P. 1
SAP Diare

SAP Diare

|Views: 10|Likes:
Published by Warlinda Jellynda

More info:

Published by: Warlinda Jellynda on Mar 17, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/03/2013

pdf

text

original

.

. darah. maupun tidak. Pengertian diarrhea/diare adalah buang air encer lebih dari empat kali sehari.PENGERTIAN DIARE Diare merupakan plesetan dari bahasa kedokteran yaitu Diarrhea. baik disertai lendir.

Lanjutan.  Definisi resmi medis dari diare adalah defekasi yang melebihi 200 gram per hari."Pengertian DIARE"  Diare adalah sebuah penyakit di mana penderita mengalami buang air besar yang sering dan masih memiliki kandungan air berlebihan.. ..

Diare merupakan pembunuh balita nomor satu di seluruh dunia. 12% penyebab kematian adalah diare.Fakta-Fakta Tentang DIARE  Menurut WHO. . Di Indonesia hingga kini diare menjadi “child killer” (pembunuh anak-anak) peringkat kedua setelah ISPA (infeksi saluran pernapasan akut)  Menurut survei kesehatan rumah tangga. Departemen Kesehatan RI.

Lanjutan. dan ⅔nya adalah balita dengan korban meninggal sekitar 600."Fakta tentang DIARE"  Statistik menunjukkan bahwa setiap tahun diare menyerang 50 juta penduduk Indonesia. Karena itu diare memerlukan perhatian khusus. untuk mengurangi angka kematian akibat wabah diare .000 jiwa...

terutama dalam seseorang yang tidak cukup makan.  Kelebihan vitamin C .Penyebab DIARE Diare disebabkan oleh :  Infeksi berbagai macam bakteri akibat kontaminasi makanan dan minuman  Infeksi berbagai macam virus  Malabsorbsi (gangguan penyerapan zat gizi)  Alergi makanan yang mengandung laktosa/susu  Faktor psikologis (stress)  Kebersihan lingkungan dan makanan.  Individu yang sakit atau kurang gizi  Konsumsi alkohol yang berlebihan.

dan lain-lain. kehilangan berat badan. demam.  Diare yang disertai dengan penyakit umum lainnya seperti sakit perut. Diare pada balita  Diare menengah atau berat pada anakanak  Diare yang bercampur dengan darah. .  Diare yang terus terjadi lebih dari 2 minggu.

. ..  Diare pada orang bepergian (kemungkinan terjadi infeksi yang eksotis seperti parasit)  Diare dalam institusi seperti rumah sakit.Lanjutan. perawatan anak. institut kesehatan mental.

JENIS-JENIS DIARRHEA Jenis Diare :  Diare Akut (dapat terjadi sewaktu-waktu tetapi gejalanya lebih berat)  Diare Kronis (kejadiannya lebih kompleks) .

GEJALA-GEJALA DIARREA        Perut sakit. atau berdarah. BAB (buang air besar) lebih dari 4 kali. Tinja encer. Badan lemas. berlendir. Warna tinja kehijauan akibat bercampur dengan empedu. Pada bayi/ anak menjadi cengeng dan gelisah. Suhu badan tinggi. .

AKIBAT DIARRHEA   Dehidrasi Gangguan pertumbuhan .

Muntah sebelum atau sesudah diare.Jika DIARE dibiarkan berkepanjangan        Anus lecet Gangguan gizi akibat in take (asupan) makanan yang kurang. Dehidrasi berat (kekurangan cairan) Gangguan pertumbuhan. Kematian . Hipoglikemia (penurunan kadar gula darah).

.  Menjaga kebersihan lingkungan  Imunisasi.MENCEGAH DIARRHEA  Pemberian ASI dan gizi secara terus- menerus.

Pertolongan pertama pada penderita DIARE     Mengkonsumsi sejumlah air yang mencukupi untuk menggantikan cairan yang hilang. . Jika sakit berlanjut kunjungi pukesmas atau rumah sakit. Berikan oralit untuk menyediakan garam yang dibutuhkan dan sejumlah nutrisi. (Tersedia di apotik). Air dicampur sedikit garam.

Makanan yang disarankan dikonsumsi penderita DIARE TIDAK BOLEH (X) BOLEH (√ ) .

TERIMA KASIH .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->