You are on page 1of 7

TUGAS MAKALAH TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (MICROSOFT EXCEL

)

NAMA KELOMPOK:
• •

NITA SOLIKHAH (201210410311158)

DIAN TRISNAWARDANI (201210410311160) DINARTI PATRIANING (201210410311164)

• LU’LU’UN NAADLIRAH (201210410311162)

JURUSAN FARMASI FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG 2012-2013

KATA PENGANTAR

Bismillahirohmanirrahim, Assalamu’alaikum Wr. Wb. Alhamdulillah, segala puji syukur penyusun panjatkan kepada Allah SWT atas limpahan taufiq dan hidayah-Nya, sehingga makalah mengenai “MICROSOFT EXCEl” ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya. Makalah ini, penyusun, sajikan sebagai pemenuhan tugas mata kuliah TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI pada program studi FARMASI. Tak lupa ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada dosen pembimbing mata kuliah serta teman-teman kelompok yang telah membantu dan mendukung yang selalu mendoakan dalam menyelesaikan makalah ini.

Tentu ada kelemahan dalam tekhnik pelaksanaan maupun dalam tata penulisan laporan ini. Maka saran-saran dari pembaca dibutuhkan dalam tujuan menemukan refleksi untuk peningkatan mutu dari laporan serupa dimasa mendatang. Akhir kata, selamat membaca dan terima kasih. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Malang, 23 November 2012

Penyusun,

DAFTAR ISI JUDUL KATA PENGANTAR………………………………………………………………………..i DAFTAR ISI………………………………………………………………………….……..ii BAB I PENDAHULUAN 1. Latar Belakang…………………………………………………….........1 2. Perumusan Masalah……………………………………………….........1 3. Tujuan…………………………………................................................. 2

BAB II

PEMBAHASAN A. B. C. D. E. Pengertian Filsafat ………………………………………………..…...3 Pengertian Farmasi……………………..…………………..……..…...4 Tokoh Dunia yang Berperan dalam Perkembangan Farmasi.…………5 Farmasi dalam Paradigma Ontologi…………………………..………8 Filsafah Obat dan Pengobatan…………………………………..…….9

BAB III

PENUTUP 3.1 Kesimpulan………………………………………………………….. 11 3.2 Saran……………………………………………………………….... 11

DAFTAR PUSTAKA

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Microsoft Exel adalah program aplikasi yang bisa digunakan untuk menghitung, memproyeksikan, menganalisa, dan mempresentasikan data. Disini kita akan banyak bersinggungan dengan metode pembuatan tabel, formula dan grafik yang sangat dibutuhkan sekali dalam penyusunan data-data penelitian, data usaha atau hal-hal lain yang berhubngan dengan fungsi excel dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa manfaat utama dari Microsoft Excel yang sering kita gunakan adalah kemampuanya untuk menghasilkan penghitungan serta analisa statistik dalam bentuk teks maupun diagram grafis secara otomatis dari rumus yang sudah kita masukkan sehingga fitur tersebuat sangat mempermudah pekerjaan kita yang berurusan dengan lembar kerja. Mengurutkan data, menjumlah sub total dan grand total, mengedit teks secara langsung di sel, menjumlah secara otomatis dengan autosum, membuat grafik secara cepat dan mudah dengan fungsi chard wizard, mencetak dengan proporsi bebas. Pelatihan Microsoft Excel membahas penggunaan Microsoft Excel sebagai aplikasi spreadsheet dalam melakukan penghitungan, proyeksi, analisa dan presentasi data dalam berbagai tabel serta grafis yang sangat dibutuhkan dalam penyusunan lembar kerja, makalah, data perusahaan, penelitian, pembukuan, cash flow / laporan keuangan, serta analisa statistik. 1.2 Rumusan Masalah 1. Bagaimana penggunaan rumus dan fungsi pada microsoft excel? 2. Bagaimana penerapan rumus dan fungsi microsoft excell pada kehidupan sehari-hari?

1.3 Tujuan Makalah 1. Mengetahui penggunaan microsoft excel dalam aplikasi sehari-hari.

2. Dapat menerapkan manfaat microsoft excell dalam aplikasi sehari-hari.

BAB II PEMBAHASAN

Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang baik, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan menggunakan Microsoft Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan, tetapi lebih mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik data pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. Penyelesaian permasalahan yang komplek juga dapat memanfaatkan pemograman macro yang disediakan oleh Excel agar proses penggunaan lebih mudah. 2.1 Rumus dan Fungsi dalam Microsoft Excell Penggunaan Rumus dan Fungsi Rumus dan fungsi dalam Excel mempunyai pengertian yang berbeda, rumus berupa instruksi matematika dalam suatu sel/range dalam lembar kerja dengan operator aritmatik seperti : +,-, ,/,* dan ^. Sedangkan Fungsi merupakan rumus siap pakai yang digunakan sebagai alat bantu dalam proses perhitungan. Excel menyediakan ratusan fungsi siap pakai diantaranya fungsi tanggal dan waktu, matematika dan trigonometri, finansial, statistik, lookup dan referensi, database, teks, dan lain-lain.

DAFTAR PUSTAKA 1. http://andisuryaamal.multiply.com/journal/item/6
2. http://mbegedut.blogspot.com/2010/11/mengenal-lebih-dekat-sejarah-dan.html