunikasi pesan.MM KOMUNIKASI PEMASARAN 8 . Sedangkan moral appeals berarti isi pesan yang disampaikan berkaitan dengan nilai – nilai dari target audiens. dan moral appeals. c. Hal yang harus diperhatikan di dalam mendesain sebuah pesan yang akan dikomunikasikan adalah: a.

Komunikasi personal melibatkan percakapan antara dua orang atau lebih bisa melalui tatap muka. media siaran (televisi. 6. Respon balik ini sangat penting sebab jika respon balik konsumen terhadap suatu komunikasi pemasaran negatif maka pemasar dapat dengan segera mengubah strategi program komunikasi produknya.Pemasar dapat memilih dua jenis dari saluran komunikasi yaitu komunikasi personal dan komunikasi non personal.strategies and practise.MM KOMUNIKASI PEMASARAN 9 . media display (billboard. Kesalahan dalam pemilihan sumber pesan akan memberikan dampak atas hasil dari komunikasi pemasaran yang dilakukan. Pemasar dapat menggunakan opinion leader dan bahkan karakter film kartun untuk menjadi sumber pesan. surat. 5. Sedangkan komunikasi non personal bisa dilakukan melalui media cetak (koran. poster). radio). Marketing Communication. PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Lisnatiawati Saragih SE. Tahap akhir yang harus dilakukan pemasar adalah mengumpulkan respon balik dari target audiens atas kegiatan komunikasi yang telah dilakukan.engagement. telepon. majalah. Memilih sumber pesan Sumber pesan adalah pihak yang dijadikan sumber di dalam penyampaian pesan. brosur). Chris (2006). dan media online (internet). dan internet. DAFTAR PUSTAKA Fill. rambu. Mengumpulkan respon balik dari target audiens.

PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Lisnatiawati Saragih SE.MM KOMUNIKASI PEMASARAN 10 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful