Tugas Mata Kuliah Perencanaan, Pengelolaan, dan Evaluasi Pembelajaran ( PPEP

)

”PENDAHULUAN, SUBJEK DAN SASARAN EVALUASI”

Disusun oleh : Kelompok 1 • • • Lutfiyah Reza Rindani Adila Rarasthika 3415102430 3415102424 3415100160

Program Studi Pendidikan Biologi Reguler 2010 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Jakarta 2012

Pengertian Mengukur, Menilai, dan Mengevaluasi

Mengukur ??
Adalah .. membandingkan sesuatu dengan satu ukuran, pengukuran bersifat kuantitatif

.
REZA RINDANI

Menilai Adalah... Penilaian bersifat kualitatif REZA RINDANI . mengambil suatu keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik dan buruk.

penempatan. dan perbaikan program . REZA RINDANI penjurusan.Mengadakan Evaluasi ??? Yaitu : penggunaan hasil penilaian untuk mengambil keputusan. Seperti untuk menentukan kelulusan.

Penilaian Pendidikan REZA RINDANI .

• Menurut Ralph Tyler (1950) Evaluasi pengumpulan menentukan = proses data sejauh untuk mana. dan bagian mana tujuan pendidikan yang D E F I N I S I REZA RINDANI sudah tercapai. dalam hal apa. .

REZA RINDANI .

Komponen Penilaian Pendidikan Input Transformasi Ouput Umpan Balik REZA RINDANI .

MAKNA MENILAI LUTFIYAH .

Hasil yang diperoleh ada 2 kemungkinan : Memuaskan • Jika siswa memperoleh hasil yang memuaskan dan hal itu menyenangkan. • Akibatnya akan timbul motivasi. LUTFIYAH . Tidak Memuaskan • Jika siswa tidak puas dengan hasil yang diperoleh. namun hal sebaliknya juga dapat terjadi. namun hal sebaliknya juga dapat terjadi. ia akan berusaha agar lain kali keadaan itu tidak terulang lagi.Makna Bagi Siswa Siswa dapat mengetahui sejauh mana telah berhasil mengikuti pelajaran yang diberikan guru. • Maka ia akan belajar lebih giat. tentu kepuasan itu ingin diperoleh lagi pada lain waktu.

LUTFIYAH . karena sudah berhasil menguasai materi.Makna Bagi Guru Mengetahui siswa-siswa mana yang sudah berhak melanjutkan pelajarannya. Maupun mengetahui siswa-siswa yang belum berhasil menguasai bahan. Mengetahui apakah metode yang digunakan sudah tepat atau belum. Mengetahui apakah materi yang diajarkan sudah tepat bagi siswa.

Makna Bagi Sekolah Hasil belajar merupakan cermin kualitas suatu sekolah. yang dilakukan oleh sekolah sudah memenuhi standar atau belum. LUTFIYAH . Informasi hasil penilaian yang diperoleh dari tahun ke tahun dapat digunakan sebagai pedoman bagi sekolah. Informasi dari guru tentang tepat tidaknya kurikulum untuk sekolah merupakan bahan pertimbangan bagi perencanaan sekolah untuk masa-masa yang akan datang.

LUTFIYAH .dalam proses transformasi ini penilaian dibedakan atas tiga jenis : Sebelum terjadi proses dalam kegiatan sekolah Selama terjadi proses dalam kegiatan sekolah Sesudah terjadi proses dalam kegiatan sekolah.

TUJUAN DAN FUNGSI PENILAIAN LUTFIYAH .

Dengan diketahuinya sebab-sebab kelemahan ini. sebenarnya guru mengadakan diagnosis kepada siswa tentang kebaikan dan kelemahannya. Penilaian Berfungsi Selektif – Untuk memilih siswa yang dapat diterima di sekolah tertentu – Untuk memilih siswa yang dapat naik ke kelas atau tingkat berikutnya – Untuk memilih siswa yang seharusnya mendapat beasiswa – Untuk memilih siswa yang sudah berhak meninggalkan sekolah dan sebagainya.1. Penilaian Berfungsi Diagnostik Dengan mengadakan penilaian. 2. akan lebih mudah dicari cara untuk mengatasi. LUTFIYAH .

LUTFIYAH .Setiap siswa sejak lahirnya telah membawa bakat sendirisendiri sehingga pelajaran akan lebih efektif apabila disesuaikan dengan pembawaan yang ada.Untuk mengetahui sejauh mana program berhasil diterapkan.Keberhasilan program ditentukan oleh beberapa faktor yaitu faktor guru.Sekelompok siswa yang mempunyai hasil penilaian yang sama. . kurikulum. dan system administrasi. Penilaian Berfungsi Sebagai Pengukur Keberhasilan . sarana. 4. metode mengajar. Penilaian Berfungsi Sebagai Penempatan . .3. akan berada dalam kelompok yang sama dalam belajar.

CIRI-CIRI PENILAIAN DALAM PENDIDIKAN LUTFIYAH .

Penilaian dilakukan secara tidak langsung Penggunaan ukuran kuantitatif Penggunaan Unit atau Satuan Tetap Bersifat Relatif Sering Terjadi Kesalahan LUTFIYAH .

SUBJEK DAN SASARAN EVALUASI ADILLA RARASTHIKA .

• Yang dapat disebut sebagai subjek evaluasi ditentukan oleh suatu aturan pembagian tugas atau ketentuan yang berlaku. Subjek Evaluasi • Subjek evaluasi adalah orang yang melakukan pekerjaan evaluasi. ADILLA RARASTHIKA .1.

B. ADILLA RARASTHIKA .Contoh : A. Untuk melaksanakan evaluasi terhadap kepribadian dimana menggunakan sebuah alat ukur yang sudah distandarisasikan maka subjeknya adalah ahli-ahli psikologi. Untuk melaksanakan evaluasi tentang prestasi belajar atau pencapaian maka sebagai subjek evaluasi adalah guru.

ADILLA RARASTHIKA .Pandangan lain subjek evaluasi : Subjek evaluasi adalah siswa dan objek evaluasi misalnya kemampuan membaca. prestasi matematika.. kecepatan lari.

Sasaran Evaluasi Objek atau sasaran penilaian adalah segala sesuatu yang menjadi titik pusat pengamatan karena penilaian menginginkan informasi tentang sesuatu tersebut. ADILLA RARASTHIKA .2.

Input Calon siswa sebagai pribadi yang utuh. Kemampuan • Untuk dapat mengikuti program dalam suatu lembaga/sekolah/institusi maka calon siswa harus memiliki kemampuan yang sepadan. dapat ditinjau dari beberapa aspek bentuk tes sebagai alat untuk mengukur.Unsur-Unsur Sasaran Penilaian a. • Alat ukur yang digunakan untuk mengukur kemampuan disebut tes kemampuan atau attitude test. ADILLA RARASTHIKA . Salah satunya aspek rohani mencakup 4 hal: 1.

• Alat untuk mengetahui kepribadian seseorang disebut tes kepribadian atau personality test. Kepribadian • Kepribadian adalah sesuatu yang terdapat pada diri manusia dan menampakkan bentuknya dalam tingkah laku. ADILLA RARASTHIKA .2.

3. yang memancar keluar. Tintum. disebut tes sikap atau attitude test. gambaran kepribadian Misalnya tes Binet-Simon. Dari hasil • Alat untuk mengetahui tes akan diketahui IQ keadaan sikap seseorang orang tersebut. SPM. Inteligensi • Untuk mengetahui tingkat • Sikap merupakan bagian inteligensi ini digunakan dari tingkah laku manusia tes inteligensi yang telah sebagai gejala atau diciptakan oleh para ahli. Sikap-sikap 4. • Tes ini berupa skala maka disebut skala sikap atau attitude scale. ADILLA RARASTHIKA .

2) Metode dan cara penilaian. Transformasi Unsur-unsur dalam transformasi yang menjadi objek penilaian antara lain : 1) Kurikulum atau materi. 5) Guru dan personal lainnya ADILLA RARASTHIKA .b. 3) Sarana pendidikan atau media. 4) Sistem administrasi.

• Alat yang digunakan untuk mengukur pencapaian ini disebut tes pencapaian atau achievement test. Output • Penilaian terhadap lulusan suatu sekolah dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh tingkat pencapaian/ prestasi belajar mereka selama mengikuti program.c. ADILLA RARASTHIKA .

POST TEST ^_^V .

1. Mengambil suatu keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik buruk adalah pengertian dari …. Evaluasi c. a. Keadilan . Norma e. Menilai d. Mengukur b.

d. kecuali… a. c. Berfungsi Selektif Berfungsi Karakteristik Berfungsi Diagnostik Berfungsi Sebagai Penempatan .2. Penilaian mempunyai fungsi sebagai berikut. b.

Sesuatu yang terdapat pada diri manusia dan menampakkan bentuknya dalam tingkah laku adalah. e.. d. b. Perilaku Watak Kebiasaan Sikap Kepribadian .. a. c.3.

Setiap siswa sejak lahirnya telah membawa bakat sendiri-sendiri sehingga pelajaran akan lebih efektif apabila disesuaikan dengan pembawaan yang ada. d.4. b. c. Berfungsi Selektif Berfungsi Karakteristik Berfungsi Diagnostik Berfungsi Sebagai Penempatan . Hal ini sesuai dengan penilaian sebagai fungsi … a.

5. Berikan contoh dari subjek evaluasi! . Sebutkan unsur-unsur dalam transformasi yang menjadi objek penilaian! 6.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.