P. 1
LAnguage Research

LAnguage Research

|Views: 0|Likes:
Published by Jon Ler

More info:

Published by: Jon Ler on Mar 14, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/25/2013

pdf

text

original

Penelitian Pembelajaran Bahasa

A. Definisi Penelitian, Pembelajaran dan Bahasa
a. Definisi Penelitian Dalam penelitian minimal ada empat sebab yang melatarbelakangi seseorang melakukan penelitian. Pertama, karena pengetahuan, pemahaman dan kemampuan manusia yang sangat terbatas, dibandingkan dengan lingkungannya yang begitu luas. Kedua, manusia memiliki dorongan untuk mengetahui atau curiousty. Ketiga, manusia didalam kehidupannya selalu dihadapkan kepada masalah, tantangan, ancaman, kesulitan, baik didalam dirinya, keluarganya, masyarakat sekitarnya serta di lingkungan kerjanya.keempat, manusia merasa tidak puas dengan apa yang telah dicapai, dikuasai, dan dimilikinya. Kata penelitian terdiri atas kata dasar teliti dan konfiks pe-an. Konfiks pe-an dalam kata tersebut bermakna proses. Kata teliti pada kata penelitian jika kita telaah lebih dalam dengan rasa bahasa, memiliki makna yang lebih dinamis dibanding kata teliti pada kata ketelitian. Sebagai akibat penggunaan konfiks pe-an, kata teliti pada kata penelitian sejajar dengan makna kegiatan meneliti, maknanya terasa lebih ditekankan pada suatu proses kegiatan mencari, menemukan dan menelaah. Berbeda jika kata teliti itu diberi afiks ke-an menjadi kata ketelitian, maknanya akan terasa lebih menekankan pada makna hal dan hasil. Secara umum, penelitian diartikan sebagai suatu proses pengumpulan dan analisis data yang dilakukan secara sistematis dan logis untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Pengumpulan dan analisis data mengunakan metode-metode ilmiah, baik yang bersifat kuantitatif ataupun kualitatif, eksperimental, atau non eksperimental, interaktif atau noninteraktif1. Penelitian merupakan upaya untuk mengembangkan pengetahuan, mengembangkan dan menguji teori. McMilan dan Schumacer mengutip pendapat Walberg (1986), ada lima langkah pengembangan pengetahuan melalui penelitian, yaitu: 1. Mengidentifikasi masalah penelitian

1

Nana Syaodih sukmadinata, metode penelitian pendidikan, Rosda, Bandung, 2011, h. 5

com/pengertian_definisi_pembelajaran_menurut_para_ahli_info507. Kedua. Proses pembelajaran ini akan dialami sepanjang hayat seorang manusia serta dapat berlaku dimanpun dan kapanpun. menjelaskan defines bahasa yaitu language can be defined as a socially shared combinations of those symbols and rule governed combinations of those symbols (bahasa dapt didefiniskan sebagai kode 2 http://carapedia.html . Dalam KBBI pembelajaran adalah interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. b. Menurut Knowles. Definisi Pembelajaran Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Definsi Bahasa Menurut Keraf dalam Smarapradhipa(2005:1). Menggunakan dan mengevaluasi oleh pelaksana. Melakukan replikasi atau pengulangan 4. bahasa adalah system komunikasi yang mempergunakan sismbol-simbol vocal (bunyi ujaran) yang bersifat arbitrer. Melakukan studi empiris 3. Slavin berpendapat bahwa pembelajaran sebagai c. pembelajaran adalah cara pengorganisasian perubahan tingkah laku individu yang disebabkan oleh pengalaman2. peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan. penguasaan kemahiran dan tabiat. Pengertian pertama menyatakan bahasa sebagai alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa symbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.2. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan. memberikan dua pengertian bahasa. serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Lain halnya menurut Owen dalam Stiawan(2006:1). Menyatukan (sintesis) dan mereviu 5.

 Pembuktian Pembuktian berarti data yang yang diperoleh itu digunakan untuk membuktikan adanya keraguan terhadap informasi atau pengetahuan tertentu.com/2009/05/25/apa -bahasa-itu-sepuluh-pengertian-bahasa-menurut-para-ahli/ . Tujuan Penelitian Pembelajaran Bahasa.1996:29) Sedangkan pendapat lain menyatakan dari segi tujuannya aktifitas penelitian secara umum dikelompokkan pada penelitian : Eksplorasi. mengembangkan dan membuktikan kebenaran suatu pengetahuan. B.wordpress.yang diterima secara social atau system konvesional untuk menyampaikan konsepmelalui kegunaan symbol-simbol yang diatur oleh ketentuan)3. Dilihat dari definisi diatas maka dapat kita simpulkan bahwa penelitian pembelajaran bahasa adalah suatu proses pengumpulan dan analisis data yang dilakukan secara sistematis dan logis untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu dalam hal pembelajaran bahasa. Secara umum penelitian bertujuan untuk menemukan.  Penemuan Penemuan disini berarti mendapatkan sesuatu yang baru untuk mengusi kekurangan atau kekosongan atu menciptakan sesuatu yang sebelumnya belum ada. Deskripsi.(Kartini Kartono.  Pengembangan Pengembangan berarti memperluas dan menggali lebih dalam realitas atu problem yang sudah ada. dan Eksplanasi 3 http://wismasastra.

 Ketepatan Penelitian juga harus mempunyai tingkat ketepata. Penelitian eksplorasi bertujuan untuk :  Semata-mata ingin memuaskan rasa atau hasrat ingin tahu agar memperoleh pemahaman lebih jelas tentang peristiwa social yang terjadi. c. secara teknis instrument pengumpulan datanya harus memiliki validitas dan reliabilitas . bebrapa karakteristik dalam penelitian:  Objektivitas Penelitian harus memiliki objektivitas baik dalam karakteristik maupun prosedurnya. Penelitian deskripsi Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan secara teliti (accurately and precisely)tentang karakteristik yang sangat luas dari populasi. Karakteristik Dan Langkah-langkah Penelitian 1. Objektivitas dicapai melalui keterbukaan.(Hamidi.careful study Mengembangkan metode –metode yang hendak digunakan dalam penelitian yang lebih teliti  b. Penelitian eksplanasi Penelitian eksplanasi dikenal sebagai penelitian yang bertujuan untuk memberikan eksplanasi yakni mengungkapkan hubungan antara dua orang atau lebih konsep variabel dari suatu fenomena social.  Memperoleh tingkat kelayakan melakukan penelitian yang lebih teliti.a. Karakteristik Dalam penelitian juga mempunyai karakteristik. C.2007:12). terhindar dari bias dan subjektivitas.

     Verifikasi Penjelasan ringkas Empiris Penalaran logis Kesimpulan kondisional 2. Langkah-langkah penelitian Peenelitian merupakan suatu proses yang terdiri atas beberapa langkah yang harus diikuti secara kaku. desain penelitian.yang memadai. pengambilan sampel dan teknik analisisnya tepat. membuat kesimpulan dan rekomendasi. . Langkah-langkah tersebut adalah:         Mengidentifikasi masalah Merumuskan dan membatasi masalah Melakukan studi kepustakaan Merumuskan hipotesis atau pertanyaan penelitian Menentukan desain dan metode penelitian Menyusun instrument dan mengumpulkan data Menganalisis data dan menyajikan hasil Meninterpretasikan temuan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->