Nata De Burger “Slezee”

A. JUDUL Nata De Burger “SLezee” (Sehat, Lezat, Ekonomis, Edukatif) B. EXECUTIVE SUMMARY Nata De Burger adalah minuman inovatif yang sehat untuk pencernaan serta memiliki bentuk unik dan edukatif packaging. Konsep brand image “NATA DE BURGER” merupakan kombinasi tiga nata berbahan dasar produk samping dari ampas tahu (soya), kulit pisang (banana) dan air bekas cucian beras (lerry).Outlook produk yang dibuat menyerupai mini burger.Education Packaging,kemasan yang berisi pesan-pesanatauilustrasi edukatif terbaru secara berkala di update. Visi dari NDB adalah “Menjadi Produk Minuman Nata Pilihan yang Terdepan dalam Inovasi, Ekonomis, Sehat, serta Tetap Edukatif bagi Anak – Anak dan Remaja.” Sasaran utama produk ini adalah anak – anak. Orang tua selalu menginginkan produk sehat dengan berbagai kegunaan didalamnya. Produk ”NATA DE BURGER” yang memiliki empat fungsi dalam satu produk.Konsumen yang dituju oleh produk ini adalah anak-anak sekolah yang berusia antara 4tahun – 15tahun. Proses produksi NDB sederhana dengan bahan baku mudah didapat (melalui kerjasama dengan warung – warung disekitar ITS), dapat dijadikan pertimbangan sebagai langkah awal bisnis ini dikerjakan secara part time oleh mahasiswa atau karyawan. Sehingga berpeluang dijalankan siapa saja yang berminat menjadi mitra. Media promosi yang akan digunakan adalah melalui media online yaitu jejaring sosial (facebook, twitter), website, serta iklan gratis pada toko online. Sedangkan jenis-jenis promosi secara offline yang digunakan pertama kali adalah brosur dan katalog yang disebarkan pada calon konsumen.Dalam segi pengemasan, produk-produk “NATA DE BURGER” menggunakan kemasan yang berbeda dari para pesaingnya. Kemasan yang digunakan “NATA DE BURGER” menampilkan pesan-pesan atau ilustrasi edukatif. Sehingga wawasan anak-anak menjadi lebih luas dan cerdas. Dari segi harga, produk NDB sangat terjangkau untuk anak sekolah.
Comment [A1]: Hanum

C. RENCANA BISNIS Konsep brand image “NATA DE BURGER” merupakan kombinasi tiga nata berbahan dasar produk samping dari ampas tahu (soya), kulit pisang (banana) dan air bekas cucian beras (lerry). Bentuk nata menyerupai prisma segitiga dan segi enam. Pemilihan bentuk berdasarkan pertimbangan efisiensi bahan dalam proses produksinya. Ciri khas dari produk yang akan kami jual adalah :

Comment [A2]: Hanum

Gambar1. coklat. dan sehat. Kemasan disusun dengan desain transparan secara zig-zag pada paket praktisnya. kopi.Nata De Burger “Slezee” a. Education packaging “NATA DE BURGER” kemasan praktis Varian Produk “NATA DE BURGER” dijual dalam 3 kemasan yaitu : . Rasa pada minuman nata dapat dipilih sesuai selera pembeli. Rasa Minuman Nata De Burger e. kulit pisang dan ampas tahu) yang berwarna – warni sesuai dengan bahan dasar lapisan nata . Outlook produk yang dibuat menyerupai mini burger. jeruk. Adanya 3 lapisan nata berbeda (nata dari air lerry.Outlook “NATA DE BURGER” c. Seluruh proses produksi mulai dari penyediaan bahan baku hingga siap dalam pemasaran diawasi langsung oleh tim Bisnis sesuai dengan SOP (Standard Operational Procedur) yang benar. b.Pemilihan bentuk dan warna yang berbeda pada umumnya ini disesuaikan dengan kebutuhan pasar yang bosan terhadap bentuk nata yang monoton selama ini. Education Packaging.kemasan yang berisi pesan-pesanatauilustrasi edukatif terbaru secara berkala di update. Rasa minuman nata yang tersedia antara lain : Moka. aman. strawberi. original. Gambar3. d. Warna – warni ini akan mengundang daya tarik tersen bagi anak. Gambar 2. Kombinasi dari nata ini membuat “NATA DE BURGER” memiliki rasa yang berbeda – beda di setiap lapisan.

Logo Usaha Gambar 5. LATAR BELAKANG Anak merupakan harapan orang tua dalam mewujudkan mimpi kontributif mereka terhadap bangsa. hal tersebut dilakukan melalui pengontrolan makan makan keseharian berupa 4 Comment [A3]: Meli . Disajikan dalam kemasan gelas plastik. Paket Praktis Menyajikan paket praktis yang siap minum dengan isi “NATA DE BURGER” dengan rasa minuman menggunakan “joy green tea”.Paketdapur “NATA DE BURGER” c. Pada paket ini minuman nata tidak mempunyai rasadanmemilikiberat 2 kali berat “paketpraktis”. Setidaknya. nata de burger dibungkus oleh agar – agar yang bentuknya berupa tokoh kartun yang digemari anak – anak.Paket Fun Kids Dalam paket ini. Kemasan yang digunakan adalah sekali buang. Gambar4.Nata De Burger “Slezee” a. Orang tua selalu berusaha sekuat tenaga untuk memenuhi kebutuhan gizi buah hatinya. Outlet “NATA DE BURGER” D. Logo usaha “NATA DE BURGER” Desain Outlet Gambar 6. Paket Dapur Paket dapur merupakan paket untuk diolah lagi di dapur. b. Kesehatan seorang anak pun menjadi prioritas perhatian setiap orang tua.

Ilustrasi anak tidak nafsu makan Gambar 8. Salah satu terobosan yang bisa diberikan adalah dengan membuat produk baru yang unik. jajanan anak sekolah yang tidak memenuhi syarat kesehatan berkisar antara 40 persen – 44 persen (poskota.co. Sehingga dibutuhkannya produk sehat Di sini adanya permintaan akan produk yang sehat dan cocok untuk anak-anak (healthy requirement). sekaligus tidak membuat orang tua khawatir akan kehigainisan dan keamanan jajanan. Harga yang terjangkau saku serta warna mencolok menjadikan daya tarik tersendiri bagi mereka untuk membeli.id). memberikan nilai edukatif pencerdasan bagi anak. Tidak hanya anak yang “jatuh hati” pada produk ini. inovatif. Mereka malah lebih menyukai jajanan tidak sehat yang biasa dijual di jalanan atau di barisan pagar sekolah mereka. Nata yang terbuat dari produk samping higinis dan terjamin nilai gizinya. tapi juga orang tua pun selaku konsumen sekunder juga tertarik untuk membelinya. ekonomis.Nata De Burger “Slezee” sehat 5 sempurna. Padahal berdasarkan hasil pengawasan Badan POM pada lima tahun terakhir (2006-2010). Ilustrasi anak mengerumuni jajanan sekolah Berpijak dari permasalahan di atas dapat dilihat urgenitas dominasi warna dalam makanan sangat mempengaruhi kekhawatiran orang tua akan healthy requirement. edukatif serta attractive bagi anak – anak. . serta warna berlapis – lapis seperti burger yang mampu mengikat hati anak. pencernaan anak-anak yang sering menjadi korban. Gambar 7. sebagian besar anak-anak cenderung tidak suka mengkonsumsi sayuran yang mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Produk yang kami usung adalah “NATA DE BURGER” Nata Kombinatif Ala Tekstur Mini Burger dari Produk Samping yang higinis. masih terjangkau oleh kantong anak di sekolah. sehat namuntetap lezat dimana dapat menarik minat anak untuk dikonsumsi. Sayangnya. Akibatnya.

Pesaing dari nata yang menawarkanproduk yang sama namun sudah lebih dahulu muncul (dikenal masyarakat) INTERNAL EKSTERNAL Gambar 9 Analisis SWOT Nata De Burger G. . Ekonomis.Nata De Burger “Slezee” E. inovatif. pengolahan. . ANALISIS SWOT Comment [A5]: mELI Comment [A4]: mELI STRENGHT .Surabaya merupakan kota yang panas sehingga trand kuliner disini adalah minuman.anak WEAKNESS . variatif dan rasa sesuai selera konsumen .Bersaing dengan penjual minuman lain yang sudah mempunyai brand tinggi .Perlengkapanmasihseder hana(keterbatasan dana usaha) THREAT . tahu .Produkberkualitas karena dijaga kebersihan.Tim mempunyai pengalaman berbisnis OPPORTUNITY . VISI DAN MISI PERUSAHAAN Visi : Menjadi Produk Minuman Nata Pilihan yang Terdepan dalam Inovasi.Pasar yang dibidik adalah kalangan muda yang suka akan warna.Quality Control dalam Proses Produksi . dan rasa produk melalui quality control yang ketat.Belumadatenagaahli di bidangproduction . serta Tetap Edukatif bagi Anak – Anak dan Remaja.Pengemasan Edukatif Turut membangun Kecerdasan Anak dan Remaja F.Produkunik. Sehat. Misi : . STRUKTUR ORGANISASI Bisnis ini memiliki struktur organisasi sebagai berikut Comment [A6]: yANIK . terutama anak .Di sekitar tmpat produksi mudah dicari bahan baku karena banyak penjual pisang.Education Packaging .Melakukan Inovasi dalam Bidang Produksi Nata . nasi.

lezat. Produk ”NATA DE BURGER” yang memiliki empat fungsi dalam satu produk. Feriska (GM) Nur Hamida Amalia (M. Struktur Organisasi “Nata De Burger” H. Potensi dan segmentasi pasar Konsumen yang dituju oleh produk ini adalah anak-anak sekolah yang berusia antara 4tahun – 15tahun.Production) Adelia Rizki (Marketing) Hanum F.V (Financial) Yanik Andriani (R & D) Gambar 10. resepsi pernikahan. Sehingga Comment [A7]: Yanik . Produk ini menjawab paradigma tersebut. “NATA DE BURGER” memiliki peluang strategis ketika waktu istirahat di sekolah. atau pun fun kids. paket dapur yang dapat dikombinasika dengan minuman lain. pesta. ketika ada acara-acara keluarga.Nata De Burger “Slezee” F. Produk nata sehat. Orang tua sudah siap menerima produk ini karena terjamin kesehatannya dan disukai oleh anak – anak mereka. acara ulang tahun. produk ini dikemas menjadi nata unik yang sehat untuk anak-anak Indonesia. Sehingga banyak masyarakat yang membutuhkan produk ini baik dalam paket praktis siap minum.ekonomis. dapat dijadikan pertimbangan sebagai langkah awal bisnis ini dikerjakan secara part time oleh mahasiswa atau karyawan. ANALISIS PASAR Profil konsumen Sasaran utama produk ini adalah anak – anak. ketika jam pulang sekolah. Berbahan dasar dari produk samping (ampas tahu. sertaedukatif yang aman dikonsumsi dikonsumsi dan disukai anak – anak. tren Back to Nature menjadi paradigma kebanyakan orang di dunia untuk menjaga lingkungan. Pesaing dan peluang pasar Proses produksi yang sederhana dengan bahan baku mudah didapat (melalui kerjasama dengan warung – warung disekitar ITS). serta acara lainnya dimana adanya permintaan minuman yang mempunyai unsur warna mencolok. kulit pisang dan air cucian beras). Selain itu. Orang tua selalu menginginkan produk sehat dengan berbagai kegunaan didalamnya.

ANALISIS PRODUKSI Comment [A8]: Yanik Bahan baku. produk-produk “NATA DE BURGER” menggunakan kemasan yang berbeda dari para pesaingnya. twitter). Produk “NATA DE BURGER” sejalan dengan prioritas keinginan orang tua terhadap jajanan yang sehat untuk anak. Media promosi yang akan digunakan Media promosi yang akan digunakan adalah melalui media online yaitu jejaring sosial (facebook. edukatif serta attractive bagi anak-anak. Sehingga wawasan anak-anak menjadi lebih luas dan cerdas.Dalam segi pengemasan. Selain itu.Nata De Burger “Slezee” berpeluang dijalankan siapa saja yang berminat menjadi mitra. website. Sedangkan jenis-jenis promosi secara offline yang digunakan pertama kali adalah brosur dan katalog yang disebarkan pada calon konsumen. serta iklan gratis pada toko online. bahan penolong serta perlatan yang dibutuhkan dalam proses produksi : Proses produksi/operasi . bahan penolong dan peralatan yang digunakan Berikut ini adalah daftar bahan baku. Kemasan yang digunakan “NATA DE BURGER” menampilkan pesan-pesan atau ilustrasi edukatif. I. dirubah menjadi produk minuman inovatif yang higinis. upaya pemanfaatan produk samping yang bernilai jual rendah.

Untuk mengantisipasi hal tersebut. Karena kebanyakan orang beranggapan bahwa produk samping itu adalah limbah yang harus di buang atau tidak boleh dikonsumsi oleh tubuh. maka produksi “NATA DE BURGER” pun ikut berhenti.Untuk kulit pisang kami masih bergantung pada beberapa warung jajanan pisang goreng yang ada di Gebang dan Keputih. Masih berkaitan dengan bahan baku. Dengan sudah adanya uji secara Comment [A9]: Adel . ANALISIS RISIKO BISNIS Analisis dari risiko bisnis ini adalah dari bahan baku kulit pisang dan ampas tahu yang terlalu bergantung dengan pedagang setempat. Proses Produksi Nata De Banana J. tantangan “NATA DE BURGER” lainnya adalah memberikan pencitraan yang bagus terhadap kualitas Nata yang berasal dari produk samping. Gambar 11. Karena banyaknya asumsi tersebut maka cara penanggulangannya adalah melalui pengujian secara klinis tentang gizi dan kehigeinisan produk “NATA DE BURGER”.Nata De Burger “Slezee” Berikut ini adalah salah satu proses pembuatan dari komposisi “Nata De Burger” yaitu nata de banana atau nata dari kulit pisang. Sedangkan untuk ampas tahunya masih bergantung pada satu daerah produksi pisang yaitu di daerah mulyosari. Sementarabahan baku air leri bukan sebuah masalah karena setiap hari masyarakat mengkonsumsi bahan pokok berupa beras. maka usaha yang kami lakukan adalah mencari produsen tahu lainya yang ada di daerah Surabaya. Prosedur untuk pembuatan nata dari air bekas cucian beras dan limbah tahu adalah sama secara prosedurnya seperti di bawah ini pembuatan nata de banana. Apabila suatu saat produsen tahu tersebut berhenti.

Nama “NATA DE BURGER” ini sebenarnya merupakan nama baru yang unik hasil dari penggabungan ide-ide kreatif didalamnya. Produk “NATA DE BURGER” bukanlah Nata dari hasil olahan burger ataupun produk samping burger. GebangWetan No 19A). Keunikan nama produk ini diharapkan dapat menjadi brand image baru yang secara langsung/tidak langsung menjadi stimulus konsumen untuk mencoba dan membeli “NATA DE BURGER” ini. Lokasiusaha yang .Nata De Burger “Slezee” laboratorium tersebut maka target pasar tidak akan mengkhawatirkannya apabila dikonsumsi oleh tubuh. Dengan semua itu “NATA DE BURGER” siap dipasarkan kepada semua kalangan khususnya anak-anak. Setelah itu ditambahi dengan varian sirup rasa dan dikemas dengan education packaging yang ramah lingkungan.. Sedangkanuntukpenjualannyaakanbekerjasamadengankantin – kantinSekolahDasar di Surabaya.Adapununtukdaftarharga “NATA DE BURGER” dapatdilihatpada table di bawahini: Tabel 1. sertamasyarakatpenyelenggaraacaradapatmenambahdayatarikdari “NATA DE BURGER” yang berdasarkandengan targeting-nya. K. dan soya) dengan berbagai manfaat gizi yang diintegrasikan menjadi bentuk lapis-lapis menyerupai miniburger. b) Price Hargaterjangkau yang ditawarkanbagianak – anakusiasekolahdan orang tua. Daftar Harga Nata De Burger Comment [A10]: Adel c) Place Dalam proses produksinyaakandilaksanakan di salahsaturumahanggotakelompok (Jl. banana. melainkan kombinasi antara 3 nata (lerry. tempatumumdan mini market. STRATEGI BISNIS Strategi bisnis yang akan diterapkan adalah sebagai berikut ini : 1) Analisis 4P a) Produk “NATA DE BURGER” ini memiliki banyak keunikan dan keunggulan baik dar i segi manfaat gizi maupun edukasi. SMP. saranabermainanak-anak.

Katalog jenis dan manfaat produk. SDN IV Klasmpis. Sukolilo-Surabaya (sekitarkampus ITS) denganalasandekatdengan 3 SekolahDasar (SDN 1 Klasmpis. On Time Delivery Order. Powerful Promise) a.Dalamsegipengemasan. Outlet Service. Money Back Guarantee.00 per bulan.000. pada pembelian kelimanya dapat diskon 50%. (Delivery service.Sehinggawawasananak-anakmenjadilebihluasdancerdas. dan SDN 1 Sukolilo) Gambar 12. Sensational Offer. setelah pembelian keempat.Nata De Burger “Slezee” ditempatimenggunakansistemsewadengantarifmaksimalRp300. Sensational Offer: Mendatangkan konsumen sebanyak-banyaknya sebagai program promosi pada launching pertama adalah dengan program penawaran paket hemat “Empat Lima”. c. kami jugapunya outlet yang akandiletakkan di daerahKlampis. Complain Inbox) b. Standard Product Taste) 3) Rencana dan Aplikasi Pemasaran (Continues Marketing)Sesuai dengan analisis dan perencanaan strategi pemasaran yang telah dijabarkan pada analisa strategi maka langkahlangkah pemasaran yang dapat dilaksanakan oleh “NATA DE BURGER” adalah : . Selainitu. 2) USP (Ultimate Advantage. Lokasi Pemasaran Awal d) Promotion Jenis-jenispromosi yang digunakanadalahuntuk yang pertama kali adalahdenganmenggunakanbrosur BURGER” digunakan menggunakankemasan “NATADE yang yang dibuatdalambentukKatalog produk-produk “NATA berbedadariparapesaingnya. Berlaku dalam satu pekan promosi.Kemasan BURGER” yang DE yang disebarkanpadacalonkonsumen. Ultimate Advantage yaitu dengan memberikan keuntungan-keuntungan yang pasti akan didapatkan oleh konsumen dalam menggunakan produk “NATA DE BURGER”. Powerful Promise: Untuk memberikan janjian dan kepercayaan pada konsumen “NATA DE BURGER” merencanakan program: Quality Guarantee. menampilkanpesan- pesanatauilustrasiedukatif.

tempatumumdan mini market danjugapenyelenggara event – event besar. service. akanmemcobamelakukanloncatan “NATA DE BURGER” performance “NATA standard DE dalamhalkemitraanataumemperbanyak outlet keluar Surabaya (target 2 tahun). intensitasinteraksidiantaraanakanakSekolahlebihseringterjadi. L. kampus. PROYEKSI KEUANGAN DAN SUMBER PENDANAAN V. Hal agar 1 yang Selainitu. b) Pembuatan SOP (StandartOperasional Procedure) mulaidari proses operasional.1 In vestasi yang diperluk an In vestasi yan g diper lukan dijabar kan sebagai ber ikut : Comment [A11]: Felly . d) Pemberian menu murahdanunikbagikonsumenpadasaat Launching Produk. HRD. sehinggamempercepatpemasaranproduk. f) Pemasarandari media internet (website resmi) dankomunitas-komunitasbisnis yang adadalamjejaring social di internet (Facebook) g) Improvisasidalamhalpelayanandan operasionalakansemakinmeningkatkanloyalitaskonsumenpada BURGER”. h) Untukperkembangankedepan. sampaisupport proses yang adapadabagianmanajerial. Misalkanmenjadi sponsor event atau sharing profit untukmerebutstan. SMP. kantor. inisangatdiperlukanuntukmenjagadanmeningkatkanperformansiusaha terciptasistemprofesionaldanhappy consument. Setiap mingguevaluasiusahagunamendeteksiperilakudanselerapasar. saranabermainanak-anak. c) Langkahpromosi yang pertama kali ditempuhselainmelaluibrosurdanstikerdaniklantempel di tempatumum.Nata De Burger “Slezee” a) Dalambulankedua “NATA DE BURGER” memperkenalkanusahanya di sekolah – sekolah TK hinggga SMP sekitar ITS. e) Langkahselanjutnyauntukmempercepatpengenalan “NATA DE BURGER” inipadamasyarakatadalahdenganbekerjasamadengankantin – kantinSekolahDasar di Surabaya. Hal inidisesuaikandenganpasar yang paling dekatdengandaerahusahadanpenetapanharga telahdisesuaikandengankondisipasar.

Nata De Burger “Slezee” .

Nata De Burger “Slezee” V.2 Penentuan harga pokok penjualan .

PENJADWALAN Tabel Rencana Penjadwalan Comment [A12]: Felly .Nata De Burger “Slezee” M.

Nama Lengkap : Rangga Galih Pradana h. J) NRP. Waktu untuk kegiatan : 9 Jam / Minggu Penulis. J b. Perguruan Tinggi : Institut Teknologi Sepuluh Nopember k. LAMPIRAN General Manager a. 2511 101 027 Manager Production g. Waktu untuk kegiatan : 9 Jam / Minggu f. (Rangga Galih Pradana) NRP. NRP : 2510 100 094 i. Fakultas/Jurusan : Teknologi Industri / Teknik Industri d. Fakultas/Jurusan : Teknologi Industri / Teknik Industri j. Perguruan Tinggi : Institut Teknologi Sepuluh Nopember e. Perguruan Tinggi : Institut Teknologi Sepuluh Nopember e. NRP : 2511 101 027 c. (Rangga Galih Pradana) NRP. Nama Lengkap : Felly Feriska H. Pengalaman Bisnis : Desain Business Penulis. Feriska H. (F. 2510 100 151 . NRP : 2510 100 151 c. Pengalaman Bisnis : Banjo Batik Njowo Penulis. Fakultas/Jurusan : Teknologi Industri / Teknik Industri d. Waktu untuk kegiatan : 9 Jam / Minggu l. 2510 100 094 Marketing a. Nama Lengkap : Syamsul Irfan b.Nata De Burger “Slezee” N.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful