Waspada penyakit yang menyebar di musim kemarau : Nocardiosis!

Oleh: Cosmas Mora Yudiatmoko (078114050) Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Nocardiosis????, apa itu?? Pertanyaan tersebut pasti akan terlintas saat anda membaca tulisan ini. Masyarakat awam pada umumnya tidak begitu mengetahui tentang Nocardiosis, karena memang penyakit ini jarang muncul dan menjangkiti masyarakat Indonesia pada umumnya. Selain itu kurang populernya penyakit ini mungkin dikarenakan masyarakat kurang begitu memperhatikan atau peduli dengan penyakit yang belum dirasa ”berbahaya” bagi mereka. Namun sebaiknya kita tidak boleh menganggap remeh penyakit apapun, termasuk Nocardiosis ini. Sebenarnya apakah yang dimaksud dengan Nocardiosis itu? Nocardiosis adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri dari keluarga Nocardia, pada umumnya merupakan spesies Nocardia asteroides, yang biasanya dimulai di paruparu dan bisa menyebar ke kulit dan otak. Nocardia merupakan genus dari bakteri gram positif berbentuk batang. Bakteri ini bereaksi positif terhadap uji katalase. Nocardia tergolong bakteri yang pathogen dengan virulensi yang cukup rendah. Bakteri ini biasanya hidup pada bahan-bahan yang membusuk di dalam tanah. Bakteri ditularkan melalui udara yang tercemar oleh debu tanah dan terhirup ke dalam paru-paru. Pada kasus yang jarang, bakteri masuk ke dalam tubuh manusia karena tertelan atau melalui kulit.

SEJARAH Pada awalnya penyakit yang disebabkan oleh bakteri ini pertama kali

dideskripsikan oleh Eppinger pada tahun 1890. Penemuan ini dihasilkan setelah penyakit bovin ditemukan oleh Nocard pada tahun 1888. Bakteri patogen ini termasuk keluarga Nocardiaceae, yang merupakan jenis Actinomycetes yang anaerob. Seperti dikatakan

Waspada penyakit yang menyebar di musim kemarau : Nocardiosis!

1

asteroides cawan petri (b) kultur pada media agar miring (tengah) Waspada penyakit yang menyebar di musim kemarau : Nocardiosis! 2 . Metabolisme bakteri ini berjalan secara aerob. Sel bakteri ini memiliki satu kromosom sirkular dan dua buah plasmid. (a) (b) Gbr.asteroides merupakan bakteri berbentuk batang. TAKSONOMI BAKTERI Kingdom: Phylum: Order: Suborder: Family: Genus: Species: Bacteria Actinobacteria Actinomycetales Corynebacterineae Nocardiaceae Nocardia Nocardia asteroides Gbr. (a)Kultur N. Bakteri ini bereaksi positif dengan uji katalase.sebelumnya. Bakteri ini termasuk bakteri gram positif. Nocardia asteroides DESKRIPSI BAKTERI N. Dinding selnya mengandung asam mycolic. Nocardia asteroides merupakan spesies utama yang menyebabkan nocardiosis sistemik di Amerika Serikat pada saat itu. artinya bakteri ini menghasilkan enzim katalase.

bakteri ini merupakan bakteri patogen yang oportunis dengan virulensi yang cukup rendah. Ditinjau dari patologinya.N. abses terbentuk di dalam atau di bawah kulit. sesak nafas.  Pada Otak (cerebral nocardiosis): o o o Demam Sakit kepala Kehilangan fungsi neurologi (mungkin juga penglihatan. menyebabkan pembentukan kantong nanah (abses) di berbagai bagian tubuh. Bisa menyebar melalui aliran darah. Bakteri ini dapat membentuk endospore dan oleh karena itu mereka dapat bertahan lama dan menyebar lewat udara (bersama debu). Pada sekitar sepertiga kasus. Gejala lain yang sering timbul antara lain :  Pada Paru-paru (pulmonary nocardiosis): o o o o o Demam Berkeringat di malam hari Berat badan berkurang Batuk berdarah Dada terasa sakit ketika bernafas. lemah. Abses otak terjadi pada sepertiga penderita dan mereka mengalami sakit kepala hebat dan perubahan rasa atau kelemahan. nyeri dada. tanaman. Cairan bisa terkumpul di rongga pleura (ruang antar selaput yang menyelubungi paru-paru). termasuk otak dan ginjal. Habitat utama mereka adalah bahan yang kaya sumber karbon seperti tanah.asteroides ini adalah bakteri parasit yang tinggal dan berkembang biak pada material organik. Gejala-gejala ini mirip dengan tuberkulosis atau pneumonia karena bakteri lainnya. Bagian tubuh mana yang melemah tergantung kepada lokasi abses di otak. demam. Pneumonia karena Nocardia menyebabkan batuk. menggigil. hilang nafsu makan dan penurunan berat badan. dan sel binatang. tergantung bagian otak yang terkena infeksi) Waspada penyakit yang menyebar di musim kemarau : Nocardiosis! 3 . GEJALA PENYAKIT Sering berawal sebagai infeksi paru-paru seperti pneumonia.

PENGOBATAN Penanganan terhadap penyakit ini biasanya dilakukan dengan pemberian antibiotik. tetapi harus diberikan selama beberapa bulan. Hal tersebut disebabkan karena bakteri penyakit ini berada di tanah dan sangat mudah terbawa debu di udara yang kering. Waspada penyakit yang menyebar di musim kemarau : Nocardiosis! 4 . Meningitis PENYEBARAN PENYAKIT Penyakit ini didapati menyebar secara sporadis di semua belahan dunia. Namun pemberian antibiotik jenis Penisilin efektif hanya pada 40% kasus. Pada Kulit: o o Ulcer atau lesi Terkadang luka menyebar melalui kelenjar limfa Tak jarang juga penyakit ini menimbulkan penyakit meningitis yang cukup parah jika tidak ditangani dengan segera. Oleh karena itulah penyakit ini terutama muncul pada musim-musim kering seperti kemarau. Gbr. Pengobatan terhadap penyakit ini terutama dapat berhasil dengan pengobatan jangka panjang yaitu 6-12 bulan dengan pemberian obat antibiotic seperti Trimethoprimsulfamethoxazole (Bactrim). ataupun Sulfa-based drugs lainnya. Sulfadiazin mungkin efektif. Penyebarannya dapat bertambah cepat jika suasana lingkungan cukup kering. Penyakit ini terutama ditemukan di tempat yang panas dan kering.

http://www.%20Nocardia.251. diakses pada tanggal 15 April 2008 Anonim. Jakarta Johnson. 1994.thefreedictionary. 689693. http://medical-dictionary.com/ped/TOPIC1610. 2008.Bergey's Manual of Determinative Bacteriology.pdf. http://www. Philadelphia Waspada penyakit yang menyebar di musim kemarau : Nocardiosis! 5 . Lippincot Wiliams & Wilkins.%203-2007_Web.medicastore.%20and%20Other%20Aerobic%20 Actinomycetes..bd.112-115. Binarupa Aksara. Mikrobiologi Kedokteran. EGC.php?id=&iddtl=235&idktg= 20&idobat=&UID=20080510154617125.org/wiki/Nocardia. diakses pada tanggal 6 April 2008 Anonim.com/script/main/art. Color Atlas and Textbook of Diagnostic Microbiology. diakses pada tanggal 20 April 2008 Holt.1932.com/med/detail_pyk. 2008. John G.167. http://www.163.. Elmer W.medterms.com/Nocardiasis. http://www.pdf. 635-638. 2008.com/TestDirectory/resources/TechnicalBulletins/ Testing%20of%20Mycobacteria.wikipedia. 2008. diakses pada tanggal 5 April 2008 Anonim.aruplab. http://www. diakses pada tanggal 20 April 2008 Anonim.HTM. Arthur G.asp?articlekey=19783.com/ds/technicalCenter/inserts/Nocardia_ID_QUAD. Lippincot Wiliams & Wilkins. 1994.emedicine. Jakarta Koneman. 1996. Philadelphia Jawets.Mikrobiologi dan Imunologi.DAFTAR PUSTAKA Anonim. 2008. 625-627 . 2008. 2008. http://en.. diakses pada tanggal 5 April 2008 Anonim. diakses pada tanggal 18 April 2008 Anonim.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful